[BERITA] Reuni g.o.d: Penyebutan Shinhwa di Artikel (070514)

Saat mereka debut, H.O.T dan Sechkies sudah merupakan rival satu sama lain. Dengan debutnya Shinhwa di tahun yang sama (*a/n: Shinhwa debut duluan faktanya, 1998. g.o.d debut 1999), sepertinya grup pria menjadi pertarungan antara empat tim antara H.O.T, Sechskies, g.o.d, dan Shinhwa. Namun dengan pembubaran Sechkies di 2000 dan berikutnya menyusul H.O.T di tahun berikutnya, hanya ada g.o.d dan Shinhwa untuk berperang satu sama lain. 

……………………

Alasan mengapa SM mendebutkan Shinhwa di 1998 sama seperti alasan SM belakangan ini mendebutkan EXO meski mereka masih memiliki Super Junior, dengan konsep grup yang sama. Shinhwa bisa menjadi ‘pengganti’ untuk berjaga-jaga seandainya ‘sesuatu terjadi’ pada H.O.T, dan disaat yang sama Shinhwa bisa menjadi sebuah grup dengan ‘benchmark’ (a/n: tolak ukur) yang sama sekali berbeda.

……………………

g.o.d berhasil melewati H.O.T dan Sechkies namun ironisnya, mereka tidak pernah bisa melewati Shinhwa. Tidak peduli seberapa populernya masing-masing group atau berapa banyak lagu hit yang mereka rilis, faktanya adalah g.o.d melihat Yoon Kyesang meninggalkan grup untuk menjadi aktor, dan grup ini tidak bertahan lama setelah Kyesang pergi. Shinhwa masih aktif hingga saat ini dengan member orisinil dan masing-masing member memiliki karir solo yang solid. Pencapaian inilah titik kemenangan Shinhwa atas g.o.d.

……………………

Kesuksesan kembalinya Jo Youngpil dan Lee Sunhee, boom retro yang dilanjutkan oleh ‘Reply 1994’, dan eksistensi Shinhwa sungguh memberi alasan bagus bagi g.o.d untuk reuni. Sebenarnya merupakan ide yang bagus untuk menunjukkan bagaimana efek ‘oppa’ yang lebih tua kepada ‘gadis kecil’ di masa lalu. 

credit: ShinhwaStuff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s