[WAWANCARA] S di Majalah ‘The Celebrity’: Oppa Is Back!! (241014)

tumblr_inline_ndy74vXo0L1rb7x3v

Project group S Kangta, Shin Hyesung dan Lee Jihoon berkumpul bersama kembali setelah 11 tahun untuk bernyanyi bersama. Entah bagaimana deskripsi agung semacam “Oppa comeback” sepertinya tidak terlalu cocok untuk mereka dibandingkan “Berkumpulnya Para Sahabat”. Karena ketiga sahabat dekat yang paling mencintai menyanyi ini hanya melakukan apa yang mereka selalu lakukan. “Guk guk” studio berada dalam kekacauan, “benar-benar berantakan.”  Untuk menampilkan citra ‘oppa tetangga yang familiar, pergi membeli makanan hewan di supermarket dengan peliharaan mereka’, Kangta membawa anjingnya, Venus dan mayo, dan Shin Hyesung secara pribadi meminjam Duyu, Yeoundu, dan Sarangie dari kenalannya (*manajer Minwoo lol). Menambahkan peliharaan fotografer, Hoochu, keenam anjing berlarian kesana kemari diantara staf. Dalam situasi semacam ini, para ‘oppa’ Kangta, Shin Hyesung, dan Lee Jihoon yang merupakan selebriti dengan fandom loyal, hampir saja terisolasi. Tapi mereka tidak mengeluh atau memburu-buru proses pengambilan foto meski keadaan kacau. Kangta, bertanggung jawab atas produksi S, sering berdiskusi mengenai jadwal comeback mereka dengan tim manajemen, Lee Jihoon dan Shin Hyesung mempersiapkan photo shoot sambil bermain dengan para anjing dan berganti baju. Mereka bahkan tidak saling menyapa saat bertemu satu sama lain. Terlalu santai dan sepi untuk menyebutnya sebagai kumpul-kumpul trio ini. “Rahasia persahabatan ketiga pria setelah debut adalah karena mereka tidak sering bertemu. Di masa lalu, ketika kami masih dalam fase perkenalan, kami hidup melekat pada satu sama lain. Ketika sekitar 10 tahun berlalu, kamu tidak terlalu perlu merawat dan mengontak satu sama lain, dan persahabatan menjadi hubungan seperti keluarga dimana tidak akan ada kecanggungan bahkan jika kamu bertemu setelah sekian lama.” Kangta menyebut hal ini sebagai hasil alami dari sebuah persahabatan hampir 20 tahun.

tumblr_inline_ndy86ntGwD1rb7x3v

“Setiap hari, dair makan, hobi kami, dan bahkan traveling, kami melakukan semua itu bersama dan perlahan kami mulai menemukan hidup kami masing-masing. Faktanya, karena orang lain tidak terlalu sering bertemu kami, kami bertiga jadi berkumpul bersama. Persahabatan semacam ini mungin karena kami bukanlah orang yang berkumpul karena alasan egois.” Seiring dengan penjelasan detail dan logis Kangta, Lee Jihoon akan menambahkan opininya. Terlepas dari cekcok minor yang mereka alami setelah minum, mereka tidak ingat pernah berkonfluk, dan bahkan sedikit pertentangan hanya terjadi di masa lalu. Mereka bisa memahami segalanya bahkan hanya dengan berkumpul bersama, tidak mengejutkan, ini adalah rahasia mereka dalam menjaga persahabatan mereka. Contoh konkrit akan persahabatan erat mereka bisa dibuktikan ketika Kangta dan Shin Hyesung bermain bersama anjing-anjing yang mereka bawa. Lee Jihoon berkata, “Saat aku pergi ke rumah Kangta, bahkan jika aku duduk di sofa, satu anjing akan duduk dibahuku, satu dikakiku, dan satu akan duduk dilututku, dan aku terkejut. Ada saat dimana mereka berlaku seperti selimut.” Pastinya, ketika Kangta muncul di <I Live Alone> dia menjadi topik pembicaraan karena merawat empat anjing sekaligus; Ssen, Venus, Mayo, dan J, seperti seorang ahli hewan. “Saat aku memikirkannya, sepertinya aku tumbuh dewasa bersama anjing. Karena aku baru mulai hidup terpisah dari orangtua di tahun 2011, aku mulai memelihara anjing lagi. Jika aku adalah seorang oppa untuk anjing yang aku besarkan bersama mereka, setelah aku mulai membesarkan anjing sendiri, aku menjadi ayah mereka.” Meski dia mulai merawat anjing karena dia memang menyukai anjing, dia merasa untuk seseorang seperti dia, yang melewatkan lebih dari separuh tahun dalam promosi di luar negeri, meninggalkan seekor anjing di rumah sendirian terasa seperti sebuah perlakuan tidak manusiawi. Dia membawa Venus untuk Ssen yang sendirian, dan juga membawa Mayo, yang tidak ingin dia turunkan setelah melihatnya di dokter hewan. Saat dimana dia memiliki tiga anjing, memiliki anjing keempat bukanlah masalah besar, dan dia membawa anjing termuda, J. “Jika hanya demi keinginan egois untuk melepaskan perasaan kesepian, tidak ada alasan bagiku untuk memelihara keempatnya. Benar bahwa sambutan mereka saat aku pulang kerumah adalah sumber kenyamanan. Bahkan jika aku kembali dalam keadaan mabuk, bahkan jika aku kembali ke rumah dalam keadaan berantakan setelah kerja berhari-hari, para anjing ini berpikir aku-lah yang terbaik dan hanya melihatku tanpa kalkulasi apapun. Ini adalah sebuah kebahagiaan yang sulit dilukiskan dalam kata-kata.”  Cinta Kangta untuk anjing-anjingnya sama spesialnya dengan persahabatannya dengan kawan-kawannya.

