[WAWANCARA] Ada yang ‘Lebih’ dari Seorang Lee Minwoo Shinhwa: Lee Minwoo itu Bebas (150514)

2014051500214977404

Member Shinhwa Lee Minwoo akan mempersembahkan konser solo atas nama M Lee Minwoo. Lee Minwoo akan mengadakan konser MSTEP pada 24-25 Mei di Olympic Hall Olympic Park. Telah merilis sebuah album spesial di tahun 2014 untuk memperingati tahun ke-10 karir solo-nya, Lee Minwoo juga dengan aktif bekerja keras untuk aktivitas solonya di SBS ‘Laws of the Jungle’, MNET ‘Dancing9’, dan juga konser tur Asia mendatang – menampilkan keseluruhan talentanya.

Karena M Lee Minwoo beranjak menuju ulang tahun ke-11 sebagai solois, M Lee Minwoo – dan bukan Lee Minwoo Shinhwa – juga telah membangun sebuah diskografi kuat. Sebagai tambahan, sejak 2006 Lee Minwoo secara rutin telah mengadakan konser solo, dan di tahun 2012 dan 2013, dia juga selalu mengadakan konser Natal, menunjukkan dirinya sebagai seorang performer produktif. Dengan album solonya dirilis pada bulan Februari setelah hiatus panjang, dan konser solonya, antisipasi tidak pernah setinggi ini bagi Lee Minwoo untuk menunjukkan berbagai variasi performance di konser.

Lee Minwoo adalah salah satu penyanyi yang bersinar diatas panggung. Dia menari perhatian dengan kemampuan dance-nya yang terkenal dan perilakunya diatas panggung yang mengundang sorakan dari penonton. Orang yang pernah melihat Shinhwa diatas panggung pasti bisa melihat dan kagum akan gairah yang dipancarkan Lee Minwoo diatas panggung. Bahkan leader Shinhwa, Eric, pernah mengatakan hal ini pada Lee Minwoo, “Diatas panggung, kau leader-nya.” Apakah rahasia-nya? Meski dia secara alami berbakat, dia masih berusaha sangat keras dalam latihan harian hanya untuk mempersiaplan satu performance. Kami mengunjungi Lee Minwoo, saat ini mempersiapkan konser solo mendatangnya, di studio latihan, untuk mendengar apa yang harus dia katakan.

Q. Kami mendengar EXO ‘Growl’ saat kami masuk studio. Apakah kami akan melihat versi Lee Minwoo untuk lagu ini di konser?

Lee Minwoo: Benar. Aku sering mengaransemen ulang lagu-lagu dari grup junior. Dulu aku mengaransemen ulang dan menampilkan lagu-lagu dari Wonder Girls dan 2NE1 dalam gayaku untuk sebuah konser akustik. Sekarang, aku menambahkan sebuah nada dan gaya menyanyi yang sesuai dengan tema akustik konser, dan kali ini, aku mempersiapkan aransemen yang lebih cocok untuk panggung yang lebih besar. Dimulai dengan Girl’s Day ‘Something’ dan secara natural terhubung ke EXO ‘Growl’ dengan tarian yang agak berbeda, aku berharap untuk menyajikan sebuah versi yang lebih soulful dan seksi.

Q. Konser ini adalah konser pertama-mu sebagai solois Lee Minwoo sejak perilisan album spesial-mu M+TEN. Bisa dikatakan bahwa konsermu dalam dua tahun terakhir memiliki atmosfir Natal, konser ini benar-benar hanyalah konser solois Lee Minwoo. 

Lee Minwoo: Karena judul konsernya adalah M STEP, hal ini memiliki makna mengambil langkah baru dengan maksud memulai semuanya dari awal lagi. Dimulai dari Seoul, aku akan pergi ke 4 atau 5 kota lain di Asia. Jika semuanya lancar, aku ingin mengadakan konser encore di Seoul. Juga, aku akan menampilkan seluruh lagu dari album M+TEN.

Q. Bukankah ini sebuah Tur Asia? Apakah ada sesuatu yang spesial untuk fans Korea yang membedakan konser Seoul dari konser lain?

Lee Minwoo: Untuk konser Seoul, seluruh fasilitas panggung termasuk teknologi, lighting, suara disajikan dalam kualitas prima. Musik juga akan dirubah sedikir berdasarkan arena yang berbeda. Karena aransemen musik bermacam-macam, akan ada beberapa adaptasi berdasarkan arena konser. Hanya untuk ‘The M Style’ saja, sudah ada 4 versi yang berbeda. Juga ada 2 versi ‘Bump’. Untuk konser ini, aku merubah aransemen untuk ‘Don’t Trust Men’. Aku cenderung memilih lagu berdasarkan arena konser dan ukuran panggung. Karena itu konser Seoul akan menjadi sama sekali baru dan berbeda dari yang terdahulu.

