[BERITA] 10 Juru Kamera: Perbandingan Camerawork untuk TAXI di Berbagai Acara Musik (180214)

tumblr_inline_n16292kjXG1spcm04

Tidak banyak penyanyi yang terlihat nyaman diatas panggung seperti M Lee Minwoo. Belum lama ini M Lee Minwoo merilis album spesial perayaan kesepuluh tahunnya ‘M+TEN’, album pertamanya dalam 5 tahun sejak 2009, dan sedang mempromosikan “title song”nya ‘Taxi’. ‘Taxi’ adalah sebuah lagu bergaya “disco-funk” yang menggunakan “modern sound” dan “live instrument” yang tidak akan pernah lenyap dari trend. Menyempurnakan ini, lirik yang realistis, yaitu tentang apa yang terjadi di dalam taksi, dan khayalan, vokal mabuk yang membuat lagunya seperti berasal dari musikal. Begitu juga untuk penampilannya. Lee Minwoo bangun dari keadaan tak sadarkan diri karena mabuk untuk memulai penampilannya. Ekspresi yang berubah-ubah serta “handle dance”nya, “accelerator dance”, dan yang lainnya yang tidak dapat dilupakan. Ia bahkan mengenakan setélan baru untuk setiap penampilannya. Acara musik mana yang menangkap keaktifan Lee Minwoo di depan kamera? (*15 Februari siaran ‘Show! Music Core’ MBC dihilangkan karena tidak ditayangkan.)

 #Secara umum Inkigayo > M Countdown = Show Champion > Music Bank

tumblr_inline_n162h2Nf1U1spcm04

Tata panggung dan tata cahaya pada ‘SBS’ ‘Inkigayo’ menambahkan sinergi. ‘Inkigayo’ satu-satunya yang mempersembahkan ‘Taxi’ seperti keadaan nyata, dan menayangkan wajah Lee Minwoo dari dekat setiap kali ekspresinya harus disorot. Ini harus, meskipun, untuk menghindari penayangan kaki gadis-gadis taksi atau kaki Lee Minwoo dari dekat hanya karena “dance”nya hanya memakai gerakan kaki. ‘M Countdown’ dari Mnet dan ‘Show Champion’ dari MBC Music bagus, tetapi terlalu banyak “full shot” menyebabkan keaktifan dan pergantian gerakan sulit untuk menonjol. ‘Music Bank’ KBS2 tidak mendapat bagian di mana para “dancer” bermunculan satu per satu begitu juga pada saat Lee Minwoo menguap.

 # Point 1) Menangkap Lee Minwoo menguap:

Inkigayo > M Countdown = Show Champion > Music Bank

tumblr_inline_n162nqF8dD1spcm04

‘Taxi’ berkisah tentang mimpi seorang pria mabuk. Ini dibuat lebih jelas dalam penampilannya, di mana di bagian awal dan akhir Lee Minwoo berbaring di atas panggung dan bangun sambil menguap. Penampilan yang seperti musikal antara Lee Minwoo dan “dancer”nya, begitu juga dengan ekspresinya, semuanya harus diperlihatkan. ‘M Countdown’ dan ‘Inkigayo’ menangkap pada saat Lee Minwoo menguap dan juga tidak kehilangan penampilan selanjutnya.  ‘Show Champion’ tidak mengawali dengan berbaring di lantai tetapi menyiapkan intro spesial untuk comebacknya. ‘Music Bank’ mengawali dan mengakhiri dengan sudut dari dinding. Meskipun ‘Music Bank’ mendapatkan bagaimana ia berbaring, akan tetapi, menayangkan “full shot” untuk ekspresi lincahnya. ‘Inkigayo’ mendapatkan “review” yang baik dengan tata panggungnya menambahkan drama dari penampilannya. ‘Inkigayo’ juga menunjukkan seorang “dancer” yang berjalan berkeliling layaknya seseorang yang lewat, kemudian menyebrang untuk menunjukkan “dancer” dan Lee Minwoo yang saling bertabrakan satu sama lain dengan segi yang bagus.

 #Point 2) Ingin menjadi Jam Lee Minwoo : Show Champion > Inkigayo = M Countdown > Music Bank

tumblr_inline_n162uy9hid1spcm04

Pada bagian awal dari “verse” kedua, Lee Minwoo seolah-olah menjadi bagian dari jam bersama “dancer”nya sambil menyanyikan “At the alarm ringing early in the morning’. Ia berdiri di depan, menunjuk jamnya. Ketika ia bernyanyi ‘My head hurts’, ia seolah-olah memukul kepalanya, dan dancer yang telah berdiri di belakangnya bermunculan satu per satu. ‘Show Champion’, ‘Inkigayo’, ‘M Countdown’, ‘Music Bank’ semuanya mendapatkan pertunjukkan jam. ‘Show Champion’, bagaimanapun, yang paling seksama. Tangan Lee Minwoo yang bergerak ke bawah kemudian ke atas karena ia melenturkannya sambil menunjuk jamnya. ‘Inkigayo’ dan ‘M Countdown’ keduanya melakukan “closeup” pada tangannya, tetapi tidak jatuh tepat di tengah layar karena mereka bergerak. ‘Music Bank’ mendapatkan pertunjukkan jam yang sempurna berkat setélan hitam, cahaya, dan kamera, tetapi mengapa mereka melewatkan bagian kepala?

 # Point 3) Hey ladies~ : Inkigayo > Music Bank > Show Champion > M Countdown

tumblr_inline_n1632cXmtM1spcm04

Satu point dari ‘Taxi’ adalah rap dari Eric. Ketika rap Eric dimulai, Lee Minwoo menaikkan penampilan mabuknya ke titik klimaks. Ia melempar jaketnya, sempoyongan, dan memberikan ekspresi nakalnya ke kamera. Ia lalu memamerkan garis rahangnya yang seksi dengan berteriak “Hey Ladies” dan mendapatkan teriakan fansnya. Pada saat ini empat gadis taksi yang berada di belakangnya, tetapi gerakan Lee Minwoo, ekspresi, dan keseksiannya adalah yang terpenting dalam “scene” ini. ‘Inkigayo’ mengikuti Lee Minwoo sampai akhir, dan kedipan mata Lee Minwoo menyempurnakan semuanya. ‘Music Bank’ mengambil gambar dari bawah ke atas, membuatnya seolah-olah Lee Minwoo mencoba membuat penonton ikut bergabung, dab tidak melewatkan bagaimana ia mendapatkan teriakan fansnya. ‘Show Champion’ berkonsentrasi pada gadis-gadis taksi, sementara ‘M Countdown’ memiliki lebih banyak “full shot” dibandingkan yang lainnya.

Source: 10 Asia + ShinhwaStuff (eng)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s