[WAWANCARA] Eric, Pusat dari Shinhwa, yang Menuliskan Legenda (Shinhwa) (041114)

tumblr_inline_nehs2kXIEa1rb7x3v

Eric dari Group Shinhwa (35 tahun, nama lahir Mun Junghyuk) adalah salah satu kasus yang jarang terjadi di industri entertainment dimana dia sudah mencapai segala hal dan memetik buah usahanya. Dia mencapai hasil yang baik di aktivitas musik dan akting dan menuliskan sejarahnya sendiri.

Eric adalah leader dari group Shinhwa, yang merupakan idol generasi pertama dan group idol terawet Korea. Tahun ini adalah tahun ke-16 Shinhwa sejak debut. Setelah menyelesaikan kontrak dengan agensi pertama mereka, SM Entertainment, terjadi krisis karena para member dikontrak oleh agensi yang berbeda (*a/n: Shinhwa member baru dikontrak agensi yg berbeda setelah mereka di Good EMG tahun 2007, bukan langsung setelah keluar dari SM Ent). Seperti group lainnya, mereka berargumen tetapi mereka selalu berdiri sebagai Shinhwa. Di tengahnya adalah sang leader Eric.

Dia mematahkan prasangka dari penyanyi idol yang menjadi aktor, dan bahkan berdiri di barisan depan. Dia pertama kali memulai akting di tahun 2003. Pada saat itu, aktivitas solo oleh member dari group idol tidak sebebas dan diterima dengan baik seperti sekarang. Di atas segalanya, dia tidak dipersiapkan untuk menjadi aktor, dan dia tidak memulai akting dengan keinginannya sendiri sehingga dia tidak menikmatinya. Dia bertahan hanya karena harga dirinya. Sepanjang perjalanan, dia dengan natural jatuh ke dalam pesona akting dan memperluas wilayah serta posisinya sebagai aktor. Dia memperoleh pengalaman dengan berlalunya waktu dan aktingnya menjadi lebih dalam. Dia berakting sebagai Kang Taeha di KBS 2TV “Discovery Of Romance” yang selesai baru-baru ini dan dikritik sebagai aktor yang dapat dipercaya.

Bintang untuk ‘Star Timeline’ minggu ini adalah Eric. Pada akhir dari berbagai kompilasi, dia melindungi Shinhwa, dan dipuji sebagai idol-menjadi-aktor yang sukses. Dia berbicara mengenai 16 tahun yang dilewatinya di bisnis hiburan.

#1: Bermimpi menjadi penyanyi ketika menari dance cover di Amerika

tumblr_inline_nehsumE1sn1rb7x3v

– Apakah kamu sangat tertarik dalam industri hiburan sejak kecil?
“Menjadi penyanyi adalah impianku. Aku hanya berpikir “Sangat keren” ketika menonton penampilan Seo Taiji and Boys dan Deux dan pada satu titik telah menjadi impianku.”

– Untuk menjadi penyanyi, apakah kamu melakukan banyak persiapan sejak kecil?
“Aku bersekolah di Amerika dimana aku membuat “Korean Club” dan menari cover dance di festival Korea. Aku menari dengan Tony (H.O.T) dan Andy pada saat itu. Tony berasal dari sekolah lain tetapi aku mendengar bahwa dia populer sehingga aku mengajaknya. Pada saat itu, bukannya bertujuan untuk menjadi seorang penyanyi, aku melakukannya karena sepertinya akan membantu untuk ujian masuk kuliah. Di Amerika, untuk melanjutkan ke kuliah, aktivitas diluar sekolah lebih penting dari peringkatmu atau nilai bahasa Inggris. Aku memulai dengan pemikiran bahwa akan menguntungkan ketika aku masuk kuliah jika aku pernah tampil dan itu semua sangat menyenangkan untukku. Juga, aku bisa mendapatkan uang jajan. Jadi, pada awalnya aku tampil di sekolah dan karena itu menyenangkan, aku melakukannya di sekolah yang lain, dan juga tampil di konser yang diadakan oleh lembaga Korea. DJ D.O.C hyung datang ke konser yang diadakan untuk warga Korea dan aku adalah penari latar untuk mereka saat itu.

