[WAWANCARA] Shin Hyesung, Perkenalan, Perkembangan, Perubahan, dan ‘Shinhwa Changjo’ (120116)

shinhwa 1

Setiap kali Shin Hyesung mengakhiri jawaban atas pertanyaan wawancara, menggiring pembicaraan tentang penggemarnya (Shinhwa Changjo). Dari jawabannya ‘Mungkin akan kurang baik untuk terus mengatakan ‘penggemar, penggemar’, tetapi hal ini alami” Anda dapat melihat kasih sayangnya untuk Shinhwa Changjo. Ini bukanlah sebuah cinta hormat untuk penggemarnya. Shin Hyesung menyiapkan seluruh album peringatan perayaan ke-10 tahunnya sebagai hadiah untuk penggemar. Ia menyambut perayaan ke-18 tahun Shinhwa dan perayaan ke-11 tahun sebagai penyanyi solo, dan untuk pertama kalinya ia telah menyiapkan lagu dance solo, dan telah merencanakan 8 konser panjang. Hal ini mungkin hanya tantangan yang mudah bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian lainnya hal ini adalah keputusan yang sulit. Betapa Shin Hyesung ingin membayar rasa terima kasihnya kepada penggemar. Di hari ini, seorang perwakilan dari agensinya yang hadir selama wawancara bahkan mengatakan, “Hyesung adalah orang pertama yang membicarakan hal ini, kami juga terkejut”. Seorang pria yang mencoba sesuatu yang baru benar-benar untuk penggemar, ia adalah Shin Hyesung. Karena usaha dan kasih sayang adalah hadiah, itulah mengapa Shinhwa menjadi idola yang menuliskan sejarah. Kami bertemu Shin Hyesung yang merilis album peringatan perayaan ke-10 tahunnya “Delight” pada tanggal 12 Januari.

10. Pertama-tama, apa yang Anda rasakan setelah merilis solo album Anda setelah waktu yang lama?

Shin Hyesung: Ini adalah album yang lama dinantikan, dan juga sangat berbeda dari album-album yang pernah aku rilis sebelumnya jadi aku menantikannya dan juga merasa gembira. Perasaanku bercampur-campur saat ini.

10. Ini adalah pertama kalinya Anda menari di title track untuk album solo Anda. teaser untuk title track ‘Roco Drama’ menjadi perbincangan yang hangat.

Shin Hyesung: Ini pertama kalinya aku tampil di TV dengan sebuah lagu dengan tarian. Walaupun ini adalah album untuk memperingati perayaan ke-10 tahun, kenyataan sebenarnya, perayaan ke-10 tahunku adalah tahun lalu. Saat menyiapkan album ini tahun lalu, aku ingin membuatnya bermakna, karena ini adalah album perayaan ke-10 tahunku. Saat aku memikirkan album seperti apa yang harus aku rilis, aku menyadari bahwa solois Shin Hyesung mempunyai image seorang penyanyi ballada, dan terlebih lagi aku pernah merilis album dengan genre modern rock dan soft rock ketika aku berada di genre-genre tersebut. Karena ini adalah perayaan ke-10 tahunku aku pikir aku harus kembali ke asalku dan menyanyikan lagu ballada tetapi jika aku melakukan hal itu, itu mungkin sangat bermakna tetapi bukan sesuatu yang baru. Aku sangat berambisi karena ini adalah perayaan ke-10 tahunku. Sambil mencari tahu hal apa yang sedikit berbeda untuk dilakukan, apa yang aku temukan adalah sebuah lagu dengan tarian. Dan dengan itu arah produksi album  pun berubah drastis. Baiknya jika aku merilis album ini tahun lalu, selama perayaan ke-10 tahunku, tetapi dengan tariannya, aku membutuhkan waktu untuk latihan dan perubahan arah juga berdampak pada perilisan album di bulan Januari.

10. Diantara Shinhwa, Lee Minwoo dan Junjin adalah yang Anda pikirkan ketika Anda menyebut penampilan, apa yang telah dikatakan oleh mereka?

