Shinhwa’s Profile

Lahirnya Sang Legenda
Grup yang terdiri dari Eric Mun (Leader dan rapper), Shin Hye Sung (lead vocal), Lee Min Woo (vocalist), Kim Dong Wan (Vocal), Junjin (vocalist dan rapper), dan Andy Lee (rapper) ini awalnya didirikan SM Entertainment bersama H.OT, S.E.S, dan Fly To The Sky. Mereka adalah pelopor gelombang grup muda yang dibentuk SM untuk menaklukkan industri musik korea.

Vokalis utama Shin Hye Sung adalah member pertama yang direkrut SM Entertainment dalam sebuah audisi di Los Angeles. Selanjutnya Andy Lee bergabung karena telah dikenal sebelumnya oleh SM Entertainment sebagai kandidat kuat member H.O.T (Highfive of Teenagers) namun waktu akan bergabung dengan H.O.T, ia sempat ditentang orang tuanya masuk dunia kpop karena usia yang masih terlalu muda. Kemudian menyusul Eric Mun yang waktu itu masih berstatus warga negara AS dan ditemukan dalam sebuah kompetisi tari di Amerika. Selanjutnya Lee Min Woo bergabung disusul Kim Dong Wan yang memutuskan untuk bergabung setelah melihat video latihan grup itu. Terakhir Jun Jin setelah mendapat rekomendasi dari sahabatnya Kangta (member H.O.T) untuk bergabung dengan Shinhwa.
Shinhwa debut pada tanggal 24 Maret 1998 di acara musik korea KM Music Tank dengan single pertama mereka Hae Gyul Sah (problem solver). Kemudian album pertama dirilis 5 Mei 1998, namun kurang mendapat sambutan publik karena imej cute dianggap terlalu kekanak-kanakan dan karena faktor krisis ekonomi dunia. Baru setelah album kedua Twinkling of Paradise dirilis pada 4 April 1999 Shinhwa berhasil masuk ke dalam peta K-Pop yang ketat akan persaingan. Album ketiga Only One juga menuai sukses dan mencetak penjulan tinggi. Basis fans yang dinamakan shinhwa changjo juga semakin melebar. Konser pertama Mithology Concert Tour yang diadakan awal tahun 2001 juga sukses berat, tak lama berselang shinhwa merilis album keempat Hey Come On. Namun, tahun ini menjadi salah satu tahun terberat Shinhwa karena sang magnae harus absen dari kegiatan grup untuk kembali ke Amerika karena masalah studi. Andy Lee kembali bergabung dengan Shinhwa di album ke-5 Perfect Man yang dirilis 29 Maret 2002. Kemudian disusul album keenam Wedding yang merupakan album terakhir Shinhwa di bawah manajemen SM Entertainment.

Pada tahun 2003, Shinhwa memutuskan tidak meneruskan kontrak dengan SM Entertaiment dan berpindah ke manajemen baru Good! Entertainment pada bulan juli 2003. Karena kontrak dengan Good! Dimulai januari 2004. selang waktu itu, para member memutuskan untuk bersolo karir. Eric Mun debut di dunia akting dengan membintangi Firebird, Andy & Junjin berakting di Nonstop4, Kim Dong Wan debut layar lebar Spin Kick. Sementara itu Lee Min Woo merilis album solo Un-touch-able. Sedangkan Shin Hye Sung selain merilis album solo Love of May. Ia juga membentuk Group S bersama Kang Ta dan Lee Ji Hoon, grup ini sempat mengisi dan mengaransemen OST. April Snow yang dibintangi oleh Bae Yong Jun dan Son Ye Jin.

We Are Shinhwa!

Tahun 2004 dewi fortuna sangat berpihak pada Shinhwa, album ke-7 Brand New dirilis dan sukses luar biasa. Setelah sekian lama berkarir, untuk pertama kalinya Shinhwa menerima Daesang untuk Best Artist The Year di Seoul Gayo Daesang Awards. Saking gembiranya Lee Min Woo mengangkat trophy Daesang ke udara dan berteriak seperti anak kecil. Sejak itu, Shinhwa terus kebanjiran penghargaan.

