[WAWANCARA] Geek Terbitan Agustus – Kim Dongwan (220715)

Shinhwa 45

 

Baru-baru ini Anda menjadi pria lajang yang patut dicontoh.

Aku dalam masalah besar. Tentunya bukan aku. Siapa yang tidak dapat berpura-pura menjalani hidup yang tekun dan berpura-pura berbaik hati di depan kamera. Apa yang Anda lihat dan kebenarannya adalah berbeda. Semua ini berkat senyum ramah yang telah diwariskan dari orang tuaku. Kenyataannya, aku melihat Yook Joongwan Rose Inn, yang tampil bersama denganku, sangat keren. Ia sangat menyukai minum bahkan saat minum ketika sampai pukul 12 tengah malam ia akan pergi sambil berkata, “Aku bertemu kekasihku esok.” Aku memeriksa dan ia benar-benar pergi. Haha.

Baik itu menumis makanan dengan penggorengan atau membersihkan ruang tamu, tampaknya Anda terbiasa dengan itu?

Aku tidak istimewa dalam hal memasak. Apa yang Anda katakan dengan terbiasa dengan itu adalah benar. Aku tidak tergila-gila untuk urusan bersih-bersih dan masakan ku tidak seperti koki. Ini hanya karena aku butuh makan, makanya aku memasak, aku membersihkan jika sudah mulai kotor. Aku tidak ahli dalam hal ini tapi kenyataannya orang-orang menganggap ini mengagumkan, aku berpikir pasti ada orang-orang yang bahkan tidak melakukannya. Setiap orang tahu melakukan hal-hal seperti itu.

Kebanyakan pria yang sedikit mengetahui tentang urusan rumah tangga mempelajari sedikit dari ibunya.

Dalam kasusku, ibuku terlambat pulang ke rumah karena harus bekerja. Jadi aku cenderung melakukan sedikit jika aku rasa segala sesuatu sudah menjadi buruk.

Apakah Anda pernah mempelajari tentang berumah tangga atau memasak?

Aku biasanya mencari di internet dan mengikutinya.

Pergerakkan Anda yang konstan dan tanpa henti-hentinya melakukan sesuatu meninggalkan kesan. Aku pikir Anda seperti itu hanya di acara televisi tetapi belum lama ini, foto Anda dan penggemar di sebuah gym di Kyeongju, di mana Anda sedang syuting sebuah film, diunggah ke internet.

Aku tidak suka jika aku merasa tubuhku tak sehat. Ketika aku bangun di pagi hari, aku pasti harus meninggalkan rumahku dalam 1-2 jam. Hal ini sangat serius ketika aku masih muda, sampai ditingkatan aku bahkan tak bisa tidur. Aku dulu berpikir setiap orang seperti aku. Tetapi setiap orang baik-baik saja hanya dengan tetap diam. Ketika aku bertanya apa yang memberku sedang lakukan, mereka berkata mereka berada di kamar hotel selama 12 jam.

Walaupun Anda penuh energi, juga terlihat bahwa Anda sangat penasaran.

Aku senang mencari informasi. Aku cenderung meng-googling  jika aku penasaran dengan seseorang. Orang itu menikah dengan siapa, ia terlibat dengan insiden seperti apa, apa yang banyak dilihat di Youtube akhir-akhir ini, aku mencari hal-hal seperti itu.

Sepertinya channel yang Anda cari cukup bervariasi.

Ada banyak yang dapat Anda temukan. Sangat menyenangkan. Baru-baru ini aku menonton film “Birdman” dan mencari tahu tentang Michael Keaton. Seorang blogger mengunggah sebuah teori persamaan tentang Michael Keaton dan pemeran utama dalam film Riggan Thomson, hal ini sangat menarik. Bukankah para blogger di negeri kita sangat jenius? Adalah apa yang aku pikirkan. Ini bukanlah sesuatu yang dilakukan setelah mendapat bayaran tetapi bagaimana mereka dapat berusaha sepenuh hati?

Shinhwa 46

Dari kata-kata yang kadang-kadang Anda unggah, sepertinya Anda mempunyai hasrat?