– Bagaimana kamu memulai debut?
“Sekali-sekali aku tampil di acara yang dibuat oleh radio siaran Korea. Ketika aku melakukannya, aku bertemu guru Lee Sooman, yang datang ke Amerika untuk perjalanan bisnis. Dia meminta pada stasiun radio untuk dikenalkan pada siapapun yang menurut mereka bagus, dan aku cukup beruntung direkomendasikan untuk audisi. Aku pergi sendiri ke karaoke di Amerika dengan guru Lee Sooman dan menyanyi. Dan itulah permulaan hubunganku dengan SM Entertainment.”

– Tidakkah orang tuamu menentang?
“Aku bilang kepada orang tuaku bahwa aku akan kembali ke Amerika lagi setelah 2 tahun. Aku mendapat izin setelah aku berjanji untuk kembali setelah 2 tahun dan melanjutkan sekolahku. Aku tidak pernah bermimpi bahwa aku bisa berpromosi untuk waktu yang sangat lama.”

– Sebelum debut, apakah ada krisis selama hari-hari pelatihanmu?
“Aku mengalami cedera pergelangan kaki yang serius saat latihan dan aku pergi ke latihan dengan balutan. Pada saat itu, karena cederanya cukup serius sehingga masa penyembuhannya cukup lama. Aku tidak bisa mengejar latihan karena pergelangan kakiku. Dan aku hampir kembali ke Amerika. Meskipun begitu, untungnya, aku bertahan dan debut sebagai Shinhwa setelah menghabiskan sekitar setahun untuk pelatihan.”

#2: Setelah debut dan sampai mencapai popularitas

tumblr_inline_nehtn37fR61rb7x3v

– Panggung debut pertama kali tidak terlupakan kan?
“Tentu saja. Sebelum debut, ketika kami berlatih, manager hyung berkata, “Ketika kamu berdiri di panggung untuk pertama kalinya, kamu tidak akan bisa melihat dan memikirkan segalanya. Kamu harus berlatih sampai kamu dapat menari dan menyanyi dari tengah lagu bahkan ketika kamu baru saja bangun.” Dan memang seperti itu. Sebelum debut, kami tampil di festival universitas untuk latihan. Aku tidak gugup tetapi ketika siaran pertama, sangat berbeda. Aku menari dan menyanyi “Resolver” dengan benar ketika latihan tetapi aku mengalami “mental breakdown” ketika recording yang sebenarnya. Tiba-tiba, Aku tidak bisa memikirkan apapun dan gugup. Rasanya aku hanya menari menuruti gerakan tubuhku. Member yang lain juga gugup. Dongwan membuat kesalahan di tariannya juga. Dia harusnya merobek bajunya tetapi dia tidak bisa melakukannya. Haha.”

– Setelah itu, apakah kamu bisa tampil tanpa merasa gugup di penampilan lainnya?
“Tidak ada penampilan yang sempurna bahkan ketika kita tidak gugup. Haha. Selalu ada seseorang yang membuat kesalahan. Ketika kami melihat penampilan kami setelah selesai, atmosfirnya benar-benar hening dimana kami tidak mengatakan sepatah katapun. Ketika aku memikirkannya sekarang, itu bukanlah hal yang serius. Pada saat itu, dengan hanya satu kesalahan, kami akan menemukannya, “Yah, sudut tangannya berbeda. Kamu satu-satunya yang salah melakukannya.” Pada saat itu member yang melakukan kesalahan di koreografi menjadi kesal sampai-sampai dia tidak bisa mengatakan sepatah katapun.”

– Apakah ada kecelakaan yang berkesan ketika siaran?
“Kami tampil di luar ruangan dan karena sedang hujan lebat, lantainya menjadi licin. Pada bagianku, aku harusnya melangkah tetapi aku tersandung. Dan aku jatuh ketika kamera menyorotiku, menurut Junjin, aku hilang dari layar dan segera bangun lagi. Karena hal itu terjadi di saat membuat kesalahan dalam koreografi atau jatuh tentu saja tidak diizinkan jadi aku segera berdiri dengan kecepatan yang tidak masuk akal. Ada saat ketika celana kami terjatuh, dan juga ketika kami menendang kamera, kami benar-benar memiliki jumlah kecelakaan siaran yang tak terhitung.”

tumblr_inline_nehueyYvWf1rb7x3v

– Album pertama mengecewakan.
“Resolver menjadi lagu debut atau album pertama kami, albumnya tidak berjalan baik. Kami menerima sedikit lebih banyak respon untuk lagu selanjutnya ‘Eusha Eusha’ tetapi harus mengakhiri aktivitas karena banjir. Itu adalah lagu yang kami nyanyikan dengan bahagia sambil berkata ‘Ayo bersenang-senang di air’ tetapi atmosfernya membuat depresi akibat kerusakan akibat banjir. Kami diharuskan untuk melakukan yang terbaik sampai album ke-2 dan jika kami tetap gagal, kami akan pulang ke rumah, tetapi untungnya momentumnya terangkat di album ke-2 kami.”