Shin Hyesung: Jika aku menyiapkannya seperti album biasa, aku akan membiarkan mereka mendengar lagu demo atau apa yang telah direkam dan mendiskusikannya dengan mereka, walaupun ini bukan ‘rahasia sepenuhnya’, aku tidak banyak bercerita tentang ini. Mungkin karena aku merasa malu, atau karena aku ingin memberikan mereka sedikit rasa terkejut karena aku melakukan sesuatu yang baru, ada percampuran perasaan di situ. Ketika teaser MVnya dirilis, Eric menghubungiku. Memintaku sesegera mungkin mengirimkan video penuh dari latihan koreografi tersebut. Aku mengirimkannya dan mendapat pesan yang sangat panjang. Sambil menjelaskan masing-masing dan tiap gerakan, ia memberikan saran bagaimana membuat tarian itu terlihat lebih baik, dan bahkan saran yang tak terduga. Lihatlah pria ini~ (tertawa) Ia memberikan saran seperti seorang pemimpin. Junjin juga menghubungiku, dan menunjukkan penantiannya sambil bercanda ia bertanya ‘Apakah kamu seorang juara?’ di bagian ketika aku berputar. Anggota Shinhwa lainnya juga mengunggah teaser di akun SNS mereka sendiri dan memberikan saran dan semangat.

10. Melihat MV, sepertinya Anda juga telah mencoba untuk berakting.

Shin Hyesung: Itu bukan akting. Ketimbang menyebut itu akting…lebih seperti potongan image..? Haha. Akting ekspresi juga akting?? Haruskah aku menyebut itu akting.. Kali ini, dibanding beberapa minor akting, fokus utamanya adalah tariannya. Jika Anda mendengar ‘Roco Drama’, ada perasaan manis, juga untuk liriknya. Aku tentu saja berpikir bahwa MV atau penampilannya harus berasa cerah tapi terpikir bahwa itu akan terlalu jelas. Jadi MV dan penampilannya mempunyai bobot di dalamnya. Aku juga berpikir bahwa akan lebih menarik jika aku melakukan sebaliknya. Tetapi jika begitu, perbedaannya tak akan lebih besar jadi seperti inilah dilakukan.

shinhwa 5

10. Kita hampir tak pernah melihat Anda menari seorang diri, apa yang Anda rasakan ketika Anda melihat diri Anda sendiri menari?

Shin Hyesung: Hal ini juga sangat asing bagiku. Anda mungkin berpikir ‘Seberapa sulitnya kah untuk seorang anggota dari dance group yang telah berada di industri ini selama 18 tahun untuk menari sendiri?’ tetapi bidang utamaku adalah bernyanyi bukan menari. Judul album ini adalah ‘Delight’ dan ini mungkin terdengar dangkal tetapi kapanpun aku mengerjakan album atau apapun, selama 10 tahun ini, aku selalu melakukan musik yang aku suka dan aku berterima kasih kepada penggemar yang menyukai apapun musik atau image yang aku tampilkan. Kali ini, bukan apa yang aku sukai, aku fokus melakukan apa yang akan disukai oleh penggemar. Baik itu album, penampilan, MV, promosi TV, dan bahkan konser, semua hal itu disiapkan dengan memikirkan penggemar. Hal ini mungkin terasa asing. Karena image solois Shin Hyesung adalah image ballada, jadi hal itu terasa aneh tetapi aku tidak dapat memiliki komentar seperti “Apakah ia harus melakukan hal sejauh ini?” yang datang. Baik itu orang-orang yang sama sekali tak mengetahuiku atau penggemar, aku tidak mengharapkan mereka untuk berkata “Ia menari dengan baik”, atau “Oh~ ia adalah dance machine” ketika mereka melihatku tetapi aku ingin memberikan rasa bahwa aku mengenakan pakaian yang sesuai denganku. Bahkan untuk penyanyi ballada Shin Hyesung penampilan seperti ini juga cocok. Aku memikirkan ini sebagai kesuksesan jika mereka merasa “Ia sungguh-sungguh anggota dari grup dance“. Seperti itulah yang aku siapkan.