Aku hanya aktif di bidang yang aku sukai. Blog juga sangat sulit. Dalam blog yang dijalankan dengan baik, mereka memiliki tema. Aku tidak mempunyai tema yang konsisten maupun aku tidak menggunakan energiku dengan cara seperti itu. Begitu juga dengan akun Facebook ku, aku biasa mem-private-nya dan hanya kadang-kadang menulis sesuatu dan mempostingnya ke publik.

Berpikir tentang hal itu, Anda telah berbicara karena SNS.

Itulah mengapa aku tetap mem-private kan beberapa hal. Hal-hal yang bisa menjadi topik hangat, aku mem-private nya dan membuka ke publik satu minggu kemudian. Diantara teman dekatku ada waether caster Park Shinyoung, penabuh drum Nam Goongyeon dll dan mereka akan memberiku saran seperti “Aku pikir kamu harus meredam ini. Jangan mengunggah hal-hal seperti itu.” Aku cenderung mendapatkan konfirmasi lebih dulu jadi sangat membutuhkan teman yang blak-blakan. Tentu, ada saat-saat di mana aku sangat bersemangat dan mengunggah sesuatu.

Apa alasan untuk menggunakan SNS jika bahkan Anda akan mendengar perkataan yang tidak Anda sukai?

Aku mendapatkan banyak informasi dari SNS seperti Facebook. Anehnya, ada postingan yang muncul yang cocok dengan keadaan psikologiku. Jika Anda tidak menggunakan ini hanya untuk menjelek-jelekan orang lain maka akan ada banyak keuntungan.

Anda juga bekerja keras untuk belajar bahasa, bahkan sampai pergi ke Kanada.

Walaupun aku berkata aku pergi ke sana untuk belajar bahasa Inggris, pada waktu itu, karena aku tidak ingin melakukan apapun jadi aku hanya beristirahat. Hal yang sama juga terjadi sebelumnya. Di tahun 2011, aku pergi ke Kangwon-do untuk bermain ski tetapi aku tidak melakukan apapun dan hanya duduk di kafe. Aku kembali setelah dua minggu dan pergi lagi dan menghabiskan satu minggu di sana. Jika semua ditambahkan bersama, ada waktu di mana aku menghabiskan dua bulan seperti itu. Jika aku menghabiskan waktu seperti itu, sama sekali tidak melakukan apapun. Aku hanya membutuhkan satu hari untuk kembali bekerja. Walaupun aku bukan seseorang yang spesial, berada di situasi di mana tak seorang pun memperhatikanku sungguh terasa menyenangkan.

Apakah baik-baik saja untuk seseorang seperti itu menunjukkan semua kehidupan pribadinya? Anda adalah seorang idola, aku yakin Anda pasti khawatir tentang melemahkan image Anda?

Ada bagian dalam buku yang aku tulis di mana aku merasa negatif terhadap variety, dan sejujurnya, aku tidak sepenuhnya tanpa kekhawatiran. Akan tetapi, ini bukannya aku berkompetisi untuk kemenangan sebagai entertainer, “I Live Alone” adalah hal spesial. Acara itu dapat membuatku tahu bahwa aku tidaklah sehebat kemasanku. Pernah sekali aku berkata, “Ayo syuting sehabis minum alkohol” tetapi mereka tidak melakukannya. Hahaha. Sebelumnya aku selalu pindah setelah mengkalkulasi tetapi pada akhirnya tidak berjalan sesuai itu. Banyak orang memberitahuku bahwa banyak hal tidak berjalan sesuai kalkulasi. Oleh karena itu sekarang ini aku mencoba untuk berjalan dengan mode “apapun yang akan terjadi, akan terjadi”. Tetapi efek sampingnya adalah bahkan urusan hubungan menjadi seperti itu. Hahaha.

Walaupun Anda tinggal sendirian tetapi ini juga membuatku penasaran mengapa pria seperti Anda sendirian.

Pernikahan tentunya perhatian terbesarku. Tetapi entah bagaimana aku juga berpikir jika aku tidak dapat menikah nanti. Jika para member berkata bahwa aku tidak akan dapat menikah aku akan berkata, “Jangan bercanda, aku yang akan pertama menikah.” Tetapi melihat di sekitarku, orang sepertiku tidak dapat menikah. Kadangkala ketika aku memulai sebuah hubungan, teman-temanku di SNS tidak akan mengucapkan “Selamat!” tetapi “Oh sungguh? Kapan kita dapat bertemu?” haha. Nampak seperti mereka bahkan tidak mengharapkannya.

