[WAWANCARA] M Lee Minwoo: “36, Usia dimana Kamu dalam Perjalanan Menjadi Seorang Pria”

tumblr_inline_n0x1xczk7q1spcm04

Ada saat ia terlihat seksi, ada saat ia menggetarkan hati dengan karakter nakalnya. Ia berkarisma, tetapi disaat berikutnya ia bersinar dengan pesona yang berbeda saat ia tersenyum melalui kedipan-nya. Ini adalah kisah tentang Lee Minwoo Shinhwa, atau M Lee Minwoo, yang muncul di akhir 90an untuk mencuri hati dan tetap mengingatkan setiap orang dengan panggilan ‘Silver Cool Water’ nya.

Lee Minwoo merilis spesial album perayaan ke-sepuluh tahun-nya ‘M Style M+TEN’, album pertamanya setelah 5 tahun, dan title song ‘Taxi’. Dia berpromosi sebagai grup tepat setelah para member menyelesaikan kewajiban militer mereka, tetapi promosi solonya terasa berbeda karena ini pertama kalinya setelah 5 tahun.

“Telah tiba waktunya bagiku untuk melaksanakan kewajibanku, jadi aku harus menghentikan promosiku sebagai M untuk sementara waktu. Ketika kami memulai rencana untuk kembali sebagai Shinhwa, sekali lagi aku harus mengesampingkan solo albumku dan berkonsentrasi ke Shinhwa. Tahun lalu adalah perayaan kesepuluh tahunku sebagai M, tetapi album spesialnya harus diundur ke tahun setelahnya karena membutuhkan banyak waktu untuk persiapannya. Sekarang adalah tahun kesebelasku sebagai M dan enam belas tahunku sebagai Shinhwa, tetapi karena aku harus berkonsentrasi lebih ke Shinhwa selama lebih dari setengah karirku, aku tidak dapat merasakan perbedaan berpromosi sebagai M dan berpromosi sebagai grup. Aku bisa berjalan sejauh ini karena grupku tidak bubar. Aku tidak dapat mengatakan dengan pasti sampai kapan aku akan berlanjut dengan grupku, tetapi aku tetap ingin terus dengan grupku sampai aku mati. M hanyalah bagian dari itu.”

Setelah menyelesaikan kewajiban mereka para member memamerkan persahabatan mereka tidak hanya melalui musik mereka tetapi juga layanan umum siaran variety show JTBC ‘Shinhwa Broadcast’. Fans telah menunggu untuk waktu yang lama untuk bertemu Lee Minwoo sebagai M. Terlihat bahwa para fans dan member akan menunjukkan berbagai macam dukungan untuk solois Lee Minwoo, tetapi ia berkata mereka tetap sama seperti saat ia merilis album solo pertamanya.

“Dukungan para member? Tetap sama sejak sepulu tahun yang lalu. Mereka mendengarkan lagu-laguku dan menonton MVnya, dan mengatakan bagus. Walaupun seseorang akan menyusul nanti, kami berbagi pikiran dengan saling mengirimkan pesan di grup chat kami. Junjin yang paling setia, jadi ia yang paling menunjukkan banyak dukungan.”

Shinhwa adalah ‘longest-running idol’ Korea, dan role model untuk boy group lainnya. Persahabatan yang mereka miliki untuk waktu yang lama mendatangkan kekaguman dari grup lainnya. Ketika ditanyai rahasia menjadi role model, Lee Minwoo mengatakan bahwa ‘hidup bersama’ akan menolong.

“Shinhwa dapat bertahan lama karena kami hidup bersama. Kami tidak menyembunyikan apapun, dan kami tidak menyimpan dendam. Kami mencoba menyelesaikan masalah antar member secepat mungkin, dan kadang-kadang berkelahi. Ketika seorang member menjadi sangat populer, kamu tidak boleh iri, tetapi harus menolongnya. Member lainnya harus mendukung member yang populer yang saat itu. Ini hanyalah pemikiran pribadi, tetapi kamu juga harus perhatian ke semua orang tua member. Shinhwa mengingat semua tanggal anniversary dan tanggal ulang tahun setiap orang tua kami. Kamu harus berhenti berpikir ‘Akulah yang terbaik’ atau ‘Akulah yang paling berbakat’. Kamu hanya dapat bertahan lama setelah kamu memikirkan sepenuhnya apa yang dapat kamu lakukan untuk menolong tim-mu.”

Shinhwa akan menggelar konser perayaan ke-16 tahun ‘Here’ pada tanggal 22 dan 23 Maret di Seoul Songpa-gu Bangi-dong Olympic Park Gymnastics Stadium. Sejak 2012 grup ini menggelar konser setiap bulan Maret untuk merayakan debut anniversary mereka pada tanggal 24 Maret bersama para fans, dan tahun ini mereka mengadakan konser lagi untuk menepati janji mereka. 5 member, kecuali Andy, yang baru-baru ini terjerat peristiwa tidak menguntungkan, akan muncul di atas panggung.

