[REVIEW] 6361 Hari, Waktu “Kita” dan Shinhwa Bersama (230815)

shinhwa 55

Fanclub paling mengagumkan di seluruh dunia, Shinhwa Changjo, kalian adalah motivasi kami untuk untuk berdiri di atas panggung.”

Grup terlama Shinhwa sekali lagi bertemu dengan fanclub terlama Shinhwa Changjo. Pertemuan kali ini adalah konser encore mereka, yang digelar 5 bulan setelah konser Seoul di bulan Maret, dan bahkan lebih bermakna karena ini adalah pertama kalinya Shinhwa bertemu Shinhwa Changjo setelah pemindahan hak nama Shinhwa selesai dan nama tersebut menjadi milik mereka seutuhnya.

Dari tanggal 22 Agustus sampai 23 Agustus, Seoul Olympic Park Gymnasium di Songpa-gu, Shinhwa (Eric, Kim Dongwan, Lee Minwoo, Shin Hyesung, Junjin, Andy) menggelar konser encore perayaan ke-17 tahun debut mereka “WE”. Konser tersebut, yang digelar selama 2 hari, terlihat sekitar 24,000 penggemar memenuhi tempat duduk, meneriakkan “Shinhwa San” dan melambaikan lightstick orange mereka dalam urutan yang sempurna. Shinhwa dan Shinhwa Changjo mempunyai waktu antusias di tengah-tengah panasnya musim panas.

Walaupun ini adalah konser encore, Shinhwa memuaskan para penggemar dengan cara yang berbeda. Mereka membuka konser dengan sebuah  VCR komik thriller, dengan konsep 6 pria menghilang di gunung Shinhwa. VCR yang ditayangkan melalui layar berkualitas film, dan bahkan terasa seperti sebuah film yang ditonton bersama penggemar. Minwoo manusia serigala, Shin Hyesung ksatria hitam, Eric mumi, Kim Dongwan drakula, Andy toshio dan Junjin vampir Cina, dandanan yang mendetail dan atmosfir yang menyeramkan memberikan ketertarikan tersendiri.

Setelah VCR, Shinhwa menampilkan title song dari album ke-12 mereka “WE”, ‘Sniper’, yang memenangkan 10 piala pada acara musik selama promosi, memberikan Shinhwa hasil terbaik yang pernah ada. Setelah itu, mereka merebut perhatian penggemar dengan kharisma kuat mereka di ‘Venus’ dan ‘Shooting Star’.

Melalui ‘Time Machine’ dan ‘Eusha-Eusha’, lagu dari album pertama mereka yang dirilis 17 tahun lalu, Shinhwa menunjukkan bahwa mereka tidak pernah berubah, meskipun waktu telah banyak berlalu.

Mereka tidak hanya menyanyikan lagu-lagu dance, tetapi juga ‘Destiny of Love’, yang menunjukkan nada rap rendah Eric, ‘Don’t Cry’, sebuah lagu R&B yang penuh dengan daya tarik dan menghasilkan penampilan yang fantastis dengan naik turun di atas panggung.

Shinhwa secara khusus menampilkan ‘Cat’, sebuah lagu dari album ke-12 mereka, untuk pertama kalinya. Keseksian yang tak terduga dan sikap yang tidak berlebihan dalam menirukan kucing menyebabkan penggemar bersorak.

shinhwa 54

26 lagu yang dibawakan oleh Shinhwa hari ini adalah lagu-lagu yang menjadi kenangan untuk Shinhwa dan Shinhwa Changjo 17 tahun belakang ini. Di mulai dengan ‘T.O.P’, yang membuat nama Shinhwa dikenal, ke ‘Perfect Man’, di mana Andy kembali lagi setelah hilang di pertengahan, dan ‘Brand New’, lagu yang memberikan Daesang pertama mereka, dll, Shinhwa Changjo bernyanyi sepanjang lagu, dan bernyanyi bersama Shinhwa.

Shinhwa menunjukkan cinta mereka untuk penggemar melalui pengaturan panggung. Memperhatikan para penggemar yang berada di sesi samping, mereka tidak hanya menginstal layar di sisi-sisi panggung tetapi di seluruh arena konser, membuat penggemar di manapun  lebih gampang untuk menikmati Shinhwa. Begitu juga panggungnya, yang berbentuk silang dan merentang ke segala arah, memberikan kesempatan untuk melihat Shinhwa lebih dekat. Berisi 17 tahun pengalaman Shinhwa memikirkan penggemar.

Penampilan encore bahkan lebih istimewa dibanding penampilan sesungguhnya. Selama panggung encore, Shinhwa memakai jas hujan oranye dan bertransformasi menjadi Shinhwa Changjo. Shin Hyesung, yang mencoba rambut apel untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, Eric, yang menyiapkan tarian imut, meskipun di panggung yang besar, mereka menciptakan suasana manis dan kedekatan, layaknya konser tersebut hanya dinikmati oleh sedikit penonton.

shinhwa 53

Eric berkata, “Ini adalah tahun ke-17 kita. Sampai hari ini, ini adalah hari ke 6361 kita, ini waktu yang cukup lama.” Lee Minwoo berkata,”Fanclub paling mengagumkan di seluruh dunia. Motivasi bagi kami untuk berdiri di atas panggung. Aku mencintai kalian,” setelah mereka meneriakkan ‘Shinhwa’ dan ‘Shinhwa Changjo’ tiga kali, membangun chemistry  dengan para penggemar. Kim Dongwan menunjukkan rasa syukurnya ketika ia berkata Eric berusaha keras untuk mendapatkan kembali nama Shinhwa.

Dengan suara yang berisi rasa terima kasih kepada para penggemar mereka yang berharga, Shinhwa menyanyikan ‘2gether 4ever’, versi rock dari ‘Venus’ dan juga ‘Yo’, dan Shinhwa Changjo menyanyikan ‘Once In A Lifetime’ sebagai balasan, saat konser mendekati akhir.

17 tahun yang lalu, di tahun 1998, anak-anak kecil pada saat itu kini sudah berkendara sendiri, atau menonton konser dengan anak perempuan mereka. Mungkin apa yang diberikan Shinhwa pada mereka bukanlah lagu tetapi kenangan. “Kita”, yang telah menghabiskan 17 tahun bersama, apakah ada grup lain yang cocok dengan kata ‘kita’ secocok kata itu dengan Shinhwa? Bahkan ketika mereka terpisah, ketika mereka beristirahat, mereka berkumpul bersama di bawah nama ‘kita’. Bahwa Shinhwa Changjo juga termasuk di dalam ‘kita’ adalah sebuah kebenaran yang tidak perlu dikatakan.

Walaupun Shinhwa telah menyelesaikan promosi album ke-12 mereka melalui konser ini, karena mereka adalah Shinhwa, yang sekali lagi akan segera kembali, yang kita perlu lakukan adalah menunggu.

Shinhwa akan memulai promosi di Jepang di bulan Oktober, para member sendiri akan menunjukkan kemampuan masing-masing melalui rencana album solo dan akting dll.

 

Source: Financial News

Eng trans: Malpabo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s