[WAWANCARA] Lee Minwoo “Memang Harus Melakukan Dancing9…Tarianku Masih Berada di Puncak” (Wawancara Dalam Keadaan Mabuk) (020714)

Penyanyi Lee Minwoo adalah pria yang berbakat. Ia dikenal dunia melalui tarian, bahkan menyanyi, menggubah lagu, dan juga membentuk dirinya sebagai seorang produser. Walaupun kesemuanya dapat dikelompokkan dibawah suatu framework yang besar dari musik, masing-masing memerlukan talenta yang berbeda, jadi bukanlah hal yang umum untuk menemukan seseorang yang dapat melakukan semuanya.

Lee Minwoo, yang berdiri di tengah untuk penampilan Shinhwa, dan mengontrol keseluruhan image Shinhwa dengan tatapan karismatiknya, merayakan perayaan ke-11 tahunnya sebagai penyanyi solo M tahun ini, dan menjadi musisi veteran yang dihormati adalah produser yang bertanggung jawab untuk album-album Shinhwa. Baru-baru ini, ia memiliki tempat di mana ia dapat pergi sepenuhnya kembali ke akar pemikirannya, dan itu adalah ‘Dancing9’ Mnet. Menampilkan penari Lee Minwoo setelah sekian lama, ia lebih bersemangat dengan tarian peserta, dan sekali lagi jatuh ke dalam pesona tarian saat ia bergerak mengikuti musik dan sorak sorai.

Sebagai seseorang yang dapat mentolerir alkohol dengan baik bahkan diantara member Shinhwa, staminanya sama sekali tidak terpengaruh meskipun sirkulasi gelas alkohol tak berhenti, dan mengobrol tentang tariannya, musiknya, dan Shinhwa. Walaupun ia adalah seorang bintang yang sangat dikenal masyarakat, kisahnya saat ia bersekolah, kisah dibalik gubahan atau komposisi musiknya sangat menarik. Berikut ini adalah naskah penuh dari wawancara dalam keadaan mabuk dengan Lee Minwoo, pembicara yang pandai, yang tidak memerlukan banyak pengeditan. Wawancara dilakukan di ‘Gaepan’ di Shinsa-dong, yang sering ia kunjungi.

tumblr_inline_n836t8tkQm1rb7x3v tumblr_inline_n836tlh3Wz1rb7x3v

 

# ‘Dancing9’ Season 2, Aku bilang aku pasti harus melakukannya

OSEN ( berikutnya ‘O’ ) – Berbicara tentang Lee Minwoo, ada tiga tema. Lee Minwoo sebagai produser, Lee Minwoo sebagai penari dan Lee Minwoo sebagai Shinhwa. Dari mana kita harus memulai?

Lee Minwoo (berikutnya ‘M’) – Mari mulai dengan Lee Minwoo sebagai penari!

O – ‘Dancing9’ adalah acara yang menarik, tetapi Season 1 tidak mendapatkan reaksi yang meledak-ledak seperti yang diharapkan, kan? Jadi sebenarnya, aku sedikit terkejut ketika Season 2 diumumkan.

M – Itu benar. Aku berharap Season 1 dapat lebih baik dari yang ekspektasi tetapi tidak sepenuhnya dibawah ekspektasi. Acara ini adalah sebuah acara yang membuatku ingin terus menari. Hanya nampak di jalanan dan genre K-pop, melihat penari klasik yang polos, sekali lagi aku merasa, “Ah, jadi tarian klasik adalah genre yang sangat berkarisma,” dan aku sangat jatuh cinta pada jenis tarian itu sehingga membuatku ingin terus menari.

O – Apakah itu yang menyebabkan Anda bergabung dengan Season 2 tanpa berpikir panjang?

M – Iya, aku yang pertama mengatakan bahwa aku pasti bergabung di Season 2 juga. Ada hadiah lain yang dibawah oleh ‘Dancing9’. Aku dapat berteman dengan master-master lainnya, yang merupakan ahli di bidang tari. Itu adalah hadiah terbesar untukku. Mereka adalah orang-orang yang paling membuatku bahagia diantara orang-orang yang aku temui tahun lalu. Tidak hanya sekedar dekat, “Sebagai orang yang sangat mencintai tarian, kita sangat nyambung saat bertemu”, dan aku bersyukur untuk itu.

O – Apakah pesona dari tarian klasik?

M – Keindahan? Lekuk tubuh itu sangat indah.