– Selanjutnya menjadi daebak dari album ke-2 kan?
“Kami mulai melakukannya dengan baik sejak album ke-2 ‘T.O.P’. Lagu selanjutnya ‘Yo!’ berjalan baik juga. Kami juga menerima banyak tropi dari acara musik ketika mempromosikan ‘Yo!’. Sampai promosi ‘This Love’, kami menerima tropi terbanyak ketika kami mempromosikan ‘Yo!’.”

2002년 골든디스크 신화

– Penampilan apa yang paling berkesan untukmu?
“Ketika kami menang di program musik untuk pertama kalinya dengan ‘T.O.P’. Aku tidak menangis tetapi aku sangat bahagia. Sebenarnya, Aku merasa curiga dari pagi hari di hari kami menang. Para manager hyung bertingkah berbeda. Baik itu reaksi mereka, atau harus ku katakan ekspresi mereka di mana mereka tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan mereka? Segalanya menjadi janggal dan berbeda dari biasanya. Tetapi walaupun begitu, ketika kami diumumkan menjadi pemenang, pada saat itu aku menjadi benar-benar kosong. Tidak ada yang masuk ke dalam pikiranku. Hal itu tidak tenggelam secara dalam, dan karena itulah aku tidak menangis. Dan yang sangat lucu adalah ketika kami naik mobil dan dalam perjalanan pulang ke rumah, aku menangis. (tertawa) Sangat gelap di dalam mobil jadi aku tidak ingat siapa tetapi salah satu dari member menelpon (komposer) Yoo Youngjin-hyung serta ibunya dan berkata ‘Terima kasih’ lalu menangis, seperti bayi yang baru lahir. Dia benar-benar menangis “waaa waaa” dan saat itulah para member mulai menangis satu persatu. Ku rasa aku menangis juga akhirnya.”

tumblr_inline_nehvbs5Hc01rb7x3v

– Bagaimana dengan momen paling membahagiakan selama berpromosi sebagai Shinhwa?
“Ketika kami menerima Daesang untuk pertama kalinya pada acara penghargaan di akhir tahun (2004 Seoul Gayo Daesang) melalui ‘Brand New’. Pada saat itu semua member menangis karena mereka bahagia. Tentu saja, aku tidak menangis (tertawa) Aku adalah tipe yang tidak menangis bahkan ketika tidak ada seorangpun di sekitarku. Aku sangat bahagia dan juga sangat terharu, aku tidak bisa berbicara dengan benar.”

#3: Kesempatan untuk berakting datang dengan tiba-tiba

tumblr_inline_nehvgbs2hl1rb7x3v

– Kamu memulai akting melalui drama MBC “Breathless” ketika kepopuleran Shinhwa meningkat.
“Saat itu adalah ketika kami sedang berhenti sebentar di promosi selama mempersiapkan untuk album berikutnya. Aku tidak memikirkan untuk melakukan aktivitas solo dan tidak menginginkannya juga. Aku tidak memiliki keinginan untuk berakting juga. Namun, suatu hati, agensi memberiku naskah untuk ‘Breathless’. Sampai kemudian, aku tidak memiliki pemikiran mengenai akting dan tiba-tiba manager-hyung menelponku di tengah malam dan berkata aku harus pergi untuk meeting keesokan harinya dan harus mempersiapkannya. Sekarang ketika aku memikirkan mengenai itu, Dongwan yang pertama menerima tawaran itu tetapi karena dia tidak bisa datang jadi aku ditelpon untuk menggantikan. Pada awalnya aku tetap bersikeras bahwa aku tidak akan pergi tetapi manager-hyung tetap berkata aku harus, jadi aku pergi. Bagaimanapun, hal itu sudah dijanjikan jadi aku diharapkan pergi untuk meeting dan kemudian dengan sesopan mungkin menolak tawarannya. Aku pergi dan membaca naskah dan sang sutradara-nya tertawa. Kemudian sang sutradara tiba-tiba memegang bahuku dan bertanya, “Pilihan yang penting di dalam hidup diputuskan dalam 0.5 detik, apakah kamu akan melakukannya? Atau tidak?” Dia bertanya seperti itu dan tanpa ku ketahui aku menjawab, “Aku akan melakukannya.” sang sutradara berkata, “Aku memintamu untuk membaca naskah dan kamu adalah yang pertama yang aku lihat sangat buruk dalam membacanya. Kamu tidak bisa melakukannya dengan lebih buruk lagi dibandingkan yang kamu lakukan hari ini. Jadi lakukan itu dengan nyaman.” Dan begitulah aku memulainya, dalam kebingungan.”