10. Melihat Anda duduk di kursi mengingatkan kita pada Shinhwa, yang terkenal dengan tarian kursinya.

Shin Hyesung: Penampilan dengan kursi adalah tarian yang Anda ingat ketika memikirkan tentang Shinhwa dan ‘Roco Drama’ juga mempunyai inti koreografi sendiri. Pertama-tama, apa yang kita sebut tarian bunga. Liriknya menggambarkan ‘membuat bunga cantik mekar’ dan ada bagian di mana jari-jariku bergerak ttak-ttak-ttak. Juga, jika ada sesuatu yang spesial, Shinhwa secara konsisten merilis album selama 18 tahun dan berlanjut dengan album individu, sesuatu yang diakui oleh banyak orang dan kami sendiri pun merasa bangga akan hal itu. Aku berterima kasih kepada para junior yang menjadikan kami panutan karena hal itu. Aku berpikir memasukkan hal-hal itu kedalam penampilanku. Pokok koreografi tarian kursi di dalam lagu ‘Alright’ milik Shinhwa, digabungkan ke dalam ‘Roco Drama’. Inti koreografi lagu ‘Wowwowwow’ Junjin juga ada di situ. Itulah bagaimana aku memasukkan makna promosi Shinhwa dan merilis album bersama dengan 6 anggota yang terus berlanjut bahkan di dalam kegiatan solo. Aku pikir ini akan menjadi elemen yang menarik. Koreografer Choi Youngjun mengatakan bahwa hanya Shinhwa yang dapat melakukan ini. Setelah ‘Roco Drama’ mungkin akan ada kegiatan solo lainnya atau album Shinhwa dan jika dipenampilan berikutnya tarian bunga ini sedikit dimasukkan untuk membentuk suatu mata rantai, aku pikir ini akan menarik.

10. Apakah ada tarian yang paling sulit ketika berlatih?

Shin Hyesung: Semua tarian sulit (tertawa). Banyak orang bertanya tentang stamina tetapi stamina bukanlah masalah. Shinhwa juga menggelar konser. Haha. Tetapi lutut-lututku sedikit buruk. Aku telah mengoperasi lutut bagian kiri dan juga lutut bagian kananku, itulah di mana sedikit kekhawatiran berasal. Porsi dari tarian yang paling sulit adalah inti koreografi dari “Wowwowwow” Junjin, tidaklah mudah melakukan wave sambil memutar bahu. Aku banyak berlatih itu secara terpisah.

10. Aku pikir Anda tidak perlu terlalu banyak berlatih menyanyi (tertawa)

Shin Hyesung: Tidak! (tertawa) ‘Roco Drama’ mungkin terdengar tenang dan hangat tetapi caraku bernyanyi di bagian verse adalah sesuatu yang tak pernah aku lakukan sebelumnya. Bahkan untuk pengucapan liriknya, baik itu mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Korea seperti mengucapkan Bahasa Inggris atau bernyanyi dengan alur, tentunya merupakan hal-hal yang berbeda. Itu juga adalah elemen-elemen yang menarik, jika Anda mendengarkannya. Sebelumnya, bernyanyi seperti itu terasa aneh bagiku. Selama proses rekaman pertama, aku menyanyikannya sesuai dengan apa yang aku rasakan tetapi lirik yang ceria terdengar sedih. Setelah berdiskusi, aku merekam lagu itu tiga kali untuk mencari rasa yang tepat. Mendengarkan kembali setelah rekaman, tidak terdengar seperti sesuatu yang pernah aku nyanyikan sebelumnya.

shinhwa 2

10. Anda akan menggelar konser panjang setelah promosi album. Ini adalah konser panjang Shin Hyesung pertama.

Shin Hyesung: Album, penampilan, promosi TV dan bahkan konser dipersiapkan dengan pemikiran penggemar akan menyukainya. Sampai saat ini, aku telah menggelar konser yang bervariasi dan dibuat dengan elemen yang berbeda, Aku ingin melakukan yang sama kali ini  tetapi kemudian terpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda.  Ada saran untuk menggelarnya seperti konser teater kecil, akustik, tenang, di mana kamu dapat berkomunikasi, aku ingin menggelar konser seperti itu. Walaupun konser kali ini bukanlah konser teater kecil aku pikir aku bisa memenuhi konsep tersebut. Aku merasa banyak orang tak bisa datang jika aku menggelar sedikit konser oleh karena itu aku menggelar 8 konser. Untuk mereka yang biasa di konser, 8 mungkin bukanlah sebuah konser panjang tetapi karena aku belum pernah melakukan sesuatu seperti ini sebelumnya, jadi ini adalah tantangan kecil.

