[OP-ED] [Star Focus] Shinhwa, Masih “Kami Adalah Shinhwa”..Persahabatan yang Kuat (270315)

Meminjam kata-kata dari Leo VIXX, “Ayah para idola” Shinhwa menerima banyak cinta di Korea kini. Selalu dipilih sebagai panutan oleh idola sekarang, Shinhwa juga dikenal dengan “persahabatan lama” mereka, sesuatu yang jarang terlihat di industri musik. Terlebih sering digambarkan sebagai idola generasi pertama dan “Korea’s Longest running idol“, Shinhwa terus mempertahankan kerja sama tim yang kuat.

Shinhwa merilis full album ke-12 mereka “WE” pada tanggal 26 Februari dan telah mencetak rekor dengan title song mereka “Sniper”. Shinhwa menang 10 kali diberbagai acara musik dengan “Sniper” dan mencatat rekor baru dengan kembalinya mereka setelah 1 tahun 9 bulan. Sebagai hasilnya mereka memecahkan rekor 8 kemenangan “This Love”, title track untuk album ke-11 mereka, Ini adalah rekor tertinggi kemenangan grup. Layaknya idola generasi pertama yang mengguncang tahun 1990an dan 2000an, mereka menujukkan 17 tahun pengalaman dan membuktikan “kekuatan Shinhwa”

Shinhwa 18

Shinhwa debut dengan penuh hasrat di tahun 1998 dengan album pertama mereka “Resolver” dan selalu sama tanpa ada pergantian member. Shinhwa menggelar “Konser Perayaan Ke-17 Tahun Shinhwa 2015-WE” pada tanggal 21 dan 22 Maret Seoul Olympic Park Gymnasium, dan mencatat rekor penjualan yang luar biasa untuk semua penampilan. Kenyataan yang sebenarnya, ketika reporter ini pergi ke arena konser untuk meliput tentang konser, pengalaman menggetarkan hati adalah sesuatu yang hanya dapat dirasakan di konser Shinhwa dan tidak di konser idola lainnya, menunjukkan hunbungan antara Shinhwa dan penggemar mereka yang sangat luar biasa.

Tetapi, bukan Shinhwa namanya jika mereka tidak mempunyai masa krisis. Setelah meninggalkan agensi pertama mereka, SM Entertainment, ketika pertama kalinya diketahui bahwa mereka akan pindah agensi, rumor perpecahan tersebar. Setelah kontrak mereka dengan SM Entertainment berakhir, Shinhwa berpindah ke Good Entertainment. Pada waktu itu, diumumkan bahwa pembicaraan kontrak kembali antara Good Entertainment dan Jun Media (mantan Open World Entertainment), yang memiliki hak trademark, terbongkar dan rumor bubarnya Shinhwa tersebar. Penggemar terguncang kegelisahan akan bubarnya Shinhwa , tetapi syukurnya,Shinhwa mendirikan “ShinCom Entertainment (dulunya Shinhwa Company)” dengan nama mereka sendiri, tetap berada di samping penggemar.

Shinhwa 19

Shinhwa masih belum dapat memiliki hak trademark dan tidak dapat menunjukkan “Shinhwa” pada sampul album mereka, tetapi seperti bagaimana Shinhwa tetap bersama penggemar, Shinhwa Changjo (nama fanclub) mengikuti jalan yang ditempuh Shinhwa, layaknya seorang kawan. Shinhwa, yang akan berusia ke-18 tahun tahun depan, berlanjut menunjukkan kehadiran mereka yang tak pernah berubah.

Leader Eric tampil di “Healing Camp” SBS dan mengungkapkan momen paling mengesankan adalah “bukan pada saat kami menerima Daesang tetapi sekarang.” Eric berkata, Saat kami datang bersama kembali setelah beristirahat selama 4 tahun karena kami mempunyai kewajiban militer, dalam beberapa hal, aku sekarang merasa ini adalah momen yang paling penting. Hal itu dapat menjadi krisis terbesar yang dihadapi Shinhwa. Karena secara fisik kami tidak bersama, kami tidak saling bertemu dan aku merasa seperti kami melayang jauh. Aku merasa kami bisa saja bubar jika ada sesuatu yang berjalan salah. Seperti bagaimana kami berjanji pada para penggemar, kami kumpul bersama lagi, dan berbicara dan kita bersama lagi sambil berbicara satu sama lain. Kami mempunyai comeback  yang sukses dengan “Venus” lebih dari apa yang diperkirakan, dan aku merasa pulang ke jalurnya kembali dengan sendirinya adalah suatu kesuksesan.” Perkataan Eric penuh dengan ketulusan dan kesungguhan hati dan kalian dapat merasakan cintanya untuk para penggemar. Ini cukup untuk membuat mereka menonton dengan kagum.

Kini mereka di tahun ke-17 mereka. Shinhwa terlihat seperti kehidupan yang jauh sekali bagi para grup baru yang masih hijau tetapi sejujurnya masih ada jalan bagi mereka untuk berjalan. Sinhwa telah menerima pujian untuk penampilan terbaik yang ada di industri musik, dan mereka akan terus maju depan dan menciptakan sejarah legenda baru, untuk para penggemar, dan untuk mimpi mereka sendiri. Karena tak akan ada yang dapat mengambil tempat Shinhwa dan tak akan ada seorang pun yang dapat meniru mereka. Top Star News dengan penuh semangat mendukung persahabatan kekal Shinhwa.

 

Source: Top Star News

Eng Trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s