[WAWANCARA] Lee MInwoo: “Meski Merasa Seperti Murid yang Tinggal Kelas, Masih Senang Menjadi Idol” (270214)

tumblr_inline_n1not8Qbtk1rb7x3v

“Ketika aku datang ke program musik, rasanya aku seperti murid tinggal kelas yang datang ke sekolah dengan juniorku. Haha.”

Menyambut ulang tahun debut solo-nya ke -10 dengan perilisan album spesial “M+TEN”, Shinhwa Lee Minwoo (35) memulai kembali promosi solonya belakangan ini di sebuah ruang tunggu program musik.

Dia debut sebagai Shinhwa tahun 1998 dan menyambut ulang tahun ke-16 mereka. Sambil berpromosi sebagai Shinhwa, dia merilis album pertamanya pada November 2003 sebagai solois ‘M’ dan telah melewati 10 tahun untuk aktivitas solonya.

Karena itulah, kebanyakan idol yang muncul di program musik adalah junior-junior yang jarak umurnya jauh. TVXQ, yang menyambut ulang tahun ke-10 tahun lalu, adalah salah satu yang paling senior dan merupakan konsolasi baginya.

Pada hari itu, TVXQ yang juga tampil mengatakan, “Lee Minwoo sunbae sangat cool,” dan “Shinhwa berlanjut hingga 16 tahun lamanya, dia juga berpromosi sebagai solois selama 10 tahun dan hal itu sangat menakjubkan.”

Lee Minwoo berkata, “Aku sangat tersentuh karena sekitar 300 fans datang ke stasiun TV di pagi hari untuk mendukungku,” dan, “Aku merasa ingin menangis karena berpikir tanpa fans, aku tidak akan ada,”

Dalam album barunya, bukannya musik untuk dirinya sendiri, album ini berisi musik yang bisa dinikmati bersama. Dengan permikiran bahwa di dalam album Shinhwa dan solonya, tidak ada lagu yang bisa dinyanyikan oleh publik.

Lagu andalannya berupa lagu disco-funk, ‘Taxi’ berisikan hal-hal yang terjadi di dalam taksi dan ditulis sendiri olehnya, menjadikan lagu ini menjadi lebih realistis dan meninggalkan sebuah kesan.

Yang menarik adalah dia mampu memilih konsep ‘mabuk’ karena dia adalah idol selama 16 tahun.

Dia menyanyikan lagu ini seolah dia mabuk. Bahkan diatas panggung, dia menari seolah lantainya licin, melalui langkah-langkah yang mengalir. Dan dia berakting mabuk dengan lucu di video musik.

“Ini bukanlah konsep yang sesuai dengan idola junior. Namun, rasanya cocok karena aku yang melakukannya kan? Haha. Sama seperti bagaimana Shinhwa adalah sebuah grup yang mendapatkan banyak cinta karena menyingkirkan image misterius saat kami debut dan menjadi lebih jujur seiring berjalannya waktu, aku ingin menunjukkan diriku yang sesungguhnya tanpa ada yang dirubah.”

Dia tidak hanya menulis lirik dan lagu dalam album-album Shinhwa, dia juga melakukannya untuk album solonya juga dan secara pribadi berperan sebagai produser. Dia telah menulis lirik untuk Jewelry’s “One More Time”, “Super Star” dll, dia aktif sebagai seorang pencipta tapi ditutupi oleh bayang-bayang citranya sebagai ‘penari.’

Dia berkata, “Aku mulai menari sejak aku berusia 6 tahun jadi sudah 30 tahun berlalu, dan aku bisa menulis musik karena aku bisa menari,” dan “Sama seperti aku terbiasa dengan teknik menari, kemampuan untuk menciptakan ritme dan menulis lirik juga didapatkan. Aku tidak bekerja secara aktif untuk lagu-lagu penyanyi lain dan meski musikku memiliki tendensi untuk gagal mendapatkan kesan dari masyarakat umum, aku sendiri percaya akan berbagai kemungkinan jadi aku tidak merasa menyesal,” dan tersenyum.

Namun, meski orang tidak tahu, dia berhasil mengambil pelajaran.

“Saat merilis album soloku, sangat melelahkan untuk menggubah dan mengaransemen lagu sendirian. Saat aku masih sekolah, aku merasa bahwa kata-kata Seo Taiji and Boys bahwa “Penciptaan itu menyakitkan’ itu keren, tapi rasa sakit-nya benar-benar menyakitkan. Setiap saat aku mengalami momen-momen melemahkan karena hal ini terlalu melelahkan, member Shinhwa memberiku semangat dengan ‘pemimpin musik kami adalah Minwoo’ dan karena itu, aku sendiri bisa memimpin albumku juga.”

Dia, yang masih “suka dipanggil idol”, juga mengungkapkan kepuasan karena idola generasi pertama Shinhwa, dapat berpromosi bersama generasi idola kedua dan ketiga.

“Aku percaya diri aku tidak akan merasa canggung bahkan ditengah juniorku. Juga, ketika Shinhwa mengadakan konser, aku bersyukur bukan hanya karena aku menghitung fans-fans lama, tapi juga ada banyak fans baru yang didapatkan. Karena hal ini menunjukkan bahwa Shinhwa tidak bergantung pada citra masa lalu dan telah membawa perubahan.”

Dia menambahkan, “Karena Shinhwa memulai promosi solo, lebih banyak grup idol juga melakukan promosi ‘terpisah namun tetap bersama’.” dan “Para junior sekarang menemukan jalan mereka dalam sebuah tim dengan sangat cepat, baik akting atau menulis lagu, dll. Dalam program TV juga, mereka menanggalkan sikap pura-pura dan berbicara dengan jujur, dan tidak takut akan skandal, yang sangat berbeda dengan masa kami.”

“Untuk aktivitas soloku juga, bukan untuk berkompetisi dengan junior dalam kancah peperangan para idola dan menang. Jika mereka melihat bahwa senior di tahun ke-16-nya masih bertahan kuat dan bisa menjadi contoh bagi para junior, aku sudah puas.”

tumblr_inline_n1oqj1Kavz1spcm04

sr: Yonhap news
Translation by malpabo.tumblr.com

Leave a Reply

