[BERITA] “Discovery of Ambition” Idol dengan Dua Pekerjaan: Perubahan Hati Eric (221014)

Shinhwa Eric merayakan tahun ke-16 sebagai idol, bukan, lebih tepatnya ‘pioner idol’. Talentanya termasuk rapping kharismatic dan menari. Dia masih memimpin se-legiun penggemar sebagai ‘oppa’, dan mempertahankan martabat sebagai seorang member dari idol grup terawet.

Tapi sebagai aktor Eric….latar belakangnya lebih sederhana. Debut dengan Breathless (2003), dia muncul di berbagai drama tersmasuk ‘Bulsae’, ‘Super Rookie’, ‘Strongest Chil Woo’, ‘Spy Myungwol’. Tapi komentar dari publik cukup keras. Dia menderita kontroversi mengenai kemampuan aktingnya.

Tapi Eric sudah berubah. Karena drama ‘Discovery of Romance’. Sedari awal dia tahu inti dari akting, dan dia telah menemukan kepercayaan dirinya kembali. Dia telah menerima pengakuan bukan sebagai ‘akting-dol’, tapi sebagai seorang ‘aktor’. Lebih jauh lagi, dia sekarang telah mengembangkan gairah untuk menjadi aktor yang baik.

“Momen dimana aku menerima naskah, aku berpikir bahwa aku harus mengambil proyek ini. Sedari awal aku memiliki pendirian kuat untuk melakukan drama ini. Aku juga memberitahu para member kalau aku sangat ingin melakukannya. Jadi aku berakting didalamnya dengan ambisi seperti ini. Mungkin berkat itu? Untuk pertama kalinya, tidak ada review buruk.

◆ “Selama ini, tidak ada alasan yang mendesak”

Tidak ada alasan mendesak untuk seseorang yang memiliki tempat untuk kembali. Begitulah adanya untuk Eric, yang memasuki tahun ke-10 sebagai ‘akting-dol’. Meski dia masih belum memiliki drama hit sejak ‘Bulsae’ di tahun 2004, dia tidak khawatir. Dia hanya akan kembali ke pekerjaan lainnya sebagai penyanyi. Selama ini, bagi Eric, akting tidak lebih dari pekerjaan kedua.

“Sejujurnya, tidak ada beban yang terlalu berat. Aku mengatakan hal ini dengan hati-hati, tapi aku pikir adalah salah satu dari banyak pekerjaan. Ini adalah sesuatu yang harus aku lakukan sekali-sekali demi perusahaanku. Bagiku, karena ada aktivitas Shinhwa juga…benar bahwa pikiranku relatif lebih tenang.”

Yang membuat Eric bersemangat adalah ‘Discovery of Romance’. Dia menjelaskan, “Bicara sejujurnya, aku tidak memiliki ambisi besar atas pekerjaanku atau aspirasi kuat terhadap akting. Tapi aku merubah pikiranku saat aku membaca naskah Discovery of Romance. Aku sangat ini berada dalam drama ini. Ini pertama kalinya aku mengalami hal seperti ini.”

Hal ini menjelaskan mengapa dia tenggelam dalam perannya semenjak membaca naskah. Eric menekankan, “Ada banyak bagian dimana aku berpikir ‘ini kisahku’ saat aku membacanya. Aku berpikir, jika aku bisa mengidentifikasikan diriku sejauh ini dengan peran ini, bagaimana jadinya bagi orang lain? Aku ingi menyampaikan emosi yang aku rasakan kepada orang lain.”

◆ “Seiring berjalannya waktu, aku menemukan kegigihan.”

Ambisinya untuk akting terpicu saat dia bisa mengidentifikasikan diri dengan karakternya. Lebih dari sebelumnya, Eric sangat bersemangat. Dia memotong jam tidurnya, dan menambah jam latihan aktingnya. Untuk membuat dialog Taeha seolah seperti dialognya sendiri, dia berlatih berulang-ulang.

“Aku tidak pernah segigih ini untuk sebuah drama sebelumnya. Bahkan ada beberapa kali dimana ada sebuah adegan dimana aku sangat ingin membuatnya berhasil, aku akan melewatkan jam tidur di malam sebelumnya. Aku mempersiapkan setiap gerakan, ekspresi, dan dialog secara detail. Karena aku ingin menjadi sealami mungkin, seolah aku memakai pakaianku sendiri.”

Dia juga mematok sebuah tujuan. Dia ingin mencapai 90% dari apa yang dibayangkan penulis Jung Hyunjung mengenai Kang Taeha. Eric menjelaskan, “Naskahnya sangat detail dan bagus sejak awal. Aku ingin menampilkan perasaan yang aku rasakan saat membacanya, dengan realistis. Jika aku bisa melakukannya, aku benar0benar bisa menjadi Taeha.”

Mungkin karena usaha-usahanya yang melelahkan, Eric mengalami momen dimana dia menjadi satu dengan karakternya. “Seiring dengan masuknya kami di paruh kedua drama ini, aku merasa aku berubah menjadi Taeha. Bahkan ketika syuting selesai, aku ingin memberikan nasehat pada Yeoreum. Sejauh itulah aku meresapi karakter ini.”

◆ “Sekarang, aku ingin mejadi serakah.” 

Hasilnya adalah, untuk pertama kali dalam hidupnya, dia menerima pengakuan bukan sebagai idol, tapi sebagai aktor. Ada banyak pemirsa TV yang terjangkit ‘Sindrom Taeha’. Tatapan cemburunya saat dia melihat Nam Hajin, dan nada penuh amarahnya pada Han Yeoreum, bahkan senyum yang muncul di ujung bibirnya setelah sebuah ciuman telah membuatnya mendapat pujian karena menjadi benar-benar seperti Taeha.

Dengan seluruh review bagus yang membanjirinya, Eric memiliki alasan untuk sombong. Tapi Eric tidak begitu. Sebaliknya, dia berkata dengan sebuah senyuman bahwa dia telah mengembangkan keinginan yang lebih kuat. Dia berharap untuk menerima review bagus sebagai Taeha bahkan untuk proyek berikutnya, untuk melampaui karakter tersebut.

“Apa tujuanku berikutnya? Aku ingin memberikan kesan bagus atas peran apapun yang aku lakukan. Untuk melakukan hal itu, aku harus mendukungnya dengan kemampuan akting dan mampu membuat pemirsa mengidentikasikan diri mereka denganku. Aku ingin diingat oleh publik sebagai aktor bagus, dan pria baik.”

Tentu saja, dia tidak memiliki keinginan untuk mengabaikan Shinhwa. Dia berencana untuk menyeimbangkan aktivitas Shinhwa dengan aktivitas aktingnya. Eric menambahkan, “Shinhwa adalah sesuatu yang tidak akan pernah aku pisahkan dari diriku. Shinhwa adalah sumber dukungan kukuh untuk aktivitas soloku juga. Sebagai penyanyi, atau sebagai aktor, aku ingin menunjukkan sisi terbaik dari diriku. Tolong awasi dan dukung aku.”

Source: Dispatch

Eng trans by absolut shinhwa

One thought on “[BERITA] “Discovery of Ambition” Idol dengan Dua Pekerjaan: Perubahan Hati Eric (221014)

Leave a Reply

