[OP-ED] ‘Tahun ke-17’ Shinhwa, Makna ‘All-Kill’ Di Semua Acara Musik TV Kabel dan Stasiun TV Publik (230315)

shinhwa 2

Grup terlama Shinhwa, yang telah debut selama 17 tahun, menyapu bersih piala-piala acara musik dari jaringan tv kabel sampai stasiun TV publik dengan title song album ke 12 mereka “Sniper”. Shinhwa telah ada untuk waktu yang lama dan mereka mempunyai fandom yang kuat jadi kemenangan mereka di acara musik mungkin terlihat biasa tetapi satu hal yang patut dicatat adalah selain album pertama mereka, dengan lagu debut “Resolver”, semua lagu yang mereka promosikan memenangi acara musik.

Dengan ‘Sniper’, Shinhwa memenangi “Show! Champion” MBC Music pada tanggal 11 Maret, “Mcountdown” Mnet pada tanggal 12 Maret,  “Music Bank” KBS 2TV pada tanggal 13 Maret, “Show! Music Core” MBC pada tanggal 14 Maret, dan “Inkigayo” SBS pada tanggal 15 Maret. Shinhwa selalu berterima kasih kepada fanclub mereka, Shinhwa Changjo, pertama, setiap kali mereka memberikan pidato kemenangan mereka, menunjukkan rasa terima kasih mereka untuk 17 tahun yang dilalui bersama.

Muncul di industri musik dengan lagu debut “Resolver” pada 24 Maret 1998 Shinhwa gagal mendapatkan banyak cinta dari masyarakat dengan album debut mereka tetapi mulai dari album kedua ‘T.O.P’ sampai album ke-12 ‘Sniper’, mereka selalu mendapatkan kemenangan.

Kalian dapat memeriksa industri musik dari tahun 90an sampai sekarang dengan melihat Shinhwa. Memulai debut di tahun 1998, Shinhwa telah berpromosi dengan grup seperti H.O.T, yang menandai era baru dalam industri musik saat itu dan tahun di mana mereka mendapatkan Daesang untuk acara penghargaan musik dengan album ke-7 mereka dengan title track ‘Brand New’, di tahun 2004, adalah tahun di mana mereka berpromosi dengan Dongbang Shinki. Di tahun 2008, ketika Shinee menerima  Penghargaan Pendatang Baru, Shinhwa menerima penghargaan utama (Bonsang) pada acara penghargaan yang sama, dan di tahun 2013, ketika EXO berpromosi dengan ‘Beauty And The Beast’, Shinhwa memenangi acara musik dengan ‘This Love’.

shinhwa 1

Shinhwa selalu lebih senang jika ditanya “Tolong jelaskan title song untuk album ini” selama wawancara, dibandingkan pertanyaan tentang rahasia panjang umur mereka. Ini menunjukkan bahwa mereka ingin menjadi grup yang hidup di masa sekarang bukan di masa lalu.

Bahkan ketika banyak grup bermunculan setiap tahunnya, Shinhwa membangun karakter unik mereka tetapi tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebagai contoh, tittle track untuk album ke-11 mereka ‘This Love’ sangat dicintai dengan tambahan Voguing dance, yang baru pertama kali dilakukan di Korea. Hal itu gampang saja untuk gagal, itu adalah koreografi yang sangat berbeda dengan sentimen di Korea, tetapi ditambahkan dengan pengalaman yang hanya Shinhwa yang dapat menampilkannya, menyebabkan reaksi yang luar biasa. Dan Shinhwa menerima jumlah piala terbanyak mereka, 8, sejak album kedua mereka “Yo!”

Dengan rendah hati Shinhwa berkata, “Kami telah mencapai apa yang kami inginkan. Kami tidak mempunyia keinginan untuk posisi pertama,” tetapi kemenangan Shinhwa mengandung banyak makna. Shinhwa berharap mereka dapat dilihat sebagai grup yang yang berkompetisi dengan junior mereka, dibandingkan bangga sebagai ‘long running group’. Tetapi kelanjutan eksistensi Shinhwa sangat bermakna.

Shinhwa memberikan nostalgia untuk mereka yang mengingat tahun 90an, juga memberikan harapan bagi para junior yang melihat perubahan Shinhwa untuk menyesuaikan dengan industri musik yang berubah dengan cepat, dan untuk mereka yang telah menyaksikan Shinhwa sejak tahun 90an sampai sekarang, Shinhwa memberikan mereka masa lalu dan masa sekarang secara serentak.

 

Source: Asia Today

Eng Trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s