– Saat itu adalah ketika kamu belajar Teater dan Film di Universitas Dongguk. Kamu harusnya sudah menerima latihan akting.
“Aku ikut untuk kelas dasar akting tetapi saat itu adalah waktu dimana aku tidak bisa belajar dengan benar. Sulit untuk mengikuti kelas akting ketika aku sibuk dengan promosi Shinhwa. Dan juga, ketika belajar Teater dan Film, aku tidak belajar mengenai akting tetapi malah belajar mengenai tahap produksi dan mengarahkan jadi aku bahkan tidak mampu menambah pengalaman dalam akting dasar.”

– Bagaimana syuting pertamamu?
“Aku tentu saja meraba-raba. Disana ada kamera tetapi aku tidak tahu dimana dan bagaimana aku harus melihatnya dan bagaimana aku harus berakting. Aku sangat gugup juga. Dan aku terus meraba-raba. Secara natural, aku berpikir “Ini dimana, siapa aku?”

– Setelahnya, kamu melanjutkan akting. Apakah kamu jatuh cinta pada pesona akting?
“Karena aku sangat buruk dalam akting, jadi aku menolak untuk menyerah. Juga, aku telah berakting beberapa kali di video musik dan menuliskannya di aplikasi, aku secara bertahap mengurangi beban yang aku rasakan melalui akting di depan kamera. Dan sang sutradara memujiku bahwa aku belajar akting dengan cepat. Karena dia memujiku, jadi aku keliru mengira “Aku melakukannya dengan baik?” dan telah berakting karena itu. Dan juga aku meneruskan akting tetapi aku tidak menikmatinya. Karena akting bukanlah sesuatu yang ingin aku lakukan, jadi setiap kali aku berakting, rasanya aku seperti berjalan di atas es yang tipis.”

tumblr_inline_nehwpd51Fi1rb7x3v

– Ada perhatian yang tidak menguntungkan bagimu karena kamu adalah idol-yang-menjadi-aktor juga, dan kontroversial mengenai aktingmu terus mengikutimu juga.
“Masuk akal untuk dikritik. Kamu tidak bisa berakting seperti yang sudah aku lakukan. Bahkan ketika mempersiapkan aktor akting, orang-orang akan bertanya-tanya apakah dia bisa atau tidak bisa melakukannya, lebih sedikit orang sepertiku, yang tidak dipersiapkan, jadi kritik itu dapat diterima.”

tumblr_inline_nehwxexw7S1rb7x3v

– Kapan akting menjadi sedikit lebih nyaman?
“Sampai drama ‘Phoenix (2004)’, aku telah berakting sementara tidak mengetahui apa-apa. Juga, karena dialog dan kepribadian dari karakternya sangat berbeda dariku, terasa janggal setiap saat. Aku melihat diriku berakting dan merasa buruk. Aku menjadi sedikit lebih nyaman ketika berakting di drama’Super Rookie (2005)’. Aku berakting sebagai Kang Ho, dan karakternya sedikit gegabah, dan karena aku tidak perlu berakting keren atau seperti aku lebih baik dibandingkan yang lainnya sehingga aku menjadi sangat nyaman. Itu adalah pertama kalinya aku berakting dengan gegabah di depan kamera dengan sangat nyaman.”

