[BERITA] [10 LINE] Shinhwa (270315)

Shinhwa: Daripada “longest running idol Korea” bagaimana kalau kita menggambarkan mereka sebagai “idola yang mencetak sejarah”. Shinhwa merilis full album ke-12 mereka “WE” pada tanggal 26 bulan lalu, dan sekali lagi membuat sejarah dengan title track “Sniper”. Setiap langkah yang Shinhwa ambil selalu pertama, dan dengan “Sniper” mereka menang 10 kali di acara musik, menuliskan kembali rekor tertinggi mereka. Secara bersamaan membuat sejarah sambil memecahkan rekor terbaik mereka, Shinhwa benar-benar legenda yang ada.

Shinhwa 12

Lee Sooman : Pencipta Shinhwa. Sebagai CEO SM Entertainment, yang membentuk Shinhwa, ia dianggap memiliki sentuhan midas, telah menciptakan grup idola dengan level tinggi seperti Shinhwa, H.O.T, Dongbang Shinki, S.E.S, Super Junior, Girls’s Generation, Shinee, EXO. Kalian dapat merasakan sumber dari kerja keras Shinhwa melalui Lee Sooman. Dalam “Biografi Lee Sooman”, Shinhwa digambarkan sebagai sosok yang pantang menyerah, meskipun berada di situasi di mana album pertama Shinhwa “Resolver” gagal dan penjualan album mendapatkan pukulan telak dikarenakan IMF. Menyiapkan album kedua mereka “T.O.P” Shinhwa digambarkan sebagai “6 pria muda yang tidak mengindahkan satu kegagalan, berkata bahwa mereka tidak dapat tergoncang dan membenamkan diri mereka berlatih menari dan menyanyi dengan mengertakkan gigi mereka.” Shinhwa memenangkan nomor 1 pertama mereka di sebuah acara musik dengan album kedua “T.O.P” dan mulai menuliskan legenda dengan sungguh-sungguh.

“Brand New”: Title track album ke-7 Shinhwa. Shinhwa menerima Daesang dengan “Brand New” di “Penghargaan Musik Seoul ke 15” dan “Gayo Daejun” SBS, memenangkan Daesang  pertama mereka 7 tahun setelah debut. Ini adalah prestasi yang luar biasa karena ini adalah album terbaru Shinhwa yang dirilis melalui agensi baru mereka setelah meninggalkan SM Entertainment. Shinhwa meninggalkan SM Entertainmnet di tahun 2003 dan masuk di Good Entertainment, yang membuat mereka menghadapi titik balik penting dalam karir grup mereka. Saat menerima Daesang  melalui “Brand New”, juga membangun pondasi untuk mereka menjadi longest running idol. “Brand New” meninggalkan kesan mendalam dengan penampilan individu setiap member dan melodi yang hebat dan juga sebuah lagu yang sangat disukai oleh Shinhwa. Shinhwa bahkan menyebut title track untuk album terbaru mereka “Sniper” sebagai “Brand New” versi 2015. Dalam sebuah wawancara dengan 10Asia, komposer Park Geuntae berkata, “Aku mempertimbngkan tentang bagaimana maskulinitas dan keseksian dapat muncul bersamaan untuk ‘Brand New’. Tidak butuh 10 menit bagiku untuk menulis melodi ketika tema lagunya sudah keluar.” ‘Brand New’ adalah sebuah lagu yang penuh dengan kemaskulinan dan keseksian Shinhwa.

“Wild Eyes”: Lagu untuk full album ke-4 Shinhwa “Hey Come On” dan juga lagu yang menjadi penampilan kursi legendaris Shinhwa. Diantara banyak lagu sukses yang ada dalam pikiran kita ketika kita memikirkan ‘Shinhwa’, ini pastinya satu dari banyak lagu yang menonjol. Penampilan maskulin menggunakan kursi meninggalkan kesan mendalam dan ini adalah yang ditampilkan kembali oleh para junior. Kesukaan Shinhwa pada lagu ini juga luar biasa. Penampilan untuk “Alright”, yang ditampilkan bersamaan dengan “Sniper” selama penampilan panggung mereka di acara-acara musik, dijuluki “Wild Eyes” versi 2015. Juga pada tanggal 22 Maret, di konser perayaan ke-17 tahun Shinhwa, Lee Minwoo berkata, “Mari menganggap kalau penampilan dengan kursi hanya dapat dilakukan oleh Shinhwa. Apakah aku perlu meregistrasi trademark untuk ini?” menunjukkan kebanggaannya untuk penampilan ini.

