[BERITA] Shinhwa Mendapatkan Nama Mereka Setelah 12 Tahun: Akhir dari Gugatan Atas Trademark (290515)

Perwakilan grup idol Korea, SHINHWA (Kim Dongwan, Lee Minwoo, Eric, Andy, Junjin, Shin Hyesung) telah menemukan kembali nama mereka setelah 12 tahun. Melalui sebuah proses mediasi di pengadilan belakangan ini, mereka dapat menggunakan nama ‘SHINHWA’ tanpa ada restriksi di masa depan melalui sebuah perjanjian yang dibuat untuk menyerahkan hak trademark atas nama grup ini.

Pada tanggal 29, berdasarkan keterangan dari pihak ahli hukum, agensi Shinhwa, Shincom Entertainment (dulunya Shinhwa Company) dan pemegang trademark, Jun Media (dulunya Open World Entertainment), berpartisipasi dalam sebuah proses arbitrasi di Pengadilan Tinggi Seoul pada 27 Mei dan telah menerima proposal arbitrasi pengadilan mengenai penyerahan hak trademark.

Sebelumnya pihak pengadilan telah membuat keputusan arbitrasi wajib pada tanggal 20 bulan lalu ketika kedua belah pihak gagal mencapai sebuah kesepakatan. Setelah itu, perwakilan Shincom Entertainment mengajukan keberatan, dan setelah proses arbitrasi selanjutnya, sebuah kesepakatan mengenai hak trademark akhirnya dibuat.

Permasalahan atas trademark “SHINHWA” dapat ditelusuri hingga 12 tahun lalu. Agensi Shinhwa sebelumnya, SM Entertainment, pada akhir 2003 menandatangani kontrak untuk menyetujui penggunaan nama grup SHINHWA dengan agensi baru Shinhwa pada saat itu, Good EMG. Juga, setelah menyelesaikan registrasi atas trademark SHINHWA pada tahun 2005, mereka memercayakan nama tersebut pada Jun Media, sebelum akhirnya menjualnya secara penuh kepada Jun Media di tahun berikutnya.

Hak trademark yang dipegang oleh Jun Media terbatas pada album musik dan track digital yang dirilis dibawah trademark SHINHWA di Korea.

Shinhwa kemudian meninggalkan Good EMG, mendirikan sebuah agensi baru bernama ‘Shinhwa Company’ dan menandatangani kontrak atas penggunaan trademark SHINHWA dengan Jun Media pada 2011.

Namun pada tahun berikutnya, ketika mereka menanyakan dokumen bukti kepemilikan trademark, kegagalan Jun Media untuk merespon hal ini berakhir dengan permintaan Shinhwa Company untuk membatalkan kontrak tersebut, berikut dengan pembayaran kembali nilai kontrak dan juga “keuntungan dari konser tahun 2012 dan sebagian pendapatan dari fanclub Jepang.” (*pada Shincom). Mengenai hal ini, pengacara Jun Media menggugat Shinhwa Company, “Kami memiliki hak trademark, jadi tolong bayar keuntungan dari konser tahun 2013 sebagaimana disebutkan dalam kontrak.”

Pengadilan membuat keputusan, memberitahu kedua belah pihak, “Hitung pendapatan satu sama lain dan bayar.” tapi juga mengatakan, “Jun Media memiliki hak trademark Shinhwa jadi Shinhwa tidak memiliki alasan untuk membatalkan kontrak mereka.” memberikan kemenangan partial kepada Jun Media.

Perwakilan legal Shinhwa kemudian mengajukan banding, dan untuk mencegah masalah di masa depan, mengubah nama perusahaan mereka dari Shinhwa Company ke Shincom Entertainment. Semenjak perilisan album ke-11 mereka pada Mei 2013, mereka tidak menggunakan trademark ‘SHINHWA’ di cover album dan hanya meletakkan logo.

Ini adalah pertama kalinya dalam 17 tahun, Shinhwa sepenuhnya mendapatkan hak penuh atas trademark sejak debut mereka pada tahun 1998, dan hasil ini juga diharapkan menjadi berita yang menggembirakan bagi fans.

sr: Star News

ENG Translation by malpabo.tumblr.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s