[BERITA] Karakter Leader Grup Idola: Eric (100514)

tumblr_inline_n5c7o9vugP1rb7x3v

itle: Tipe kepemimpinan dilihat melalui 7 warna
Leader dengan warna kuning dengan mentalitas waspada dan siap siaga (Eric, Hyorin)

Di industri K-pop dimana terjadi curahan debut idol dalam setahun, hidup dan mati terikat pada mereka tampak melalui warna yang berbeda. Berdasarkan siapa yang memimpin sebuah grup, keseluruhan citra grup terpengaruh, grup bertahan atau hancur dll, bagi sang leader, ada sejumlah tugas dan tanggung jawab yang menyertai mereka. Jika kamu mengamati idola-idola sukses, ditengah mereka pasti akan ada leader dengan karakteristik unik. Akankah kita bisa membayangkan penghargaan kepemimpinan yang sangat dibutuhkan era kita sekarang melalui mereka? 

Kepemimpinan yang dimiliki oleh para leader grup ini dibuat dan dikategorikan berdasarkan buku “Colour leadership”, dianalisa dan dikategorikan oleh Professor Systems Management Engineering Shin Wansun dari Sungkyukwan University. Penulis ini memecah kepemimpinan berdasarkan 7 warna pelangi, menambahkan karakteristik spesial untuk masing-masing warna, dan mencoba mengaturnya dengan contoh leader grup saat ini yang cocok dengan masig-masing warna. Karena kepemimpinan adalah sebuah kualitas yang dapat terlihat jelas berdasarkan kombinasi berbagai faktor, seorang leader tidak harus dikategorikan berdasarkan satu bentuk kepemimpinan, tapi juga bisa menunjukkan karakter yang mewakili beberapa warna. Namun, aku mengungkapkan di awal bahwa aku menempatkan mereka dalam satu warna hanya untuk tujuan kategorisasi.

(omitted)

Eric-Hyorin memimpindengan mentalitas waspada dan siap siaga

tumblr_inline_n5c8yyDLaJ1rb7x3v

Mereka sangat mementingkan konsensus member grup, dan merenungkan serta mengkhawatirkan soal masa depan, leader dengan warna kuning disebut sebagai “side leader”. Karena mereka mampu meramalkan sebuah bahaya jauh sebelum hal itu terjadi, mereka memerhatikan segala hal dengan perlahan, dan ketika masalah muncul, mereka segera mengeluarkan kartu kuning dan fokus untuk mengatasi bahaya tersebut. Mementingkan solidaritas dan kerja tim, ketika mereka membuat keputusan, mereka mendengarkan opini member, dan merupakan memilih arah yang tidak merugikan grup.

Grup idol terawet Korea, Shinhwa, bisa berlanjut hingga 16 tahun tanpa pernah terpecah, dan alasan terbesarnya adalah karena leader Eric. Di pertengahan 2000, ketika dia sangat aktif dalam aktivitas solo, Eric mencapai puncak karir melalui drama dan CF dll, dan menerima tawaran untuk pindah ke sebuah agensi dengan harga tertinggi, namun dia menolak semua itu dan memilih Shinhwa. Jika peran terpenting bagi seorang leader adalah bekerja keras untuk menghindari krisis grup, dia adalah sebuah contoh yang menunjukkan kepemimpinan luar biasa. Ketika memproduksi musik, seperti yang diduga, Eric mendengarkan seluruh opini member tapi ketika gambaran keseluruhan harus diamati, dia membuat penilain objektif dan berpikir dengan sangat serius.

(omit the rest)

sr: News Culture
eng translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s