[BERITA] Waspadailah Shinhwa: Menghitung Mundur Menuju Comeback Shinhwa (060115)

Sebentar lagi Shinhwa akan kembali bersama kita. Mengikuti boom yang dimulai oleh g.o.d dengan comeback pertama mereka dalam 9 tahun pada tahun lalu, SHinhwa siap untuk membawa generasi pertama boom di K-pop (*padahal Shinhwa yang memulai boom comeback/reuni generasi pertama di 2012….).

Grup ini akan kembali pada bulan Februari. Sejak debut pada 1998 dengan album pertama ‘The Solver’, Shinhwa telah aktif selama 17 tahun berturut-turut, sebuah pencapaian yang membuat mereka mendapat titel sebagai grup terawet di Korea. Grup lain yang debut di saat yang sama dengan mereka seperti The group will be returning in February. Since its debut in 1998 with its 1st album H.O.T(1996), Sechs Kies(1997), SES(1997), dan Fin.K.L.(1998) sudah bubar dan member-member mereka menjalani kehidupan mereka masing-masing. Shinhwa adalah ‘fosil hidup dunia idola’, dan banyak orang menantikan apakah yang akan mereka tunjukkan dalam album mereka mendatang. Penghitungan mundur telah dimulai.

010115 shincom twitter

◇ Menyelesaikan album ke-12 “Musik dalam album ini akan memiliki kualitas terbaik”

Shinhwa akan merilis album ke-12 mereka di bulan Februari. Album ini dirilis setelah setahun dan 9 bulan sejak 2013.

Banyak orang menantikan jenis musik apakah yang akan dipersembahkan Shinhwa untuk fans kali ini. Grup ini sedang memberikan sentuhan akhir untuk album mereka.

Agensi Shinhwa, Shincom Entertainment, berkomentar, “Sudah agak lama sejak grup ini merilis album, jadi para member telah berusaha sangat keras dalam prosesnya. Kalian akan bisa mendengar kualitas musik terbaik. Kami akan memastikan bahwa 2015 akan menjadi ‘tahun Shinhwa’ melalui berbagai performance panggung dan penampilan di TV.”

Para member telah menjaga nama grup mereka tetap hidup secara individu selama waktu istirahat Shinhwa.

Kim Dongwan merilis single solonya ‘He_Sunshine’ di bulan November. Dia kemudian merilis sebuah single lagi di bulan Desember, sebuah lagu duet bersama aktris He_Starlight. Dia kemudian terus memamerkan kemampuan individu dan popularitasnya dengan konser akhir tahun yang diadakan di Seoul Jamsil Student Arena pada 31 Desember.

Shin Hyesung merilis proyek remake ‘Once Again’ mulai Juli hingga Desember, dimana dia mengaransemen ulang lagu-lagunya. Dia merilis versi baru  ‘Buen Camino’, ‘Doll’, ‘EX-MIND’, ‘Love After’, ‘First Person’, dan ‘Because It’s You’.

◇ Gelombang fanclub generasi ke-10, 7 tahun sejak rekrutmen akhir

Fanclub Shinhwa yang bersemangat akan bisa mendukung comeback grup mendatang dengan menyeluruh. Shinhwa akan merekrut anggota fanclub resminya ‘Shinhwa Changjo’ menjelang comeback mereka. Gelombang kali ini adalah pertama kalinya dalam 7 tahun sejak 2008, ketika gelombang ke-9 masih aktif.

[Omit]

◇ Di tahun 2014 ada g.o.d; Apakah Shinhwa akan menjadi tren di 2015?

[Omit]

Situasi Shinhwa berbeda dengan situasi g.o.d Para member g.o.d mengambil jalur karir masing-masing di tahun 2005 setelah merilis album terakhir mereka ‘Into the Sky’ bersama-sama. Setahun sebelumnya, member Yoon Kyesang meninggalkan timnya, dan para member telah menghadapi banyak kesulitan untuk kembali bersama lagi tahun ini. Proses ini menjadi alat untuk melecut semangat fans untuk menantikan reuni grup ini, dan menjadi alat marketing bagus untuk mereka.

Shinhwa telah aktif dalam wakut yang lama, jadi mereka tidak memiliki isu spesial seperti reuni g.o.d untuk menarik perhatian akan comeback mereka. Bisa saja publik sekarang mengacuhkan comeback grup ini dibandingkan dengan antisipasi untuk reuni g.o.d.

Meski begitu, beberapa faktor baru masih bisa menarik perhatian untuk comeback Shinhwa. Nama Shinhwa sendiri berdiri sebagai brand unik yang telah mereka lindungi selama 17 tahun, dan publik belakangan ini menjadi tertarik pada para penyanyi dari tahun 90an berkat MBC Infinity Challenge ‘I Am a Saturday Saturday Singer’ spesial. Shinhwa sangat populer di tahun 90an dengan berbagai lagu hit seperti ‘The Solver’ dan ‘Uhsha Uhsha’.

Banyak grup idol baru dari agensi raksasa seperti YG Entertainment ‘iKon’ dan JYP Entertainment ‘SixMix’ (nama sementara) mungkin juga akan debut tahun ini. Kompetisi antara grup-grup baru ini dan Shinhwa akan menjadi tontonan bagus yang menjembatani antar generasi.

Source: News Tomato

Eng trans by ShinhwaStuff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s