[FANPOST] Sengketa Trademark Shinhwa (2014)

0. Ringkasan Sengketa Trademark (*merek dagang) Shinhwa yang Pertama 

Sengketa trademark Shinhwa dimulai di tahun 2013. Alasan utama adalah pada April 2012 ketika CEO Open World Ent ditangkap polisi dan dipenjara (silakan dibaca disini untuk kasusnya). Secara teoritis, Open World dibubarkan.

Untuk mempertahankan trademark tersebut, Shinhwa mengambil dua langkah hukum yang terkait, dipisahkan dalam dua tipe berikut:
1) Civil Action (*a/n: gugatan yang didaftarkan langsung ke pengadilan karena merupakankan suatu kejadian yang menurut penggugat belum diatur dalam undang-undang, dan belum pernah ada kejadian serupa) (Pengadilan Seoul Central District, putusan tertanggal 26 Juli 2014: Dalam gugatan hukum ini disebutkan mengenai pembatalan kontrak trademark dengan Jun Media (CEO Jang Seokwoo), termasuk pendapatan pada 2012, dll. Mengenai hal ini, Jun Media menggugat balik, menuntut sebagian keuntungan Shinhwa Company pada tahun 2013. Putusan terakhir adalah: Shinhwa kalah dalam gugatan hukum ini dan Jun Media memenangkan sebagian dari gugatan tersebut.

2) Pengajuan Pembatalan Registrasi Trademark (Pengadilan Hak Paten, 22 Mei, 2014): Ingin membatalkan registrasi trademark “Shinhwa” oleh SM Entertainment pada 2004. Awalnya, tergugat adalah pemilik trademark: SM Ent, tapi karena penggunaan trademark telah ditransfer ke Jun Media, pihak tergugat berubah menjadi Jun Media berdasarkan hukum yang berlaku.

Banyak fans mengira bahwa “gugatan perdata/civil suit” ini merupakan sebuah sengketa trademark, jadi aku harus menjelaskannya. Berita hari ini semua menyebutkan tentang (1) “gugatan perdata/civil suit”, dan sengketa trademark (2) tidak disebutkan di berita manapun (a/n: baca artikel ini).

Beberapa berita menuliskan “gugatan perdata/civil suit” dengan tajuk “Shinhwa kalah dalam sengketa atas trademark mereka”, tapi kalian harus mengerti dengan jelas mengenai detail kekalahan dalam sengketa trademark ini. Yang mereka harus bayar adalah pembayaran hasil dari konser mereka, tapi yang disebut sebagai “sengketa trademark” adalah permasalahan mengenai registrasi trademark (gugatan kedua). Detail mengenai sengketa trademark ini tidak berhubungan dengan putusan final pengadilan mengenai gugatan “gugatan perdata/civil suit” (gugatan pertama).

Karena itulah, esai ini akan terfokus dalam kasus pembatalan trademark (kasus kedua). Putusan “gugatan perdata/civil suit” tidak berpihak pada Shinhwa, tapi perwakilan hukum Shinhwa mengungkapkan bahwa mereka tidak akan menyerah. Di masa depan, akan ada pengadilan kedua, ketiga, dan bahkan jika sengketa ini terus berlangsung, Shinhwa pasti tidak akan pernah menyerahkan nama Shinhwa.

1. Awal dari Permasalahan Trademark Shinhwa dan SM

25gwk0i

Shinhwa secara resmi debut sebagai grup ketiga SM Entertainment pada 1998. Setelah kontrak mereka dengan SM habis pada 2003, mereka pindah ke Good Entertainment.

Pada saat itu, Lee Sooman, yang memproduksi Shinhwa, sedang dalam proses investigasi oleh Interpol (International Criminal Police Organization). SM memperlakukan Shinhwa seperti mereka memperlakukan sunbae Shinhwa dan menawarkan pembaharuan kontrak hanya untuk beberapa member. Namun grup yang mereka produksi ini, memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain menggunakan nama debut mereka.

Tidakan ini merupakan sesuatu yang tidak biasa diantara para grup idol, dan karena itu, seluruh musik industri mulai memperhatikan kemana arah yang akan dituju Shinhwa pada saat itu.

Tentu saja, situasi ini membuat SM panik.
Apalagi Shinhwa telah menyelesaikan seluruh kontrak mereka sebelum mereka pindah jadi SM tidak memiliki alasan apapun untuk menghentikan Shinhwa. Jika SM bertindak gegabah, mereka sendirilah yang akan rugi.

