[OP-ED] Shinhwa Tetap Maju Ke Depan Seperti Komet (090315)

Shinhwa 11

“Dengan mentalitas idola, gembira, riang dan dengan percaya diri hingga akhir.” Ini adalah tulisan yang digunakan untuk menggambarkan Shinhwa di SBS [Good Sunday – Running Man]. Itu tepat setelah mereka basah kuyup oleh air karena gagal menjadi pemenang dalam permainan Running Man’. Tetapi mereka meneriakkan “Kami adalah Shinhwa!” setelah diguyur air. Baru-baru ini, pada penampilan kembali untuk album terbaru mereka di Mnet [Mcountdown], seperti layaknya idola saat ini, mereka membuat video lucu. Parodi sebuah iklan produk kecantikan meniru, “riang, gembira dan dengan percaya diri” barangkali tidak dapat menjadi syarat mentalitas idola. Tetapi ada satu hal yang benar. Shinhwa adalah idola “sampai akhir”.

Di SBS [Healing Camp], leader Eric berkata setelah menerima Daesang satu kali, ia kehilangan tujuan terbesarnya. Para idola yang debut di waktu yang sama dengan mereka membicarakan itu sebagai masa lalu. Tetapi meskipun begitu, Shinhwa tetap bekerja keras untuk dicintai sebagai idola. Paling tidak untuk kembalinya mereka kali ini, mereka berolahraga untuk membuat rahang ramping, dan di [Healing Camp] Eric berkata, “Aku melarang para member menikah.” Tentunya ini adalah candaan. Tetapi bahkan sekarang, mereka masih memperhatikan keinginan para penggemar dan bekerja keras untuk memenuhi keinginan penggemar.

Hasil dari sikap untuk tetap menerima cinta sebagai idola saat ini ditunjukkan di atas panggung. Pada penampilan untuk lagu terbaru Shinhwa ‘Alright’, Andy berjalan di atas kursi yang disusun oleh para penari. Di ‘Sniper’ ketika para member berdiri di samping, Junjin tampil solo bersama para penari. Di sisi lain, Ketika Eric membawakan rap dalam “Sniper”, semuanya jongkok dan menari untuk membuat Eric menonjol. Walaupun mereka menekankan pada masing-masing karakter selama bagian mereka sendiri, mereka benar-benar menjadi bagian dari keseluruhan gambar di atas panggung selama bagian dari member yang lainnya. Tentunya Shinhwa selalu seperti itu. Pada “This Love”, title song pada album sebelumnya mereka juga menarikan tarian grup.  Hanya saja, bukannya gerakan yang kuat, seperti di masa lalu, mereka fokus pada bagian kecil dari gerakan melalui tarian vogue, dan menekankan pada rasa kesatuan tim melalui pengaturan formasi tetap, daripada gerakan yang rumit. Kalian dapat mengatakan mereka menambahkan martabat pada penampilan dasar grup idola, dan mereka menang beberapa kali di acara musik. Akan tetapi, Shinhwa tidak berhenti sampai di situ. Mereka membuat banyak gerakan rumit di ‘Alright’ dan ‘Sniper’, dan menyoroti setiap member dengan berbagai cara. Komponen paling dasar dari sebuah grup idola adalah penekanan pada rasa kesatuan sebagai sebuah tim yang menyoroti karakter atau citi khas setiap member. Tahun ke-17, dalam album ke-12 mereka, daripada masa lalu mereka, mereka menggali lebih dalam penampilan apa yang diperlukan para idola.

(Menghilangkan Video Penampilan ‘Alright’)

Penggunaan kursi oleh Shinhwa untuk penampilan “Alright” menunjukkan kebulatan tekad mereka. Kursi adalah item yang digunakan untuk “Wild Eyes”, yang terpilih sebagai penampilan terbaik Shinhwa. Pada waktu itu, mereka bergerak, tanpa beristirahat, dari awal sampai akhir. Dalam “Alright” yang digambarkan sebagai “Wild Eyes kedua” oleh tim produser dan koreografer Lee Minwoo, akan sulit bagi mereka untuk menangani jumlah energi yang sama. Mereka telah melewati pertengahan 30an mereka. Tempo lagunya pun lebih pelan dari sebelumnya. Tetapi penggunaan jari jemari untuk menyentuh jaket yang tergantung di kursi, sebuah keselarasan yang jelas saat mereka meluruskan kaki mereka ketika mereka duduk di kursi, dll, mereka berlanjut memberikan penekanan pada bagian kecil setiap gerakan. Mereka tidak lagi melompat ke sana kemari. Tetapi gerakan para member benar-bena di tempat, dan mereka menambahkan karakter setiap member secara berbeda diantara tarian grup. Ini adalah sesuatu yang hanya dapat ditunjukkan oleh mereka yang berada di usia pertengahan 30an yang masih memiliki sikap sebagai idola. Mereka menambahkan martabat, yang tercipta oleh waktu, pada penampilan idola untuk “This Love” dan melalui “Sniper” dan “Alright” mereka telah melanjutkan ke fase di mana grup idola lainnya sama sekali tidak dapat meniru. Jika, sampai saat ini, titik balik terbesar Shinhwa adalah debut mereka dan mendapatkan kebebasan dari agensi mereka, maka sekarang mereka berada di fase ke-3 mereka.

Hanya karena Shinhwa berkata mereka akan bekerja keras untuk menerima cinta, tidak berarti popularitas mereka menjulang dengan cepat. Baik itu uang maupun popularitas, mereka mendapatkan sebanyak yang mereka bisa. Tujuan mereka hilang, insiden dan kecelakaan yang terjadi pada para member mengguncang grup itu. Ini terlihat seperti tidak ada alasan realistis kenapa mereka harus menjadi idola, di mana mereka tidak dapat dengan mudah memutuskan tentang pernikahan. Tetapi, bukan hanya memelihara tim mereka, mereka menguatkan diri mereka dan menunjukkan sebuah penampilan di mana tak ada satupun yang tak rapi lewat. Melebihi sekedar isyarat untuk menunjukkan mereka masih mempunyai apa yang diperlukan, mereka membuktikan bahwa sampai sekarang, mereka tetap berada di kelas teratas sebagai idola yang masih aktif. Dan karena ketetapan hati mereka untuk menerima dukungan melalui sebuah tujuan baru untuk fandom  ke-17 tahun mereka. Daripada dicintai karena mereka sudah lama ada, apa pun yang terjadi Shinhwa memelihara grup mereka agar dicintai. Dan itulah alasan sebenarnya mengapa Shinhwa harus dihormati dalam industri idol. Masa depan akan berlanjut lebih luar biasa bagi mereka. Akan sulit untuk merilis sebuah hasil yang bagus melalui jumlah usaha yang sama setiap waktu. Dalam beberapa tahun, rata-rata usia mereka akan berubah menjadi 40an. Tetapi di samping semua kekhawatiran ini, mereka tetap berteriak “Kami adalah Shinhwa” setelah diguyur air di acara variety. Itulah idola. Berlari ke depan dengan kecepatan penuh di tahun ke-17 mereka, karena takut penggemar akan pergi.

 

Source:  ize

Eng Trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s