[WAWANCARA] Lee Minwoo: “Sekali Idola Tetap Idola” (020314)

tumblr_inline_n1snp0iFl51spcm04

Dia memiliki titel dua ’10th Anniversary’, tapi dia tidak bisa hanya merayakan prestasinya ini. Tanggung jawab mengikuti titel-titel yang ia miliki. Dia mencapai 10th Anniversary dengan Shinhwa, dan juga mencapai 10 tahun sebagai solois M. Ini adalah penyanyi Lee Minwoo, yang bertambah dewasa setelah banyak insiden, dan akan terus bertambah dewasa.

◆ “Aku menikmati bekerja dengan musik; Pembayaran dari copyright terasa seperti memiliki anak-anak yang baik”

Pasar musik terlah banyak berubah, tapi merupakan tanggung jawabku untuk terus mengeluarkan sesuatu yang baru. Tidak ada penyanyi yang hanya mendapat kemudahan ketika mereka membuat album mereka. Ini adalah perang untuk menangkap indra pendengar publik dalam waktu singkat. Kamu akan menjadi lebih percaya diri ketika kamu mempersiapkan banyak hal. Aku tidak merasakan banyak kekhawatiran setelah 15 tahun lebih berlalu semenjak debutku. Aku ingin bermain-main dengan santai sebanyak yang aku biasa.

Aku ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain sebelumnya. Secara khusus, aku berpikir demikian ketika aku mencoba memilih genre lagu. Aku menemukan jalan lain untuk merasa gembira saat menulis lagu juga. Sekarang karena aku memiliki lebih dari 100 lagu dalam daftar asosiasi hak cipta, pembayaran copyright benar-benar meningkat hahaha. Aku tidak menuls lagu karena uang, tapi akhirnya hal ini menjadi sumber penghasilan. Mereka terasa seperti anak-anak yang berbakti bagiku. Aku rasa hal ini akan menjadi laba tambahan karena aku tidak menyerah begitu saja untuk melakukan hal yang ingin aku lakukan.

tumblr_inline_n1snw7124A1spcm04

Ketika aku membandingkan dahulu saat awal aku debut dan aku sekarang, jalan pemikiranku sungguh berbeda. Aku dulu sungguh menajamkan pisau-pisauku saat merilis album solo pertamaku hahha. Aku dulu berpikir ‘Aku akan menguasai semuanya’ Sekarang, aku sudah melewati segala hal, dan aku sudah tahu hal-hal yang harus aku ketahui. Kadang kamu harus belajar bagaimana cara menghindari banyak hal, dan bagaimana melepaskan beberapa hal lain. Kamu juga harus hidup sesuai usiamu. Fansku dan aku telah bertambah dewasa melalui berbagai banyak pengalaman. Pengalaman aktingku di masa lalu juga merupakan jenis pengalaman baru. Jika aku mendapatkan kesempatan, aku ingin mencoba lagi.

◆ “Rain membuat keputusan pintar… Aku bermimpi untuk berkolaborasi dengan Madonna.”

Aku tidak terlalu berusaha untuk menembus pasar ini sebagai penyanyi solo. Aku hanya ingin bersenang-senang diatas panggung. Aku tidak mengharapkan hasil melimpah, aku hanya ingin menjadi role model untuk juniorku; para junior akan bekerja keras ketika seniornya juga bekerja keras. Aku ingin bersinar sebagai penyanyi solo diantara banyak grup.

Senang rasanya melihat Rain (Jung Jihoon) kembali di bulan Januari. Aku ingat bagaimana dia saat debut dengan grupnya, Fanclub. Aku bertemu dengannya pertama kali melalui Park Jinyoung-hyung. Rasanya dia selalu ingin maju. Dia juniorku, tapi ada banyak hal yang bisa aku pelajari darinya. Dia secara khusus, sangat pintar selama masa promosi terbarunya. Aku melihatnya berkolaborasi sebagai BiJinah, dan aku merinding. Kolaborasi itu sangat pintar, dan keputusan yang dewasa. Aku juga ingin bernyanyi dengan Madonna suatu hari nanti.. hahaha.

tumblr_inline_n1so59tj7n1spcm04

Aku dulu berpikir bahwa menari adalah hal yang paling mudah di dunia. Menari adalah teman terdekatku, dan memiliki lebih banyak makna daripada mainan lain. Tentu saja, seiring pertambahan usiaku, ada lebih banyak batasan mengenai apa saja yang bisa aku tarikan hahaha, tapi aku merasa lebih bersemangat saat melihat penari yang lebih mudah. Aku ingin berada di ‘Dancing9 season 2 jika aku mendapat tawaran. Aku bisa saja bosan menari, tapi aku tidak pernah merasa begitu. Rasanya selalu baru bagiku, dan aku selalu bahagia tiap aku menari.

Waktu sudah berlalu dan aku bertambah tua, tapi rasanya aku masih terjebak di usia awal dan pertengahan 20 hahaha. Aku tidak pernah merasa capek di konser, tapi fansku bilang mereka capek. Jantungku selalu berdetak sangat kencang didepan fansku. Rasanya aku seperti bukan Lee Minwoo; rasanya aku seperti orang lain. Dulu aku merasa takut untuk tampil diatas panggung ketika aku lupa lirik sebuah lagu dalam sebuah penampilan live kira-kira 10 tahun lalu. Untuk beberapa lama, aku mengalami banyak kesulitan, tapi banyak hal menjadi lebih baik ketika aku mulai berpikir aku harus menikmati diri sendiri di depan fansku.

tumblr_inline_n1soa3R7E71spcm04

◆ “Aku harap semua orang terus memberi penilaian baik pada Shinhwa dan Lee Minwoo.”

Konser Shinhwa akan diadakan pada bulan Maret dan hanya ada 5 member. Meski Andy tidak bisa bersama kami diatas panggung, kami akan memastikan kami mengisi tempat kosong yang ditinggalkan Andy. Aku rasa kami juga akan bersenang-senang dengan fans kali ini. Shinhwa dan Lee Minwoo masih idola. Sekali idola, tetap idola hahaha. Aku tetap ingin mempertahankan kebanggan itu.

Jika Shinhwa diibaratkan jas mewah, Lee Minwoo bisa diibaratkan gaya kasual yang sensitif terhadap tren. Di Shinhwa, aku harus mengerjakan banyak detail kecil atas hal-hal yang menjadi tanggung jawabku. Sebagai Lee Minwoo, aku harus melakukan segalannya 100% sendirian, jadi aku bisa bergaya dan liberal juga.

Aku tidak ingin mengambil lebih banyak resiko besar dalam hidup. Aku harus berkonsentrasi pada hal yang bisa aku nikmati jika aku tidak ingin dilukai. Inilah musik untukku. Meski kadang terasa menyakitkan, rasanya senang ketika aku memenangkan pertarungan melawan diriku sendiri. Aku tidak akan pernah melepaskan musik. Memproduksi penyanyi baru? Belum waktunya untuk itu. Suatu hari ketika aku siap, aku ingin mencoba melakukan seperti yang dilakukan Yang Hyunsuk hyungnim.

Aku harap semua orang terus memberi penilain baik bagi Shinhwa, Lee Minwoo, dan solois M. Aku akan terus menari selama yang aku bisa. Jika aku menikah dan punya anak, aku akan membesarkannya untuk menjadi Michael Jackson. Rasanya menyenangkan saat aku membayangkan bagaimana rasanya jika aku menari dengan anakku. Haha.

tumblr_inline_n1soh0GZpB1spcm04

Source: TV Report

Eng translation: ShinhwaStuff

Leave a Reply