Meski Shinhwa pindah ke agensi lain, merek dagang Shinhwa, simbol, lagu, dan hak cipta (copyright) semua adalah milik SM. Tapi posisi SM pada saat itu adalah “akan mengormati seluruh aktivitas Shinhwa dan memberikan dukungan.”

Dan karena itulah, Shinhwa sangat berterima kasih kepada SM dan dengan sukses pindah ke perusahaan baru.

Kejadian diatas terjadi pada tahun 2003.

1zouu6o

*terjemahan gambar diatas:

Tanggal aplikasi: 7 Januari 2004         Nomor aplikasi: 40-2004-0000629
Tanggal notifikasi: 2 Desember 2004     Nomor: 40-2004-0062196
Tanggal pendaftaran untuk resolusi (sebagai pertimbangan):20 Januari 2004

Skor komoditas: 1 (?)
Barang atau Jasa yang dimaksud
Kategori #9 category: Recorded discs (musik), recorded videos (musik), album, seluruh album yang sudah direkam, musil elektronik yang bisa diunduh
Jangka waktu/batas waktu registrasi 14 Maret 2015 

SM meregistrasi “Shinhwa” sebagai merek dagang.

Untuk mengingatkan kembali, kontrak Shinhwa dengan SM berakhir pada 2003.
Tapi pada awalnya SM memperbolehkan Shinhwa terus menggunakan nama mereka. Shinhwa mempercayai hal itu dan setelah menandatangani kontrak dengan Good Entertainment setengah tahun kemudian, SM meregistrasi nama “Shinhwa” sebagai trademark (merek dagang) dibawah nama SM Entertainment.

Mungkin bagi sebagian yang mendengar detail sengketa trademark Shinhwa akan mengatakan: “Shinhwa memilih untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan SM, mereka berpindah agensi, bukankah ini adalah sebuah masalah yang tentu saja mereka harus hadapi?”

Hal ini bisa dimengerti, tidak bisa dikatakan bahwa mengatakan hal tersebut salah.
Tapi tolong berpikir, siapa yang akan menduga situasi akan berubah dari mantan agensi yang mengatakan bahwa mereka “mendukung penuh keputusan kalian” menjadi sebuah situasi dimana mereka ditikam dari belakang oleh mantan agensi tsb satu tahun kemudian?

2. Penggunaan Trademark Shinhwa, SM & Open World Entertainment

97tw06

SM akhirnya melengkapi proses registrasi trademark Shinhwa pada akhir 2005. SM menjadi penguasa trademark Shinhwa pada saat itu.

Segera setelahnya, SM mentransfer penggunaan hak trademark tersebut kepada Open World Entertainment. Seperti yang diketahui semua orang, CEO Open World adalah Jang Seokwoo yang ditangkap karena melecehkan para trainee-nya secara seksual. Open World dibubarkan dan menjadi sebuah perusahaan bernama Jun Media.

Hal ini ada didalam deskripsi “gugatan perdata/civil suit”:
Pengadilan menyatakan, “Mengakui bahwa Jun Media menerima trademark “Shinhwa” dari SM Entertainment.” Dan juga, “Kami telah mempertimbangkan bahwa tidak ada halangan bagi Shinhwa Company untuk menggunakan trademark tersebut melalui Jun Media. Gugatan Shinhwa untuk membatalkan kontrak (*a/n kontrak penggunaan trademark tsb maksudnya) mereka sulit untuk diterima.”

Ada kalimat ini “….halangan bagi Shinhwa Company untuk menggunakan trademark tersebut melalui Jun Media.”

Serupa dengan hal diatas, ada klausa berikut ini dalam detail gugatan perdata tsb:

(1) Karena penggugat (Shinhwa Company) menandatangani persetujuan penggunaan trademark, mereka bisa menggunakan trademark dengan bebas, jadi meskipun terdapat kesalahan dalam registrasi trademark atau tidak, pada kenyataannya hal ini tidak berhubungan langsung.

Berdasarkan klaim Jun Media, orang bisa melihat hal ini melalui perjanjian penggunaan trademark, bahwa Shinhwa bisa menggunakan nama Shinhwa dengan bebas.

Pertama, mari kita melihat faktanya. Klaim Jun Media benar adanya dalam batas tertentu.

Shinhwa hanya tidak menjadi pemilik dari nama Shinhwa. Setidaknya setelah Shinhwa menandatangani perjanjian dengan Open World, Shinhwa tidak dibatasi untuk menggunakan nama mereka dalam berbagai aktivitas mereka.

