[WAWANCARA] Lee Minwoo: Jika Lagu Shinhwa Diibaratkan ‘Jas Pria’, Maka Laguku Diibaratkan ‘Stylish-Casual’ (080214)

Sudah berusia 36 tahun. Gadis-gadis muda yang dengan semangat menggoyangkan balon oranye sudah menikah dan memasuki tempat konser dengan anak-anak mereka. M Lee Minwoo, ini tahun ke-16-nya sebagai member Shinhwa, dan sebagai solois M menuju jalan sebagai penyanyi berusia 11 tahun. Memasuki pertengahan 30-an, dia masih terlihat seperti remaja, dan bersiap untuk naik keatas panggung sekali lagi dengan album peringatan ulang tahun ke-10-nya <TEN>.

Sebagai penyanyi 16 tahun, dia sangat santai. Bahkan sebagai solois, dia sudah menginjak tahun ke-11, mungkin sikap santai sudah merupakan sesuatu yang alami. Berharap fans juga akan menikmati albumnya dengan nyaman pula, M Lee Minwoo merilis album <TEN> dan aku bertemu dengannya di sebuah kafe di Apgujeong, Seoul pada 4 Februari. Dari berbicara soal album hingga royalti hak cipta, M berbicara tanpa ragu dalam wawancara ini, hingga terasa nyaman dan bisa dinikmati.

tumblr_inline_n0mquln1L21rb7x3v

Menarik. Seorang dance singer di pertengahan 30. Dan bahkan masih aktif sebagai idola. Untuk idola generasi pertama, sekarang mereka berharap untuk tidak menjadi idola tetapi musisi atau artis. Perilaku semacam itu bisa dilihat sebagai proses ‘tak terhindarkan’ seiring dengan kata realita dan “usia” yang ditinggalkan oleh waktu. Namun, Lee Minwoo berkata, sekali seorang idola, selamanya idola. Dalam konser M Christmas tahun lalu, konser berlangsung selama 3 jam dengan encore tanpa akhir tapi dia berkata dia sama sekali tidak capek diatas panggung. Lee Minwoo membuatku berpikir bahwa mungkin dia mampu bertahan sebagai seorang idola selamanya.

“Naik ke atas panggung saja sudah terasa sangat hebat. Sebelum naik ke panggung, ada sebuah kekhawatiran yang bukan berasal dari ketakutan tapi dari semangat dan antisipasi. Bahkan perasaan semacam ini pun bagus. Konser Natal tahun lalu berjalan hingga lebih dari 3 jam dengan encore tanpa akhir. Meski aku sudah bertambah tua, fans yang ikut melompat-lompat juga bertambah tua. Aku baik-baik saja tapi fans berkata mereka sangat lelah. Aku merasa kasihan. Dan aku pikir ‘Lain kali harus lebih santai’. Sekali idol, selamanya idol. Meski aku sesungguhnya juga merasa lelah dengan segera setelah turun panggung, namun ketika aku diatas panggung, sekarang atau dulu, rasanya tetap sama.”

Tertarik. Dikatakan bahwa meski tanah akan berubah dalam waktu 10 tahun, tapi stamina dan semangat yang ia rasakan terkait dengan panggung masih tetap sama, hingga waktu terasa tak berarti. Namun, album ini berbeda. Bahkan jika stamina-nya masih tetap sama, musiknya sedikit berubah. Meski title song ‘TAXI’ dalam album ini diciptakan 5 tahun lalu, dia menyimpannya karena dia merasa lagu ini terlalu cepat untuk waktu itu. Album ini berisi 5 lagu, termasuk ‘TAXI’ yang memasukkan rap Eric, “No Limit”, “Love Supreme”, “Kiss It Away”, dan “Thriller”. Lee Minwoo berkata bahwa album ulang tahun ke-10-nyaa memiliki daya tarik publik lebih dan dia membuatnya sehingga dia dan fans bisa selaras. Meski album ini berisi lagu mulai dari lagu dance ceria hingga ballad yang manis, inilah alasan mengapa album ini bisa didengarkan dengan nyaman.

“Dulu, aku menghindari persamaan dengan yang lain. Aku sering berpikir ‘Apa yang harus aku lalukan untuk membuatnya lebih baru dan berbeda?’ Untuk album ini aku berpikir tentang ‘Apa yang harus lakukan agar aku bisa lebih selaras dengan fans-ku?’ Dengan cara itu, dibandingkan dengan performance kuat atau lagu dengan visual kuat yang aku tunjukkan selama ini, aku rasa akan lebih bagus jika musik ini mengandung sebuah kisah didalamnya. Sambil terus mencoba hal-hal baru, aku ingin berkomunikasi. Untuk ‘TAXI’, aku berjalan limbung seolah aku sedang mabuk. Aku mabuk sehingga aku salah mengira tumpukan sampah adalah wanita sungguhan. Namun aku bermaksud melakukan promosi dengan pemikiran aku terhanyut dalam musik. Terhanyut dalam musik, aku bermaksud menunjukkan rasa nyaman dan nikmat diatas panggung, jadi aku harap fans atau orang yang melihat bisa menonton dengan nyaman dan gembira.”

