[WAWANCARA] Shinhwa: “Harus Tetap Bertahan Meski Lelah” (250215)

foto teaser 12th jib 2

“Banyak junior yang memilih Shinhwa sebagai panutan mereka karena kami adalah idola terawet. Itulah saat dimana kami ingin mereka berhenti melakukannya. Tidak boleh menjadi keharusan bahwa benar jika grup tersebut awet dan salah jika grup itu bubar. Ada banyak grup idol yang tetap berteman bahkan ketika mereka bubar. Seberapa lama kamu bertahan tidak terlalu penting, yang penting adalah jalan mana yang kamu pilih. Orang tidak bisa selalu mempertahankan hubungan baik dengan orang lain. Tidak baik untuk “berakting seolah kami berteman” ketika kalian menjadi bagian dari sebuah grup. Kalian harus merasa capek menghadapi satu sama lain untuk mempertahankan sebuah hubungan dalam waktu lama. Kalian harus tahu bagaimana cara menghadapi satu sama lain bahkan jika ada masalah. Kadang kalian harus bertengkar. hahaha.”

Menyukai atau membenci mereka, atau apapun yang dikatakan orang lain, Shinhwa, menyambut ulang tahun ke-17 mereka, adalah grup paling awet di Korea. Hanya nama grup mereka sendiri sudah membuat mereka sebuah legenda hidup di dunia musik pop Korea, dan mereka akhirnya comeback setelah 1 tahun dan 9 bulan dengan album ke-12 mereka “We’. Termasuk Andy, yang menjalani masa instrospeksi setelah melakukan tindakan tercela, mereka comeback sebagai grup utuh, dan sekali lagi berdiri dihadapan fans dengan tekad untuk ‘menunjukkan kesempurnaan paling hebat’. Para member memberi semangat pada Andy, yang menundukkan kepalanya, dan kadang mereka bahkan memarahinya. Shinhwa sekarang, lebih kuat dari sebelumnya.

Aku bertemu Shinhwa di sebuah kafe di Shinsadong, Gangnam, Seoul, sebelum perilisan album mereka pada 26 Februari. Sebelum wawancara, Andy, yang tidak terlihat selama beberapa waktu, memulai dengan permintaan maaf, “Aku berbuat salah sebagai seorang selebriti. Meski aku menghadapi masa sulit, aku diberi semangat oleh para member Shinhwa. Aku akan melakukan yang terbaik dan menunjukkan sisi diriku yang lebih baik.” Ekspresi sendunya tidak hilang dnegan mudah tapi atmosfer dengan cepat menjadi lebih hangat melalui teriakan dukungan dari member lain.

Title track untuk album ke-12 mereka adalah “Sniper”. Lagu ini ditulis bersama oleh Andrew Jackson, yang menulis ‘This Love’ yang memberikan trofi terbanyak untuk Shinhwa, dan ‘Venus’, serta tim komposer Jepang, London Noise. Ritme kuat dan nada seperti film Barat meninggalkan kesan mendalam. Setelah menyelesaikan lagu ini, lagu ini dengan segera mengalahkan dua nominasi lain untuk title track, ‘Alright’ dan ‘Bad 4 U’. Minwoo, bertanggung jawab atas produksi, berkata, “Ketika aku mendengar siulan di awal lagu, aku langsung berpikir ‘ini dia’. Aku rasa ini seperti cinta pada pandangan pertama, kan? Ada sebuah kemegahan dalam lagu ini yang membuat Shinhwa bisa menarikannya.”

“Title track Shinhwa selalu muncul diakhir tahap produksi. Sama seperti lagu-lagu sebelumnya. Meski SHinhwa selalu menampilkan lagu dance selama 17 tahun, kami selalu suka mengambil resiko. Hal ini merupakan kebanggan bagi kami. Untuk ‘Sniper’ rasanya sama seperti ketika aku mendengar lagu hit kami, ‘Brand New’.” (Eric)

Untuk penampilan ‘Sniper’, Shinhwa terfokus pada masing-masing member dalam bagian mereka masing-masing dan akan menunjukkan dance yang sinkron. Pesona tangguh seorang pria yang melihat seorang wanita sebagai target yang terkunci, dan mereka menunjukkan koreografi yang powerful. Selalu menunjukkan performance unik untuk setiap title track album mereka, untuk promosi kali ini, mereka juga bertekad untuk menunjukkan yang terbaik.