Bulan Januari 2005 Shinhwa menggelar konser di Jepang yang menjadi konser terbesar kedua setelah BoA dengan 13.000 tiket terjual habis dalam waktu satu minggu. Tanggal 11 Mei 2006 album ke-8 dirilis dengan judul State Of The Art. Berdasarkan polling Penyanyi Terbaik Korea di luar negeri yang dilakukan Arirang International Broadcasting melalui internet yang memungkinkan fans luar negeri dapat memilih, hits andalan Once in a Lifetime meraih suara 60% mengalahkan Kangta yang memperoleh suara 20,3 %.

Shinhwa juga mulai merambah pasar musik Jepang dengan merilis single Jepang pertama Bokurano Kokoroni Taiyou Iru (The Sun in Our Hearts) dan memulai tur Asia pertama mereka yang dimulai di Seoul 13-14 mei 2006.

Shinhwa : The Longest Running Korean Boyband

Sebagai pria Korea, keenam member Shinhwa juga dihadapkan pada kewajiban wajib militer. Eric Mun dan Kim Dong Wan mendapat panggilan wajib militer terlebih dahulu. Namun karena Shinhwa sedang memersiapkan album ke-9 dan konser 10 tahun perayaan debut mereka, akhirnya jadwal masuk camp diundur menjadi akhir tahun 2008. Selain itu, Lee Min Woo juga harus menunda jadwal rekaman mini albumnya demi persiapan ini.

Album ke-9 Volume 9 dirilis 3 april 2008. Salah satu hits andalannya adalah Run yang diciptakan sendiri oleh Lee Min Woo. Sebuah perhelatan konser besar dalam rangka 10th Anniversary bertajuk “SHINHWA Must Go On 10th Anniversary live in Seoul” yang diadakan pada 29 & 30 maret 2008 di Gymnastic Stadium Seoul Olympic Park. Dalam konser ini juga Shinhwa mengumumkan bahwa mereka akan absen dari dunia K-Pop selama beberapa tahun karena kewajiban wajib militer. Ditengah deraian air mata, masing-masing member berjanji tidak akan bubar dan akan comeback setelah semua member selesai menjalani wajib militer sehingga meminta para fans untuk tetap setia menunggunya.

32862612

Shinhwa 2012 : “We Keep Our Promise”

Sesuai janji mereka pada 2008, Shinhwa kembali empat tahun kemudian setelah Lee Minwoo sebagai member terakhir yang masuk wajib militer, dibebaskan dari wajib militer pada 2 Maret 2012. Pada tahun 2011, member Shinhwa telah mendirikan Shinhwa Company untuk menampung aktivitas grup mereka, sementara aktivitas individu member akan diurus masing-masing agensi mereka. Eric dan Minwoo berperan sebagai CEO sedangkan member lainnya adalah pemegang saham agensi ini.

Shinhwa kemudian mengadakan konferensi pers pada tanggal 5 Maret 2012 untuk mengumumkan kembalinya mereka ke dunia kpop. Hari itu adalah pertama kalinya keenam Shinhwa member tampil bersama di publik semenjak hiatus mereka. Konferensi pers ini ditayangkan secara online ke puluhan Negara dan meraih rating tertinggi untuk streaming online. Mereka juga memasang banner di beberapa bagian kota Seoul “We Keep Our Promise” untuk menandakan kembalinya mereka ke dunia musik.

Pada ulang tahun ke-14, ditempat yang sama dengan 4 tahun lalu, mereka mengadakan konser ulang tahun ke-14 pada 24-25 Maret 2012, dihadiri sekitar 20.000 fans. Tiket konser mereka terjual habis dalam 40 menit setelah penjualan dibuka.

Mereka juga merilis album ke-10 dengan judul “The Return” dalam format 30.000 kopi Limited Edition yang langsung terjual habis saat pre-order dibuka. Setelah mendapat protes dari fans, mereka akhirnya merilis ulang album ke-10 “Thanks Edition” pada bulan April 2012.

Title song untuk album ke-10 mereka adalah “Venus”. Pembuatan MV “Venus menelan biaya ratusan juta won dan didalamnya terdapat pesan tersembunyi “Shinhwa Changjo Forever” yang ditujukan kepada fans mereka. Lagu ini memenangkan posisi pertama di acara music Mnet Countdown pada tanggal 19 April 2012

Setelah masa promosi mereka di Korea selesai pada bulan Mei, mereka melakukan tur Asia ke sejumlah kota di Asia, seperti Taipei, Tokyo, Kobe, Shanghai, Singapura, Beijing, Guangzhou, hingga Juli 2012. Setelah itu, masa aktivitas solo member Shinhwa dimulai.