Q. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Februari lalu, kamu bilang kamu akan menggambarkan panggung didalam pikiranmu saat mendengar sebuah lagu. Kamu harus mengaransemen ulang lagu secara terpisah di konser, jadi panggung macam apa yang kamu gambarkan di pikiranmu? 

Lee Minwoo: Proses aransemen ulang dilakukan dengan cara yang sangat primitif hahahaa. Aku hanya mendendangkan nada dan mengambil groove-nya, mencoba menambahkan beat-nya di rumah, dan dengan spontan menggabungkannya menjadi satu dengan band. Sebelumnya di Mnet’s ‘Yoon Do Hyun’s MUST’, I menampilkan ‘Perfect Man’ dengan twist baru, dan aku suka merubah lagu seperti ini. Melihat orang-orang yang menulis lagu, dengan alami aku mengembangkan keinginan untuk mengaransemen ulang. Dan dengan band, kadang ada lagu bagus dan kadang lagu yang dihasilkan juga tidak bagus, dan pada saat seperti itu, aku merubahnya dengan ebrani. Aku suka spontanitas jadi aku banyak bicara bagaimana lagu itu akan terdengar bagus dengan feel yang ada pada momen itu. Dan band yang bekerja denganku sekarang adalah orang-orang yang sudah bekerja denganku sejak 2006, jadi aku bekerja sama dengan sangat baik dengan mereka.

2014051500172813793

 

Q. Selain EXO ‘Growl’, Girl’s Day ‘Something’, ada lagu lain yang akan kamu cover?

Lee Minwoo: Aku juga akan menyanyikan lagu-lagu Shinhwa. Dan aku suka pop, dan selama 3 minggu aku di Amerika, aku terus mendengar Pharrell Williams’ ‘Happy’. Untuk konser ini, tidak hanya melalui laguku, tapi banyak variasi lagu lain, aku ingin menunjukkan sebuah perasaan yang berbeda ketika lagu-lagu ini dinyanyikan bagi penyanyi bernama M.

Q. Sepertinga kamu sangat menikmati mengaransemen musik 

Lee Minwoo: Menyanyikan lagu lain, mengaransemen ulang lagu, ini semua adalah tipe berbeda dari komposisi musik. Aku rasa karena ini-lah aku mengadakan konser. Sebelum ada MBC’s ‘I Am A Singer’ atau KBS’ ‘Immortal Song’, aku selalu berpikir betapa hebatnya jika ada sebuah program dimana kamu bisa mengaransemen lagu dengan bebas dan menampilkan lagu dalam berbagai genre berbeda. Senang rasanya program semacam itu sungguh ada sekarang. Aku sangat ingin aktif menjadi komposer tapi Shinhwa adalah prioritas! Haha

Q. Semua orang penasaran soal tamu spesial-mu. Tahun lalu Junjin muncul, kan?

Lee Minwoo: Eric akan muncul. Eric ikut berpartisipasi dalam rap untuk title track M+TEN ‘Taxi’, tapi dia merasa bersalah dia tidak bisa membantu untuk aktivitas promosiku hahah. Mungkin karena itu dia membelikanku pisau untuk perjalananku ke hutan. Tapi untuk konser, semua orang akan bisa mendengar rap orisinil untuk ‘Taxi.

Q. Ada banyak antispasi untuk koregrafi tari ‘Kiss It Away’ untuk diungkapkan di konser

Lee Minwoo: Sebenarnya aku banyak berpikir soal ini. Selalu ada fokus dalam proporsi yang lebih besar mengenai aspek performance dalam konser-konserku. Tapi ‘Kiss It Away’ lebih condong pada sensitifitas emosional, dan jika aku terlalu banyak memberi perhatian pada dance-nya, emosi unik lagu ini tidak akan bisa terlalu dirasakan. Aku masih berpikir bagaimana menunjukkan keseimbangan untuk fokus pada dance dan sekaligus lagunya.

2014051500151316497

 

Q. Baik Shinhwa konser  maupun konser Lee Miwoo, energi unik Lee Minwoo dan perliaku panggung selalu paling mencolok. Apa rahasiamu? 

