[BERITA] ‘Discovery of Romance’ KBS Memiliki Rating yang Rendah Tetapi “Tertinggi” untuk Program Engagement Index (16102014)

Meskipun <Discovery of Romance> KBS, yang berakhir minggu lalu, mendapat penilaian “dibuat dengan baik”, drama ini mencatat rating di barisan 7%. Akan tetapi, dalam hal Program Engagement Index, drama ini yang tertinggi diantara program-program KBS yang menunjukkan bahwa drama ini mempunyai fanbase yang jauh lebih luas dibandingkan apa yang nampak melalui rating.

Pada tanggal 16 Oktober, Korea Broadcast Advertising Corp (Kobaco) merilis hasil survey mereka untuk ‘Program Engagement Index (PEI) di bulan September’. PEI adalah sebuah indeks yang mengukur keterlibatan pemirsa dengan suatu program, yang tidak dapat diketahui melalui rating, dan dengan  100 sebagai dasar, semakin tinggi nilainya, semakin tinggi keterlibatannya.

tumblr_inline_ndjiifIp4x1rb7x3v

Berdasarkan survey di bulan September, <Infinity Challenge> MBC berada diurutan teratas dengan 143.5. Menyusul itu adalah <Jang Bori Is Here> MBC (138.4), <It’s Okay That’s Love> SBS (136,9), <I Want To Know That> SBS (139.1), <Discovery of Romance>KBS (131.6)

Program Engagement Index di bulan September dengan jelas menunjukkan bahwa ‘rating’ tidak berbanding lurus dengan ‘program engagement’. <Jang Bora Is Here> MBC mencatat rekor tertinggi dengan 30% tetatpi memiliki  Program Engagement Index yang lebih rendah dibandingkan <Infinity Challenge> MBC.

Diantara semuanya, yang paling menonjol adalah <Discovery of Romance> KBS. <Discovery of Romance> secara konsisten mencatat rating terendah diantara drama-drama lainnya yang tayang diwaktu yang sama (<The Night Watchman’s Journal> MBC, <Temptation> SBS) dari tiga stasiun tv ternama. Akan tetapi, <Discovery of Romance> berada diurutan pertama diantara program-program KBS dan urutan kelima secara keseluruhan.

tumblr_inline_ndjj5syZfE1rb7x3v

Menurut Kobaco, <Discovery of Romance> KBS2 mencatat keterlibatan yang paling tinggi diantara mereka yang berusia 10an-20an dan wanita. Dibandingkan dengan nilai 118.1 untuk pria, indeks keterlibatan untuk wanita lebih tinggi, yaitu 137.5 untuk <Discovery of Romance>. Yang patut dicatat adalah skor PEI untuk wanita yang berusia 10an adalah 156.3. Wanita yang berusia 20an memiliki skor PEI 141.7.

Kobaco mengevaluasi bahwa,”Indeks keterlibatan tinggi untuk generasi yang lebih muda, dengan skor 138.8 untuk mereka yang berusia belasan tahun, dan 138.9 untuk mereka yang berusia 20an, sebagai perbandingan, meskipun indeks keterlibatan tidak begitu tinggi untuk pria, PEI yang tinggi yaitu 128.4 tercatat untuk pria yang berusia 20an. Ini menunjukkan pengaruh luar biasa yang dimiliki drama percintaan yang dibuat dengan baik terhadap pria dan wanita muda.”

Untuk indeks PEI di bulan September, dengan jumlah total 8571 untuk pria dan wanita yang berusia 13-59 tahun disurvey melalui server online dari tanggal 31 Agustus 2014 sampai 13 September 2014 untuk 95 program dari KBS2, MBC, dan SBS, 3 saluran terestrial yang beroperasi berdasarkan iklan. Hasil lengkap PEI dapat dilihat di homepage Kobaco.

 

Source:  Mediaus

Eng trans: malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s