“I Pray 4 U”: Lagu berikutnya untuk  full album ke-5 Shinhwa “Perfect Man”. Sebuah lagu yang melebarkan keberadaan Shinhwa. Shinhwa selalu menunjukkan penampilan yang sangat kelaki-lakian. Melalui “I Pray 4 U”, mereka menunjukkan sisi lembut dan manis, dan juga pesona lain dari Shinhwa. Lagu ini juga merupakan suatu lagu yang mengandung pesona Lee Minwoo baik dalam video klip maupun lagu. Dalam webzine penulis terkenal Kim Yina, “Idology”, lagu tersebut juga dipuji dengan “Lagu ini bahkan lebih segar sebagaimana lagu yang penuh dengan kata-kata pujian yang dinyanyikan oleh Shinhwa. Sebuah lagu yang membuatku sadar untuk pertama kali bahwa vokal Lee Minwoo juga sangat manis.” Jika kalian melihat Lee Minwoo terkubur di bawah bantal dengan senyum lembut di wajahnya dalam video klip, kalian juga dapat melihat “pria yang membuat hatimu berdebar” yang sebenarnya.

Shinhwa Broadcast: Program variety sesungguhnya Shinhwa tayang di JTBC. Ketika Shinhwa kembali dengan full album ke-10 mereka setelah 4 tahun beristirahat, mereka meluncurkan variety khusus mereka “Shinhwa Broadcast”, mereka membuat kembali beragam genre, seperti Siaran SF, Siaran Olahraga, Siaran Sejarah dll dalam variety. Setelah itu dalam “Pelajaran Pribadi”, mereka menyentuh topik seperti berakting jahat, makan malam perusahaan dll, dan juga mengunjungi rumah bintang tamu dengan rasa buatan sendiri sebagai tema. Tepat sebelum berakhir, mereka juga menunjukkan “variety baik hati” dengan tema “Shinhwa Kecil”. Shinhwa menunjukkan variety sense mereka melalui pesona lucu yang unik mereka di “Shinhwa Broadcast”, dibuat untuk 4 tahun istirahat mereka. Dalam wawancara baru-baru ini, Shinhwa berkata, “Ada banyak orang yang berpikiran kalau kita debut melalui ‘Shinhwa Broadcast’.” Menunjukkan kekuatan program televisi.

Choi Youngjun: seorang koreografer yang dapat dipercaya untuk ‘dance group’ Shinhwa. Sekarang ini adalah profesor di Department of Practical Dance di Seoul Arts Occupational Training College, Choi Youngjun adalah seorang koreografer yang telah berkolaborasi dengan Shinhwa, Ailee, Bangtan Boys, Cross Gene dll dan menolong pembuatan koreografi dan pelatihan. Ia berpartisipasi dalam full album ke-11 Shinhwa dengan title track “This Love” juga “Scarface” dan “Mannequin”. Ia juga turut dalam pembuatan “Taxi” dan “Kiss It Away” dari album solo perayaan ke-10 tahun  Lee Minwoo. “Sniper” juga merupakan kolaborasi antara Lee Minwoo dan Choi Youngjun. Dalam sebuah wawancara, Lee Minwoo berkata, “Youngjun juga membuat gerakan untuk voguing dance kami dan ia adalah pria yang bertalenta. Kami pertama melakukan tarian tanpa persiapan untuk ‘Sniper’ tanpa memikirkan apapun. Setelah menari dua atau tiga kali, ia memberi tahuku ‘Terima kasih. Aku pikir aku sudah tahu.’”

Shinhwa Changjo: Kawan dan fanclub yang membuat mungkin bagi Shinhwa untuk menciptakan (‘changjo’) sebuah legenda (‘shinhwa’). Shinhwa tak pernah lupa menyebutkan Shinhwa Changjo di manapun mereka berada. Dalam perhelatan konser perayaan ke-17 tahun baru-baru ini, kalian dapat merasakan cinta Shinhwa untuk Shinhwa Changjo. Selama konser, Lee Minwoo Shinhwa berkata, “longest running idol adalah Shinhwa. Kalian adalah longest running fanclub. Nama dari itu adalah Shinhwa Changjo. Bahkan jika aku terlahir kembali, aku ingin bertemu kalian semua, dan juga ingin bertemu member ku yang nakal kembali. Aku sangat berterima kasih terlahir sebagai Shinhwa. Aku sangat bahagia bisa bersama kalian semua. Kalian semua adalah kekuatan besar dan sumber motivasi. Terima kasih.” Shinhwa Changjo ada kerena Shinhwa dan Shinhwa ada karena Shinhwa Changjo. Mereka adalah kawan yang ditakdirkn untuk membuat sejarah bersama.

 

Source: 10Asia

Eng Trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s