Lee Minwoo: Leader Shinhwa dulu memberitahuku, “Diatas panggung, kau-lah leadernya.” Dulu aku pernah melampiaskan kekesalanku. Aku bukanlah seseorang yang memimpin sebuah konser tapi seluruh member bicara saat aku memberi petunjuk, dan ketika aku berteriak untuk memancing reaksi dari penonton, para member harusnya melakukannya bersama, tapi mereka diam saja. Sekarang semuanya bisa melakukannya dengan baik tapi dulu cuma aku yang melakukannya jadi aku melampiaskan kekesalanku. Dan para member menjawabnya, “Kami percaya dan mengikutimu.” Sekarang, masing-masing bagian dibagi dan didistribusikan jadi terkesan lebih alami. Jika aku melakukan opening, Hyesungie akan memimpin sesi kedua. Sekarang peranku hanya untuk mengorganisir beberapa hal dengan rapi dan memastikan alirannya tidak putus. Haha.

Q: Hal terbaik dalam konser adalah berlian lain di album yang ditutupi bayangan title track juga bisa didengar. Dalam keseluruhan sejarah solo 11 tahun Lee Minwoo, lagu apakah yang paling membuatmu kecewa karena kamu tidak bisa membuatnya dikenal? 

Lee Minwoo: ‘Punch’ muncul dalam pikiranku. ‘Punch’ ditulis ditengah teriknya musim panas. Pada 2003, rumah yang aku tinggali adalah vila apartemen 4 lantai dengan atap rumah ensuite. Studio tidak cukup diletakkan di ruang tamu jadi rooftop menjadi studio, tapi ruangan itu tidak punya AC jadi terasa sangat panas. Ini adalah lagu yang aku tulis jadi secara khusus aku merasa terikat padanya. Dan pada saat itu, lagu ini dipakai menjadi intro CF Megapass Eric. Sekarang saat aku mendengar ‘Punch’ versi orisinil, aku merasa malu.. Meski aku merasa terikat pada banyak lagu, ‘Punch’ adalah sebuah lagu yang harusnya bisa lebih dikenal.

Q. Bukankah merupakan sebuah fakta bahwa title track untuk album ke-2 mu ‘Bum’ ditulis dalam waktu 10 menit? Bagaimana prosesnya pada saat itu?

Lee Minwoo: ‘Bump’ ditulis pada 2004 dalam masa produksi album Winter Story Shinhwa. Pada saat itu aku sedang syuting sitkom MBC ‘Nonstop 5’ dan tiba-tiba aku mendapat inspirasi. Begitu aku sampai di rumah, aku bekerja sepanjang malam dan menulis nadanya. Melodi-nya sendiri selesai dalam 10 menit. Bagian instrumen untuk ‘Bump’ sangat simpel, dan lagu ini bergerak begitu riff-nya dimulai. Lagu ini menjadi title track, mendapat nomor 1 di chart, dan aku menerima penghargaan karenanya. Saat itu, yang aku rasakan adalah, “Selama aku bekerja keras, pasti akan ada hasilnya. Terima kasih pada fans aku bahkan mendapat sebuah penghargaan.” Aku mengerjakan album itu sambil syuting ‘Nonstop5’ jadi hal itu sangat berat, tapi seluruh rasa letih hilang seketika.

Q. Apakah ada instrumen yang mahir kamu mainkan? Kamu telah menulis banyak lagu tapi sejak kapan kamu mengembangkan caramu sendiri dalam menulis lagu? 

Lee Minwoo: Selama masa training Shinhwa, aku merasa Yoo Youngjin hyungnim adalah penulis lagu yang sangat keren jadi aku bertanya padanya “Apa yang harus aku lakukan untuk menulis lagu?” Dulu hyungnim berkata, “Kamu menari dengan baik jadi pasti kamu paham akan ritme, dan aku rasa kamu pasti bisa membuat ritme yang bagus.” Dan dia bertanya bagaimana aku bisa mengerjakan sumber-sumber instrumen dan chords jika aku tidak belajar, dan menyuruhku latihan. Jadi aku mengumpulkan keberanian, dan sejak saat itu aku sungguh mendengarkan banyak musik. Jika aku mendengarkan banyak musik, aku mendengar banyak suara. Aku mendengarkan chords, aku mendengar bagaimana notasi bass mengalir. Dan secara alami, saat aku banyak berlatih menulis lagu, aku mengembangkan polaku sendiri dan bekerja sesuai dengan itu.