O – Agak sulit untukku. Contohnya, ketika Heo Guk bernyanyi, siapapun yang melihat akan berpikir bahwa ia menyanyi dengan baik tetapi sejujurnya, agak sedikit sulit untuk menilai sebuah tarian. Mungkin karena hal itu lebih asing dari sebuah lagu.

M – Musik adalah sesuatu yang Anda dengarkan. Ketika Anda mendengarkannya, melodi lagu itu mempunyai sebuah pancaran sehingga Anda akan merinding dan tersentuh pada inti lagunya. Sama dengan tarian. Tetapi tarian itu untuk dilihat. Sama halnya seperti penyanyi yang bernyanyi dengan ketulusan, sangat mungkin bagi penari untuk menari dengan ketulusan. Ada sesuatu yang sangat meledak-ledak tentang itu. Aku merinding, dan kemudian bersandar ke kursiku, dan berpikir, “Itu apa?” sambil bertepuk tangan. Kehebohan yang terus berdatangan seiring aku tergila-gila di dalamnya? Rasa merinding itu? Emosi-emosi itu? Itu adalah ketika aku memutar kunci Master dan memilih kontestan.

O – Aku dengar banyak dari grup junior Anda yang juga berpartisipasi.

M – Mereka berkata mereka muncul karena tidak mempunyai banyak panggung untuk tampil. Itu sangat menyedihkan. Waktu telah berubah. Di waktu kami, ada banyak panggung dan event untuk didatangi, bahkan acara musik diwaktu itu terasa lebih menyegarkan dan menyenangkan. Kini segala sesuatu diproduksi sistematis seperti di dalam sebuah pabrik, karena prosesnya sangat cepat, jika tidak terkenal akan dibuang dan produk lain akan diproduksi . Kini, Anda tidak memberikan seluruh usaha Anda untuk sebuah full album berbulan-bulan dan mempromosikannya untuk beberapa bulan. Kini, dengan satu lagu, Anda mempromosikannya selama 4 minggu, atau paling lama 8 minggu, tetapi kebanyakan 3-4 minggu. Aku sangat terkejut dengan itu. Jadi aku merasa bahwa keputusan junior-junirku untuk mencoba sangat mengesankan dan aku berharap ada hasil yang baik.

# Menari, aku berlatih sambil melihat bayanganku

tumblr_inline_n8384rF0qa1rb7x3v

 

O – Baiklah, dari sudut pandang yang berbeda, kemampuan menari Lee Minwoo, ketika dibandingkan saat Anda berada di puncak, berapa persenkah hasilnya? (tertawa)

M – Tetapi aku bertambah baik! (tertawa) Aku berada di puncakku sekarang! Pengalaman juga sangat penting dalam menari.

O – Maaf. (tertawa) Sejak kapan Anda mengatakan pengalaman Anda dimulai?

M – Sudah 30 tahun sejak aku mulai menari. Aku mulai menari dengan sungguh-sungguh sejak tahun keempat di sekolah dasar. Ketika itu, aku berlatih keras, aku menyukai musik dan yang aku pikirkan hanya menari. Aku tidak mempunyai bantuan mengajar jadi aku banyak menonton Hyun Jinyoung, Seo Taiji and The Boys, Deux, New Kids On The Block, Michael Jackson, dll.

O – Kala itu Youtube tidak tersedia.

M – Karena materi-materinya tidak mudah diakses, aku bahkan menelepon CEO dari siaran TV kabel dan memintanya untuk memutarkannya sekali lagi. Karena lingkungan di situ sangat kecil, ia mau memutarkannya sekali lagi untukku. (tertawa) Kemudian aku merekamnya dan berlatih sambil menontonnya. Karena ibuku mempunyai salon kecantikan jadi ada banyak cermin. Aku berlatih sambil melihat ke cermin-cermin itu, dan ketika ibuku bekerja aku harus keluar jadi aku berlatih di taman yang luas, di bawah jembatan atau sambil melihat bayanganku di bawah lampu jalan. Aku paling sering berlatih sambil melihat bayanganku.

O – Aku sangat kikuk jadi aku menanyakan ini karena aku sangat penasaran. Apakah Anda benar-benar dapat menghafal gerakannya dengan seketika hanya dengan menonton videonya? Ada bakat semacam ini, kan? Ini tidak berlaku untuk orang normal berapa kalipun mereka menonton.