“Kami ingin menghadapi situasi ini karena kami pikir menghindari konser perayaan ke-16 karena Andy sedang beristirahat terlihat seperti kami menghindari situasi ini bersama-sama. Kami berlima tidak melaksanakan konser tanpa Andy, kami melaksanakannya dengan memikirkan Andy. Kami tidak dapat mengatakan dengan spesifik bagaimana kami menunjukkan ini, tetapi kalian akan melihat apa yang kami maksud di bulan Maret. Kemudian di tahun ini kami akan merilis album Shinhwa dengan Andy. Shinhwa seharusnya enam member, tetapi tanpa Andy kami seperti kehilangan gigi.”

Selama 15 tahun Shinhwa telah membagi banyak momen. Ada saat di mana mereka membentur jalan yang tidak rata, tetapi mereka tidak pernah menyerah dan berakhir dengan senyuman bersama. Selama waktu ini, fans mereka setia disamping mereka membantu mereka mendapatkan kekuatan.

“Aku memonitor bagaimana fans mencoba menolongku dengan promosi soloku, dan aku merasa berterima kasih. Aku bekerja tanpa peduli apa yang orang lain pikirkan, dan aku sangat berterima kasih para fansku menjawab semua usahaku dengan hadiah dari mereka sendiri. Ketika aku masih muda aku sangat bahagia saat aku mempunyai banyak fans, dan merasa sedikit kecewa saat tidak banyak fans. Kini, aku sadar bahwa yang terpenting bukanlah jumlah fans, tetapi niat mereka. Aku harus membayarnya dengan hanya menunjukkan sisi baikku.”

tumblr_inline_n0x2n9kepc1spcm04

▶ “Aku ingin membuat ‘the next Shinhwa’ jika aku diberi kesempatan”

‘Taxi’ adalah sebuah lagu bergaya disco-funk yang disusun oleh tim proyek Split dengan lirik yang ditulis oleh Lee Minwoo, dan menunjukkan gayanya dengan ‘modern live sound’. Member Shinhwa Eric mengisi suaranya dan menulis rapnya, sementara MVnya bersama dengan Sam Hammington, Yoo Minsang, dan Kim Junhyun.

“Sebenarnya ‘Taxi’ ditulis untuk album ‘Minnovation’ ku di tahun 2009. Meskipun aku menyimpannya, karena aku tidak ingin lagunya tidak mendapat perhatian. Aku ingin menaruhnya di solo album berikutnya. Ada lagu lain yang tidak aku masukkan di album ini, sebuah lagu R&B. Aku mengerjakannya bersama Brave Brothers. Ia terus menghubungiku untuk bertanya kapan aku akan menggunakannya. (Tertawa) Versi ‘Taxi’ yang sekarang sama dengan versi yang aku tulis di tahun 2009. Kami hanya mengambil vokalnya dan meng-arrange ulang menjadi retro dengan memasukkan sumber sound yang benar-benar akustik dengan composer dari Amerika.”

Penampilan ‘Taxi’ diawali dengan Lee Minwoo yang berbaring. Lee Minwoo, mabuk, dilanjutkan dengan penampilan mabuk. Apa yang terjadi sebelum dia berbaring lagi mewakili apa yang terjadi di dalam ‘taksi’. ‘Acceleator dance’nya membuatnya menunjukkan ibu jarinya, sementara dance lainnya, termasuk ‘wave dance’ dinamai oleh fansnya, ‘pat dance, ‘handle dance’, dan lainnya menolongnya terlihat seperti orang mabuk.

“Aku biasa seksi dan berkarisma untuk penampilan M. Saat sekarang, aku pikir aku bisa lebih nyaman dan menunjukkan pengalamanku. ‘Taxi’ sangat menarik karena lebih santai dan menyenangkan daripada sesuatu yang dibuat-buat.”

Ketika ditanya apakah isi lagunya, tentang bagaimana ia bertemu gadis taksi ia berada  di dalam taksi saat ia sedang mabuk dan terbangun keesokan harinya bertanya-tanya apakah benar terjadi, apakah berasal dari pengalaman pribadinya, ia menjawab ‘bukan’ dengan tegas. “Aku terus mendengar instrumen-instrumen dalam benda-benda kecil di kehidupan. Ketika aku memikirkan sebuah ‘laptop’ aku juga memikirkan hal-hal yang terjadi yang berhubungan dengan itu. Aku sampai pada pemikiran dengan topik ‘taksi’ karena melodi lagunya, dan aku pikir akan bagus jika aku berpura-pura mabuk saat menyanyikannya. Ini adalah lagu yang sangat cepat karena kamu tidak dapat mengucapkan apapun yang kamu inginkan di dalam liriknya, tetapi tentang kehilangan gadis taksi yang aku temui ketika aku naik taksi pada saat mabuk.”

Semua tentang lagu dan penampilannya meneriakkan ‘Lee Minwoo’. Eric dan Andy telah mendidik grup junior dengan menggunakan pengalaman dan bakat  mereka, ketika ditanyai apakah Lee Minwoo mempunyai rencana untuk mendidik junior, ia berkata, “Itu terlalu awal.”