2014051500153820333

 

Q. Kamu beranjak menuju tahun ke-11 sebagai solois M Lee Minwoo. Bagaimana Shinhwa Lee Minwoo berbeda dari M Lee Minwoo?

Lee Minwoo: Ada masa dimana aku tidak tahu apa bedanya keunikan Shinhwa dan keunikanku sendiri. Sekarang aku tahu. Shinhwa memberikanmu perasaan berkelas dan aristokrat. Walaupun berkesan maskulin, Shinhwa terkesan mudah dan santai, tanpa ada kesan tidak rapi. Ketika orang memikirkan soal Shinhwa, lelaki kuat dan fit memakai setelan jas mucul dalam pikiran mereka. Musik M Lee Minwoo itu bebas. Bisa hangat, bisa cute, bisa seksi. Ini adalah sebuah perasaan bebas dimana aku melakukan apapun yang aku inginkan. Dan karena aku menyukai musik Afrika-Amerika, aku tidak bisa mengabaikan pengaruh yang aku dapatkan dari msuik mereka, tapi akhir-akhir ini aku lebih suka suara akustik dan feel, dan aku sudah banyak berdiskusi dengan band soal ini.

Q. Dikatakan bahwa kepribadian idola dan kepribadian fans itu mirip. Apakah kamu merasakan perbedaan ntara konser Shinhwa dan konser solomu?

Lee Minwoo: Fans Lee Minwoo lebih baik dalam bersantai. Komunitas Shinhwa Changjo secara keseluruhan menyukai Shinhwa dan tidak hanya satu orang saja, tapi aku bisa merasa mereka mengikuti kepribadian mereka masing-masing. Aku suka berdansa dengan hidup, dan dengan ceria melakukan banyak hal dengan spontan, jadi fans juga merasa aku seperti seorang teman. Seorang teman yang berpikiran sama. Saat pembukaaan, mereka tahu bagaimana caranya bersenang-senang dengan spektakuler dan gila-gilaan, saat lagunya lebih manis, mereka tahu bagaimana menikmati situasi seolah sedang berkencan. Aku bisa melihat sisi sensitif mereka saat mereka terfokus padaku. Untuk encore, saat aku melihat fans saat encore, sepertinya mereka tahu bahwa kebersamaan adalah yang paling berharga dan penting. Aku bisa melihatnya.

Q. Ada tips untuk fans yang datang ke konser? 

Lee Minwoo: Akan bagus kalau mereka bisa bersenang-senang bersama dan mengenakan sesuatu yang nyama. Kalau tidak, lebih baik membawa t-shirt cadangan. Karena mereka bisa basah karena keringat Haha. Dan kursi di Olympic Hall berwarna merah, jadi bagus. Karena aku adalah master read team di Dancing9. Aku adalah master yang terfokus pada warna hahaha. Aku masih belum melihat panggung Olympic Hall, tapi aku selalu khawatir pada fans di area standing yang harus bergulat dengan perbedaan tinggi. Pasti ada orang yang ingin datang dengan sneakers tapi akhirnya datang dengan heels karena tinggi badan mereka. Lain kali haruskah aku membuat platform individual untuk tempat berdiri mereka sebagai item merchandise?

Q. Saat konser, kalimat paling berharga apakah yang pernah kamu dengar?

Lee Minwoo: Saat aku memonitor reaksi fans, aku lihat recaps fans kalau mereka menikmati konser. Dari semua ini, aku sangat suka mendengar mereka berkata hal seperti “menantikan konser berikutnya”. Komentar paling membuatku terbebani adalah ,”sekarang aku menantikan aransemen lagumu” hahahah. Aku mencoba untuk tidak mengecewakan fans yang menantikannya. Kali ini, fans akan dapat melihat ‘The M Style’  diselingi oleh Justin Timberlake ‘Sexyback’.

2014051500224214091

Q. Kapankah kamu merasa dirimu sangat keren? Jawaban kabur seperti ketika kamu menari diatas panggung akan ditolak. 

Lee Minwoo: Aku pernah bertanya pada sahabatku sejak lama, “apa bagusnya diriku?” Teman itu berkata, “Selain hal-hal lain, aku suka kamu tidak curang.” Aku cenderung merawat dan memeluk orang. Aku berpikir untuk tidak menciptakan musuh di sekitarku. Bukan untuk pamer pada yang lain, tapi sekali-kali aku akan menunjukkan sisi diriku yang lebih hangat. Contohnya, ketika member staf sedang dalam kesusahan, aku menepuk punggung dan menyemangati mereka, saat aku mendengarkan masalah mereka, kita akan berdiskusi dan dalam momen-momen smacam itu aku akan berpikir sendiri, “Aku pria yang cukup baik.”, “Aku adalah pria yang bermain dengan adil”, aku akan berpikir, “Senang rasanya ada sisi seperti itu untuk pria sepertiku.”