M – Tentunya dibutuhkan latihan terus menerus. Apakah aku mewarisi sesuatu dari orang tua? Ayahku sangat senang berolahraga. Dan ibuku telah melakukan aerobik selama lebih dari 10 tahun. Dan juga mempelajari dance sports mendekati 8 tahun. Aku pikir aku mengikuti bakat ibuku.

O – Wow, jadi ibu dan anak dapat menikmati menari bersama.

M – Kadang-kadang, di rumah, Aku bertanya, “Ibu, apa yang Ibu palajari di dance sports?” dan kita akan menari bersama di rumah sembari aku berlatih.

O – Kapan Anda menyadari Anda mempunyai kepandaian khusus dalam menari?

M – Haruskah aku katakan ini adalah satu-satunya teman yang aku miliki ketika aku masih kecil? Aku tidak merasa tertekan dengan pelajaran ketika aku masih kecil. (tertawa) Sejujurnya, apa yang dapat Anda mainkan ketika Anda kecil adalah bermain air, bermain kelereng atau bermain ddakji dengan teman-teman, hanya itu. Untukku, menari adalah satu-satunya hal yang menurutku menyenangkan. Aku kan mengajari teman-temanku, dan setelah melakukan itu secara resmi aku membentuk sebuah tim, bahkan mendapatkan penghasilan dengan berpartisipasi dalam pertandingan dan memenangkan hadiah uang. Itu terjadi sampai aku ditahun-tahun sekolah tinggi. Tentu saja. Jeonju Fine Arts High School masih sangat baru saat itu jadi tidak terlalu terkenal, dan para guru sangat senang ketika aku memenangkan hadiah uang setelah membentuk sebuah tim.

O – Apakah nama tim itu?

M – Aku membentuk sebuah tim yang bernama Dicky Ducky. (tertawa) Sebuah tempat, sebuah pertemuan kekuatan orang-oarang yang menikmati tarian, sebenarnya, itu tidak mempunyai arti spesial. (tertawa) Sejak saat itu, aku mengatur jadwal dan membuat perjanjian setelah mendengarkan apa yang telah direkam.

O – Perjanjian?

M – Aku meminta bayaran untuk tampil, berapa banyak kita harus dibayar, dan mereka harus memberikan jumlah bayaran genap karena kami berempat. (tertawa) Bahkan untuk bayaran terendah, kami dapat sekitar 200.000 Won.

O – Orang tua Anda pasti khawatir. Walaupun Ibu Anda suka menari tetapi ia pasti berpikir “Bagaimana jika ia terus menari?” (tertawa)

M – Aku hanya berbakat untuk dua hal. Tanganku sangat telaten. Aku dapat memperbaiki apapun dengan tanganku dengan sangat cepat. Jika hair dryer Ibuku rusak, aku membongkarnya, memperbaikinya kemudian mengembalikan kepada Ibuku. Dan juga, karena aku sangat menyukai menggambar, aku juga berpartisipasi dalam banyak perlombaan. Aku bahkan memenangkan hadiah utama di sebuah kompetisi di Jeolla-do. Aku menerima banyak penghargaan. Jika aku menggambar poster untuk pekerjaan rumah saat liburan untuk sekolah, gambarku akan digantung di koridor. Sekali aku mulai menggambar, aku merasa sangat nyaman dan fokus dan aku menyukai itu.

O – Siswa seni, terdengar seperti ide bagus?

M – Tetapi ada sesuatu yang membuatku menyerah. Ayahku suka menaruh tanaman dalam pot dan itu adalah hobinya. Ada banyak tanaman dalam pot di rumahku. Semuanya sanagt cantik, seperti anggrek, pohon-pohon kecil. Hal ini terjadi ketika pekerjaan rumah untuk liburanku adalah membuat rumah yang ingin aku tempati, dan aku membutuhkan pohon untuk kebun rumah itu. Jadi aku menghaburkan pasir dan memotong tanaman pot ayahku. (tertawa) aku pikir itu sempurna dan menunjukkannya pada ayahku, dan ia berkata, “Terlihat tidak asing.”. Haha. Aku pikir aku akan mati. Aku dipukuli berkali-kali.

O – Jadi itulah bagaimana Anda beralih ke bakat Anda yang lain, menari. (tertawa)

M – Ya.

O – Tetapi, pada waktu itu, bukankah menjadi penari adalah jalan yang buruk? Ada godaan?

M – Ketika aku masih muda, tidak ada orang lain selain aku yang menari. Dan karena itu aku dapat menciptakan sebuah jalan dengan bebas. Bukan ditarik oleh tarian tetapi menciptakan dan menarik yang lainnya untuk menari, dan aku pikir itulah mengapa hal ini mungkin.