#4: Sampai mendapatkan pengakuan sebagai aktor

– Kamu menerima respon yang bagus melalui akting sebagai aktivitas solomu. Bagaimana reaksi para member?
“Mereka bahagia untukku. Sebenarnya, bahkan ketika aku berpromosi sebagai aktor, dalam group, para member tidak benar-benar memiliki aktivitas solo mereka. Karena itulah para member bahkan menaruh lebih banyak perhatian dan mendukungku. Tidak ada kecemburuan. Ketika aktivitas soloku berjalan baik, saat itu Shinhwa berjalan dengan baik juga. Tetapi kemudian aku merasa bersalah kepada para member. Karena aku, mereka tidak bisa pergi ke acara dimana kami harus pergi bersama, dan para member terkena dampaknya. Tetapi walaupun begitu, karena para membes selalu mendukungku, dan aku bisa bersandar kepada mereka ketika masa sulit, jadi aku sangat berterima kasih. Hanya Shinhwa tempat yang aku miliki untuk kembali ketika akting membuatku merasa tertekan.”

tumblr_inline_nehxi8EzqK1rb7x3v

– Drama apakah yang kamu rasa paling melekat?
“Sebenarnya itu adalah drama MBC “Que Sera Sera” tetapi baru-baru ini, berubah menjadi drama KBS “Discovery of Romance”. Aku merasa seperti ada beban berat padaku setelah menyelesaikan “Que Sera Sera”. Hal itu menunjukkan seberapa besar usaha yang aku lakukan. Setelah menyelesaikan “Que Sera Sera”, aku benar-benar habis terbakar sehingga aku pergi ke Jeju-do sendirian untuk liburan serta pemulihan.(*berdasarkan wawancara lamanya, dia pergi ke Jeju setelah ‘Bulsae’ bukan ‘Que Sera Sera’ #kasihoppawalnut).”

tumblr_inline_nehxvcSpMz1rb7x3v

– Kamu menerima penulaian baik untuk “Discovery Of Romance” yang baru-baru ini selesai.
“Diantara semua drama yang pernah aku mainkan, atmosfer di tempat syuting yang terbaik adalah DoR. Aku syuting hampir tidak tidur tetapi aku penuh dengan energi. Karena lawan karakter yang ku mainkan adalah Jung Yoomi, yang pernah berakting bersamaku di “Que Sera Sera” jadi aku bisa syuting dengan lebih nyaman. Dramanya juga bagus. Dan karena drama itu, aku mendapat penilaian yang baik.”

tumblr_inline_nehxzuhdaD1rb7x3v

– Tidak seperti dramamu sebelumnya, di drama ini ada cukup banyak adegan emosional. Apakah ada saat dimana kamu mengalami krisis ketika berakting?
“Tentu saja ada. Bagaimanapun, karena aku berakting dengan mentalitas yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, jadi, dibandingkan drama yang lain, akting di DoR membuatku nyaman. Sementara ini aku berpikir bahwa berakting dengan baik untuk menghafalkan naska dengan cepat dan syuting tanpa banyak NG. Kemudian, suatu hati, aku melihat wawancara Ha Jungwoon di TV, dan bahkan seseorang seperti dia, yang berakting dengan sangat baik, akan melakukan “catatan akting” dan menyiapkan akting secara total. Bahkan Ha Jungwoo mempersiapkan begitu banyak hal, dan aku berpikir apa yang sudah aku lakukan selama ini? Hal itu benar-benar menyadarkanku. Jadi kali ini, aku meminta pengertian para staff dan menggunakan lebih banyak waktu untuk persiapan. Aku berdiri di depan kamera setelah menciptakan emosi dan sampai aku bisa membenamkan diriku sendiri dengan akting. Ketika kamu melihat sistem drama Korea yang bergerak maju dengan cepat, itu bukanlah hal yang mudah bagi para staff untuk menunggu sang aktor. Tetapi walaupun begitu, untungnya mereka menungguku.”

#5: Shinhwa tidak tergoyahkan bahkan dalam krisis

tumblr_inline_nehydjMb3I1rb7x3v

– Setelah semua member Shinhwa keluar dari SM Entertainment dengan berakhirnya kontrak, promosi Shinhwa bahkan menjadi lebih giat.
“Promosi Shinhwa berhenti sejenak selama 4 tahun karena kontrak berakhir dan wajib militer (*a/n: mereka wamil setelah kontrak di GOOD EMG selesai). Setelah itu, di tahun 2012, kami merilis full album ke-10 dan pada saat itu, aku merasa seperti kami memulainya lagi, dan keinginan para member juga sangat kuat. Kami ingin mendapatkan respon dimana kami berjuang di ranking bersama dengan hoobae kami dalam keadaan yang sama, dan bukan sebagai penyanyi dari masa lalu yang kembali. Dan aku pikir karena itulah kami bahkan berpromosi dengan lebih aktif.”

