[WAWANCARA] Shinhwa: “Kami Tidak Minum Alkohol, Kami Meneguk Kehidupan” (250215)

shinhwa teaser 3 HD

“Aku harap oppas memikirkan kesehatan mereka dan mengurangi alkohol dan rokok.” Setengah serius dan setengah bercanda, harapan dari beberapa fans disampaikan untuk grup berusia 17 tahun, Shinhwa (Eric, Kim Dongwan, Shin Hyesung, Lee Minwoo, Junjin, Andy)

Pastinya bukan untuk memarahi mereka, sebelum perilisan resmi album ke-12 mereka “We” pada 26 Februari, Shinhwa bertemu dengan para reporter di sebuah kafe daerah Shinsa-dong, Seoul, dan mempermasalahkan hal kecil. Sebagian member terus memakan masker debu mereka walaupun didalam ruangan, dan mereka berkata kalau sekarang, jika mereka cedera saat menari dengan intens, masa penyembuhannya akan lama.

Shinhwa cukup licik. Meski hal tersebut merupakan omelan yang tidak ingin mereka dengar, mereka berkata, “Kami tidak minum alkohol. Kami meneguk kehidupan.” sambil tersenyum. Tapi, mereka juga mengatakan, “Karena merokok adalah pilihan individu, kami bekerja keras untuk membatasi diri kami setidaknya selama masa promosi.”

Kim Dongwan, yang merupakan non-perokok, mengatakan, “Sebenarnya, aku mencoba dengan sangat keras untuk membuat para member berhenti merokok. Tapi sepertinya ada faktor stres didalamnya. Suatu hari, ketika mereka sendiri merasa perlu, mereka akan berhenti secara alami.”

Aku tidak ada keinginan untuk membela mereka dan tidak ada alasan untuk mengkritisi kebiasaan merokok dan minum mereka, karena disela sesi minum mereka, pasti ada banyak kisah yang dibicarakan, dan dalam setiap asap rokok yang mereka hirup, pasti bercampur dengan keluhan yang tidak diketahui orang lain.

Title song untuk album ke-12 Shinhwa adalah ‘Sniper’. Lagu ini adalah sebuah lagu yang secara metafora mengungkapkan perasaan seorang pria yang ingin menangkap hati seorang wanita. Apakah ‘target’ Shinhwa yang ‘meneguk kehidupan’? Shinhwa menekankan, “Meski sudah 17 tahun berlalu sejak debut kami, kami mengharapkan lebih banyak hal untuk masa depan kami dan akan bekerja bahkan lebih keras lagi.”

Lagu terakhir mereka dalam album “Never Give Up” menilik kembali perjalanan panjang yang telah ditempuh Shinhwa hingga sekarang dan mereka berjanji, “Kami akan merangkak lebih tinggi, hingga kami bisa melihat lebih jauh. Never give u. We never give up.” Shinhwa adalah sebuah proses yang terus berjalan.

Dibawah ini adalah sesi wawancara dengan Shinhwa.

tumblr_inline_nkby5vLbyM1rb7x3v

– Album ini cukup tidak biasa. Sepertinya kalian berusaha keras untuk album ini. 
Junjin: Kami bekerja keras untuk setiap album. Kali ini, ikatan antar member menjadi lebih kuat. Kami bahkan berbicara soal hal yang tidak pernah kami katakan sebelumnya, dan hal yang membuat kami sebal. Ini pertama kalinya aku merasa seperti ini. Meski tidak ada hal yang terjadi tapi rasanya sesuatu sudah terpenuhi. Rasanya lebih bermakna, dan juga melegakan. Meski kami sudah mencapai tahun ke-17 kami, aku mengharapkan lebih banyak di masa depan. Ini adalah awal yang menggembirakan.

– Apa maksudmu dengan hal yang belum pernah kamu katakan sebelumnya?
Eric: Saat syuting ‘Healing Camp’, hal-hal kecil yang kami sukai soal satu sama lain, hal apa yang tidak kami sukai dari satu sama lain dll, hal semacam itu keluar secara alami. Tapi sebagian besar tidak disiarkan hahaha. Karena hal-hal semacam itu diuraikan, kami menjadi lebih memahami satu sama lain dan menjadi lebih dekat.
Dongwan: Biasanya, karena mempertimbangkan perasaan satu sama lain, kami hanya menyimpannya sendiri atau secara otomatis saling menutupi rahasia satu sama lain, jadi meski tidak ada masalah besar, dari hanya menerima saja, ada kesalahpahaman yang menumpuk. Contohnya, meski aku sempat berdebat dengan Eric, aku tidak pernah marah padanya. Karena sebagai leader, Eric harus menegur jika ada hal yang tidak benar, meski dia tidak suka melakukannya. Semua member tahun akan hal itu.

-Apakah kalian akan menggunakan kesempatan ini untuk memperluas promosi?
Hyesung: Promosi tidak akan berbeda dengan sebelumnya. Setelah “Venus”, berpromosi dengan konsisten adalah dasarnya. Dengan kegilaan yang baru dibawa Infinity Challenge dengan ToToGa, senang melihat rekan dan senior kami di masa lalu kembali populer dan berpromosi. Dan aku merasa lebih bangga karena kami berdiri diatas panggung yang sama sebagai penyanyi aktif dan tidak berkompetisi mereka dengan lagu-lagu lama.

– Tidakkah kalian merasa terbebani?
Eric: Benar bahwa kami merasa terbebani di tiap comeback. Shinhwa menerima jumlah trofi terbanyak melalui ‘This Love’, title song dari album kami sebelumnya. Aku khawatir jika kami memberikan sesuatu yang lebih buruk dari itu, orang akan berpikir, “Bukankah agak sulit untuk Shinhwa sekarang?” Tapi sungguh, kami baik-baik saja.

