[OP-ED] Shinhwa, Lebih dari 10 Tahun, “Konsisten 16 Tahun” Lebih Menonjol Ditengah-Tengah Gelombang Reuni (170914)

tumblr_inline_nc11dnvhA71rb7x3v

Pada tanggal 16 penayangan dari SBS “Magic Eye”, Keinginan Lee Hyori untuk reuni Fin.K.L telah menarik perhatian para fans. Juga menghadirkan member god Kim Taewoo. Tahun ini, god merilis album baru untuk pertama kalinya setelah 9 tahun, dan bertemu para fans dengan group dengan 5 member secara lengkap untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

Fin.K.L dan god keduanya disebut idol generasi pertama, memiliki popularitas yang besar di akhir 90an dan awal 2000an. Debut pada May 1998, Fin.K.L. tidak menggunakan kata bubar tetapi setelah merilis digital single terakhir mereka di tahun 2005, belum ada waktu dimana ke-4 member, Lee Hyori, Ok Juhyun, Lee Jin, Sung Yuri berkumpul bersama untuk merilis lagu baru.

Debut di awal 1999, god tidak merilis album baru setelah album ke-7 mereka di tahun 2005, dan, 9 tahun kemudian, para member Park Junhyung, Danny Ahn, Yoon Kyesang, Son Hoyoung, Kim Taewoo berkumpul bersama untuk merilis full album ke-8 mereka di bulan Juli. Mereka bahkan mengadakan tur konser domestik di musim panas. Sudah 12 tahun semenjak group ini berkumpul bersama dengan lengkap, termasuk Yoon Kyesang, sejak album ke-5 di tahun 2002.

Debut di tahun1999, Hwanhee dan Brian Fly To The Sky juga merilis album baru di bulan Mei, bersatu kembali setelah 5 tahun, dan band idol Buzz, yang mengambil langkah pertama mereka di industri musik pada tahun 2003, juga merilis single baru Agustus kemarin, berkumpul kembali setelah 8 tahun.

Group idol yang mencapai puncak karier mereka di akhir 90an dan awal pertengahan 2000an, telah ada selama lebih dari 10 tahun dan reuni mereka yang sudah lama ditunggu-tunggu mengantarkan kesuksesan pada perilisan digital dan konser, menunjukkan perhatian yang luar biasa dari para fans.

Dalam gelombang reuni dari group idol generasi pertama di tahun ini, apa yang menonjol di pikiranku adalah satu tim. Dan itu adalah group idol terawet Korea Shinhwa, yang secara konsisten memiliki aktifitas musik selama lebih dari 16 tahun.

Setelah Shinhwa merilis full album pertamanya “The Solver” di tahun 1998, mereka merilis album ke-2 “T.O.P” di tahun 1999, album ke-3 “Only One” di tahun 2000, album ke-4 “Hey Come On” di tahun 2001, album ke-5 “Perfect Man” di Maret 2002, album ke-6 “Wedding” di Desember 2002, album ke-7 “Brand New” di tahun 2004, album ke-8 “State of The Art” di tahun 2006, album ke-9 “Shinhwa 9th” di tahun 2008, album ke-10 “The Return” di tahun 2012, “The Classic” di tahun 2013 dan telah terus-menerus memiliki aktifitas musik selama 16 tahun. Maret ini, Shinhwa juga mengadakan konser anniversary ke-16 mereka di salah satu tempat konser indoor terbesar, Seoul Olympic Park Gymnasium, yang mampu memuat 10,000 penonton per-show.

Selama 4 tahun antara album Shinhwa ke-9 dan ke-10, para member mengambil bagian mereka untuk memenuhi tugas wajib militer maka mereka tidak bisa merilis album baru, dengan selesainya Lee Minwoo, setelah semua member menyelesaikan tugas militer mereka, mereka mengadakan comeback setelah 4 tahun, di tahun 2012, dengan full album baru ke-10 mereka, dan bahkan setelah itu, mereka terus merilis lagu baru di bawah nama Shinhwa.

Ini adalah Shinhwa yang berpromosi bukan hanya dengan idol generasi pertama seperti H.O.T, Sechs Kies, Fin.K.L, S.E.S, Baby Vox dll, perwakilan Kpop group laki-laki junior seperti DBSK, Super Junior, Big Bang dll, tetapi bahkan junior yang baru debut tahun lalu. Dan tetap dengan 6 member asli, Eric, Shin Hyesung, Kim Dongwan, Lee Minwoo, Junjin, Andy, tanpa ada perubahan.

Secara teknik, Shinhwa lebih senior dari god, Fly To The Sky, Buzz, yang bersatu kembali tahun ini, dan juga Fin.K.L, yang diharapkan Lee Hyori bisa bersatu kembali. Namun, mereka tetap memiliki persaingan ramah, dengan lagu baru, di barisan depan dengan para group idol junior. Oleh karena itu, tidak cocok menggambarkan Shinhwa sebagai “menjual kenangan”, melainkan, “menghadirkan bentuk progresif selama 16 tahun” adalah frasa yang sempurna.

Bahkan di musik dan penampilan mereka, para member Shinhwa menambahkan pengalaman mereka sendiri dengan apa yang sedang menjadi tren pada setiap saat, untuk membawa warna unik Shinhwa.

Benar-benar tidak perlu kata bersatu kembali atau terbentuk kembali untuk Shinhwa. Reuni yang sudah lama ditunggu dari group idol generasi pertama, tentu saja, sesuatu yang membuat bahagia. Namun, secara konsisten aktif di posisi atas dunia idol selama 16 tahun, keberadaan Shinhwa yang terus-menerus juga sangat bermakna.

Shinhwa kuat bahkan tanpa harus menggunakan kata yang kuat seperti reuni karena mereka telah konsisten. Meskipun Shinhwa melalui banyak situasi sulit selama 16 tahun terakhir, mereka, untuk para fans, dengan tidak gentar mempersiapkan full album ke-12 mereka di awal 2015.

Di tahun 2012, ketika Shinhwa merilis full album baru setelah 4 tahun, berbagai group idol seperti Super Junior, Big Bang, 2PM, Girls Generation, Teen Top dll mengungkapkan bahwa Shinhwa adalah panutan mereka. Saat itu Girls Generation Yoona berkata di sebuah acara, “Saya ingin terus dari kami masih gadis sampai menjadi ibu, seperti group idol terawet Korea Shinhwa.”

Mereka tambah bersinar ketika konser, dan dengan konsisten berpromosi selama 16 tahun, Shinhwa dapat dikatakan sebagai group yang tidak hanya berarti bagi rekan-rekan mereka yang ingin bersatu kembali , tetapi juga untuk para junior yang sedang berpromosi secara aktif.

Source: Starnews + Malpabo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s