– Apakah pendorong dibalik pembuatan Shinhwa Company dan menyiapkan sebuah comeback?
“Sebenarnya tidak ada alasan pasti. Shinhwa juga memiliki krisis dan argumen sendiri, lebih tepatnya seperti pengalaman bagaimana group bubar atau group hoobae mengalami masalah. Bagaimanapun, pada saat penentuan, semua member Shinhwa sekali lagi memikirkan mengenai “kami” dan “Shinhwa”. Hal itu bukanlah sesuatu yang dikatakan pertama kali oleh seseorang, kami semua memiliki hati yang sama.”

tumblr_inline_nehypf8UE01rb7x3v

– Seperti apakah rasanya ketika ke-enam member berdiri di panggung ketika konser anniversary debut ke-14 Shinhwa?
“Sebenarnya aku mengalama mimpi buruk beberapa hari sebelum konser. Ketika aku menjalani kewajiban pelayanan publikku, dan merupakan 3~4 tahun kami beristirahat, kami hanya merencanakan comeback Shinhwa. Mungkin hal itu menjadi faktor stress dan jika aku akan tidur, aku bermimpi kalau aku lupa koreografer dan lirik lagu di atas panggung, dan menangis ketika panik. Kenyataannya, aku bukan tipe yang menangis karena suatu keadaan tetapi di mimpi, aku terjatuh dan menangis. Sebenarnya, untukku, menangis dimana ada banyak orang, adalah situasi yang paling memalukan. Dan aku terus mengalami mimpi buruk karenanya. Tetapi ketika aku sudah berdiri di panggung, aku merasa penuh dengan emosi.”

– Kapankah krisis terbesar bagi Shinhwa?
“Aku rasa ketika kami keluar dari agensi kami yang pertama, SM Entertainment. Setelah itu, ketika para member masuk wajib militer, kami beristirahat. Hal itu juga menjadi krisis.”

– Secara personal, kapankah kamu berada di puncak karirmu?
“Aku rasa puncak karirku adalah sekarang. Ketika kamu berpikir mengenai hasil atau reaksi publik, kamu akan mengatakan puncak karirku adalah ketika ‘Phoenix’ tetapi aku tidak bahagia. Entah bagaimana, karena itu adalah pekerjaan, aku merasa tidak pas dan aku memiliki banyak ketidakpuasan. Karena aku merasa marah, jadinya aku tidak merasa bahagia. Karena itulah aku rasa puncakku adalah sekarang, ketika aku dapat merasakan kebahagiaan.”
tumblr_inline_nehzaf508e1rb7x3v

– Apa arti Shinhwa untukmu?
“Seluruh hidupku di usia 20an. Beberapa tahun kemudian, Shinhwa juga akan menjadi seluruh hidupku di usia 30an. Teman yang telah bersamaku ketika aku melalui usia 20an, ketika aku sangat berenergi dan bersemangat, adalah Shinhwa. Dan pada saat ini, ketika aku di usia 30an, kami tetap bersama-sama.”

에릭  김진경기자 / 2014.10.16/

– Aku ingin tahu mengenai rencana masa depanmu serta mimpimu.
“Aku bukan tipe yang menentukan tujuan utama atau dengan sistematis memutuskan langkahku selanjutnya. Tetapi, ada satu hal yang ku katakan dengan pasti. Aku membuat janji dengan para member Shinhwa untuk “terus lanjut sampai waktu yang lama”. Jadi kami akan terus lanjut bersama-sama untuk waktu yang lama. Juga, karena kami memutuskan untuk menjadi yang terbaik bersama-sama, kami akan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik.”

– Ini adalah pertanyaan dasar. Jika kamu mendapat kesempatan kemanakah kamu akan kembali dengan mesin waktu?
“Oh~ Aku tidak ingin kembali ke masa lalu. Itu adalah masa-masa yang sulit. Sekarang, segala sesuatu akhirnya berada pada tempatnya, Aku tidak ingin kembali ke masa lalu. Aku ingin hidup dengan menikmati saat-saat sekarang ini.”

Ditulis oleh Kim Yeonji | Source: Naver Entertainment | English Trans oleh malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

