[WAWANCARA] S – Hyesung, Kangta, Lee Jihoon: Segala Hal yang Ingin Kami Katakan (291214)

Group S Kangta, Shin Hyesung, Lee Jihoon kembali pada fans mereka setelah 11 tahun dengan mini album baru mereka “Autumn Breeze”. Suara manis ketiga member, dan berpromosi dengan ballad a la Kangta “Without You” yang entah bagaimana membuat orang merasa sedih karena liriknya yang realistis, membawa kegembiraan dan keterkejutan bagi fans. Bagi fans yang penasaran akan kisah cinta, hidup dan perpisahan oppa-deul yang kembali setelah sekian lama!! Kami bertemu dengan ketiga pria keren ini. Datang dan lihatlah wawancara jujur/candid/menyenangkan dengan Kangta, Shin Hyesung, dan Lee Jihoon sekarang.

123453889_01

123454077_02

#11TahunLalu #11TahunSetelahnya Meski mereka malu akan #fotografi tapi tetap #Veteran oppas

123454233_03123454404_04

#Tandatanganoppas tetap sama.

Q: Sudahkah kalian meluangkan waktu melakukan segala hal yang ingin kalian lakukan? Sepertinya fans cukup penasaran bagaimana kabar kalian. 

04

Kangta: Aku rasa aku masih belum bisa melakukan segala hal yang aku inginkan. Aku juga belum bisa menikah ^^ Dalam kasusku, aku banyak jadwal dimana aku harus bolak-balik ke China jadi aku belum bisa dilihat di program domestik, tapi aku cukup sibuk dalam berbagai aktivitas jadi aku belum bisa melakukan hal-hal yang aku inginkan^^ Meski begitu, studio terletak didekat rumahku, dan aku selalu berpikir untuk menuangkan isi pikiranku menjadi sebuah lagu jadi aku terus mengerjakan musikku.

06

Lee Jihoon: Belakangan ini aku muncul di musikal “Wicked” dan “Priscilla”, dan aku cukup sibuk dengan produksi album dengan Hyesung dan Kangta hingga musikal selesai.

05

Shin Hyesung: Aku mempersiapkan album S sambil mengerjakan proyek soloku ‘Once Again’ (proyek remake yang menerjemahkan ulang lagu-lagu hit lama Shin Hyesung dan dirilis setiap bulan), dan karena Shinhwa akan comeback diawal tahun depan, jadi aku juga sibuk dengan rekaman dan persiapan comeback.

Q: Meski waktu sudah lama berlalu, tapi kalian bertiga tidak hanya mempertahankan wajah tampan kalian, tapi suara kalian juga. Baik di masa lalu atau sekarang, masih sama bagusnya. 
Shin Hyesung: Suaraku berubah cukup banyak. Bisakah aku berkata suaraku menjadi lebih dalam seiring berjalannya waktu..ataukah terdengar lebih serak? Secara mengejutkan, suara Jihoon paling tidak banyak berubah.
Kangta: Secara mengejutkan……baik Hyesung atau aku, suara kami menjadi lebih tebal, dan seiring dengan makin sederhananya gaya menyanyi kami, suara kami juga menjadi lebih dalam. Tapi meski begitu, fans menyukainya dan aku sangat bersyukur karenanya.
Q: Album baru “Autumn Breeze” dirilis 11 tahun setelah album setelahnya. 
tumblr_inline_ndxwg9GQ8h1rb7x3v

Kangta: Warna lagu-lagu di “Autumn Breeze” agak sedih. Album ini memiliki warna musim gugur….emosi-emosi terkait romansa, kisah cinta, banyak mengenai hal itu. Musim gugur memiliki nuansa perpisahan. Dan karena itu, kami menamakannya “Autumn Breeze”, untuk mewakili album yang berisikan lagu-lagu yang cocok dengan nuansa musim gugur.

Q: Saat mendengarkan lagu-lagu ini, sepertinya banyak lagu yang berkaitan dengan perasaan seorang pria saat jatuh cinta?! dan juga kisah mengenai perpisahan. Apakah ini lagu-lagu yang lahir dari pengalaman… 
Kangta: Ya. Bagiku, aku memiliki pengalaman semacam itu.
Lee Jihoon: Setelah kami menyelesaikan rekaman seluruh lagu, kami pergi ke Busan bersama-sama untuk liburan, dan ketika itulah kami mendengar kisah Kangta. Saat mendengarkan lagu-lagu itu setelah mendengarkan kisahnya..oh..air mataku tumpah keluar. Karena itulah, bagi orang yang mengalami rasa sakit yang sama, mereka mungkin teringat akan hal itu saat mendengarkan lagu-lagu ini. Tidak hanya aku, Hyesung juga menangis keras.
Shin Hyesung: Aku nggak nangis………..cuma berkaca-kaca! hahaha
Q. Fans penasaran bagaimana kalian akhirnya bisa comeback setelah 11 tahun…… 
123455073_09

