[WAWANCARA] Lee Minwoo Mengungkapkan Mengenai Hidup Sebagai Idola Selama 16 tahun (090214)

‘Energi’ adalah salah satu hal yang muncul dipikiran ketika seseorang memikirkan Lee Minwoo. Sebagai member dari idol grup legendaris Shinhwa dan solois M, Lee Minwoo terus berjalan di jalannya dengan konsitensi luar biasa.

Merayakan ulang tahun ke-10 sejak debut sebagai solois, M sudah kembali dengan album spesial.

Mengombinasikan M dan TEN, untuk ulang tahun ke-10, nama albumnya adalah M+TEN, yang merupakan album pertamanya sejak merilis Minnovation di 2009.

57852002

Dalam dunia K-Pop yang bergerak cepat, dimana banyak hal berubah dalam satu atau dua tahun, bagaimana rasanya bagi Lee Minwoo untuk hidup sebagai bintang idola selama 16 tahun terakhir?

“Hidup sebagai bintang idola selama 16 tahun ini, aku akan bilang bahwa ini adalah suatu kebahagiaan besar bagiku. Pertama, Shinhwa sangat beruntung karena masih bersama setelah sekian lama. Karena mereka selalu ada dibelakangku, aku tidak takut akan apapun. Kami juga memiliki pemikiran lebih dalam, seiring bertambahnya usia kami. Jadi kami semakin menghormati dan mendukung satu sama lain.” kata member Shinhwa ini.

Meskipun titel ‘idola’ datang dengan banyak pendapat yang bias, Lee Minwoo masih bersyukur dia bisa hidup sebagai bintang idola.

57852004

Dia berkata, “Orang mengira idol hanya bertahan sebentar dan lebih fokus kepada penampilan daripada musik. Aku lebih tahu soal ini daripada orang lain. Tapi karena kami adalah idola yang bertahan paling lama, kami mendapatkan julukan seperti ‘history-dol’ ‘idol tertua’ atau ‘high-end idol’. Tapi dari semua julikan ini, favoritku adalah sebutan ‘idola generasi pertama’. Pastinya ada karakteristik menarik yang hanya bisa dilakukan oleh para idol, dan mereka-lah yang memimpik K-Pop sekarang. Siapapun yang mempersiapkan diri menjadi idol harus melakukannya dengan kepercayaan dan kebanggan,” menambahkan bahwa dia tidak pernah malu menjadi seorang idol.

57852006

Dia juga mengungkapkan kasihnya pada member Shinhwa, berkata “M ada karena Shinhwa ada. Lee Sooman sebenarnya menanyakan apakah aku ingin debut sebagai penyanyi solo ketika aku masih tranee di SM, tapi dengan berani aku berkata aku ingin menjadi bagian dari tim, dan debut sebagai Shinhwa. Aku ingin bekerja sebagai bagian tim, karena aku sudah mengalami bagaimana rasanya bekerja sebagai tim melalui kompetisi dance. Karena aku memiliki Shinhwa sebagai pendukungku, aku bisa lebih percaya diri tampil sebagai solois.”

57852008

Sejak debut, dia telah berhasil mematenkan namanya sebagai ‘M’, seorang penyanyi solo.

“M adalah nama solo-ku. Awalnya nama itu berasal dari ‘Min Woo’, tapi ketika aku merilis Minnovation, aku rasa nama ini juga bisa menjadi sebuah alfabet yang mewakili tren baru yang aku pimpin dengan image-ku. M juga bisa berarti ‘Musisi’ atau bahkan ‘Mukzizat'” kata Lee Minwoo sambil tertawa.

Pada penutupan wawancara ini, dia berkata, “Ketika aku menghadiri acara musik, biasanya aku adalah penyanyi paling senior. Ketika bersama member Shinhwa aku tidak apa-apa, tapi sekarang aku agak khawatir.”

Dia lalu menutup wawancara dengan, “Aku mungkin bertambah tua, tapi energi-ku tidak akan pernah mati.”

Photo credit: Hea Jung Min

Source: MWAVE

Leave a Reply

