[REVIEW] Bagaimana ‘Shinhwa’ Mencintai Penggemar Mereka = Alasan Mereka Bertahan Lama (240815)

shinhwa 58

Seorang penyanyi mungkin dapat memperoleh popularitas melalui lagu-lagu dan penampilan bagus tetapi popularitas sangat mudah menguap dan sebab itu mudah dilupakan. Di tengah-tengah membanjirnya para idola, grup idola terlama Korea Shinhwa, baru-baru ini di tahun ke-18  mereka, berlanjut memuncaki chart kapanpun mereka merilis lagu baru. Apa yang spesial tentang mereka?

Ekspresi orang yang dicintai berbeda. Ekspresi penggemar Shinhwa yang terlihat di konser Shinhwa adalah salah satu yang penuh dengan kebahagiaan. Ketika melihat mereka, yang memenuhi tempat duduk dengan lampu orange sambil menanti konser, Anda merasakan “Shinhwa adalah sebuah grup yang menerima banyak cinta” tetapi saat konser, melalui member Shinhwa, Anda dapat melihat kebanggaan yang sangat besar dibanding cinta dari penggemar yang disebut di atas.

Walaupun mereka kini berada di pertengahan usia 30an mereka, dengan stamina dan semangat yang luar biasa, sulit dipercaya mereka di pertengahan usia 30an, Shinhwa sepenuhnya memenuhi kira-kira 3 jam 40 menit. Tak hanya itu, setiap kata yang mereka ucapkan, setiap aksi yang mereka lakukan, bercampur dengan baik dan tentu saja dengan perhatian untuk penggemar. Rasa memiliki dan ikatan yang kuat antara artis dan penggemarnya terbentuk dan konser tersebut bukanlah sebuah penampilan di mana mereka mengadakan penampilan yang luar biasa sebagai penyanyi, tetapi sebuah tempat yang dibuat untuk berkomunikasi.

Pada akhirnya, bahkan setelah 3 lagu encore selesai, rasa sedih akan perpisahan tetap ada sehingga ke-6 member Shinhwa berjalan mengelilingi panggung, melihat ke wajah penggemar mereka dan ke mata mereka, dan bahkan menyanyikan lagu tambahan yang tak direncanakan. Sebanyak yang telah mereka terima sebagai Shinhwa, mereka menunjukkan sebuah cinta untuk penggemar mereka yang lebih besar dibandingkan memberikan fan service, dan jika mereka telah berkomunikasi seperti itu selama 17 tahun, lalu penggemar yang telah menerima cinta itu mau tak mau tetap menjadi penggemar mereka walau waktu telah berlalu.

shinhwa 59

shinhwa 60

(menghilangkan informasi tentang konser)

Shinhwa: Halo, kami adalah Shinhwa.

Andy: Sepertinya lebih banyak orang yang datang hari ini.

Shin Hyesung: Lebih banyak orang mengisi tempat duduk hari ini, terima kasih banyak. Hari ini sungguh berharga untuk dinantikan. Kami juga bersenang-senang sepenuhnya kemarin tetapi hari ini kami akan lebih bersenang-senang.

Junjin: Aku sungguh senang sekali kemarin tetapi sepertinya hari ini tempat duduk lebih terisi penuh. Aku menantikan hari ini dan mari bersenang-senang hingga akhir.

Lee Minwoo: Menurutku ini adalah hari terpanas di bulan Agustus. Kami Shinhwa harus gila-gilaan di tengah-tengah sorakan antusias kalian semua. Banyak orang telah datang, dan kami akan melakukan yang terbaik sehingga kalian yang datang tidak menyesal. Jadi selamat bersenang-senang.

Kim Dongwan: Kemarin, ketika aku pertama kali melihat rambut apel Shin Hyesung untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, aku pikir aku bermimpi. Akankah kamu menunjukkan rambut ceri atau sesuatu seperti itu hari ini?. Aku tak mengingat apapun kemarin selai rambut apel Shin Hyesung. Bagaimanapun juga, hari ini panas jadi terima kasih sudah memenuhi tempat duduk. Bagian dalam terlihat lebih menggembirakan berkat kalian semua.

Eric: Jika aku menerjemahkan apa yang dikatakan Kim Dongwan, maksudnya bahwa hari ini panas karena semangat yang memanas. Aku berkata untuk membawa konser ke arah yang lebih bergembira dan menyenangkan, dan untuk membuatnya lebih menyenangkan, aku terjatuh di lagu pertama. Apakah ada peraturan yang menyatakan kami tidak dapat terjatuh di atas panggung karena kami memiliki 17 tahun pengalaman? Ini hanya semua orang tidak tahu, kita telah terjatuh banyak kali. Terjatuh lalu berdiri.

shinhwa 61

(Sesi berbicara kedua)

Shin Hyesung: Akhir-akhir ini sangat panas, dan kami ingin mendinginkan kalian, walaupun hanya sedikit, dengan VCR yang telah kami persiapkan jadi kami membuat salah satu konsep horor.