tumblr_inline_n0mrlqjPAe1rb7x3v

Terkejut. Ketika berbicara mengenai Lee Minwoo Shinhwa, ‘tarian’ tidak bisa terelakkan akan muncul dalam pikiran kita, tapi dalam wawancara ini, secara keseluruhan, dialog mengenai musik mendominasi. Lee Minwoo berkata bahwa hal pertama yang membuatnya tertarik untuk menarik adalah uang saku selama liburan. Setelah itu, karena menari harus memiliki ritme dan ritme menjadi musik, tidak terelakkan dia akan tertarik dengan musik secara natural. Dibandingkan menghasilkan musik dan tarian yang sama sekali baru, dia merubahnya sedikit agar sesuai dengan tren dan meski dia sudah berpromosi dengan gembira selama lebih dari 10 tahun, dia berkata masih menikmatinya.

“Bahkan ketika aku merilis ‘Minnnovation’, tidak ada satu lagupun yang mencampur elektronik dan hiphop seperti ‘Minnovation’. Namun, lagu-lagu serupa menjadi populer tahun 2012. Aku merasa hal ini sangat menarik. Faktanya, musik yang aku ciptakan bukan sama sekali baru. Setelah berpromosi terus menerus sebagai bagian dari Shinhwa, aku rasa hal ini memungkinkanku untuk mempersembahkan banyak variasi dalam musik. Jika lagu-lagu Shinhwa diibaratkan ‘jas’ yang terlihat bagus jika pas di badan, musik solo-ku adalah jenis ‘kasual’. Terhanyut dalam musik, aku merilis banyak lagu yang ditulis setelah aku terperosok dalam narsisme dalam album-album soloku. Sama seperti fakta bahwa tidak ada akhir dan batas untuk musik, bahkan setelah 15 tahun, aku masih merasa senang saat menciptakan musik.” 

Nyaman. Mungkin menggunakan kata nyaman akan dianggap menyinggung bagi idola baru yang harus membuat publik mengantisipasi dengan tegang, tapi wawancara ini berlangsung dengan nyaman. Meski dia menerima wawancara bukan sebagai bagian dari grup berusia 16 tahun tapi sebagai penyanyi solo, tapi karena dia sudah menjadi penyanyi solo selama lebih dari 10 tahun, dia telah menjadi veteran. Dia juga mengungkapkan bahwa “perasaan nyaman” adalah sebuah perubahan yang ia rasakan setelah dia memasuki usia pertengahan 30. Disaat yang sama, dia tidak lupa memberikan pujian pada Rain yang berpromosi sebagai dance singer solo di usia 30.

“Awal dan pertengahan 30 adalah waktu mempertajam pisau. Dan juga waktu dimana aku penasaran pisau apakah yang akan aku hasilkan, dan gagang macam apa yang akan aku gunakan. Untuk merangkumnya, saat itu adalah masa dimana aku memiliki hasrat kuat untuk menantang diriku sendiri. Sekarang, karena aku sudah mengalami apa yang harus aku alami, dan belajar cukup banyak, aku menghindari apa yang harus aku hindari, melepaskan apa yang harus aku lepaskan. Aku juga menjadi lebih nyaman. Aku memiliki pemikiran semacam itu saat melihat Rain. Ada Rain-Jinah, kan? Meski mereka bisa dilihat seperti video yang diedit dan diunggah di internet oleh seorang fan dengan tujuan buruk, dia menganggapnya sebagai sebuah tren dan merubahnya menjadi sebuah brand. Karena itulah senang melihatnya maju ke depan dan aku berpikir dia cukup pintar.”

Menunjukkan banyak variasi musik melalui aktivitas grup dan solo, rasanya Lee Minwoo memiliki segalanya. Lee Minwoo berkata dia tidak mengharapkan hasil yang hebat dalam aktivitas solonya dan mengungkapkan dia ingin menunjukkan bahwa dia adalah seorang sunbae ‘idol’ yang bisa melakukan aktivitas solo dan grup bergantian. Aku berpikir jika ini adalah potensi untuk Lee Minwoo, sebagai Shinhwa dan M, untuk bertahan sebagai seorang idol selamanya. Menapaki tahun ke-11 sebagai solois, aku menantikan apakah Lee Minwoo dengan jelas akan menunjukkan jalan sebagai dance singer ‘idol’ generasi pertama di masa depan.

tumblr_inline_n0mvm0MleW1rb7x3v

sr: unionpress
Eng translation by malpabo.tumblr.com
Please take out with full credits.

Leave a Reply