Shinhwa rencananya akan merilis album baru dan mengadakan konser pada 2013 bertepatan dengan ulang tahun ke-15 mereka. Hingga saat ini, Shinhwa masih memegang rekor “The Longest Running Boyband” di Korea, tanpa ada pergantian member, penambahan member atau member yang keluar.

The Legend Continues

Pada 16 Mei 2013, Shinhwa merilis album ke-11 mereka dengan judul ‘The Classic’. Sebelumnya, Shinhwa mengadakan konser tahunan mereka untuk merayakan ulang tahun ke-15 pada 16-17 Maret. Tiket konser yang diberi tajuk “The Legend Continues” tersebut berhasil menjual habis seluruh tiket (lebih dari 20.000 untuk dua hari) dalam 5 menit.

Kembali pada album ke-11, mereka memilih ‘This Love’ sebagai single andalan. Lagu ini ditulis oleh Andrew Jackson, komposer yang sama dengan “Venus” pada album terdahulu. Menyadari bahwa mereka harus menyajikan sesuatu yang berbeda untuk lagu kali ini, mereka memutuskan untuk mengombinasikan elektronik musik dangan Vogue Dance. Vogue dipopulerkan oleh Madonna pada dekade 90-an, dikenal sebagai tarian yang terfokus pada gerakan tangan dan pose seperti model di runway. Melepaskan diri dari citra maskulin, formasi rapi, dan tarian sinkron mereka biasanya, Vogue dance memiliki sedikit sentuhan feminin/androgini, memiliki banyak pose yang detail dan berbeda untuk setiap member Shinhwa, membuat panggung Shinhwa terlihat seperti fashion runway atau pemotretan majalah. Meski awalnya para member khawatir dengan reaksi fans dan publik mengenai hal ini, ‘This Love’ menuai sukses besar dengan menyabet 8 penghargaan dari berbagai program musik mingguan, sebuah rekor yang melampaui sukses ‘Yo!’ pada 1999. Shinhwa bahkan memenangkan triple crown setelah 9 tahun (terakhir dengan ‘Brand New’) dan mendapatkan #1 di KBS Music Bank setelah 14 tahun lamanya (terakhir dengan ‘Yo!’).

Sesuai tradisi pasca perilisan album, mereka mengadakan Tur Asia, meski lebih tepatnya disebut Tur China-Jepang-Taiwan (-_-). Diberi tajuk “Shinhwa Grand Tour 2013 – The Classic”, mereka memulai tur di Hongkong (8 Juni), Shanghai (22 Juni), Taipei (6-7 Juli), Tokyo (13-15 Juli), Beijing (20 Juli), dan berakhir dengan konser “Grand Finale – Encore” di Seoul pada 3-4 Agustus.

Still “HERE”

Mengawali tahun 2014 dengan berita hengkangnya Eric dari T.O.P Class sejak akhir tahun 2013 dan konser tahunan untuk perayaan ulang tahun tanpa Andy, Shinhwa tidak memulai tahun dengan mulus. Seperti yang sudah diketahui, Andy terlibat sebuah masalah di akhir 2013 yang menyebabkan dirinya harus meninggalkan Shinhwa Broadcast dan absen di konser perayaan ke-16 Shinhwa pada bulan Maret.

Konser ulang tahun ke-16 dirayakan pada 22 dan 23 Maret di Seoul dengan tajuk “HERE”. “HERE” merujuk pada keistimewaan dan makna Olympic Gymnastic Stadium dimana mereka mengadakan konser pertama mereka pada 2001, konser ulang tahun ke-10 pada 2008, dan konser kembalinya mereka pada 2012. Tiket sejumlah 27.000 juga terjual habis kali ini. Seperti yang dikatakan oleh Minwoo, konser ini diadakan untuk Andy. Tidak seperti konser-konser sebelumnya, mereka menghapuskan konferensi pers dan wawancara dengan media. Kali ini, mereka juga membiarkan bagian-bagian Andy dalam lagu-lagu kosong, karena bagi mereka, bagian Andy tidak bisa diisi orang lain selain Andy sendiri. Konser pada tanggal 23 berakhir dengan spesial saat Andy muncul dihadapan fans, untuk meminta maaf secara langsung, dan konser berakhir dengan 6 member Shinhwa bersama.