Shin Hyesung: Setelah merilis album pertama kami 11 tahun lalu, kami selalu ingin merilis album lagi setelah menyelesaikan promosi dengan sukses. Kami terus mempersiapkannya tapi karena kegiatan individual kami, kami tidak bisa menemukan timing yang tepat. Dan begitulah, 11 tahun berlalu.
Lee Jihoon: Ketika kami masih muda, ada saat untuk mengisi ulang ‘baterai’ selama promosi. Kami akan istirahat selama 6 bulan dan bisa mengerjakan musik yang kita inginkan…tapi belakangan ini promosi berjalan terus sepanjang tahun. Jadi, karena Shin Hyesung mengeluarkan album solo dan aktif bersama SHinhwa, aku memiliki musikal dan drama, dan Kangta berpromosi di China…jadi lebih sulit untuk menentukan timing. Meski begitu, kami ingin menepati janji untuk merilis album lagi suatu saat dan kami akhirnya berhasil melakukannya setelah 11 tahun.
Kangta: Ini adalah salah satu hal yang selalu aku ingin lakukan.

Q. Apakah ada hal-hal yang berubah saat kalian mempromosikan album sebelumnya dan album ini?
Kangta: Untuk Hyesung, karena dia berpromosi setiap tahun dengan Shinhwa, dia terbiasa dengan hal ini, tapi untuk Jihoon dan aku, kami merasa…baik sistem stasiun TV atau jam lapor, sudah sangat berubah.
Lee Jihoon: Datang jam 6:30am dan mengadakan sesi pre-recording sangat kejam bagi kami. Shin Hyesung terus memperingatkan kami “Kalian harus siap-siap” sebelum kami mulai promosi dan sekarang aku memahami apa maksudnya.
Kangta: Meski begitu, ada semacam kompensasi ketika kami datang pagi dan bersiap-siap di ruang tunggu, dan hoobae kami masing-masing datang membawa CD mereka, berkenalan, dan memberi kami CD mereka, aku merasa gembira karena itu.

Q: Aku penasaran bagaimana perasaan kalian saat melihat cover album pertama kalian, jika kalian tidak keberatan, bisakah kalian berfoto sambil berpose sesuai dengan foto-foto di album pertama? Aku rasa fans akan menjadi sangat senang…… 
(Members dengan siap berdiri)
123455198_10
123455343_11
#Ganteng, baik #DuluatauSekarang 
123455515_12
123455734_13

#11TahunLalu #11TahunSetelahnya #Take2 #PriaMusimGugur 

Q: Terima kasih atas kerja sama kalian. Kalian benar-benar kelihatan sama ketika mengambil foto-foto ini..adakah saat dimana kalian rasa para member sudah berubah?! 
Shin Hyesung: Berpromosi bersama sekarang, aku rasa para member sangat mudah penasaran hahaa. Karena ketika kami pergi ke stasiun TV sekarang, mereka semua junior kami, dan staf juga, mereka dulu FD tapi sekarang sudah jadi PD, dan aku bisa merasakan bagaimana asing dan canggungnya hal ini bagi para member. Ada saat dimana hal semacam ini menarik.
Lee Jihoon:…Mmm..stamina?!
Kangta/Shin Hyesung: Hahahahaha kita bahkan tidak menyanyikan lagu dance…..kenapa kamu bilang begitu…padahal kondisi fisikmu paling bagus.
Lee Jihoon: Meski aku tampil di banyak penampilan musikal, tapi sulit untuk mempertahankan rasa gugup ketika kami datang di pagi hari hingga tayangan yang sesungguhnya ^^

123455891_14

Q: Menarik. Aku punya pertanyaan untuk tiap member yang mungkin ingin ditanyakan fans. Pertama, Kangta. Ini adalah ballad a la Kangta yang didengarkan orang karena mereka mempercayaimu. Aku penasaran album seperti apakah yang ingin kamu ciptakan ketika kamu memproduksi seluruh lagu di album ini?
Kangta: Pertama, seperti judulnya “Autumn Breeze”, aku ingin membuat lagu-lagu yang saat kamu dengarkan dalam hembusan angin musim gugur dan merasa agak depresi, bisa mengingatkan pendengar akan masa lalu mereka, dan membuat mereka berpikir setidaknya sekali bahwa ini adalah kisah mereka. Baik kenangan indah atau kenangan buruk atau kenangan menyakitkan….untuk mencapai ikatan simpati untuk “Without You”, aku menulis banyak hal-hal tidak signifikan tapi mereka berdua memberikanku banyak ide juga. Shin Hyesung mengusulkan kalimat soal nagging mengenai baju, dan Jihoon mengusulkan lirik soal sepak bola, dan aku rasa lagu ini menarik lebih banyak orang karena liriknya adalah kombinasi dari usulan para member. Album S ini membutuhkan waktu 7-8 bulan untuk diproduksi dan ada lagu-lagu yang ditulis dulu sekali. Memproduksi title song “Without You” sendiri butuh waktu 1 minggu, dan saat kalian menghitung proses pasca produksi, butuh sekitar 3 bulan.