Tapi seperti yang diketahui banyak fans, Open World tidak pernah mengintervensi Shinhwa dalam menggunakan nama “Shinhwa”, tapi kalian tidak bisa bilang bahwa Open World membiarkan Shinhwa menggunakan nama “Shinhwa” dengan bebas selama aktivitas mereka.

Contoh paling baik adalah ketika mereka secara sepihak mengumumkan pembatalan kontrak trademark dengan Shinhwa, dan mereka meletakkan pertanggung jawaban atas hal ini kepada Eric dan Andy. Jang Seokwoo juga pernah secara terbuka menyerang Andy dalam twitternya, dll.

Hubungan Shinhwa dan Open World tidak bisa hanya dilihat dari “mengizinkan aktivitas Shinhwa” atau “membatasi aktivitas Shinhwa.”

Meski sebagai agensi manajemen mereka menyelesaikan tugas mereka dalam batas tertentu, ada banyak trik yang mereka gunakan dibalik punggung mereka.

Hasilnya, mereka tidak menghalangi Shinhwa, tapi mereka terus menganggu sumber pendapatan Shinhwa, menjadi agensi yang menerima keuntungan terbesar.

Melalui berbagai pemberitaan, mereka memperluas tekanan kepada para member, menggunakan Shinhwa sebagai alat untuk mengancam fans.

Hanya karena alasan bahwa mereka tidak membatasi aktivitas Shinhwa, apakah ini berarti kalian sungguh bisa menoleransi Open World?

3. 10 tahun Sengketa Trademark 

1s0dif

Setelah CEO Jang Seokwoo ditangkap dan Open World bubar tahun 2012, Shinhwa mengambil langkah untuk mengambil kembali nama Shinhwa.

6td0l0

Tangga pendaftaran pemberitahuan penghentian: 6 Februari 2013    No: 2013DANG299
Tanggal registrasi: 6 Februari 2013
Kasus: Pencabutan pendaftaran trademark nomor 0611276
Tujuan gugatan: Meminta pencabutan pendaftaran trademark nomer 0611276
Penggugat: LLC Shinhwa Company
Terdaftar tanggal 14 Februari 2013

Pada 6 Februari 2013, Shinhwa, dibawah Shinhwa Company, mengajukan permohonan untuk mencabut registrasi trademark “Shinhwa” dibawah SM Entertainment yang dilakukan tahun 2005. Hingga saat itu, pemegang trademark Shinhwa adalah SM, Open World (Jun Media); seperti sebelumnya, hak cipta ditransfer dari SM.

Kemudian permohonan ini dengan sukses diterima pada 14 Februari.

289y8hc

Tapi pada tanggal 8 Maret, trademark Shinhwa menjadi milik Jun Media (sebelumnya bernama ‘Open World Entertainment’).

4slgrb

(Pengumuman mengenai hak cipta) Registration obligor (*pihak yang harus membuktikan bahwa trademark Shinhwa secara hukum memang dipegang oleh pihak tsb): LLC SM Entertainment Seoul Gangnam…
Registration management (*pihak kedua kemana trademark Shinhwa akan ditransfer): LLC Jun Media Seoul Gangnam…
Alasan pendaftaran: Transfer
Tujuan: transfer seluruh hak cipta
Pendaftaran diterima 8 Maret 2013

Perbedaannya adalah,

Sebelumnya, Open World beroperasi melalui peminjaman trademark tsb karena SM Entertainment “meminjamkan trademak” ke Open World. Tapi SM adalah agensi yang secara langsung menjual trademark Shinhwa kepada Jun Media (dulunya Open World.) Singkatnya, SM tidak lagi memegang hak atas trademark Shinhwa (*a/n: Karena itu Shinhwa Company tidak lagi bisa meminta pencabutan registrasi trademark mereka tahun 2005 kepada SM Entertainment).

*Karena gugatan perdata kali ini, beberapa bagian yang tidak jelas ditambahkan.
SM mentransfer seluruh hak cipta kepada Open World di tahun 2006, tetapi Open World tidak mendaftarkan trademark ini hingga 2013 (*a/n Open World tidak pernah mendaftarkan trademark Shinhwa hingga Shinhwa meminta bukti pada Open World/Jun Media bahwa mereka memang memegang trademark tsb)

2zf7311

(Registrasi Pengamanan Properti)
Subyek kasus: Pengadilan Distrik Seoul 2013 Section 48706 Pengamanan properti trademark
Registration obligor: Jun Media Seoul Gangnam…
Registration management: LLC Shinhwa Company Seoul Yongsan…
Tanggal pendaftaran: 2013 May 14

Alasan pendaftaran: keputusan untuk mengamankan properti
Tujuan pendaftaran: mendaftarkan properti trademark

Terdaftar tanggal 16 Mei 2013

16 Mei 2013 adalah hari pertama penjualan album ke-11 mereka dan juga comeback mereka.

2yuetd2

2013.11.22 (Jumat) 14:00-2013 File 299 [Sidang Pengadilan 4] Pembatalan registrasi trademark  #0611276 – LLC Shinhwa Company // Jun Media

Sebuah sesi oral hearing diadakan pada 22 November 2013.

