[BERITA] Sejak Shinhwa, Panjang Umur Grup Idol Bertambah (080814)

Perubahan umur idol; ‘dari batas 5 tahun ke idola-idola yang cukup awet’ 

Pada suatu masa, hidup idol dikatakan terbatas hanya 5 tahun. Bahkan grup-grup luar biasa seperti H.O.T, Sechkies, dan Fin.K.L tidak berhasil melewati ulang tahun ke-5 mereka. Namun hal ini telah berubah belakangan ini. Umur idol grup menjadi lebih panjang, sebuah tren dimulai olah Shinhwa. 5 tahun saat ini tidak berarti banyak bagi grup idol, dan ada beberapa grup yang telah melewati tahun ke-10 mereka. Idol grup berusia 16 tahun, Shinhwa, secara khusus berdiri sebagai legenda diantara mereka.

[Photo omitted]

▶ Hidup selama 5 tahun, original idol menabrak tembok kenyataan.

Tidak banyak fans mampu menebak bagaimana mudahnya H.O.T dan Sechkies terpecah belah. Kedua grup idola ini adalah grup yang membuka pintu zaman idol pada tahun 90-an.  Kedua grup ini mendapatkan popularitas yang tak bisa dibayangkan. Fans menggila akan tiap gerakan mereka. Fin.K.L., S.E.S, Baby Vox, dan lebih banyak lagi grup idola mengikuti mereka, membuka zaman baru untuk idol.

Namun, momen-momen akhir mereka, tidaklah begitu bagus. Kebanyakan grup, termasuk H.O.T, Sechskies, Fin.K.L., dan S.E.S, tidak pernah melewati tahun ke-5 mereka. Kebanyakan grup terpecah setelah gagal mengatasi masa berakhirnya kontrak dan gap popularitas antara para member. Mereka membuat semua orang berpikir bahwa setiap grup idol di masa depan hanya akan bertahan 5 tahun.

 

tumblr_inline_n9zn0hwe6k1spcm04

▶ Sebelum dan sesudah Shinhwa 

Namun kelahiran Shinhwa meninggalkan jejak dalam sejarah idol. Grup ini debut pada 1998 dengan ‘The Solver’ dan masih cukup aktif hingga sekarang. Mereka masih membanggakan popularitas besar, dilihat dari terjualnya seluruh tiket untuk konser ulang tahun ke-16 mereka di Olympic Park Gymnastics Stadium pada bulan Maret. Para member masing-masing sukses dalam area solo, namun mereka masih bernaung dibawah nama Shinhwa.

Seorang staf dari agensi grup ini, Shinhwa Company, berkomentar, “Kebanyakan grup bubar setelah kontrak dengan agensi pertama mereka habis. Namun Shinhwa berbeda. Para member sangat bangga akan grup mereka, dan lebih bertekad daripada grup manapun untuk tetap bersama. Hal inilah yang menjadi penggerak mereka untuk aktif selama 16 tahun.”

g.o.d menambahkan makna mereka sendiri untuk hal ini setelah reuni untuk pertama kalinya setelah 9 tahun.  Masing-masing member berada di agensi berbeda dan aktif dalam area berbeda, namun mereka masih mampu kembali bersama sebagai g.o.d. Mereka merilis ‘Ugly Duckling’ dan album ke-8 mereka mengambil alih berbagai situs musik. Mereka bahkan mengadakan konser di Jamsil Auxiliary Stadium, dan menikmati sukses seperti masa jaya mereka. Grup ini berhasil mengatasi pembubaran mereka dahulu, dan menawarkan sebuah model baru untuk para idol lain.

[Photo omitted]

[konten tak terkait shinhwa dihilangkan]

▶ Bagaimana grup idola mampu bertahan begitu lama?

Ada dua faktor paling berpengaruh dalam masa keemasan idola-idola terawet. Pertama, member grup idol harus bisa sangat aktif dalam berbagai area. Grup-grup idola di masa lalu lebih berkonsentrasi dalam aktivitas grup, idol grup sekarang telah menjajal berbagai aktivitas individu tergantung pada kekuatan masing-masing member. Karena itu, grup idol telah menjadi sangat aktif di berbagai area seperti promosi unit, akting, dan variety. Hal ini berarti bahwa mereka mampu mengisi gap antara penampilan grup dengan aktivitas solo.

Faktor kedua adalah grup idol memiliki lebih banyak tempat untuk tampil berkat Hallyu Wave. Mereka membuka pasar baru dimana mereka bisa mendapat keuntungan tanpa promosi domestik.

Seorang staf berkomentar, “Banyak faktor yang berpengaruh dalam perpanjangan usia aktif idol. Para agensi dengan sukses mengubah strategi mereka untuk memasukkan promosi member individu dan pasar luar negeri. Para member juga telah menyadari bahwa sulit untuk sukses sendirian tanpa grup mereka.”

Source: enews24

Eng trans by ShinhwaStuff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s