Butuh waktu 11 tahun bagi trio ini untuk kembali bersama dibawah nama project grup S untuk beryanyi bersama. 11 tahun adalah masa dimana mereka berdiri sendiri, mencoba berbagai area, dan membangun karir baru. Saat tahun baru datang, mereka berbagi jadwal mereka untuk tahun tersebut, terus mengestimasi waktu yang paling memungkinkan untuk berpromosi sebagai S, dan sambil melakukannya, beberapa tahun sudah berlalu. Kangta fokus pada aktivitas di luar negeri, seperti China. Lee Jihoon sibuk berakting dalam drama dan musikal. Shin Hyesung, seperti yang diketahui semua orang, comeback dengan sukses sebagai bagian dari grup idola terawet, Shinhwa. Terlepas dari semua itu, berkat keinginan kuat mereka, project group S tidak menjadi project yang hanya berlangsung sekali dan berakhir dengan lagu hits “I Swear”.

tumblr_inline_ndy9jo1qYY1rb7x3v

“Meski kami lebih sukses dari yang kami harapkan di tahun 2003 lalu, tidak banyak orang yang mengingat kami secara detail. Ini adalah sesuatu yang sudah kami persiapkan sejak lama, dan hal ini terasa seperti sebuah beban karena kami khawatir kami akan dilihat sebagai grup yang turut serta dalam gelombang reuni.” Kangta mengekspresikan kekhawatirannya dengan hati-hati. Belakangan ini, di industri musik, grup idol yang berpromosi diakhir 1990s dan awal 2000s telah comeback dengan sukses, menerima respon positif dari fans dan publik setelah sekian lama. Meski ini adalah masa indah dimana fantasi fans akan “oppa kami pasti akan kembali” menjadi kenyataan, apakah dia ingin berkata bahwa promosi S berlawanan dengan hal itu? Sangat mengejutkan bahwa dia akan berpikir sehati-hati itu akan comeback ini.

“Sejujurnya, kami berlawanan dari hal tersebut. S dimulai dengan maksud untuk menunjukkan musik yang kami suka, jadi kali ini juga seperti itu, meski tidak trendy atau tidak biasa, kami sangat ingin menunjukkan jenis harmoni yang hanya bisa diciptakan kami bertiga, seperti apakah gaya bermusik S.”  Setelah mendengar hal ini, untuk memasukkan mereka dibawah frase “Oppas are back!” setelah melihat gelombang reuni tidaklah tepat karena mereka bertiga secara konstan terus melakukan aktivitas individu dan sukses. “Tentu kami akan gembira jika oppa kembali dan kami mendapatkan reaksi seperti bagaimana mungkin mereka masih tetap ganteng, seperti mereka di masa lalu.” Memang Lee Jihoon bisa menjawab dengan jenaka.

tumblr_inline_ndyaerzIRr1rb7x3v

Shin Hyesung adalah member yang paling memahami tren terbaru di program TV dan menjaga variety sense-nya dan dia dengan jelas menilai program manakah yang paling menguntungkan bagi S dan bahkan mengajari mereka bagaimana cara bersikap dalam sebuah program TV. Dia adalah bintang yang menciptakan tawa, bahkan fans lama-nya pun cukup terkejut, melalui “SNL Korea” dan “Shinhwa Broadcast” dll selama comeback Shinhwa. Hingga publik dengan bercanda mengatakan meski produser albumnya adalah Kangta, direktur program variety adalah Shin Hyesung.

