[BERITA] Shinhwa Berharap Akan Reuni H.O.T dan Bersaing Secara Langsung (010315)

Segala tindakan yang dilakukan Shinhwa setiap harinya adalah sebuah legenda. Debut 17 tahun lalu, Shinhwa adalah satu-satunya idol di Korea yang menduduki posisi puncak tanpa henti ketika grup idol yang tak terhitung jumlahnya menghilang dari peredaran. Mereka berpromosi dalam waktu lama tanpa pergantian member sama sekali, Shinhwa adalah contoh langka di industri musik. Mereka telah mencetak prestasi monumental yang belum pernah dicapai idol lain. Inilah mengapa eksistensi Shinhwa bernilai lebih daripada sekedar menjadi seorang idol.

Shinhwa kembali pada 26 Februari dengan album ke-12 mereka “We”. Sudah 1 tahun dan 6 bulan berlalu sejak album ke-11 mereka, The Classic. Member Shinhwa Eric, Lee Minwoo, Shin Hyesung, Kim Dongwan, Junjin dan Andy berbicara mengenai album baru mereka di sebuah kafe di Shinsa-dong, Seoul pada 24 Februari.

Kim Dongwan berkata, “Nama album ‘We’ mewakili kebersamaan Shinhwa dengan fans. Album ini mengandung niat kami untuk sekali lagu memperkuat persatuan antara fans dan Shinhwa dan terus maju.”

foto teaser 12th jib 2

Album ini berisi total 10 lagu, termasuk title track ‘Sniper’, sebuah lagu dance elektronik dengan ritme shuffle yang mudah diingat, dan ‘Memory’ yang merupakan single pre-release pada 3 Februari, ada pula “Alright”, “Cat”, “White Shirts”, “Don’t Cry”, “Bad 4 U”, “Give It 2 Me”, “I’m In Love” dan “Never Give Up.” Eric bertanggung jawab atas pembuatan rap di seluruh lagu dan Lee Minwoo menulis lirik untuk “Alright”, “Give It 2 Me”, “I’m In Love” dan juga sebagai produser dari keseluruhan album.

Lee Minwoo berkata, “Karena semua member adalah veteran, kami tahu bagaimana cara melakukan banyak hal jadi kami bisa melakukannya dengan baik. Aku rasa album ini akan menjadi kado bagus bagi fans dan aku memproduksinya meski rasanya melelahkan secara fisik, proses produksinya sangat menyenangkan,”

Kim Dongwan menambahkan, “Seiring dengan pertambahan usia kami, variasi tema yang bisa kami ungkapkan melalui lirik semakin banyak. Kalian juga bisa mengatakan bahwa kami semakin dewasa dalam musik.”

Fitur musik dalam album ini adalah aransemen yang makin ringkas. Diikuti dengan tempo medium, aransemen ringkas membuat orang terfokus pada suara para member. Daripada suara vokal dan nada rap yang biasanya didengar dari para member, Shinhwa mencoba sesuatu yang baru dengan merubah nada vokal dan rap berdasarkan karakteristik masing-masing lagu. Secara keseluruhan, orang akan fokus pada melodi lagu dan peningkatan proporsi vokal serta rap juga akan menarik perhatian.”

shinhwa teaser 3 HD

Lee Minwoo menjelaskan, “Suara Hyesung bergema di telinga kalian, suara Dongwan adalah tipe suara kuat yang memungkinkannya memimpin lagu dalam berbagai gaya, nada rap Junjin mengalir dengan penuh percaya diri, sementara rap Andy memberimu perasaan yang tepat dan penuh presisi. Karena masing-masing member memiliki karakter unik, aku harus terus mengingat bagaimana pesona masing-masing member bisa aku keluarkan saat memproduksi album ini. Aku selalu berpikir lagu apa yang bisa kami tampilkan di konser saat memilih lagu daripada hanya terfokus pada satu genre, aku menekankan pada kemampuan untuk menunjukkan berbagai sisi dari kami.”

Title song untuk album ini, ‘Sniper’, ditulis oleh komposer Andrew Jackson yang menulis lagu hit Shinhwa ‘Venus’ dan ‘This Love’, dan tim komposer London Noise. Shinhwa selalu menjadi contoh grup dengan ‘koreografi tajam dan kompak’ dan kali ini, mereka berencana menunjukkan pesona tangguh seorang pria yang menarget seorang wanita melalui dance tiap member.

