[OP-ED] Alasan Mengapa Grup Idol Bertahan Lama: Penyebutan Shinhwa (241014)

tumblr_inline_ndxz125M4k1rb7x3v

Dikatakan bahwa kekhawatiran paling tidak berguna di dunia adalah khawatir soal selebriti, lebih spesifik lagi, soal idol. Tapi benarkah begitu? Yang membawa mimpi, harapan, dan kegembiraan bagi orang yang lelah dalam hidup adalah para idol yang bersinar diatas panggung melalui nyanyian dan tarian. Dan begitulah, dua reporter 10asia, yang mengklaim bahwa mereka mencintai semua idol, berkumpul bersama dan melewatkan waktu untuk bicara soal idol. Jika terkait dengan idol, isu yang hangat dibicarakan didunia, atau hal kecil namun bermakna, akan didiskusikan secara bebas. Dan topik pertama adalah “rahasia keawetan idol.”

(omit)
#Rahasia keawetan idol 1: “Aktivitas grup adalah prioritas uama”
Lee Junghwa (Lee): Grup yang paling awet, siapakah mereka?
Park Soojung (Park): Saat ini adalah Shinhwa!
Lee: Shinee debut pada 2008 jadi ini tahun ke-7 mereka. Belakangan ini, B2ST, di tahun ke-6 mereka, masih berpromosi dengan aktif kan?
Park: Setelah aku perhatikan, Shinhwa, Shinee dan B2ST sama sekali tidak pernah mengganti member mereka.
(omit)

Park: Ah, lalu prioritas utama haruslah mencapai popularitas solid sebagai grup dahulu. Faktanya, jika kamu melihat pada banyak grup dimana ada membernya yang paling mencolok, kamu akan terkejut bahwa member tersebut adalah member idol grup, hal ini tidak mempengaruhi popularitas grup dan faktanya, malah akan menghasilkan efek sebaliknya dari mendapatkan fans individual yang malah akan mencederai grup. Tapi melihat grup-grup yang memulai aktivitas individu mereka setelah grup mendapatkan popularitas pada level tertentu, utamanya, mereka akan bisa berpromosi menggunakan grup mereka, dan jika aktivitas individu sukses, hal ini bahkan akan menghasilkan efek sinergi yang lebih besar. Shinhwa adalah contoh klasik.
Lee: Benar. Ah, aku benar-benar suka “Discovery of Romance” yang dibintangi Eric, sangat suka hahaha. Kapan Shinhwa debut?
Park: 24 Maret 1998.
Lee: Sudah selama itukah? Ini tahun ke-17 mereka. Apakah Shinhwa melalui banyak krisis juga? Bagaimana mereka mengatasinya?
Park: Ada banyak gosip menerpa mereka tapi aku rasa Shinhwa meletakkan tim sebagai prioritas utama mereka. Diketahui secara umum bahwa Eric menolak tawaran scout sejumlah 100 juta won dan membuatkan jalan bagi Shinhwa, bahkan sekarang, Eric dan Lee Minwoo menjadi CEO dan menarik member Shinhwa bersama-sama. Sangat menyentuh. Fandom mereka juga merupakan alasan mereka bisa bertahan dari gosip.

tumblr_inline_ndy0omsSlm1rb7x3v

#Rahasia keawetan idol 2: “Fandom domestik yang kuat”
Lee:
 Apakah Shinhwa sering berpromosi ke luar negeri?
Park: Tidak seperti sekarang dimana promosi hanya berlangsung sebulan dan berakhir, selama era generasi pertama, mereka berpromosi selama 2-3 bulan dan berhenti selama 6 bulan, karena ada pola semacam ini dan pola ini djuga masuk akal. Karena itulah fandom bisa bertahan bahkan dalam periode tanpa promosi. Diatas segalanya, idol tidak terus-terusan debut seperti sekarang, jadi tidak ada banyak fans yang berganti fandom.
(omit)

sr: 10asia
Eng translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s