Q: Ada gaya bekerja spesial yang hanya dimiliki Kangta? 
Kangta: Aku tidak punya gaya bekerja khusus…dulu, jika pekerjaan tidak berjalan mulus, aku hanya akan duduk, sekarang jika aku duduk untuk bekerja tapi tidak ada ide, maka aku tidak akan mengerjakan apapun.
Lee Jihoon: Dulu dia hanya duduk dan berpakaian biasa, tapi sekarang kapanpun dia mengerjakan lagu-lagu, dia berpakaian rapi haha.

Q: Berikutnya, aku akan bertanya pada Lee Jihoon. Di music video untuk “Without You”, kamu berakting sebagai pasangan kekasih dengan SNSD Yuri, dan juga harus berakting dalam adegan perpisahan yang menyakitkan. Tolong berbagi soal kesulitan dalam adegan perpisahan, hal-hal yang terjadi selama syuting dan chemistry-mu dengan Yuri, etc. 
Lee Jihoon: Ini pertama kalinya aku berakting dalam sebuah MV.
Kangta/Shin Hyesung: Ohya??!
Lee Jihoon: Ya. Lebih sulit dari perkiraan. Karena aku harus berakting ketika aku baru diberitahu soal situasinya jadi agak sulit untuk mendapatkan emosinya, dan aku rasa aku bisa melakukannya dengan baik dan tanpa kecanggungan karena Yuri sangat ramah saat syuting, seperti seorang dongsaeng. Aku juga fans Yuri jadi menyenangkan bisa berakting bersamanya. Aku rasa aku sudah melakukan apa yang aku inginkan melalui MV ini.
Q: Karena fisikmu juga sangat bagus….
Shin Hyesung:
Meski stylist membawa pakaian luar, dia bilang dia tidak akan memakainya hahahaha
Lee Jihoon: Dalam adegan dimana aku mengukir kayu, aku sungguh mencoba melakukan yang terbaik… memperhatikan tendon-ku… bukankah para wanita menyukainya?! Ahahahahahaha
Q. Terakhir, aku akan bertanya pada SHin Hyesung. Banyak lagu dengan perpisahan sebagai temanya di album ini. Aku penasaran lagu yang mana yang paling bisa diidentifikasikan dengan diri Shin Hyesung? 
Shin Hyesung: Dibandingkan dengan mengidentifikasikan diri dengan lagu berdasarkan pengalamanku, lagu yang membuatku merasa tercekik saat pertama mendengarnya adalah “One Last Memory”. Di bagian chorus terakhir, ada lirik “Kau berjalan kearahku dari kejauhan”, sang kekasih tidak terlalu terlihat dan kamu sangat ingin melihatnya..tapi bisakah aku berkata..perasaan saat dia datang menghampiri?! Sangat mematahkan hati.
Q. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam wawancara ini dengan begitu rajin. Terakhir, tolong katakan sesuatu pada fans yang sudah menunggu comeback S. 
Meski terasa canggung untuk mengatakan bahwa Group S kembali setelah 11 tahun, kami berharap hal ini menjadi hadiah bagi kalian. Kalimat seperti “comeback pertama setelah 11 tahun” dan “ballad emosional” terasa canggung. Kami bertiga sangat bersyukur bisa memiliki waktu untuk berpromosi bersama, dan meski masa promosi pendek, dibandingkan berpikir apakah yang bisa kami tunjukkan, kami memiliki harapan lebih bahwa hal ini bisa menjadi sebuah hadiah bagi fans kami jadi kami berharap kalian akan berpikir ini akan menjadi hadiah dari S, dan berharap kalian mendengarkan album ini dengan hati gembira..
Dan, sungguh, benar-benar yang terakhir, setelah mempersiapkan album yang bagaikan sebuah hadiah bagi fans yang menunggu sekian lama, hadiah terakhir dari S, pengungkapan Surat Rahasia mereka~!!
tumblr_inline_ne7mg8Uz2H1rb7x3v

Tolong berikan banyak dukungan untuk album S!  – Shin Hyesung
(*omitted Kangta and Lee Jihoon’s autograph)

Sr: Naver Entertainment
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s