[WAWANCARA] “Aku Mencoba untuk Mengistirahatkan Vokalku… Membuatnya Lebih Tenang” (120214)

tumblr_inline_n0v5vctLx31spcm04

Lee Minwoo (34), member dari group terawet Korea Shinhwa, telah memperbaharui aktivitasnya sebagai penyanyi solo dengan merilis album pertamanya setelah 4 tahun. Album barunya ‘M+TEN’ merayakan anniversary ke-10nya sebagai penyanyi solo, dan melanjutkan peninggalan yang dia tulis bersama dengan lima album yang dirilis sejak November 2003. ‘Taxi’, lagu disko-pop dunky, adalah lagu utamanya. ‘M’ adalah nama Lee Minwoo yang digunakan ketika dia berpromosi solo.

Dia debut pada tahun 1998 dan telah aktif sebagai penyanyi selama 16 tahun sejak saat itu. Dia baru-baru ini bertemu dengan para reporter di cafe di Seoul Gangnam-gu Sinsa-dong dan berkata, “Ku pikir aku bisa seperti sekarang ini karena tim-ku tidak terpecah”, dan menambahkan, “Aku berterima kasih bisa aktif sebagai penyanyi”. Sejak dia keluar dari tugas militernya pada 2012 dia mengkonsentrasikan karyanya untuk Shinhwa, dan menyelesaikan produksi dari ‘M+TEN’ dengan memasukkan ‘Taxi’, lagu yang sebenarnya direncanakan untuk dimasukkan ke mini albumnya ‘Minnovation’ yang rilis pada tahun 2009, lagu mid-tempo R&B ‘Love Supreme’, ‘Kiss It Away’,  dan banyak lagi. Poin dari album ini adalah dia menurunkan koreografi dan vokalnya dibandingkan dengan bagaimana biasanya dahulu. Dia berkata, “Aku bekerja seperti mesin ketika aku masih berusia 20an, tetapi sekarang aku mencoba untuk lebih menikmati diriku”, dan menambahkan, “Aku mencoba untuk membuat penampilan yang bisa dinikmati dan santai yang tetap sesuai dengan umur untuk ‘Taxi’.”

Tidak banyak penyanyi yang tetap aktif sebagai member group idol di usia pertengahan 30an selain Shinhwa. Lee Minwoo berkata dalam rangka mempertahankan titelnya sebagai ‘idol’ pertengahan 30an dia melakukan “latihan aerobik tiga kali seminggu” untuk menjaga kesehatannya. Dia juga berkata, “Para member setuju bahwa kami harus berhenti menumbuhkan kumis dan mencoba untuk pergi ke dermatologis ketika kami memiliki waktu”, dan menambahkan, “Karena selebritis bisa diibaratkan barang, kami perlu menjaga tubuh kami sehingga tidak berubah, dan menghindari merokok atau minum.”

Lee Minwoo akan kembali bersama Shinhwa untuk berpartisipasi di konser Maret, kemudian menyelenggarakan konser solo. Dia berkata “Hanya 5 member yang akan tampil di konser Shinhwa tanpa Andy saat ini, tetapi kami akan kembali bersama paruh kedua tahun ini”, dan menambahkan, “Ku harap tahun ini kami bisa menikmati promosi group dan solo.”

Source: Hankook Ilbo + Shinhwa Stuff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s