Anda terlihat seperti seorang pria yang sudah siap secara keseluruhan tetapi mengapa orang-orang berkata Anda tidak dapat menikah? Apakah Anda menempatkan terlalu banyak hal penting dalam kehidupan Anda sendiri?

Rasanya seperti itu. Aku menempatkan diriku pertama. Orang-orang berkata jika kamu ingin menikah, keluarga harus berada di tempat pertama dan kamu sendiri harus berada entah di mana di sekitar urutan ketiga. Aku tidak dapat melakukan itu, aku cenderung menempatkan diriku di tempat pertama.

Apakah Anda terlalu berhati-hati ketika memilih seseorang?

Sebenarnya aku tidak berhati-hati. Apakah aku berpura-pura berhati-hati? Aku sangat menghormati pandangan hubungan Paulo Coelho, dan meminjam kata-katanya, aku harus memakan semua jenis makanan untuk mengeatahui jenis makanan apa yang benar-benar aku sukai. Meskipun agak sedikit aneh menyinggung sebuah hubungan dengan makanan.

Hal itu berarti Anda harus sering mencoba berbagai jenis hubungan yang berbeda untuk dapat menemui orang yang baik.

Aku tidak tahu jika aku dapat membedakan seseorang yang baik. Bahkan pernikahan yang dilakukan setelah berpilih-pilih dan berhati-hati akan mempunyai masalah juga. Walaupun aku pikir aku ingin berhenti berada dalam sebuah hubungan dan langsung menikah karena aku lelah dengan ini dan itu tetapi teman-temanku akan bertanya pernikahan apa ketika kamu bahkan tidak mempunyai hubungan dengan seseorang.

Apakah ini mungkin karena Anda mempunyai keharusan untuk tidak menjadi menyedihkan? Semua pria yang sedang jatuh cinta menyedihakan.

Aku tidak pernah menyedihkan. Sial, aku juga tidak tahu. Haha.

Ketika Anda tampil di segmen pengumuman layanan publik MBC Radio <Wait A Minute>, Anda berkata “Terkadang menyenangkan jika seseorang melihat diriku yang  sesungguhnya dan bukan tampilanku.” Apakah Anda mencari seseorang seperti itu dalam sebuah hubungan?

Bagus jika mereka melihatku untuk aku yang sesungguhnya. Tak hanya apa yang terlihat bagus, aku juga berharap mereka dapat menerima sisi jelekku.

Dalam sebuah wawancara, Anda berkata, “Saat aku bekerja ada waktu-waktu di mana kepercayaan diriku menurun,” biasanya kapan hal itu terjadi?

Seperti depresi, ada waktu di mana aku kehilangan motivasi. Aku tidak menyukai ambiguitas walaupun tipe kepribadian seperti ini nampak pasti dan rapi, ada juga sisi buruknya. Karena tidak semua hal dalam kenyataan dapat pasti dan rapi. Malahan akan lebih ambigu. Karena kamu bekerja dengan sekelompok orang, kamu secara jelas harus berkompromi dan harus berada dalam harmoni, tetapi ada saat di mana hal seperti itu tidak terjadi. Selebiriti bagaimanapun juga melakukan hal yang mereka sukai, hal ini karena para staf memahami tetapi ketika aku tidak dapat membuat keputusan dengan benar di situlah ketika motivasiku turun. Tetapi tidak ada pola untuk emosi kesedihanku. Karena ini adalah sesuatu yang suatu hari datang dengan tiba-tiba. Sebelumnya aku pernah bertanya pada reporter baseball bagaimana atlet mengatasi kemerosotan mereka, tetapi aku diberitahu tidak ada hal untuk mengatasi, kamu hanya harus terus berjalan sambil membawanya.

Aku pikir tidak gampang hidup sebagai selebriti.