10. Junjin, Kim Dongwan melakukan promosi solo mereka tahun lalu, sepertinya aktivitas solo para anggota Shinhwa dapat menjadi sumber kekuatan.

Shin Hyesung: Itu luar biasa. Untuk Junjin, sudah sangat lama sejak ia merilis album solo, dan merupakan suatu kepuasan melihatnya bekerja sangat keras, seperti petarung dengan semangat bertarung yang membara. Dongwan juga sukses menciptakan lagu yang sesuai dengannya. Bagiku, tahun ini juga perayaan ke-18 tahun Shinhwa, aku juga mempunyai sikap kontribusi untuk membuat tahun ini tahun Shinhwa. Aku pikir ini akan lebih bermakna jika, aku, sebagai yang terakhir, dapat menyelesaikan promosi album soloku dengan baik juga.

10. Anda mengatakan Anda membuat album sesuai apa yang akan disukai penggemar. Apakah Anda biasa memonitor penggemar?

Shin Hyesung: Aku tidak mengecek semuanya, hanya dalam jumlah yang secukupnya.

10. Menurut Anda apa yang paling disukai penggemar pada promosi kali ini?

Shin Hyesung: Jika ada yang disukai itu adalah penampilan. Karena di situlah aku paling banyak berusaha dan bekerja keras. Akan sangat bagus jika mereka berpikiran, ‘Shin Hyesung sungguh-sungguh bekerja keras untuk memberikan kebahagiaan pada kita’.

10. Eric berduet dalam album Junjin, dan Andy dalam album Kim Dongwan. Sayangnya, tak ada anggota Shinhwa yang berduet dalam album Shin Hyesung.

Shin Hyesung: Proyek terakhir yang aku lakukan sebagai solois adalah ‘Once Again’. Itu adalah proyek kolaborasi di mana aku membuat kembali laguku dan merilis sebuah lagu setiap bulan. Karena ini adalah album solo pertamaku setelah waktu yang lama, aku menginginkan ini benar-benar penuh dengan suaraku. Ada sebuah narasi di lagu ke 5 ‘Pretty Girl’ dan walaupun itu adalah bagian di mana aku dapat berduet, karena Eric atau Andy yang biasa melakukannya, aku pikir akan sedikit menarik jika aku yang melakukannya. Eric berkata, “Sekarang akan lebih bagus jika Minwoo berduet untuk Hyesung.” Belum lama ini, aku tampil di atas panggung konser Natal Minwoo. Sangat pas. Eric berkata itu hebat segala sesuatu sangat sesuai tahun ini dan untuk dapat mengakhirinya seperti itu, kami pun merasa lega.

10. Akan seperti apa jika Shin Hyesung melihat ke belakang ke-10 tahun karirnya sebagai penyanyi solo?

Shin Hyesung: Melihat ke 10 tahun belakang, apa yang ingin aku tampilkan, konser yang ingin aku gelar, aku melakukan semuanya. Untuk dapat merilis album dan menggelar konser untuk waktu yang lama tak akan mungkin tanpa orang-orang yang mendengarkannya. Walaupun itu terasa seperti waktu berlalu tetapi aku pikir aku telah mengerjakan musik dengan bahagia selama 10 tahun. Aku menyadari bahwa sekali lagi dan untuk titik tertentu, aku ingin membalasnya. Mungkin akan terlihat buruk jika terus membicarakan penggemar tetapi itu adalah hal yang wajar. Ini adalah 10 tahun yang penuh terima kasih.

shinhwa 3

10. Di antara lagu-lagu di album ini manakah yang sangat sesuai dengan selera solois Shin Hyesung?

Shin Hyesung: Bagaimanapun juga, jika hanya sekedar melakukan comeback, aku pikir itu adalah ballada. Aku ingin memberikan corak baru oleh karenanya aku membuat lagu yang terasa hangat. album jacketnya pun dibuat dengan hangat. Dengan tujuan bekerja keras untuk apa yang akan disukai penggemar. Aku membuat lagu-lagu ceria tetapi jika kelima lagu itu silau dan cerah, aku khawatir akan terasa bosan jadi ‘End’ dibuat untuk menyesuaikan dinginnya cuaca di musim dingin. Aku pikir lagu itu adalah apa yang orang-orang ketahui sebagai selera Shin Hyesung? Tapi ini tidak berarti aku tidak menyukai lagu-lagu lainnya.