# Anak yang suka melawan? Murid baik hati yang menolong ibunya

tumblr_inline_n83amahXvl1rb7x3v

O – Dan itulah bagaimana Anda menjadi kekuatan utama? Tetapi, ketika aku melihatnya sekarang, sepertinya Anda suka mengganggu yang lainnya juga. (tertawa)

M – Bahkan sekarang, jika Anda membicarakan Lee Minwoo, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa aku terlihat seperti pembuat masalah.

O – Anda mempunyai aura anak yang suka melawan.

M – Tepat. Tetapi aku tidak seperti itu. Aku menolong ibuku, aku menumbuk banyak bawang putih dan mencabut rambut putihnya. Dulu, aku sangat senang mendengar tentang karisma tetapi dipertengahan aku berpikir “Ah, Aku pikir ini tidak tepat.” Karena aku tidak seperti itu. Jadi apa yang Anda lihat tentangku di “Laws of Jungle” atau seperti apa aku sebagai Shinhwa adalah sesuatu yang diketahui orang-orang yang telah bersamaku selama lebih dari 10 tahun. Sekarang aku hanya menunjukkan siapa aku yang sebenarnya

O – Boleh jadi tetapi tetap, perumpamaan Anda berdiri di tengah dari panggung Shinhwa dengan tatapan berkarisma yang kuat. Mungkin itulah mengapa terlihat seperti Anda membuang-buang waktu Anda di sekolah. (tertawa)

M – Aku berada di salah satu peringkat teratas! Aku bahkan menerima hadiah untuk peringkat terbaik beberapa kali.

O – Aku tidak percaya itu.

M – Aku tidak bohong!

O – Dalam wawancara sebelumnya, Junjin berkata ia pernah berpartisipasi dalam kompetisi matematika.

M – Aku berpartisipasi dalam kompetisi sains. (tertawa) Karena aku pandai membuat sesuatu. Aku tidak berpikir aku pernah membenci belajar. Waktu belajar, sejujurnya, dapat membosankan dan menjemukan tetapi aku pikir aku sadar jika bukan pada waktu itu, jadi kapan lagi aku dapat belajar? Jadi aku belajar jika waktunya. Dan aku menghafal dengan sungguh-sungguh selama ujian.

O – Sampai kapan Anda bekerja keras untuk pelajaran Anda?

M – Mungkin sampai ketika aku naik ke tahun kedua di SMA? Setelah itu aku menjadi seorang trainee.

O – Anda pasti pernah berpikir Anda akan menjadi penyanyi, melihat bagaimana baiknya Anda menari dan betapa Anda sangat menyukainya. Seperti bagaimana Anda menciptakan era baru melalui menari.

M – Tidak. Sangat menakjubkan karena aku tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang penyanyi. Aku pikir ini adalah ketika aku merasa “Ini bukanlah sesuatu yang siapapun bisa lakukan.” Aku hanya fokus pada menari, tetapi tidak pernah belajar untuk menyanyi. Aku pernah mencoba meniru tetapi mungkin karena aku tidak pernah berpikir untuk bernyanyi, bagaimanapun juga, ketika aku mengawali tahun pertama di sekolah tinggi, aku mulai menerima tawaran, dan aku pikir, “Haruskah aku mencobanya?”, tetapi aku mengalami berbagai pengkhianatan.

O – Apakah Anda bertemu dengan agensi yang aneh?

M – Aku tidak menandatangani kontrak. Tetapi aku mengalami beberapa disana-sini beberapa kali.

# Casting SM yang ditakdirkan

tumblr_inline_n83ccoZFcB1rb7x3v

 

O – Jadi Anda menyerah?

M – Meskipun begitu, aku mengikuti banyak kompetisi menari. Saat aku memasuki SMA, aku suka menciptakan tarian. Sebelum itu aku suka menirukan penyanyi. Setelah memasuki SMA, aku pikir aku merasakan banyak kegembiraan dari menciptakan tarian. Sejujurnya, tarian dalam “The Resolver”, banyak dari itu tarian-tarian yang aku bawakan saat aku di sekolah tinggi. Jadi, saat aku menikmati proses menciptakan tarian, aku melepasakan impianku, dan mengalami pengkhianatan. Tetapi dalam beberapa poin, aku pikir aku tidak boleh menyerah. Dan juga, aku berpikir, “Saat kita berada ditahun ketiga SMA, kita harus menyiapkan ujian masuk universitas, jadi mari dicoba sekali untuk yang terakhir kalinya.” Jumlah hadiah uangnya juga sangat besar. Sekitar 5 juta Won? Aku berpartisipasi dalam kompetisi dan di-casting oleh SM.