25ias6h

4. Hasil Sidang Pertama Sengketa Trademark

29bkego

Seperti yang kalian semua tahu, gugatan atas trademark telah ditolak.

fc37vb

(4) Hasil
Karena keputusan telah diambil, permohonan untuk sidang telah ditolak. Biaya gugatan akan ditanggung oleh penggugat (Shinhwa Company).

Sekitar sebulan kemudian, detail teks gugatan ini terungkap. Setelah menghabiskan setahun untuk gugatan ini, putusan akhir pengadilan secara mengejutkan cukup sederhana. Ringkasan singkatnye berikut ini:
1) Shinhwa Company memiliki hubungan langsung dengan trademark “Shinhwa”, dan karena itu, dapat mengajukan banding.
2) Pendaftar awal trademark Shinhwa ‘Shinhwa’, SM Entertainment masih menjual album pertama Shinhwa sejak 1998 hingga sekarang.
3) Hal ini menunjukkan bahwa trademark “Shinhwa” yang didaftarkan oleh SM telah digunakan terus-menerus semenjak pendaftaran awalnya.

Berdasarkan hukum trademark Korea, jika bisa membuktikan bahwa dalam jangka waktu 3 tahun hingga tanggal permohonan pengajuan sidang, trademark tidak digunakan, maka dimungkinkan untuk membatalkan registrasi trademark awal.

Dalam situasi Shinhwa, tanggal permohonan pengajuan sidang adalah 6 Februari 2013, jadi jangka waktu 3 tahun adalah mulai dari 6 Februari 2010 hingga 6 Februari 2013.  Selama bisa dibuktikan bahwa SM tidak menggunakan nama “SHINHWA”, registrasi SM atas trademark “Shinhwa” pada tahun 2005 bisa dibatalkan secara hukum.

Namun, dalam putusan sidang pengadilan, untuk menyederhanakannya, keputusan diambil karena album yang dirilis dibawah SM masih didistribusikan [di pasaran], maka itu berarti SM masih menggunakan trademark “Shinhwa”.

Prosedur hasil gugatan perdata ini digabungkan dengan hasil sidang hak paten, adalah sebagai berikut:
1) SM mendaftarkan trademark “Shinhwa” pada 2004, secara resmi disahkan pada 2005.
2) Mulai 2005, SM mempercayakan trademark “Shinhwa” kepada Open World. Open World dan agensi Shinhwa pada saat itu, Good Entertainment, menandatangani perjanjian penggunaan trademark, yang berarti bahwa Good Entertainment berhak untuk mendapatkan semua hak cipta yang didaftarkan dibawah merek dagang/trademark tersebut.
3) Mulai 2006, SM mentransfer trademark Shinhwa ke Open World.
4) Hingga 2013, Open World tidak pernah mendaftarkan trademark “Shinhwa” secara resmi.
5) Walau mereka belum mendaftarkan trademark “Shinhwa”, Open World menandatangani perjanjian penggunaan trademark dengan Shinhwa Company pada 2011.
6) Di tahun 2012, Shinhwa meminta Open World untuk menunjukkan bukti kepemilikan trademark “Shinhwa”, namun Open World menolaknya.
7) Pada 2013 ketika isu pembatalan trademark disebut, baru diketahui bahwa Jun Media baru saja mendaftarkan trademark tersebut.

5. Preview Sidang Kedua Sengketa Trademark 

29lcqbt

 

Shinhwa mengucapkan selamat tinggal pada SM 11 tahun lalu. Sudah 17 tahun berlalu sejak debut mereka dan Shinhwa adalah idol grup aktif terlama di Korea. Hari ini dan esok, mereka terus menulis rekor baru setiap hari. Namun, Shinhwa masih belum memiliki ‘Shinhwa’. Mereka sudah hidup dibawah nama Shinhwa selama 17 tahun, namun mereka masih belum bisa memiliki nama tersebut.