“Kalian tidak akan bisa melihat S di <SNL Korea> dalam promosi kami. Saat itu adalah saat pertama dan terakhir dalam hidupku hahaha. Tapi jika Kangta dan Lee Jihoon menjadi bintang tamu didalamnya, aku yakin mereka akan melakukannya dengan sangat baik. Aku mungkin hanya akan menonton dalam diam di belakang mereka.”  Shin Hyesung, yang menekankan bahwa kedua sahabatnya akan melakukan gurauan R-19 dengan sangat baik, adalah faktor penentu yang membuat promosi S mungkin tahun ini. Shinhwa dan aktivitas solonya selalu terencana dengan baik, dan dia tidak pernah mengalami saat dimana aktivitas promosinya tumpang tindih tapi dia tidak bisa lagi menunda untuk bernyanyi bersama sahabat-sahabat lamanya.  “Daripada membebani staminaku karena jadwalku yang tumpang tindah, lebih sulit untuk menentukan timing karena aku bagian dari sebuah grup.” Meski dia bicara seolah keputusannya bukanlah sesuatu yang sangat penting, saat mengerjakan album ini, untuk membuatnya sesempurna mungkin, Shin Hyesung adalah seseorang yang meyiksa produser Kangta. Karena mereka bernyanyi bersama lagi setelah sekian lama, mereka menjadi lebih ambisius seiring berjalannya waktu. Sebagus apapun harmoni diantara ketiga vokalis terbaik ini, tiba-tiba aku penasaran apakah hal ini tidak membuat proses produksi sama melelahkannya.

“Karena tiga vokalis berkumpul bersama, secara mengejutkan, malah menjadi lebih mudah bagiku sebagai produser. Ketika aku memproduksi album soloku, tidak ada seseorang untuk mengarahkan lagu-laguku secara obyektif dan aku menyayangkan hal itu. Tapi mereka mendengarkanku dan membuat penilaian akurat. Mereka juga memahami perasaan komposer dengan baik.” Seperti yang dibilang Kangta, hanya sulit untuk mengumpulkan mereka bertiga bersama, namun dalam proses produksi, segalanya berjalan secepat kilat. “Kami sangat memahami gaya vokal masing-masing jadi tidak ada masalah sama sekali dalam pembagian bagian dalam lagu. Yang menarik adalah, kami bertiga memiliki suara yang sama sekali berbeda tapi orang mendengar lagu kami bertanya apakah lagu ini dinyanyikan oleh satu orang.” 

Harmoni trio ini yang terdengar seperti satu suara, berdasarkan penuturan Kangta, album S secara umum disusun dari lagu-lagu yang cocok didengarkan pada akhir dari hari yang melelahkan, sebuah malam yang sepi. Seperti bagaimana seseorang mendengarkan sebuah gubahan piano yang sendu atau sebuah album New Edge saat ia ingin menenangkan diri, album ini berisi pop ballad nyaman yang sesuai untuk udara dingin akhir musim gugur dan musim dingin. Album ini juga berawal dari keyakinan ketiga sahabat ini bahwa gaya lagu terbaik yang ditulis Kangta akan menjadi warna S. Pada awal wawancara, Lee Jihoon berkata bahwa mereka bertiga menjadi sahabat dekat karena tidak ada yang ingin berteman dengan mereka tapi jika persahabatan mereka adalah persahabatan seperti ini, aku rasa mereka bertiga bersama saja sudah lebih dari cukup. “Aku percaya diri bahwa lagu-lagu yang dipersembahkan S akan disukai publik” Aku mulai percaya akan apa yang dikatakan Shin Hyesung.

sr: The Celebrity 
Eng Translation by malpabo.tumblr.com
Please take out with full credits.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s