O – Jadi, itulah yang mengubah hidup Anda?

M – Apa yang mengubah hidupku adalah sebuah CD. Kami lupa membawa music track kami. Untuk mendapatkan music track itu, kami pergi ke Daehak-ro tetapi mereka juga tidak memilikinya. Aku pikir kami tidak akan dapat mendaftar. Tetapi karena kami sudah berada di Seoul, kami berpikir bahwa kami paling tidak harus mencari, jadi kami pergi ke tempat diadakannya kompetisi tari, dan ada sebuah toko CD disana. Dengan music track  itu kami dapat mengantri untuk berpartisipasi, dan masuk ke delapan besar.

O – Jika kemudian Anda gagal menemukan sebuah toko CD?

M – Maka aku tidak akan berada di sini sekarang. Itulah mengapa aku pikir aku mempunyai keberuntungan di sana. Sejujurnya, aku juga sungguh-sungguh menginginkannya. Setelah melewati putaran pertama, dan sebelum menuju putaran kedua, aku sedang mengikat tali sepatuku ketika aku diberikan kartu nama SM. Pada saat itu, seorang pemimpin SM adalah bagian dari juri dan ia berkata ia sangat menyukai tim kami.

O – Jadi Anda di-casting!

M – Ia mengajak untuk makan bersama setelah persiapan putaran kedua, jadi kami makan bersama, dan saat sedang makan, kami pergi ke kantor SM. Rasanya sangat menakjubkan karena kantor yang hanya bisa aku lihat di televisi muncul di hadapanku. Sebenarnya, aku adalah fans H.O.T. Aku berpikir itu adalah mimpi. Mereka merekamku menari dan juga mengambil foto profil, dan aku kembali ke kampung halamanku tetapi dengan segera mereka menghubungiku. Mereka memintaku untuk menyanyikan sebuah lagu dan merekamnya dalam tape.  Aku pergi ke karaoke, mengeluarkan gema dan bernyanyi sehingga mereka dapat mendengarkan suara alamiku.

O – Apakah Anda dengan segera menandatangi kontraknya?

M – Aku berkata aku akan memberikan hadiah yang bagus untuk ibu dan ayahku dan menandatangani kontraknya. Dan mereka lalu memintaku untuk pergi ke asrama di hari berikutnya.

O – Apakah Anda menonjol dengan tarian Anda bahkan diantara trainee lainnya?

M – Aku tidak suka berbicara seolah aku menganggumkan tetapi.. (tertawa)

O – Sejujurnya! (tertawa)

M – Apa yang trainee lain lakukan sampai beberapa bulan, aku bisa melakukannya dalam tiga hari! (tertawa)

O – Aku pasti akan menyebutkannya dalam artikelku.

M – Euhaha!

O – Jika aku adalah seorang siswa sekolah menengah yang membaca artikel ini, aku tidak akan bisa dengan segera mengikuti gerakan tarian setelah melihat video. Aku berpikir aku tidak mempunyai bakat, apakah benar jika aku menyerah? Atau apakah benar meskipun untuk mencoba?

M – Jika Anda adalah seseorang yang mudah menyerah, Anda mungkin akan menyerah dengan segera, tetapi aku tidak menyerah. Jika ada sebuah teknik, sebagai contoh, gerakan windmill, aku akan mencobanya sampai aku dapat melakukannya. Anda dapat melakukannya hanya jika Anda mencoba. Untuk siapapun, akan sangat sulit jika berlatih sendiri hanya dengan menonton. Bagaimanapun, Anda dapat melakukannya dengan bantuan dari para ahli. Untukku, aku biasa melakukannya sendiri. Ketika seseorang muncul dengan gerakan inovatif, aku akan menangkapnya sambil menonton, mengingatnya, terus melakukan gerakan-gerakan itu, dan aku memerlukan waktu sebelum tubuhku bisa menaklukannya. Tetapi, dari sana, jika Anda sudah siap hingga batas tertentu, Anda akan bisa merasakan rasa gembira itu. Sama saja dengan bernyanyi. Pertama-tama, pilihlah penari yang kamu sukai sebagai mentor, dan sebisa mungkin pikirkan bahwa gerakan tariannya sama dengan penari itu. Sama halnya dengan bernyanyi, Anda juga akan mengikuti gaya bernyanyi dari penyanyi yang Anda sukai. Jika Anda melalukan itu, Anda akan menemukan gaya Anda sendiri.

