[BERITA] Eric: “Kami Merenggang Selama 4 tahun Hiatus, Menghadapi Krisis Pembubaran Terbesar” (240215)

Leader Shinhwa Eric berbicara dengan jujur mengenai hiatus 4 tahun mereka.

Shinhwa (Eric, Lee Minwoo, Junjin, Shin Hyesung, Kim Dongwan, Andy) menjadi bintang tamu dalam SBS “Healing Camp, Apakah Kau Bahagia” yang ditayangkan pada 23 Februari dan berbincang mengenai krisis yang pernah dihadapi Shinhwa.

Eric berkata, “Ketika ditanya mengenai momen yang paling mengesankan selama promosi Shinhwa, kami sering menyebut momen dimana kami memenangkan Daesang untuk pertama kalinya. Akhir-akhir ini, ketika aku memikirkan soal ini, momen saat kami kembali bersama setelah hiatus 4 tahun karena wajib militer, dalam berbagai segi, aku pikir sekarang, adalah momen yang terpenting. Saat itu adalah momen dimana kami, sebagai Shinhwa, menghadapi krisis pembubaran terbesar.”

tumblr_inline_nk8emek1q01rb7x3v

Eric melanjutkan, “Terlepas dari fakta kami memang tidak bubar, kami hanya hiatus karena harus menunaikan kewajiban militer, sebelum kami hiatus, di konser terakhir kami, kami berjanji pada fans bahwa kami pasti akan berdiri lagi diatas panggung setelah kami menyelesaikan wajib militer kami masing-masing. Selama periode tersebut, kami merenggang, dan jarang mengontak satu sama lain, yang aku rasa merupakan sebuah krisis. Aku rasa jika ada satu kesalahan saja yang terjadi, kami bisa saja bubar begitu saja.”

Dia menambahkan, “Setelah album pertama kami gagal, dan ketika kami mempersiapkan album T.O.P, perusahaan dan para member berkata pada satu sama lain, ayo benar-benar bekerja keras untuk mempersiapkan album ke-2 kita dan jika tetap gagal, kita akan bubar. Aku memiliki perasaan yang sama setelah aku menyelesaikan wajib militer. Tapi aku rasa kami harus menepati janji kami kepada fans. Jadi aku menghubungi para member satu per satu untuk meyakinkan mereka.”

“Aku rasa kepedulian terhadap satu sama lain adalah hal yang memungkinkan Shinhwa untuk berdiri kembali. Penting untuk mengambil inisiatif untuk menghubungi satu sama lain sekedar untuk menanyakan kabar. Aku sungguh menganggap para member adalah saudara kandungku. Kami tidak terlalu menganggap penting ulang tahun satu sama lain, dan kami tidak sering bertemu, tapi seperti bagaimana saudara kandung tidak selalu makan dan pergi bersama, kami juga seperti itu. Tapi pada saat itu, di suatu saat dalam masa itu, kami semua berkumpul bersama dan berbincang serius mengenai album kami. Aku gembira karena kami bisa comeback lebih sukses daripada yang kami perkirakan. Dalam industri musik mainstream sekarang, kami kembali lagi bukan sebagai Shinhwa dari zaman dahulu, tapi sebagai Shinhwa di masa kini, dan aku rasa hal itu adalah sebuah kesuksesan. Ini adalah masa dimana kami mengambil lompatan besar kedua kami.”

Shinhwa debut pada 1998 dan, tanpa pergantian member sama sekali, telah berpromosi secara konsisten di industri musik selama 17 tahun, dan telah menasbihkan diri mereka sebagai idol grup yang terawet di Korea. Shinhwa akan comeback dengan album ke-12 mereka “We” pada 26 Februari.

sr: Newsen, BNT
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

 

Leave a Reply