Hari ini (*a/n saat post ini ditulis), berdasarkan hasil gugatan perdata, Shinhwa menyatakan bahwa mereka mempersiapkan banding atas sebagian gugatan dimana mereka kalah.

Pada hari itu, perwakilan Shinhwa Company mengatakan, “Shinhwa kalah sebagian dan menang sebagian gugatan. Berdasarkan bagian dimana kami kalah, kami bersiap-siap untuk mengajukan banding.”

Dan menambahkan, “Karena SM Entertainment mengakhiri kontrak dengan Shinhwa dan mentransfer trademark “Shinhwa” kepada, dulunya, Open World, dan sekarang Jun Media, kami sadar bahwa Shinhwa Company tidak dapat memiliki trademark tersebut. Gugatan kami juga dimulai karena hal ini.” “Ini bukanlah gugatan untuk mengklaim kepemilikan trademark, tetapi gugatan untuk memutuskan apakah ada pelanggaran dalam penggunaan trademark.”

Juga ditekankan bahwa, “Tidak akan ada masalah dalam menggunakan nama Shinhwa untuk aktivitas di masa depan.”

Sebagai tambahan, mengenai jawaban pengadilan atas pembatalan trademark, 15 hari lalu pada 11 Juli 2014, pengajuan banding Shinhwa telah didaftarkan.

23u7t74

(Litigasi untuk pengajuan banding)
Tanggal pendaftaran gugatan: 11 Juli 2014    File no: 2014 ‘heodang’ 4951
Indikasi Event: 2013 ‘dang’ 299 (gugatan pencabutan registrasi trademark #0611276)
Tujuan permohonan:: Banding untuk putusan nomor 2014.05.22 2013 ‘dang’ 299
Penggugat: LLC Shinhwa Company

Masalah trademark Shinhwa telah dilimpahkan ke pengadilan hak cipta.

Mungkin hal-hal yang menanti kita di depan akan menjadi lebih sulit dibandingkan tahun-tahun lalu.

Sulit untuk memprediksi berapa banyak tahun lagi hal ini akan berlangsung dan hasil apakah yang menanti kita.

Ketika hal ini terjadi dan fans bertanya apakah hal ini melelahkan, sejujurnya hal ini sangat melelahkan. Tidak berjalan di jalan yang mudah dan memilih berjalan di jalan yang lebih sulit selama ini adalah bagaimana mereka membuat berbagai terobosan. Dalam proses ini, meski mereka dengan sengaja mencoba tidak memberi tahu fans, hal ini terungkap juga secara gamblang. Dan bahkan ketika kita semua tahu, kita masih harus melihat mereka berpura-pura mereka tidak tahu dan bahwa mereka baik-baik saja, terus menjaga kita dan fokus untuk terus tersenyum, hal ini sangat melelahkan.

Tapi jika Shinhwa memang salah, ini mungkin karena mereka terlalu percaya pada agensi yang membesarkan mereka; salah karena mereka terlalu polos dalam lingkaran dunia hiburan yang membingungkan dan berbagaya. Dan, salah karena menyerahkan penggunaan nama Shinhwa (*a/n: pada pihak lain? maaf, terjemahan Inggris untuk bagian ini kurang jelas) untuk mendapatkan keuntungan tak terhingga dan hidup enak, dan memilih untuk membiarkan rekan-rekan mereka tetap berada di sisi mereka di masa depan.

Bagi Shinhwa, apakah pro dan kontra pilihan yang sudah dibuat mereka? Bukankah harusnya kita memutuskan hal itu setelah 10 tahun berlalu?

308a8o5

**************************

Peperangan pertama memakan waktu satu tahun dan berakhir buruk. Langkah yang dipilih Shinhwa menimbulkan antisipasi. Mereka tahu bahwa mereka harus terus menghadapi pembagian pendapatan mereka namun dengan keras kepala tetap memilih berjalan di jalan ini. Ini pilihan mereka.

Begitu juga untuk membuktikan hal-hal yang sudah mereka janjikan, mereka bersikeras menunjukkan pada publik betapa pekerja kerasnya mereka. Di mataku, mereka sejelas nama mereka; mereka sungguh adalah Shinhwa.

Selain mempercayai mereka, melindungi mereka, sepenuh hati mendukung mereka, kami meminta maaf karena kami tidak bisa melakukan apapun. Namun meski jika peperangan terakhir akan jauh lebih sulit, satu hal yang pasti – Apapun yang terjadi, kalian tetap Shinhwa.

Original text: secgarden
Chinese translations: Best Shinhwa
Eng translation: Yoogamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s