[Op-Ed] Debut di Music Tank, Shinhwa Membuat Shinhwa Baru: Ulang Tahun ke-18 (250316)

tumblr_inline_o4ixs6uV4x1rb7x3v_500

Grup idol terawet di Korea, SHinhwa (Eric, Shin Hyesung, Kim Dongwan, Lee Minwoo, Junjin, Andy), telah membuat legenda (Shinhwa) baru.

Shinhwa telah memiliki gelar sebagai grup idol yang mempertahankan tim mereka dalam waktu terlama, tanpa ada perubahan member sejak debut mereka di industri musik.

Pada 24 Maret, Shinhwa meningkatkan rekor mereka dengan mempertahankan gurp mereka selama 18 tahun. Ulang tahun ke-18 Shinhwa bahkan lebih bermakna karena mereka merupakan grup yang berkompetisi dengan grup idol masa sekarang dengan rilisan lagu baru dan mengadakan konser.

Shinhwa debut secara resmi pada 24 Maret 1998 melalui ‘Music Tank’, sebuah program pada kanal cable yang didedikasikan untuk musik.

Shinhwa merilis ‘The Resolver’, album debut dan album studio pertama mereka pada Maret 1998. Berikutnya mereka merilis album studio kedua ‘T.O.P’ pada 1999, album ketiga ‘Only One’ pada 2000, album ke-4 ‘Hey Come On’ pada 2001, album ke-5 ‘Perfect Man’ pada Maret 2002, dan album ke-6 ‘Wedding’ pada Desember 2002. Kemudian album ke-7 ‘Brand New’ dirilis pada 2004, album ke-8 ‘State of the Art’ dirilis pada 2006, album ke-9 ‘Shinhwa 9th’ pada 2008, album ke-10 ‘The Return’ pada 2012, album ke-11 ‘The Classic’ pada 2013, dan pada 2015 merilis album ke-12 mereka ‘WE’. Selain dari masa ketika para member menjalankan kewajiban militer mereka, Shinhwa secara konsisten melakukan promosi selama 18 tahun terakhir.

Meski mereka telah terlibat dalam berbagai kontroversi selama ini, diantara grup idol Korea, Shinhwa adalah satu-satunya yang telah menyapa fans mereka secara konsisten melalui lagu baru dan konser selama 18 tahun.

Shinhwa bahkan menunjukkan potensi mereka ketika mereka menang besar sebanyak 10 kali pada program musik dengan ‘Sniper’, lagu title dari album ‘WE.’

Pada masa awal debut mereka, Shinhwa menghadapi kompetensi bersahabat dengan grup idol generasi pertama, seperti H.O.T, Sechkies, g.o.d, dll. Tapi mereka bahkan menarik lebih banyak perhatian ketika mereka menang dalam prgram musik setelah berkompetisi secara adil dengan grup idol yang debut setelah 2010, atau dengan grup yang membernya lahir setelah Shinhwa debut.

Meski Shinhwa bukanlah nomor satu ketika mereka debut, kerja keras terus menerus mereka dalam musik akhirnya membuat mereka memenangkan Daesang pada penghargaan musik akhir tahun, dan mereka bahkan menjadi panutan bagi banyak grup idol junior. Namun Shinhwa sepertinya tidak bersantai pada kedudukannya sekarang, karena mereka segera mengadakan konser debut ulang tahun ke-18.

Pada 26 dan 27 Maret, Shinhwa akan mengadakan ‘Konser Ulang Tahun ke-18 – Hero’ di salah satu arena konser indoor terbesar, Seoul Olympic Gymnasium, dimana tiap konser dapat menampung lebih dari 10.000 fans.

Pada hari ulang tahun ke-18 mereka, Shinhwa menunjukkan fans mereka bahwa mereka masih tim masa kini melalui pesan jenaka.

 

*omit pesan shinhwa di Twitter*

Memang, mereka adalah Shinhwa.

sr: Star News
Eng translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s