[BERITA] Shinhwa, Masih Sebuah Legenda (210215)

150216_shinh_05_1

Jika kalian bertanya pada grup rookie mengenai tokoh panutan mereka, 9 dari 10 akan menyebut Shinhwa. Selama 17 tahun sejak mereka debut, tanpa pernah mengganti member atau ada member yang meninggalkan grup, Shinhwa telah menuliskan ‘legenda’ yang sesungguhnya dan merupakan legenda hidup di industri musik.

Karena alasan mengapa Shinhwa adalah panutan bagi grup junior mereka bukan hanya kerena mereka sudah debut sejak lama. Shinhwa secara berturut-turut mengadakan promosi individu dan terus berdiri diatas panggung. Mereka tidak hanya bergantung pada ‘name value’ yang dimiliki tim, tapi mereka justru terus maju sambil mencoba konsep baru untuk setiap album.

Di tahun 2012, ketika mereka merilis album ke-10 mereka dengan title song “Venus” setelah 4 tahun, mereka mempersembahkan sebuah lagu dengan genre elektronik yang pada saat itu tidak terlalu umum, dan pada 2013, untuk album ke-11 mereka dengan title song “This Love” memperkenalkan ‘voguing’ untuk pertama kalinya di Korea.

Shinhwa akan merilis album ke-12 mereka “We” pada 26 Februari dan akan mempromosikan title track “Sniper”. Lagu ini adalah produk Andrew Jackson, yang menulis “Venus” dan “This Love” dan tim komposer London Noise, yang berpartisipasi dalam album Shinhwa untuk pertama kalinya.

Judul itu sendiri sudah mengesankan maskulinitas dan Shinhwa akan memamerkan pengalaman yang telah mereka kumpulkan selama ini. Mereka menekankan pada keseksian mereka dalam “This Love” dan di “Sniper” mereka akan memamerkan maskulinitas mereka melalui sebuah koreografi intens dan stylish.

Bersamaan dengan comeback mereka, Shinhwa akan mengadakan konser ulang tahun ke-17 selama 2 hari, pada tanggal 21 dan 22 Maret, di arena indoor terbesar Korea, Olympic Park Gymnasium. Tiket untuk konser ini terjual habis dari pre-sale fanclub pada tanggal 11 Februari dan terjual habis lagi pada penjualan untuk umum setelahnya. Konser ini memuncaki konser ranking harian dan mingguan di Interpark, menunjukkan kekuatan penjualan tiket mereka.

Arena dimana konser Shinhwa akan diadakan adalah tempat paling bermakna untuk Shinhwa dan Shinhwa Changjo. Ini adalah arena indoor terbesar untuk konser dan juga arena konser pertama konser pada 2001. Mereka terus menjual habis tiket untuk konser mereka, baik saat konser ulang tahun ke-10 mereka di tahun 2008 atau konser comeback mereka setelah 4 tahun di 2012, menuliskan ‘legenda konser’.

Kerja tim solid Shinhwa telah menjadi reputasi tersendiri untuk grup ini. Dan hal yang memungkinkan Shinhwa untuk terus aktif sampai sekarang adalah karena member ke-7 mereka, fanclub “Shinhwa Changjo”.

Pendaftaran pertama yang dibuka untuk fanclub resmi mereka “Shinhwa Changjo” adalah tahun 1998, dan pada 2007, di konser solo Shin Hyesung, mereka adalah fanclub pertama yang mengirimkan rice wreath, dan sejak itu menciptakan fankulture pengiriman rice wreath sebagai bentuk dukungan dll, dan fanclub ini memamerkan level loyalitas kuat. Terkadang mereka tidak ragu untuk memberikan kritikan pedas, dan telah melewati sekedar hubungan antara penyanyi dan fans, setia disamping Shinhwa sebagai seorang “kawan”.

Titel “We” untuk album ke-12 mereka tidak hanya mewakili “keenam member Shinhwa”, yang selalu mereka tekankan, tapi juga berarti kebersamaan dengan “Shinhwa Changjo.”

Tahun ini, Shinhwa telah membuka registrasi untuk Shinhwa Changjo generasi ke-10, 7 tahun sejak 2008, mengumpulkan seluruh “orange princess”. Fans juga dengan penuh semangat menantikan comeback mereka dan menantikan saat dimana mereka bertemu dan menjadi satu.

sr: Xsportsnews

Eng translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s