“Sepertinya setiap orang berpikir aku akan mendidik junior karena aku menyukai musik dan tampil di atas panggung. Aku orang yang sangat berhati-hati, meskipun, aku tidak berpikir aku siap untuk melakukan sesuatu seperti itu. Saat aku merasa ‘ini waktunya’, aku pikit aku akan merekrut talent dan menerbitkan mereka. Aku pikir akan menjadi sesuatu yang hebat jika mendidik ‘the next Shinhwa’.”

tumblr_inline_n0x6jsx4o51spcm04

▶ “Bagi pria, berumur tiga puluh enam berarti…”

Lee Minwoo dulunya dikenal sebagai ‘dancer dari Jeonju’, dan ketika ia berumur dua puluh dan berjalan antara anak laki-laki dan pria, ia debut sebagai Shinhwa. Pada saat itu ia menyanyikan “I can let you go until the last” (‘Lirik Resolver’) sebagai seorang anak laki-laki yang menjadi pria, tetapi kini ia bertemi dengan perayaan ke-16nya, dan kini ia berusia 36 tahun.

“Aku rasa saat aku melewati pertengahan 30an ku aku sedang dalam perjalananku menjadi seorang pria. Aku pikir 30-an sangat penting dalam hidup. Aku merasa aku harus menyiapkan usia tuaku. Aku berpikir saat ini bukanlah waktunya hanya untuk bekerja, tetapi adalah waktu yang sangat berharga karena saat ini hanya terjadi sekarang disaat ini. Aku bekerja seperti mesin saat aku berusia 20an, tapi kini aku belajar untuk lebih berhati-hati dan mengalah.”

Meskipun ia berada di pertengahan 30annya ia tetap terlihat muda dan menarik dihadapan anak remaja dan mereks yang seusia dengannya; ketika ditanyai rahasia dibalik baby face-nya, ia menjawab bahwa itu adalah “pola pikir.”

Sangat penting memikirkan sesuatu dengan cara yang khusus. Ketika kamu mengawali dengan merendahkan dengan mengatakan ‘Aku sudah tua jadi aku tidak dapat melakukan ini’ atau ‘Ini melelahkan’, kamu akan menua dengan cepat. Sejak dulu aku selalu nakal. Aku berhati-hati tapi aku tidak peduli apa yang orang lain pikirkan. Aku tidak takut karena kami dikenal sebagai idol yang suka membuat masalah. (Tertawa) Member lainnya juga memperhatikan kesehatan mereka. Kami sudah tua, tetapi aku tidak berpikir bahwa kami tua. Bukankah kami terlihat muda untuk usia kami?”

Lee Minwoo sungguh terlihat sangat rajin. Ia memperhatikan dirinya, tak hanya musiknya, dengan perhatian. Tubuhnya yang fit, selalu terlihat pada saat pemotretan Shinhwa, sangat bersinar. Saat menakjubkan ia dapat tetap menjaga kebugaran tubuhnya walaupun ia sangat sibuk.

“Sangat penting untuk menyeimbangkan tubuhmu di usia 30an. Jika tidak, tubuhmu akan berubah, baik untuk pria maupun waniita. Aku mulai berolahraga sejak 2005 untuk menjaga tubuhku, dan aku tetap berolahraga secara teratur. Kamu dapat menjaga baby face-mu dan kesehatanmu melalui kerja keras. Aku juga banyak menghindari minuman keras dan rokok.”

Ia sangat perhatian terhadap dirinya, tetapi mereka yang berada di pertengahan 30an populer dengan pertanyaan tentang rencana berkeluarga. Lee Minwoo berkata tangan dan kaki bayi sangat imut, membuat kita berkhayal bagaimana kita akan melihatnya bukan sebagai Shinhwa dan M, tetapi juga sebagai seorang ayah.

“Sudah saatnya untuk menikah saat kamu memasuki usia 36. Aku juga mempunyai tipe wanita yang aku inginkan sebagai istriku. Ketika aku muda aku biasa menyebutkan soal penampilan, aku berkata aku menginginkan wanita berambut lurus, panjang dan mata yang besar, tetapi sekarang aku lebih melihat ke dalam  (kepribadian). Aku menginginkan wanita yang tahu berbagi, baik terhadap keluarga, dan sehat. Aku menginginkan seorang wanita yang mempunyai pesona yang dapat membuatku merasa nyaman. Aku merasa gugup dan takut ketika aku menjalin hubungan. Karena aku selebriti, ada saat-saat di mana aku tak dapat memperhatikannya, dan aku adalah tipe orang yang menuangkan segalanya ke pekerjaan. Ini yang membuatku merasa bersalah padanya.”

Kini, ia sibuk dengan kegiatan solonya, dan akan segera kembali sebagai grup; kami menanyai Lee Minwoo tentang harapannya di tahun 2014. “Aku harap tahun 2014 menjadi tahun yang penuh arti dan tahun yang menyenangkan. Aku ingin mempromosikan albumku dan sebagai grup dengan pola pikir yang positif. Aku ingin menyanyikan musikku tanpa banyak ketegangan. Menikah? Aku tidak berpikir aku akan menikah tahun ini. (Tertawa).”

Sumber: SSTV
Eng trans by ShinhwaStuff

Leave a Reply