Lee Minwoo berkata, “Sebenarnya ‘Alright’ dan ‘Bad 4 U’ dipertimbangkan untuk menjadi title track dan awalnya ‘Sniper’ tidak akan dimasukkan ke dalam album. Karena lagu ini semakin didengar, semakin membuatmu mengantisipasi frase berikutnya, kami memilihnya menjadi title track. Kami bisa merasakan ketulusan Andrew Jackson, yang membuat lagu ini sambil memikirkan Shinhwa seorang, jadi lagu ini menjadi lebih spesial.” Dia menambahkan, “Pesona Shinhwa akan semakin diperbesar ketika kalian menonton penampilan kami di panggung, daripada hanya sekedar mendengarkan lagu ini. Tiap member diberikan peran sebagai ‘mata-mata’, ‘agen’, ‘sniper’, ‘boss’, dll dan kami membuat koreografi ini dalam berbagai formasi.”

Shinhwa adalah salah satu dari sedikit artis yang selalu merilis full album ketika single digital adalah tren di dunia musik saat ini. Eric menekankan, “Aku rasa sangat tidak tulus jika kami comeback dengan single digital setelah sekian lama. Karena sebuah album adalah bentuk pembayaran Shinhwa atas cinta dari fans jadi kami akan terus merilis full album di masa depan.”

Shinhwa menarik perhatian ketika mengungkapkan bahwa Shinhwa adalah ‘tempat kerja kami seumur hidup’. Eric berkata, “Alasan mengapa para member mampu memiliki solo karir dengan konsisten di berbagai bidang adalah kami memiliki pagar bernama Shinhwa. Jika Shinhwa menghilang, sebagian besar kehidupan para member akan menghilang dan menjadi bukan apa-apa jadi kami akan terus menganggap Shinhwa adalah pekerjaan seumur hidup kami dan terus berlanjut.”

Andy berkata, “Karena ada Shinhwa, kami sebagai member individu juga ada.”

Junjin menunjukkan kekuatan cintanya pada Shinhwa dengan berkata, “Tanpa Shinhwa, aku akan menjalani hidupku sebagai ‘Park Choongjae'”

Shinhwa juga menarik perhatian belakangan ini dengan membuka pendaftaran untuk fanclub resmi mereka “Shinhwa Changjo” untuk pertama kalinya dalam 7 tahun. Eric mengakui, “Bisa bertambah tua dan mempertahankan sesuatu bersama para member dan fans adalah hal yang menyenangkan dan patut disyukuri. Aku sangat menghargai bahwa fans menunjukkan dukungan aktif tak peduli berapapun umur mereka.”

Belakangan ini, program variety MBC “Infinity Challenge” membuat sensasi hebat di kalangan publik melalui program ‘TOTOGA’ mereka yang memberikan perhatian kembali pada lagu hit dan penyanyi dari era 90an. Debut pada 1998 dan berpromosi bersama para penyanyi yang muncul di ‘ToToGa’, emosi yang dirasakan para Shinhwa, saat menonton acara tersebut, berbeda.

Eric berkata, “Ada perasaan seperti disetrum yang tidak bisa kalian rasakan saat melihat program musik saat ini di ToToGa. Sebagai penyanyi junior yang berpromosi bersama para penyanyi yang muncul di ToToga, aku sangat bangga pada mereka.”

Kim Dongwan berkata, “g.o.d, yang hiatus sangat lama, juga comeback tahun lalu dan aku harap lebih banyak penyanyi yang dulu berpromosi dengan kami untuk reuni. Aku rasa akan menyenangkan jika kami bersaing bersama H.O.T pertama kalinya setelah sekian lama.”

Shinhwa akan mengadakan konser ulang tahun ke-17 mereka pada 21 dan 22 Maret di Olympic Park Gymnasium, Bangi-dong, Seoul. Shinhwa juga telah mempersiapkan ‘Festival Musim Panas’ sebagai konser encore mereka tahun ini di bulan Agustus.

Lee Minwoo mengungkapkan, “Sebelumnya kami mengadakan konser dulu sebelum merilis album, kali ini album kami dirilis terlebih dahulu jadi akan banyak penampilan lagu baru. Kami juga akan mengaransemen ulang lagu-lagu hit lama kami, jadi dengan kata lain, konser ini akan menjadi sebuah ‘pesta meriah.”

Junjin mengungkapkan harapannya dengan berkata, “Kami mempertimbangkan promosi unit karena fans memintanya. Aku ingin bernyanyi ballad bersama Dongwan dan Hyesung. Dan juga ingin menyanyikan sebuah lagu dengan Minwoo yang mirip dengan lagu hit Deux, ‘In Summer’.”

sr: Heraldcorp
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s