Q. Kamu menjadi master untuk musim keduamu di MNET Dancing9. Bagaimana rasanya?

Lee Minwoo: Pertama, aku bekerja dengan tujuan dua kemenangan. Tidak seperti season 1, kami memilih member untuk menunjukkan sebuah gambaran yang berbeda. Akan ada misi pelatihan di luar negeri di Saipan pada pertengahan Mei, dan akkan ada 1 kontestan dieliminasi dengan 9 kontestan tersisa. Sebagai petunjuk, kami berpikir untuk menduelkan penari wanita sebagai kartu truf. Walaupun kami tidak bisa mengacuhkan peran lebih kuat dari penari pria, tapi kali ini para wanita sedang mengembangkan sisi kuat dan sophisticated mereka. Ada banyak antisipasi. Tim Blue Eye juga tidak bisa diremehkan. Kompetisinya mungkin akan sangat ketat.

Q. Sebelum konser Maret Shinhwa, kamu pergi ke hutan, dan kali ini sebelum konser solo M Lee Minwoo, kamu pergi ke Saipan. 2014 adalah tahun yang sibuk bagimu. 

Lee Minwoo: Karena itu aku tinggal di US selama 3 minggu untuk menghilangkan stres dari kerja keras hhaha. Tapi saat di US aku sakit flu dan demam selama 3 hari. Aku sangat sakit sampai aku ingin memanggil ibuku hoho. Tentu saja, Shinhwa adalah yang terpenting. Disamping seluruh insiden dan kecelakaan, rasanya bagus kalau tahun ini bisa jadi tahun dimana para member benar-benar bisa menyebarkan pengaruh mereka secara individu. Aku sekarang berlari, namun aku mengantisipasi melihat member lain aktif.

2014051500181012505

Q. Ada hal yang seharusnya bisa lebih baik untuk promosi M+TEN-mu?

Lee Minwoo: Aku rasa ada gap yang bisa diisi. Untukku sendiri, aku berpikir ‘banyak yang sudah berubah’. Bukannya banyak yang berubah dan menjadi lebih canggung, tapi aku merasa kasihat terhadap gaya instan musik industri dan aku juga merasa kecewa pada diriku. Ada banyak orang yang bekerja keras membuat satu lagu, tapi ada sedikit rasa frustasi bahwa lagu ini bisa didengar hanya dengan satu ‘klik’. Aku rasa tantangan sekarang adalah untuk menciptakan sesuatu demi mengisi rasa-rasa frustasi semacam ini.

Q. Akhir-akhir ini g.o.d reuni. Bukankah kamu senang melihat mereka?

Lee Minwoo:  Aku sangat senang. Sebelumnya, aku mendapatkan telepon dari member g.o.d Taewoo dan menanyakan beberapa hal. Shinhwa berhasil bertahan sebagai satu tim jadi aku membaginya beberapa tips. Hal yang terpenting adalah semua member kembali dengan keinginan yang kuat. Selama satu orang memiliki keinginan lemah, hal ini tidak akan berhasil. Timingnya akan tepat saat semua member memiliki keinginan kuat, yang menyenangkan untuk dilihat. Aku senang mendengar lagunya ‘Ugly Duckling’. Aku memikirkan masa-masa dulu, dan dengan jelas mengingat adegan-adegan di ruang tunggu. Taewoo selalu melihatku dan mengolok-olokku karena aku pendek hahahha. g.o.d dan Shinhwa aktif dalam periode yang sama dan rasanya kami teman dari kelas yang berbeda.

Q. Pertanyaan terakhir, apakah kamu akan mempertimbangkan untuk mewarnai rambutmu perak lagi?

Lee Minwoo: Haha. Aku rasa dari semua member Shinhwa, aku adalah yang paling sering mengganti warna lain. Aku rasa aku sudah mencoba semua warna rambut berbeda….sudahkah aku mencoba pink? hahaha. Rambut perak akan muncul saat aku berusia 60 dan 70, kan? Bahkan ketika aku bertambah tua, aku ingin menunjukkan bahwa aku fit dan sehat. Salah satu pemikiranku seiring dengan pertambahan usia adalah, orang cenderung memiliki prasangka terhadap idol, dan aku rasa tidak seharusnya mereka berpikiran seperti itu. Untuk mematahkan prasangka tersebut, aku ingin menunjukkan sisi baikku kepada junior. Di masa depan, jika ada kesempatan, aku ingin Shinhwa benar-benar berolahraga dan mengukir tubuh kami, dan menyerang tidak dengan packs (*bahasa Korea masker) yang biasa dipakai di wajah, tapi dengan packs (*abs) yang bisa kami pamerkan. Haha

Source: 10Asia

Eng trans by absolut shinhwa

Leave a Reply