Kim Dongwan: Bukankah Andy terlihat imut berpakaian seperti Toshio?

Eric: Kami telah mempersiapkan video yang sangat berbeda untuk konser.

Shin Hyesung: Untuk seseorang sepertiku dengan akting yang kikuk, ini sangat membuatku tertekan. Mereka yang datang kemarin akan tahu tetapi bagi yang tidak datang kemarin, harap menonton sambil mempertimbangkannya.

Kim Dongwan: Shin Hyesung sangat bagus dalam hal narasi. Narasi membutuhkan akting.

Eric: Mereka yang idenya terpilih, kami akan mempersembahkan aegyo Junjin dan Shin Hyesung sebagai hadiah. Konsernya telah dimulai dengan sungguh-sungguh. Lagu-lagu yang akan kami bawakan selanjutnya adalah 3 lagu yang mewakili Shinhwa.

Kim Dongwan: Bukankah ‘Shinhwa’ mewakili warna putih bersih? Mari menuju jalur memori bersama.

shinhwa 62

(Sesi berbicara ketiga)

Lee Minwoo: Kami menampilkan ‘Cat’ untuk pertama kalinya kemarin dan hari ini, apakah kalian menyukainya? Ini adalah penampilan yang seutuhnya dibuat untuk kalian semua. Sedangkan koreografi untuk ‘Cat’ aku bertanya-tanya apakah ini sesuai dengan umur kami?’ lain kali kami akan melakukannya sebagai ‘Lions’. Kita telah mencapai pertengahan konser. Kami harap kalian dapat bersenang-senang sedikit lagi. Apakah kalian siap? Ayo berpesta!

shinhwa 63

(Sesi berbicara keempat)

Shin Hyesung: Setelah kita bersenang-senang, kini saatnya untuk komentar penutup. Aku selalu merasakan ini, dan kalian juga, tetapi kita juga merasakan sedih. Terlebih lagi hari ini karena hari ini sangat menyenangkan. Aku merasa lebih berenergi ketika aku melihat wajah kalian saat aku bernyanyi di atas panggung.

Kim Dongwan: Ini adalah konser pertama kita setelah  Shin-dependence day.

Lee Minwoo: Itulah mengapa ini lebih bermakna dibandingkan penampilan lainnya dan sangat bagus. Itulah mengapa aku merasa lebih bersemangat dan merasa seperti kita telah menjadi satu dengan kalian semua.

Kim Dongwan: Sebenarnya banyak hal terjadi saat kita mendapatkan nama Shinhwa kembali. Ada penuntutan hukum, dan negosiasi mendetail tetapi Eric berada di depan, menyelesaikan semuanya, jadi aku ingin berterima kasih pada Eric.

Lee Minwoo: aku sungguh-sungguh berpikir bahwa penggemar paling mengagumkan di seluruh dunia adalah ‘Shinhwa Changjo’. Kalian semua, kalian adalah motivasi bagi Shinhwa untuk berdiri di atas panggung. Ingatlah. Kami sungguh-sungguh berterima kasih pada kalian semua dan sungguh-sungguh mencintai kalian.

shinhwa 64

(Sesi berbicara encore)

Lee Minwoo: Ayo bersenang-senang di encore. Walaupun kami Shinhwa antusias selama encore,  ada rumor bahwa kalian yang lebih antusias. Aku merasa sangat bahagia ketika aku berada di atas panggung. Terima kasih telah membuatku bahagia. Ayo bermain dengan lebih bahagia. (Jas hujan) ini sangat panas. Bagaimana kalian dapat memakai ini dan menyemangati kami selama 17 tahun? Aku pikir kalian akan banyak kehilangan berat badan karena kalian banyak berkeringat saat memakai ini. Yang lebih penting, kalian semua terlihat lebih cantik dibandingkan saat kalian muda. Encore hari ini akan berakhir di tengah-tengah gelombang orange. Untuk memperingati Shin-dependence Day dengan kalian semua, kami telah mempersiapkan encore secara khusus untuk dimulai dengan manis seperti ini.

Shin Hyesung: (setelah 2gether 4ever) Sebuah encore harus seperti encore jadi mari bersenang-senang sebagaimana mestinya di akhir.

Lee Minwoo: (setelah Venus) Terima kasih banyak telah membuat kami bahagia sepenuhnya sampai di akhir konser final hari ini. Kalian semua yang terbaik hari ini. Harus seperti ini untuk menjadi konser Shinhwa. Kalian Siap?

shinhwa 65

 

Source: Star Daily News

Eng trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s