[BERITA] Kim Dongwan Menegur Fans yang Tidak Sopan di Bandara (180515)

Terkenal suka memarahi fans ketika mereka melampaui batas, Shinhwa Kim Dongwan mengunggah foto seorang fans yang tidak sopan ke Facebooknya, namun kemudian menghapus foto tersebut dan berbicara mengenai isu ini lagi dalam posting berbeda.

Pada 17 Mei, Kim Dongwan memposting sebuah foto seorang wanita, memegang kamera menutupi wajahnya. Dalam postingnya, dia menulis, “Hari ini di bandara, kamu menginjak kaki setidaknya 10 orang, menjatuhkan banyak tas, dan menabrak banyak orang. Hal ini karena kamu tidak melihat kemana kamu berjalan dan cuma melihat melalui kameramu. Orang-orang tersebut akan berpendapat bahwa kelakuan seperti itu dilakukan oleh fans-fans Shinhwa. Tolong jangan membuat titel ‘fans Shinhwa’ sebagai sesuatu yang dikutuk banyak orang. Hari ini, kamu membuat banyak orang merasa tidak senang.”

Meski wajah wanita tersebut tidak terungkap di foto, Kim Dongwan kemudian menghapus posting tersebut dan menggantikannya dengan yang lain.

Berikut isi postingannya:

“Aku dengar banyak orang menyerang gadis itu di Weibo. Tolong berhenti. Ini bukan yang aku inginkan. Salahku karena mengunggah foto itu secara impulsif.

Aku juga senang fotografi. Ketika aku mulai memotret pertama kali, kadang aku mengambil foto tanpa bertanya pada objek foto. Kemudian aku dengar banyak fotografer Korea dituntut oleh warga biasa, jadi sejak saat itu, ketika aku memotret di luar negeri, aku memberikan kartu nama dengan alamat email pada mereka. Di Korea, aku mulai memotret setelah mendapat izin. Karena orang memiliki hak untuk dipotret meskipun mereka bukan model di industri komersil.

Sulit untuk menegur orang yang memotret foto penyanyi tanpa tujuan komersil. Tapi, aku akan menghargai jika kalian dapat menjaga tata krama dasar. Sebagai seseorang yang juga hobi memotret, aku sulit memahami bagaimana bisa kamu bisa membuat modelnya merasa tidak nyaman. Bukankah kedua belah pihak ingin memotret dan dipotret dalam sebuah potret yang bahagia?

Karena seseorang yang aku tidak ketahui namanya dan tidak tahu tata krama, aku tidak bisa menyapa banyak orang yang datang ke bandara. Hal ini yang membuatku paling kesal.

Ketika kamu tidak yakin, lihat ke orang di sekelilingmu. Lihat peraturan apa yang mereka terapkan.

Alasah mengapa orang menyukai sepak bola atau baseball adalah karena peraturannya. Tolong jangan menghancurkan peraturan yang sudah kita nikmati sejak lama. Tolong.”

Photo Credit: CI ENT, Kim Dong Wan′s Facebook

Source: MWAVE

Leave a Reply

