[OP-ED] Jika Jepang Memiliki SMAP, Maka Korea Memiliki Shinhwa (230315)

Shinhwa 8

Jika Jepang mempunyai “SMAP” sebagai long-running idols maka di Korea ada “Shinhwa”.

Minggu lalu, grup idola Shihwa dengan rata-rata usia 36,5 tahun, menyapu kemenangan di acara musik milik 3 stasiun TV publik dan TV kabel. Walaupun janggal memanggil mereka idola di usia mereka, mereka sungguh mempunyai potensi. Mereka memenangkan Champhion Song dengan title track “Sniper” di acara musik “Show! Champion” MBC pada tanggal 11 Maret, berikutnya, mereka melanjutkan kemenangan mereka di “Mcountdown” Mnet pada tanggal 12 Maret dan “Music Bank” KBS 2TV pada tanggal 13 Maret. Hal itu berlanjut sampai ke tanggal 14 dan 15 Maret. Mereka dengan bangga mengangkat piala di hadapan penggemar mereka setelah memenangi “Show! Music Core” MBC dan “Inkigayo” SBS pada tanggal 15 Maret.

Shinhwa 9

Bahkan ketika Shinhwa kembali di akhir Februari, ada yang berpikir mereka akan dinobatkan 5 kali. Pada kenyataannya, di dalam industri Kpop yang dipenuhi dengan idola muda yang cocok untuk menjadi keponakan mereka, sungguh ada sejumlah sebutan yang dapat Shinhwa rebut. Tetapi ada suatu sebutan yang hanya dapat dipertahankan oleh Shinhwa. Dan itu adalah “Korea’s Longest-running idol group”. Kemenangan 5 kali Shinhwa juga dapat dilihat datang dari keahlian mereka, menyesuaikan status long-running idol mereka dengan industri dan keseksian yang berasal dari pengalaman, di mana para remaja di usia 20an tidak dapat menunjukkannya.

Sebuah contoh yang serupa dengan Shinhwa adalah “longest-running idol group” Jepang ‘SMAP’. Takuya Kimura, yang juga terkenal di Korea, dan Tsuyoshi Kusanagi, dikenal sebagai Chonan Gang, adalah anggota SMAP. SMAP debut di tahun 1992, dan terpilih sebagai grup idola tak tertandingi di seluruh dunia. Baru-baru ini, dalam acara “Hello Counselor” di KBS, Lee Minwoo berkata: “Shinhwa akan terus berpromosi sampai salah satu anggota meninngal dunia,” menunjukkan ketetapan hati dan kasih sayangnya untuk promosi Shinhwa. Shinhwa, sama berpengalaman dengan SMAP, mencoba mencapai longest-running idol Korea.

Seperti halnya SMAP, Shinhwa telah menunjukkan keberadaan mereka untuk waktu yang lama melalui kedewasaan yang menonjol dari idola muda, dan aktivitas solo para member seperti berakting atau bernyanyi. Kim Dongwan dikenal, bersungguh-sungguh untuk aktingnya melalui drama spesial hari pembebasan “The Peak” di MBC pada tahun 2011, berikutnya ia menunjukkan pesona kesungguhannya yang unik melalui drama harian KBS 1TV “Cheer Up Mr Kim!”. Setelah itu, Kim Dongwan dikenal untuk kemampuan akting dan bernyanyinya secara serempak melalui musikal “Hedwig”. Eric (Mun Junghyuk) telah menunjukkan chemistry yang bagus dengan aktris lawan mainnya dari drama “Pheonix” MBC sampai saat ini, “Discovery of Romance” KBS, dan secara konsisten dilihat sebagai seorang aktor. Lee Minwoo dan Shin Hyesung fokus pada promosi musik dan secara tetap merilis album solo. Junjin telah bersinar dalam program variety shows, yang sebelumnya sebagai anggota tetap dari “Infinity Challange” MBC dll. Si bungsu Andy mendirikan agensi “TOP Media” dan dilihat sebagai seorang produser, membentuk grup idola populer “Teen Top” dll.

Keunikan variety sense Shinhwa juga alasan kepopuleran mereka. Sejak debut mereka, Shinhwa secara konsisten dikenal sebagai “grup idola yang lucu”, “grup idola yang menunjukkan sisi lain kelucuan” di kalangan penggemar, dan membawakan “Shinhwa Broadcast” JTBC selama hampir dua tahun. Mereka dapat dengan bebas menunjukkan variety sense mereka di hadapan publik, dan diantara program variety yang tayang di awal hari dari saluran hiburan utama, “Shinhwa Broadcast” sangat dicintai dan terkenal sebagai program yang paling edan dan sangat lucu. Baru-baru ini mereka tampil di “Healing Camp” SBS, “Hello Counselor” KBS, “Running Man” SBS dan memamerkan bahwa sebagai idola ke-17 tahun bakat dalam mengomong mereka belum berkarat. Pada kemunculan mereka baru-baru ini dalam “Yoo Heeyeol’s Sketchbook” KBS 2TV Andy berkata, “Aku harap (Teen Top) Neil berhenti menang dan kini giliran Shinhwa,” menyebabkan penonton tertawa.

Sudah 17 tahun lamanya. Sejarah Shinhwa sangat mungkin karena para penggemar yang bersama mereka sudah sejak lama dan sekali lagi memberikan mereka kehormatan untuk menang. Betapa bahagianya mereka setiap kali mereka menang dan menundukkan kepala mereka dan berterima kasih kepada para penggemar. Di tengah-tengah dukungan hebat dari para penggemar, grup serbatahu Shinhwa akan menuliskan “legenda (Shinhwa)” yang sebenarnya sebagai longest-running idol group. Seperti harapan penggemar, Shinhwa adalah grup idola yang terus memiliki potensi tanpa memandang usia.

Menyusul kembalinya mereka setelah 1 tahun 9 bulan, Shinhwa akan menggelar konser perayaan ke-17 tahun mereka “WE” dari tanggal 21-22 Maret di Olympic Park Gymnastics Stadium. Seorang perwakilan ShinCom Entertainment berkata, “Ini akan menjadi waktu yang menyenangkan dengan penggemar dengan berbagai penampilan yang telah disiapkan, seperti menampilkan lagu-lagu dari album ke-12 untuk pertama kalinya,” meningkatkan antisipasi penggemar.

 

Source: Newsen

Eng Trans: Malpabo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s