O – Ini sulit. Hal ini seperti dengan bernyanyi, Anda dapat melakukannya dengan berlatih, tetapi menari terasa seperti sebuah dunia yang dimiliki oleh orang lain. Apakah Anda punya gen berbeda?

M – Aku telah mengajarkan seseorang yang tidak mengatahui apapun selama setahun untuk menjadi penari yang baik. Ini mungkin.

O – Jadi, selama seseorang yang biasa saja tekun, hal ini mungkin?

M – Contohnya, jika aku tidak dapat bermain gitar dengan baik, aku akan dapat memainkannya dengan baik jika aku terus memainkannya selama setahun, kan? Tarian sama halnya dengan itu.

tumblr_inline_n83dqe816B1rb7x3v

# Penari, juga tertarik untuk menggubah lagu

O – Yang lebih menakjubkan adalah Anda menekan trainee SM dengan tarian (tertawa) dan berlanjut menjadi penyanyi. Juga, Anda adalah dance singer pada awalnya tetapi penggubahan lagu, ini adalah bidang yang berbeda, bukan?

M – Aku pergi ke asrama H.O.T sekali. Tetapi di dalam setiap kamar mereka seperti space shuttle,  ada keyboard. Hanya dengan melihat itu, itu sperti ruang kontrol untuk ruang angkasa. Aku memencet space bar dan musik keluar, dan itu mendorongku untuk menggubah lagu. Jadi ketika aku mencari Youngjinnie hyung aku mengatakan aku ingin menggubah lagu. Dan dengan singkat ia berkata, “Baiklah, lakukan.” Aku bertanya dimana aku harus memulai, dan ia berkata, “Kamu menari. Kamu tahu bahwa aku dulunya penari, kan?”

O – Ah, sungguh?

M – Ya, ia adalah penari dulunya. Ia sangat terkenal karena bisa berputar 3-4 kali hanya dalam satu kali putaran. Seorang legenda. Hyung-nim berkata kamu mengerti ritme jadi juga memungkinkan untukmu untuk menciptakan ritme. Dan sebenarnya, ketika kamu melihat komposer dari penyanyi-penyanyi terkenal, mereka tidak mengetahui chord. Tetapi mereka mengetahui semua nada yang bisa menyebabkan disonansi. Dan secara alami mereka dapat melakukannya, jadi ia memberitahuku untuk mencoba. Tetapi peralatannya sangat mahal jadi ia memberitahuku tidak usah menumpuk semuanya dan mengajariku ilmunya. Jaewon memberiku keyboard, komputernya dipasangkan oleh teman masa kecilku, dan aku menggunakan penghasilanku untuk membeli sebuah sampler dan modul dan mulai belajar sendiri. Itu terjadi setelah album pertama Shinhwa jadi saat aku berumur 20 tahun.

O – Karena Anda mengatakan Anda suka membuat sesuatu, semuanya cocok. Lagu juga diciptakan. Apakah Anda mengingat lagu pertama Anda?

M – Itu bukanlah ciptaan terbaruku, aku coba menciptakan bunyi yang sama dari lagu yang aku suka dengan ilmu penggubahan lagu. Aku akan menganalisa bunyi yang aku dengar dari lagu itu, dan menuliskannya satu persatu dengan pena. Aku melakukannya satu per satu, kemudian menciptakan ritmenya, dan menciptakannya dengan menemukan sesuatu yang dapat memberikan feeling yang persis sama. Aku akan memasukkannya dalam chord setelah aku menciptakannya. Aku tidak ingat judul lagunya, tapi itu adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh penyanyi hip-hop. Aku tidak tidur selama 3 malam tetapi aku tidak lelah. Dari pekerjaan itu jika para member datang dan menanyakan apa yang aku lakukan, aku akan menperdengarkannya kepada mereka. Aku mempunyai ruang kerja di dalam asrama kami yang kumuh itu tetapi rasanya seperti aku memiliki duniaku sendiri. Setelah semuanya selesai aku menghubungi Youngjinnie hyung dan mengatakan kalau hal ini sangat menyenangkan.

O – Lalu apa langkah selanjutnya?

M – Ia memberitahuku untuk membuat sebuah lagu yang aku suka dan aku mencoba menulis sebuah lagu dengan gaya yang sama. Lalu aku melakukannya dan lagu itu adalah “Soul”, di album ketiga Shinhwa.