Shinhwa mengatakan bahwa album ke-12 mereka akan dirilis sekitar bulan Oktober, tentu saja dengan Andy. Sementara itu, kontrak Kim Dongwan dengan Liveworks berakhir bulan April dan dia akan berangkat ke Canada untuk belajar hingga bulan Juli. Sementara ini, separuh Shinhwa (Eric, Junjin, dan Dongwan) tidak memiliki agensi untuk aktivitas solo.

Pada bulan Mei 2014, diumumkan bahwa Eric mendirikan agensi baru untuk akivitas solonya bersama dengan Lee Jonghyun, Chief Manager Shinhwa dan mantan manager Eric. Agensi tersebut dinamakan E&J Entertainment.

Shinhwa sendiri, telah memutuskan untuk mengundur tanggal comeback mereka menjadi Januari tahun depan dengan harapan akan menghasilkan album yang lebih sempurna. Tahun depan direncanakan akan menjadi Tahun Shinhwa dengan 12th jib, konser 17th anniversary, dan Shinhwa Festival di bulan Agustus.

Juni 2014, Junjin mengumumkan rencana comeback solo di paruh kedua tahun ini. Namun album solonya bisa juga diundur hingga setelah comeback Shinhwa. Untuk album solo ini, Junjin diumumkan telah mendirikan agensi-nya sendiri untuk mengatur aktivitas solonya.

BIODATA (Kebenaran tinggi dan berat badan diragukan *cough* =]])

Name: Eric Mun ~ leader & rapper

Real Name: Mun Jung Hyuk
Birthday: 16th Feb 1979
Height: 180 cm
Weight: 65 kg
Siblings: 2 older sisters
Religion: Christian
Hobbies: Listening to Music
School: Dong-Guk University Theater/Dramatic Arts Major

——-

Name: Lee Min Woo ~ vocalist

Birthday: 28th Jul 1979
Height: 175 cm
Weight: 60 kg
Siblings: 1 elder brother & sister
Religion: Christian
Hobbies: Drawing cartoons, Listening to music
School: Dae Jhun University Music Major

——

Name: Kim Dong Wan ~ vocalist

Birthday: 21st Nov 1979
Height: 176 cm
Weight: 60 kg
Siblings: None
Religion: Christian
Hobbies: PC Tong Shin [internet chatting], in-line Roller-bladding
School: Dae Jhun Busssiness University Music Major

——

Name: Shin Hye Sung [Steve] ~ lead vocal

Real Name: Jung Pil Kyo
Birthday: 27th Nov 1979
Height: 179 cm
Weight: 61 kg
Siblings: 1 younger brother
Religion: Christian
Hobbies: Listening to Music
School: Chun An University, English Major

——

Name: Jun Jin ~ rapper

Real Name: Park Choong Jae
Birthday: 19th Aug 1980
Height: 182 cm
Weight: 63 kg
Siblings: 1 younger sister
Religion: Christian
Hobbies: Listening to music, watching videos
School: Kyoung-Gi University

——

Name: Andy Lee ~ rapper

Real Name: Lee Sun Ho
Birthday: 21st Jan 1981
Height: 177 cm
Weight: 58 kg
Siblings: 1 older sister
Religion: Christian
Hobbies: Basketball, Volleyball, Dancing and Rapping
School: Korean Kent Foreign School

see more profile click here ]

——

11 thoughts on “Shinhwa’s Profile

  1. Sebenarnya Minwoo ahjussi lahir tahun berapa sih? 1979 atau 1980? Soalnya aku baca di source lain ada yg nulis 1979 ada juga yg nulis 1980 -_-a
    Kalau benar 1980 tahu dari mana?

  2. Wah tuwir bnr minwoo d’pggl ahjussi haha.. oppa gt :p

    Suka bgt sm Shinhwa dari SMP sampe sekarang.. andai bs konser di indo ya..
    ≧﹏≦

    -Forever Love Shinhwa-

  3. I really adore shinhwa .. I am from egypt .. They r the legend ..
    Can any one help me and tell me how can i find them in kakao talk ?! What is their account .. Espicially minwoo he is my only oppa ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s