Aku membutuhkan waktu luang. Hidup sebagai selebriti membuatku merasa seperti aku hidup di sebuah kehidupan di mana aku tidak dapat tidur dan secara terus menerus mencari stimulans. Aku terus berlanjut mencari stimulan yang lebih baik bahkan ketika aku butuh tidur. Dan merekomendasikannya pada yang lain juga. Dan tidak ada waktu untuk mengisi energi lagi. Ini menjadi kehidupan yang tertekan. Layaknya sebuah baterai yang habis yang dapat digunakan sedikit lagi jika Anda mengisinya. Setelah layanan publikku berakhir dan aku keluar dari militer, aku tidak berpikir banyak tetapi karena orang-orang disekitarku berkata aku harus kembali dengan pantas makanya agak sedikit sulit untukku. Puncaknya adalah ketika aku syuting “Mr. Kim”.

Tetapi bukannya Anda mendapatkan banyak popularitas melalui karakter tersebut?

Jika, sampai saat itu, aku adalah seorang idola, maka melalui drama itu, aku menjadi terkenal di kalangan masyarakat umum.

Anda tidak jauh dari  usia 40, di tahun ke-17 Anda, sebagian hidup Anda sebagai seorang idola. Bagaimana perasaan Anda?

Sangat luar biasa. Aku bahagia. Aku pikir aku juga harus berurusan dengan ketidakenakan. Walaupun untuk beberapa orang sangat berat dan menyakitkan tetapi aku tidak mengetahui hal itu dengan baik dan telah hidup dengan cukup nyaman. Aku adalah contoh seseorang yang beruntung.

Aku dengar akan ada konser Shinhwa dan Anda juga sedang syuting sebuah film.

Aku syuting “Megalomaniacs” dengan Sutradara Shin Yeonsik yang menyutradarai “Rough Play”. Aku tampil sebagai megalomania. Ini adalah sebuah film omnimbus, dengan tiga cerita dan sebuah film pendek tentang hak asasi manusia. Aku kebetulan tinggal di lingkungan yang sama dengan sutradara jadi kami sering makan bersama dan menjadi lebih dekat. Setelah kembali dari Kanada, aku ditawari sebuah peran dalam sebuah film yang sangat bermakna jadi aku pergi dan menyadari bahwa itu adalah Sutradara Shin. Setelah bercerita, aku menyadari bahwa, ketika kami tidak saling mengenal, aku pernah sekali memotret seorang gadis imut di sebuah kafe di lingkunganku dan gadis itu adalah anak perempuan sutradara Shin.

Kapan Anda mulai memotret?

Aku memulainya dengan benar ketika aku melakukan layanan publik. Aku menjadikan fotografi sebagai hobiku karena aku ingin menghabiskan cutiku dengan bermanfaat.

Kamera apa yang Anda gunakan?

Untuk kamera digital aku menggunakan Leica M-E dengan lensa Summilux. Aku juga mempunyai Nikon D810 tetapi aku menyukai lensa 58mm. Untuk kamera film, aku menggunakan kamera yang disebut Rollei 35. Aku biasanya menggunakan kamera film ketika aku pergi berlibur, kameranya kecil jadi bagus untuk snap shotsOrang tidak terlalu merasa enggan (diambil fotonya) dan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan kamera itu.

Penyanyi Kim Dongryul dan aktris Bae Doona juga bergabung dengan sebuah klub karena mereka menyukai kamera.

Aku sering pergi ke Chulsa atau SLR Club. Chulsa adalah di mana ahjusshi umumnya berkumpul tetapi kemampuan mereka mendapatkan informasi tidak main-main. Jika anda terus membaca anda akan melihat banyak tempat untuk fotografi. Para ahjusshi berbagi informasi seperti ini. Mereka mengunggah peta dengan titik pada mereka, makanan di sini lezat dll. SLR Club tidak memberikan anda informasi yang jelas tentang fotografi. Belum lama, admin Chulsa berkata “Aku akan beristirahat karena aku sedang membangun rumah” dan orang-orang meninggalkan komentar bahwa mereka menantikan rumah tersebut. Sangat menarik. Silahkan berkunjung.

Ah, belum pernahkan Anda bertemu dengan seorang wanita yang menyukai fotografi?

Aku pernah menyukai sesorang seperti itu tetapi tidak pernah terjadi apa-apa. Haha.

Aku harap Anda malah bertemu seorang wanita yang photogenic daripada seseorang yang menyukai fotografi.

Aku harus. Terima kasih.

 

Source: Geek Korea August Issue

ENG TRANS: MALPABO

Leave a Reply