O – Wow. Gubahan pertama Anda langsung terpilih?

M – Aku mencoba berbagai macam gaya dan para member berkata, “Ini bagus. Aku menyukainya” dan itu adalah lagu yang menerima banyak suara. Di dalam bass ada bunyi “woong”. Tetapi jika Anda memencet keyboard terus menerus, bunyi “woong” itu terdengar. Jika Anda mendengarkan “Soul”, ada bunyi itu di dalamnya. Itulah bagaimana aku belajar dan bertanya. Jika ada hal yang tidak aku ketahui yang aku dengar, aku akan pergi ke studio untuk belajar.

O – Dari sudut pandang mereka, mereka mungkin tidak akan menggangap bintang berusia 20 tahun secara serius.

M –  Teacher Lee Sooman sangat suka kalau kita menggubah lagu. Karena kita menciptakan sesuatu. Ia seperti itu sejak dari H.O.T. Jadi, saat aku berlanjut menggubah lagu seperti itu, aku menulis lebih dari 100 lagu. Aku tidak tahu  berapa jumlah pasti lagu-lagu itu.

O – Mengapa Anda sangat berbakat? (tertawa)

M –  Ada periode membingungkan untukku. Karena aku sangat fokus menggubah lagu, perasaanku terhadap menari menjadi layu. Tetapi kemudian, ketika sebuah melodi bagus terbentuk, ada ciri atau karakterku di dalamnya. Aku akan berdiri dan memainkan susunan yang telah aku susun, dan jika aku menari dan menyanyi dengan susunan itu, hasilnya sangat baik. Aku akan mencoba untuk merekamnya. Jadi jika sesorang melihatku, aku terlihat seperti orang gila.

O – Menari dan menggubah lagu terlihat seperti dua hal yang ekstrim, apakah keduanya berhubungan?

M – Ini adalah penjelasan yang sulit tetapi, jika kita hanya menyanyikan irama atau tempo yang normal, terdengar kekanak-kanakkan. Tetapi di dalam itu ada melodi yang dapat dibagi. Melodi yang dipisah. Karena ini dapat diekspresikan melalui tarian, aku pikir itulah mengapa hasilnya bagus. Walaupun iramanya pasti, di dalam irama itu, jika Anda menggunakan tubuh Anda, jika Anda memecahnya, rasa dari tempo itu akan keluar secara alamiah.

O – Ah~ Karena tubuhku bergerak sesuai beragam tempo? Jadi ini berhubungan.

M – Itulah mengapa ketika aku diam, hasilnya tidak bagus. Aku harus berdiri dan bergerak. Ketika aku menuliskan lagu yang berkarisma, aku akan membuka bajuku. Jika ibuku datang ia bertanya, “Orang gila, apa yang sedang kamu lakukan?” dan aku akan bertanya, “Bu, apakah ada soju di kulkas?” itulah caraku menciptakan. Semua lagu menjadi lebih baik jika aku melakukannya sambil menari.

O – Dan itulah mengapa tarian Anda tidak kaku, kan? Biasanya, orang-orang yang tidak terlalu paham akan berpikir, “Ey~ Bagaimana mungkin Anda dapat menari diusia 30an, 40an?”

M – Aku tetap terdorong atau bergairah. Tentunya, ada waktu dimana aku merasa sakit karena ketika orang pertama kali memikirkan tentang tarian ketika mereka berpikir tentang Lee Minwoo. Aku bahkan berpikir, “Aku membuat lagu, aku menulis lagu, apakah karena aku tidak mempunyai lagu yang sukses jadi mereka berpikiran seperti itu?”

O – Lagu-lagu Lee Minwoo selalu mendahului waktu. (tertawa)

M – Haha. Tetapi sekarang, aku baik-baik saja jika mereka mengenalku hanya sebagai penari. Kenapa aku harus membenci itu? Dulu aku belum dewasa. Aku belajar untuk menerima itu “Image sebagai seorang penari sangat bagus.”

O – Jadi, usia dan tarian sama sekali tidak berkaitan, kan?