“ISangat sulit untuk menemukan sesuatu yang baru. Tapi ketika para member mengobrol, sesuatu pasti akan tercetus. Karena kami tahu kekuatan dan kelemahan masing-masing, jadi cukup mudah untuk membentuk sebuah performance. Kalian bertanya apakah stamina adalah sebuah masalah sekarang, tapi jangan khawatir. Karena selama kami masih punya kekuatan untuk memegang sendok, dimanapun kami, kami siap untuk menggoyang pantat kami.”  (Junjin)

“Mungkin suatu hari nanti, Shinhwa akan kembali dengan lagu ballad. Itulah saat dimana kami mengakui bahwa menari sangat sulit bagi kami hahaha. Alasan mengapa kami selalu bertekad menggunakan lagu dance adalah karena inilah kebanggaan kami selama 17 tahun dan juga bentuk ketulusan terkecil untuk fans kami. Kami sungguh akan terus merilis lagu dance sampai kami tidak bisa lagi.” (Eric)

“Dance adalah sesuatu yang ingin aku jaga, dan tunjukkan.” (Minwoo)

Ketika berbincang akrab dengan Shinhwa, membicarakan fans, yang terpusat pada Shinhwa Changjo, tidak bisa dilewatkan. Hal ini juga karena nama album mereka untuk album ke-12 adalah “We”. Hal ini mengandung perasaan“eusha eusha (being energized)” bersama dengan para fans yang sudah bersama dengan mereka sejak debut. Eric berkata, “Kami berusaha yang terbaik untuk mencocokkan diri dengan level para fans. Shinhwa dan fans, kami ingin menunjukkan bahwa kami semua bersatu.”

“Ada saat dimana fans yang masih muda memberitahuku bahwa dia 24 tahun lebih muda dariku dan menunjukkan placard dengan ‘Minwoo oppa’ tertulis diatasnya. Hal ini meninggalkan kesan kuat bagiku. Rasanya menakjubkan kami juga punya fans muda.” (Minwoo)

“Terlihat jelas bahwa kekuatan pogram TV sangat besar. Hal ini adalah hasil dari penampilan konsisten kami di berbagai acara variety dll. Di masa lalu, kami berpartisipasi dalam berbagai program TV tapi baru sekarang aku menyadari semua itu sangat berharga. Kadang aku berpikir apakah ada acara yang kami lewatkan.”  (Junjin)

“Shinhwa Changjo tidaklah ada karena ada Shinhwa, tapi Shinhwa ada karena SHinhwa Changjo ada. Shinhwa tidak terlupakan dan bisa terus berlanjut karena ada fans. Titel ‘grup idola terawet’ 100% diciptakan oleh para fans.”  (Shin Hyesung)

Tidak perlu khawatir akan keretakan dalam persahabatan mereka. Shinhwa menunjukkan hubungan dekat mereka dengan berkata, “Sekarang kami tahu itu siapa hanya dengan mendengarkan suara mereka di dalam toilet.” Mereka bisa tahu apa yang dipikirkan satu sama lain, dalam kondisi apakah mereka sekarang, bahkan jika mereka tidak melakukan papun. Faktanya, pada hari ini, member Shinhwa lain lebih rajin dalam wawancara untuk menggantikan peran Minwoo, yang sedang flu.

“Shinhwa mulai dengan 6 member jadi kami harap kami berenam bisa bersama hingga akhir. Kami tidak ingin mengurangi atau menambah jumlah ini. Kami berenam harus bersama agar kami bisa merasa tenang. Karena kami adalah Shinhwa.”

sr: Hankooki
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s