[BERITA] Shinhwa adalah Legenda, Meski bukan ‘Totoga’ (110215)

Shinhwa sedang menghadapi comeback mereka. Mengikuti perilisan lagu pre-release “Memory” pada 3 Februari, Shinhwa akan merilis album ke-12 mereka pada 26 Februari. Meski demam ‘TotoGa’ (Saturday, Saturday Is For Singers- Acara Infinity Challenge untuk nostalgia kpop 90-an)” telah menghilang, comeback Shinhwa masih merupakan sebuah ‘legenda’.

Shinhwa debut pada 1998, dan faktanya, adalah grup idol terawet di Korea. Dengan 17 tahun sudah berlalu sejak debut mereka, mungkin agak sedikit canggung bagi mereka untuk terus membawa titel ‘idol’, Shinhwa memiliki fandom luas karena promosi konsisten mereka. Bahkan saat mereka menjalankan aktivitas solo mereka di dunia akting atau variety, mereka tidak pernah menghentikan promosi Shinhwa sebagai grup, dan bahkan mereka sempat beristirahan (*sejak comeback terakhir mereka di 2013), mereka sekali lagi kembali.

Meski Shinhwa telah menerima banyak cinta dari promosi diawal debut mereka melalui “Eusha Eusha’” dari album pertama mereka, dan T.O.P dari album kedua mereka, konsistensi mereka untuk merilis lagu baru hingga album ke-12 adalah sebuah inspirasi tersendiri. Kharisma powerful dan unik Shinhwa berbaur dalam lagu seperti “Perfect Man”, “Venus”, “This Love” dll, dan telah menunjukkan kekuatan Shinhwa, mengalahkan waktu yang telah berlalu. Dari masa ke masa, SHinhwa memegang teguh citra ramah mereka dan kharisma diatas panggung, dan perlahan membangun brand ‘Shinhwa’.

87219002

Dan sekarang, mereka akan merilis album ke-12. Sudah 1 tahun dan 9 bulan berlalu sejak album ke-11 mereka ‘The Classic’ dirilis pada Mei 2013. Karena sudah sekian lama, sepertinya album ini adalah hasil kegilaan nostalgia ‘TOTOGA’, tapi sesungguhnya, album ini bukanlah bagian dari ‘TOTOGA’. Selama 1 tahun 9 bulan ini, Kim Dongwa, Lee Minwoo, dan Shin Hyesung berpromosi sebagai penyanyi, baik sebagai solois atau melalui group S, dan Eric berakting dalam drama ‘Discovery of Romance’. Juga merupakan sebuah keharusan bagi Shinhwa untuk berpromosi dengan lagu baru, bukan dengan lagu lama.

Title track untuk album ke-12 Shinhwa ‘We’ adalah ‘Sniper’. Lagu ini merupakan karya Andrew Jackson, yang menulis ‘Venus’ dan ‘This Love’, dan juga karya London Noise, sebuah tim komposer, dan seperti sebelumnya, sesuatu yang intens dan sophisticated bisa diharapkan. Juga telah disebutkan bahwa koreografinya akan menekankan pada kharisma stylish, yang telah menarik banyak perhatian.

Agensi ShinCom Entertainment berkata, “Tolong nantikan penampilan unik Shinhwa, yang akan lebih intens dan kharismatik dibandingkan album sebelumnya. Tolong tunjukkan banyak dukungan dan antisipasi terhadap Shinhwa, yang kembali dengan musik yang lebih berkualitas.”

Mengikuti perilisan album mereka, Shinhwa akan mengadakan konser ulang tahun ke-17 “We” di  Olympics Park Gymnasium, in Seoul, pada 21 dan 22 bulan depan.

sr: Osen
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s