10. Sepertinya Anda juga akan aktif di variety show.

Shin Hyesung: Sebagai solois Shin Hyesung, bahkan jika aku merilis sebuah album, aku tidak banyak melakukan promosi di televisi, lebih berfokus ke album dan konser. Untuk album ini, aku tidak melakukan apa yang aku sukai, aku melakukan apa yang disukai orang lain. Kali ini, aku bermaksud untuk tampil sebanyak mungkin di acara-acara televisi. Aku tampil di ‘I Can See Your Voice 2’, ‘Same Bad, Different Dreams’, dan kedepannya aku bermaksud untuk terus mencari dan tampil di program-program yang akan disukai penggemar. Untuk acara musik, aku bermaksud untuk melakukannya selama mungkin.

10. Apakah ada katalisator untuk perubahahan dalam mentalitas?

Shin Hyesung: Ini aneh karena aku melakukan hal yang aku coba untuk tidak melakukannya bukan? Haha. Ini sungguh bukanlah sesuatu yang personal, aku sungguh ingin membalas terima kasih yang aku rasakan selama 10 tahun. Ada banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi secara mengejutkan para staf bahkan bekerja lebih bersemangat.

10. Untuk dapat melihat penampilan menari solois Shin Hyesung..pasti sangat tertekan.

Shin Hyesung: Yang aku lakukan hanya berlatih. Pastikan tak ada kesalahan. Akan lebih baik jika mencoba menampilkan sesuatu yang baru tetapi aku tak bisa jika orang berkata, “Ia seharusnya melakukan ballada. Mengapa ia melakukan itu?” setelah siaran pertama. Oleh karena itu, ada beberapa bagian di mana aku bahkan lebih berhati-hati. Anda mungkin akan heran apanya yang sulit, telah bersama dance group selama 18 tahun, seperti yang telah aku katakan, bernyanyi adalah bidang utamaku. Kali ini, tujuanku bukanlah mendapatkan pengakuan untuk kemampuan menariku tetapi untuk mendengar bahwa aku telah menyiapkan dengan baik apa yang pantas. Itulah mengapa aku tidak boleh membuat kesalahan.

10. Sepertinya Anda akan terus menantang diri Anda secara musikalitas, tidakkah Anda mempunyai keinginan untuk nge-rap? (tertawa)

Shin Hyesung: Tidak sama sekali. rapku hanya untuk variety show! Rap itu sulit. Ini bukan seperti aku tak pernah mencoba sebelumnya tetapi ini sungguh bukan agar kemampuan rap ku diakui, melainkan aku melakukannya hanya untuk bersenang-senang, seperti memeriahkan suasana. Bukankah aku akan dimaki jika aku mencoba untuk melakukan rap? Untuk penampilan, aku hanya perlu menyiapkan apa yang sesuai denganku.

10. Adakah sesutau yang Anda pikir penggemar akan menyukainya tetapi Anda hanya tak bisa melakukannya?

Shin Hyesung: Um…apakah ada…? Akting? Aku pikir aku mungkin akan mencoba berakting sebelum aku mati. Karena aku sendiri pun tak pernah mengira akan melakukan tarian solo sendiri. Karena aku tak dapat mengubah perkataanku ke depannya, aku pikir tak ada yang tak bisa aku lakukan. (tertawa) Aku menerima tawaran musikal tetapi aku tak berpikir aku bisa melakukannya dengan canggung makanya aku selalu berhati-hati. Penata busana mempunyai sebuah foto yang diambil ketika aku menggunakan sweater berwarna merah muda, dan sambil bergurau ia mengatakan, “Butuh waktu 10 tahun bagiku untuk membuat Hyesung oppa mengenakan warna merah muda.” Apakah itu sesuatu yang sangat aku benci? Bagaimanapun juga aku pernah mencoba melakukan rap, ketika itu tidak menjadi gangguan. Haha.

