[OP-ED] [Ketidak Jujuran Jung Heeseo] Bernyanyi dan Bermimpi Seperti Shinhwa (230315)

Shinhwa 10

Shinhwa menyapu bersih semua piala di acara musik dengan title song dari album ke-12 mereka “Sniper”. Ini sama sekali bukan sekedar “perlakuan hormat” untuk grup ke-17 tahun. Jika kalian memiliki pemikiran seperti itu, kalian akan segera berubah setelah mendengarkan album Shinhwa dan menyaksikan penampilan mereka.

Seperti biasanya, album ke-12 Shinhwa adalah sebuah full album, berisi 10 lagu. Setelah memenangkan 8 piala dengan “This Love” di tahun 2013, mereka mempunyai banyak kekhawatiran sampai mereka kembali dengan album ke-12 mereka “We”. Dan ditambah dengan insiden tidak menyenangkan makne Andy mau tidak mau mereka merasa tertekan sebelum mereka kembali. Semakin sulit jalan yang mereka tempuh, Shinhwa memilih memfokuskan perhatian mereka untuk “Shinhwa”.

Tittle song “Sniper” adalah “Brand New” versi 2015, yang membuka bab baru dalam gaya penampilan Shinhwa. Penampilan mereka menjadi semakin hebat dan mereka mencoba untuk mengeluarkan karakteristik masing-masing member. Penampilan untuk “Alright”, lagu lainnya dalam album, mengingatkan pada “Wild Eyes”, koreografi grup pertama yang menggunakan kursi. Kemahiran mereka di atas panggung tak tertandingi.

Di seluruh Asia, ada beberapa grup idola yang telah merilis 12  full album dan menggelar konser. Ketika melihat Shinhwa, yang telah menghabiskan 17 tahun bersama tanpa pergantian member ataupun member yang keluar, secara alamiah kalian akan berpikir kalau mereka luar biasa. Jika Shinhwa hanya mempunyai tujuan menjadi “penyanyi nomor satu” atau “penyanyi Daesang”, mereka tidak akan ada sekarang. Eric berkata, “Itu adalah hal-hal yang datang jika kita bekerja keras, (kerja keras kami) menjadi sangat berarti dan kalian dapat melihat buah usaha kami,” menunjukkan reaksi yang tenang dibandingkan reaksi yang diberikan untuk “longest-running idol”.

Alasan mengapa Shinhwa terpilih sebagai idola para idola adalah karena Shinhwa menampilkan masa depan yang diinginkan oleh para idola. Shinhwa dimulai dari sebuah “produk” yang dibuat dengan baik oleh perusahaan besar. Ini adalah fakta yang tak terbantahkan. Tetapi mereka telah melakukan banyak perubahan dalam bidang musik untuk keluar dari bentukkan itu. Mereka memasukkan gubahan musik mereka sendiri, berpartisipasi dalam produksi dan mencoba membangun nilai dari nama mereka. Walaupun kadang kala para member terlibat dalam skandal, mereka tetap teguh dalam kerja sama tim mereka yang kuat dan berkomunikasi dengan penggemar mereka dengan ketulusan hati sebagai dasarnya. Sekarang, mereka bahkan harus menanggung beban untuk bertindak sedemikian rupa sehingga mereka dapat dilihat oleh para junior yang melihat mereka sebagai tujuan mereka.

Akan tetapi, Shinhwa tidak mengatur untuk tujuan besar seperti “menjadi panutan seseorang”. Mereka terlahir untuk menjadi idola yang tetap ingin menjadi “bintang” untuk penggemar mereka. Eric berkata, “Walaupun ada beberapa tindakan atau hal yang secara mendasar perlu kita perhatikan, jika kita bertindak sambil memikirkan bahwa kita hidup untuk nama “longest-running idol” maka itu bukanlah sesuatu yang diinginkan Shinhwa. Selebriti adalah untuk menjadi konsumsi publik, bukan guru. Jika ada sesuatu yang dapat dipelajari dari sejarah kami, maka itu adalah sesuatu yang patut disyukuri. Walaupun publik tidak melihat banyak perbedaan, selalu memikirkan perubahan adalah peran yang kita mainkan.”

Ketika Shinhwa kembali, akankah ada yang dapat meremehkannya sebagai “menjual kenangan?” Karena member Shinhwa sendiri penuh dengan kasih sayang untuk ‘Shinhwa’. Pada inti perkembangan, dengan masa lalu sebagai kekuatan mereka, mereka, melebihi siapapun, sangat cocok dengan ungkapan “legenda hidup” karena mereka bahkan bersinar lebih terang di masa sekarang. Kita harus bersyukur ada grup bernama Shinhwa.

 

Source: Xsportsnews

Eng Trans: Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s