– Kesuksesan god. Apakah kalian merasakan tersaingi?
Hyesung: Tidak. Aku sangat senang atas kemenangan g.o.d. Jika grup lain comeback dengan grup utuh lagi, aku ingin berpromosi di saat yang sama dengan mereka. Di comeback terakhir kami, kami berpromosi bersama dengan Lee Hyori, yang comeback setelah waktu yang lama. Rasanya berbeda ketika kami berdua dinominasikan untuk posisi pertama. Ada banyak keuntungan ketika kami mendukung satu sama lain.

foto teaser 12th jib 2

– Deskripsikan album ini dalam satu kalimat.
Hyesung: Ini adalah album yang seperti “Shinhwa”. Dance, style lagu, semuanya intens. Ini adalah kepanjangan dari “Perfect Man”. Album ini memiliki karakterisik Shinhwa namun juga cocok dengan tren masa kini. Meski di beberapa wawancara, kami berkata kami berhati-hati (*dalam menari) tapi pastinya tidak akan terlalu lembut. Seperti “Brand New” versi 2015. Kami memberikan semua yang kami punyai. Kalian harus menontonnya sendiri. Aku percaya diri akan penampilan panggung kami.

– Ada lebih sedikit lagu yang kalian tulis sendiri 
Dongwan: Masing-masing dari kami punya aktivitas solo. Secara pribadi aku berpikir hal ini lebih efisien. Aku berhenti menulis lagu karena Minwoo menulis lebih baik (Junjin menyela sambil tertawa, ‘Bukannya Dongwan tidak mahir menulis lagu, tapi dia memang tidak menulis. Jadi aku harap, bukannya dimasukkan ke album Shinhwa, dia akan menulis untuk albumnya sendiri.”) Beberapa waktu lalu, Junjin terus meyakinkanku, jadi aku berniat untuk memulai lagi. Lagunya harus dimasukkan ke album solo Junjin berikutnya. (Junjin menjawab, “Aku cuma akan menggunakannya sebagai hidden track.”)

– Apakah ada kesulitan? 
Shinhwa: Saat memproduksi sebuah album, sulit bagi keenam member untuk berbagi proporsi yang sama dalam pembuatan album. Harus ada leader, dan kali ini, Lee Minwoo adalah yang paling kesulitan. Lee Minwoo bekerja keras sendirian, dari mengumpulkan lagu hingga menulis, dan bahkan memproduksi. (Lee Minwoo menjawab dengan malu, “Aku cuma mengharapkan hasil yang baik.”)

– Andy pasti merasa berbeda (dia melewatkan waktu instrospeksi diri karena didakwa atas judi ilegal)
Andy: Karena aku berbuat kesalahan, pertama aku ingin minta maaf sebesar-besarnya. Aku sangat gembira dan bersyukur karena aku bisa berpromosi bersama para member lagi. Para member memberi semangat padaku dan memberitahuku untuk tetap kuat. Selama persiapan album, karena aku selalu terfokus penuh pada album, aku tidak terlalu bicara soal hal lain. Aku juga berpikir bagaimana aku bisa berguna bagi mereka. Aku banyak hati-hati. Dalam pikiranku, aku terus berpikir bahwa aku harus bekerja lebih keras dan memberi yang terbaik.

– Apakah kalian punya resolusi tahun baru? Beberapa waktu lalu, kalian juga bicara soal pernikahan. 
Eric: Aku memang bilang aku ingin menikah pertama diantara para member tapi semua member dilarang menikah tahun ini..
Junjin: Meski tahun ini tahun ke-17, tapi aku ingin orang tahu bahwa kami masih bisa berkompetisi. Kami sudah aktif dalam waktu yang lama, jadi kalian butuh berhubungan dengan orang-orang yang kalian merasa nyaman sehingga waktu yang dilewatkan bisa menjadi lebih menyenangkan. Karena itu aku ingin terus kontak dengan para junior.

– Bagaimana persiapan kalian untuk konser ulang tahun ke-17?
Junjin: Kami dapat pertanyaan ini tiap tahun tapi fakta bahwa kamu mempersembahkan lagu baru didalamnya membuat perbedaan. Juga, determinasi kami berbeda. Bahkan jika secara fisik kami tidak sekuat di usia ke-20 kami, kami percaya kami harus menunjukkan sisi diri kami yang lebih baik.

– Cuma bertanya, photobook telanjang Shinhwa banyak disebutkan secara konsisten. Apakah ada rencana membuat satu lagi? 
Junjin: Kami akan membicarakan soal itu segera.
Hyesung: Yang penting adalah garansi dan seberapa banyak kami harus mengekspos diri kami.
Eric: Sekali saja sudah cukup. Kalau kami melakukannya lagi, kami harus mengekspos lebih banyak lagi.
Semua member: Andy harus merasakannya. Semua orang pakai baju.
Andy: Aku ingin merasakannya. I

– Banyak junior memilih Shinhwa sebagai role model
Junjin: Selama kalian menganggap member kalian berharga dan bekerja keras bersama, hal itu sudah cukup bagus. Aku harap ada banyak orang seperti kami, berpromosi dalam waktu lama. Bahkan jika kalian harus bersolo karir di masa depan, bukan alasan kalian harus bubar. Aku percaya bahwa, jika mereka melihat kami, junior kami bisa melakukannya dengan lebih baik, tanpa trial and error. Kami akan bekerja lebih keras sehingga role model mereka tidak berubah.

sr: Startoday
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