shinhwa 4

10. Tren saat ini adalah berakting di samping bernyanyi tetapi Shin Hyesung tekun dengan bernyanyi.

Shin Hyesung: Hal paling penting dalam pola pikirku adalah apa yang dapat aku lakukan dengan sangat baik adalah bernyanyi. Baik itu berakting atau sesuatu yang lain, aku tak bisa hanya mencobanya. Dan jika aku mencobanya hanya karena aku ingin melakukannya, aku tak berpikir bahwa ini adalah hal yang benar untuk melakukannya seperti seorang amatir. Aku sendiripun harus mempersiapkan diriku dan harus berpikir aku akan mencobanya tetapi untuk sekarang, aku tak mempunyai rasa percaya diri dan persiapan untuk melakukannya. Jika aku melakukannya dengan canggung, aku pikir lebih baik tidak melakukannya. Melihat hal ini dari sudut pandang penggemar, barangkali lebih baik jika aku hanya tekun dalam bernyanyi tetapi aku juga sangat berterima kasih bahwa mereka telah mendukungku selama 10 tahun ketika aku mengatakan, “Aku hanya akan bernyanyi.”

10. Anda juga melakukan siaran langsung di Vapp bukan?

Shin Hyesung: Bagaimana Junjin melakukannya dengan santai… Haha. Aku secara perlahan-lahan terbiasa dengan ini. Secara pribadi, aku sama sekali tidak menggunakan SNS jadi untuk dapat sedikit menunjukkan kehidupan pribadiku melalui Vapp, aku pikir akan menjadi konten yang bagus. Meskipun kikuk adalah bagian dari karakterku. Aku terus menerus canggung selama 18 tahun. Haha. Baik itu siaran maupun variety shows, penggemar mungkin menyukainya ketika aku bersama mereka sendirian tetapi aku masih tetap merasa canggung. Juga sungguh canggung bagiku di ‘I Can See Your Voice 2’ tetapi hasilnya baik. Syukurlah. Aku tak bisa mengatakan aku bagus di variety

10. Jika Anda mempunyai tujuan atau hasil yang Anda harapkan di album ini?

Shin Hyesung: Aku hanya memberi perhatian untuk berdiri di atas panggung pertamaku. Hasil terbaikku yang akan diberikan ‘Itu bagus karena ia menyiapkannya dengan baik’. Walaupun itu sama sekali tidak terlihat mudah.

10. Mendengar jawaban Anda hari ini, sepertinya Shin Hyesung juga adalah orang yang menginginkan segalanya sempurna

Shin Hyesung: Apakah aku sungguh nampak?

10. Album ini akan menjadi hadiah yang sempurna untuk penggemar.

Shin Hyesung: Aku mencoba untuk menyelesaikan semuanya dengan sangat teliti. Walaupun ini tidak akan menjadi album di mana keduanya puas 100%, aku harap mereka tahu aku mencoba dengan sungguh-sungguh. Aku telah menjadi solois selama 10 tahun dan menjadi bagian dari Shinhwa selama 18 tahun tetapi untuk dapat mempersiapkan dan menunjukkan sesuatu yang baru, dengan sendirinya, adalah sesuatu yang aku syukuri. Aku telah melakukan ini untuk waktu yang lama tetapi jika aku menyusun tujuan atau impian di masa depan, aku ingin terus melakukan ini, seperti saat ini. Mungkin akan ada bagian di mana aku dapat melakukan sesuatu yang baru lagi tetapi untuk dapat mendalami apa yang biasa aku lakukan, masih ada banyak yang dapat aku lakukan jadi aku ingin melanjutkan untuk waktu yang lama, sambil menghibur diriku. Ada banyak hal yang terjadi tahun ini. Tahun ini adalah tahun di mana aku berlari sepenuhnya. Aku berharap ini akan menjadi tahun Shinhwa, tahun Shin Hyesung, dan tahun Shinhwa Changjo.

 

Source: 10Asia

Eng trans: Malpabo

Leave a Reply