M – Tentu. Usia dan tarian tidak berkaitan. Anda tidak akan menyederhanakan tarian hanya karena Anda sudah berumur. Anda bersembunyi karena Anda sendiri terus-terusan membanding-bandingkan usia Anda. Tentu, Anda dapat menari sesuai dengan usia Anda. Itulah yang aku lakukan untuk promosi “Taxi”ku. Penampilan yang dulu aku lakukan seperti menghancurkan lantai, jika aku melakukannya sekarang orang-orang akan berpikiran “Ia berusaha terlalu keras.” Aku memutuskan untuk menjaga ketenanganku. Melakukan apa yang sesuai dengan usiaku. Tetapi ini bukan karena aku tidak dapat melakukan tarian itu. Menari adalah sesuatu yang terus menerus aku lakukan secara alami sepanjang tidak ada kelainan yang berlebihan pada tubuhku. Karena itu adalah teman terbaikku, dan suatu momen yang paling aku nikmati.

tumblr_inline_n83h42n7DO1rb7x3v

 

# Shinhwa, kini menjadi ‘Dare Shinhwa’

(T/N: ‘Dare’ seperti dalam ‘How dare you’)

O – Ah, aku mendengar comeback Shinhwa ditunda sampai tahun depan. Sangat disayangkan, Shinhwa memulai awal tahun lalu dengan baik, dan itulah bagaimana idol dari tahun 90an G.O.D dan Fly To The Sky dapat melanjutkan tahun ini. Akan sangat bagus jika Shinhwa dapat comeback bersama juga, tidakkah Anda pikir ini sesuatu yang disayangkan?

M – Tidak. Hal ini menambahkan dari makna dari promosi kami sendiri adalah sesuatu yang harus disyukur. G.O.D berpromosi bersama kami sebelumnya. Kim Taewoo menanyakan banyak hal padaku berkaitan dengan comeback mereka kali ini. Aku bertanya-tanya apa yang dapat aku bantu dan bahkan menjelaskan beberapa hal.

O – Sangat memuaskan, melihat idol dari masa lalu menjadi sukses. Perasaan seperti “Generasi kami belum mati, kan?” Akan seperti apa jalan Shinhwa sekarang? Anda biasanya salah satu dari yang bertanggung jawab untuk produksi album.

M – Bekerja keras dan berharap “dare” ditambahkan di depan Shinhwa. “Sudah pasti inilah Shinhwa”, “Dilihat dari konsistensi, sudah pasti inilah Shinhwa”, kami sering mendengar kata-kata seperti ini. Kami juga mendengar ini dari para junior. Kini, aku ingin menambahkan “dare”, hal ini merupakan sesuatu yang langka. (tertawa)

O – Itukah langkah selanjutnya setelah long-running group?

M – Shinhwa tidak dapat berhenti. Karena pengalaman kami terus tumbuh, tanggung jawab kami terus meningkat.

O – Tentunya. Seluruh industri musik meletakkan tanggung jawabnya pada Shinhwa. (tertawa)

M – “Kami telah melindunginya dengan baik. Kami harus terus melindunginya dengan lebih indah, dengan lebih keren,” karena kami berpikiran seperti itu, tanggung jawabnya terasa lebih berat. Shinhwa seharusnya comeback setiap tahun tetapi karena kami gagal melakukan hal itu tahun ini, jadi kami benar-benar merasa bersalah kepada para fans. Sebenarnya telah direncanakan untuk pertengahan kedua tahun ini, tetapi untuk promosi Shinhwa yang lebih baik, kami merasa akan sangat baik jika dilakukan tahun depan, jadi kami bermaksud untuk berpromosi lebih lama dari awal tahun depan. Jika ada sesuatu yang bagus, kami akan tetap melakukannya, melihat jangka panjang, dan kami akan melakukan promosi unit jika diperlukan. Sebenarnya, dibandingkan dengan aktivitas solo, aktivitas Shinhwa lebih menyenangkan.

O – Tetap saja, bukankah aktivitas solo lebih menarik?

M – Tidak. Bahkan untuk variety show, aku harap kesempatan untuk member Shinhwa berkumpul jadi satu segera datang.

O – Biasanya, Anda cenderung bermain-main pada saat minum dan aku khawatir, tetapi sepertinya hari ini kita dapat berbicara lebih.

M – Aku seudah berpengalaman selama 16 tahun. (tertawa) Aku dapat bertindak sesuai situasi. Aku disebut rubah. (tertawa)

tumblr_inline_n83ib34pOR1rb7x3v

sr: Osen
Eng Translation by malpabo.tumblr.com

Indo Translation by faryfairy SHCJ_Indonesia. Edited by ichashinhwa SHCJ_Indonesia

DO NOT TAKE THIS OUT WITHOUT PERMISSION/CREDIT.

 

Leave a Reply

