[WAWANCARA] Lee Minwoo #이민우 Bertahan Melewati Waktu: Bukankah Dia Seorang Profesional Sejati? (060214) #TAXI

tumblr_inline_n0kxznFsxj1rb7x3v

Untuk bekerja lebih dari 10 tahun pastinya bukan sesuatu yang mudah. Bahkan lebih sulit untuk seseorang yang berpromosi sebagai grup untuk mempertahankan popularitasnya sebagai solois selama 10 tahun. Namun, member Shinhwa Lee Minwoo menyambut ulang tahun ke-16 Shinhwa dan ke-10 untuk solo debutnya di 2014. Sebagai grup, dan juga solois M, dia telah mempertahankan jati dirinya. Dan untuk seseorang sepertinya, album peringatan debut solo di 2014 “M+TEN” dirilis pada 6 Februari mengandung kekuatan yang telah membantunya bertahan melewati waktu.  

Album spesial ‘M+TEN title song ‘Taxi’  mengandung kemampuan Lee Minwoo sebagai seseorang yang mampu bertahan melewati waktu. Sebuah usaha berbeda untuk bernyanyi dengan vokal-bagaikan-bermimpi mengenai hal-hal yang terjadi dalam taksi, dll, di usia pertengahan 30, performa, ke-glamor-an, dan sikap santai Lee Minwoo terkandung dalam lagu ini. Meski sudah memasuki tahun ke-17 nya, insitingnya akan sesuatu yang trendi juga bisa bersinar. 

Lee Minwoo penuh percaya diri. “Karena sudah lebih dari 10 tahun, aku melakukan semua yang aku bisa” mengakui bahwa ia sudah veteran, dan juga dengan dermawan memberikan nasehat tulus kepada junior. Namun, saat mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Shinhwa, yang menciptakan dia yang sekarang, dan fans, yang terus menciptakan legenda (Shinhwa Changjo), dia tetap rendah hati. Dia tidak arogan. Tidak melupakan mindset awalnya dan kekuatan untuk terus mengembangkan dirinya, bukankah dia seorang profesional sejati?  

Q: Pertama, apa yang kamu pikirkan mengenai comeback sebagai solois setelah 5 tahun?

Lee Minwoo: Karena tim bernama Shinhwa ada, jadi M sebagai solois ada, dan aku tidak pernah berharap waktu yang aku lewati sebagai M akan mencapai 10 tahun. Sama seperti kamu berpikir “Begitu banyak waktu berlalu? Kamu sudah murid SMP?” ketika melihat keponakan kecilmu, pertumbuhan adalah sesuatu yang tidak kamu sadari. Karena itulah aku berpikir aku harus membuat album spesial yang cocok dengan ulang tahun ke-10 ku, dan aku sangat mengantisipasinya. Karena aku mempersembahkan performance yang berbeda dari biasa, selain fans, aku ingin tahu dan bersemangat untuk menghetahui reaksi publik. Ini seperti perasaan yang kamu rmiliki ketika liburan sekolah selesai, membeli alat-alat sekolah baru sebelum sekolah dimulai dan pergi ke sekolah. Aku rasa akan ada teman baru. Dan tentu saja, akan ada sangat banyak junior-junior yang masih muda…. hhahhaa.

Q: Termasuk boy grup, ada banyak tim mempersiapkan comeback Februari. 

Lee Minwoo: Aku tidak peduli grup mana yang akan kembali. Ada juga Lee Sunhee sunbaenim dan Bobby Kim hyung. Karena aku dekat dengan Bobby Kim hyung jadi aku merasa lega dan aku rasa aku akan tidak terlalu bosan. Dia akan berpromosi dengan perasaan murid tinggal kelas sepertiku hahhaa. Sejujurnya, aku tidak merasa terbebani. Aku tidak merilis album ini untuk berkompetisi, ini album untuk memperingati ulang tahun ke-10 dan kebetulan aku merasa timing ini tepat jadi aku merilisnya, lebih terasa bermakna seperti ini jadi aku bermaksud untuk menikmati performance sebelum turun panggung. Juga, tidak banyak solois, pasar idol sudah sangat meluas dan meski dinamikanya mulai berubah, Shinhwa menyambut ulang tahun ke-16 kami, dan aku juga satu-satunya diantara generasi pertama idol yang berpromosi sebagai solois. Aku harap saat melihatku, banyak junior akan berpikir berbeda dan mendapatkan kepercayaan diri.

Q: Album ke-11 Shinhwa ‘This Love’ yang dirilis tahun lalu mencetak hasil sangat baik. Tidakkah kamu ingin menang?

Lee Minwoo: Aku sungguh tidak haus kemenangan. Dulu, karena aku ingin menunjukkan lebih banyak sisi diriku, aku berpikir ‘jika aku melakukan ini, aka menimbulkan sedikit efek’, ‘apa arti kharismatik?’, dan memberikan performa penuh kekuatan, tapi sekarang, aku hanya merasa ingin berpromosi bersama fans. Untuk promosi ini,, aku berpromosi sambil berpikir bahwa fans adalah member keduaku, jadi aku tidak mengantisipasi sebuah kemenangan. Namun, para fans berusaha agar aku bisa menjalankan janjiku jika aku menang. Meskipun mereka cuma berkata-kata saja, aku merasa puas dan bersyukur. Juga, meski pre-recording untuk program musik diadakan di pagi hari dan cuaca dingin, ketika aku melihat fans yang datang untuk mendukungku, aku berpikir apakah Shinhwa Changjo, Orange Princesses sungguh tidak terkalahkan hahaha.

Q: Kamu berjanji untuk mengantarkan fans pulang di sebuah taksi jika kamu menang. Sudahkah kamu mencari taksi? hahaa

Lee Minwoo: Aku khawatir jika aku beneran menang. Karena fans yang terpilih dan kesedihan fans yang tidak terpilih… juga, aku harus mengantarkan mereka pulang tapi jika mereka tinggal di Busan, Gangwondo, maka aku sungguh berada dalam masalah hahahaha. Aku khawatir. Jika aku tidak ada jadwal keesokan harinya, aku bisa mempertimbangkan, tidak apa-apa jika areanya sampai Gyeonggi-do..tapi kalau lebih jauh……… hahaha

tumblr_inline_n0l053Zw1N1rb7x3v

Q: Ada banyak orang bilang jas birumu mengingatkan mereka pada seragam sekolah. 

Lee Minwoo: Meski kelihatan seperti seragam sekolah, sebenarnya ini sungguh jas pria. Secara pribadi aku berpikir warna biru navy cocok denganku. Aku ingin menunjukkan sisi diriku yang berbeda dengan stereotipe orang. Karena konsep lagu ‘Taxi’ adalah mabuk, jadi skenario dalam MV adalah pergi ke pesta dan minum-minum agar mabuk dan melepaskan dasi, dan bahkan kemejaku cuma dimasukkan di satu sisi saja.

Q: Jas oranye di tengah video musik, apakah kamu mempertimbangkan bahwa oranye adalah warna yang melambangkan Shinhwa?

Lee Minwoo: Warna asli jas adalah pink tapi kelihatan oranye ketika kamera melalui proses kalibrasi. Aku rasa oranye adalah warna yang tidak bisa kuhindari hahaha. Interior taksi di video musik juga oranye. Tembok toilet juga oranye hahaha. Karena orang akan memikirkan Shinhwa saat melihat warna oranye hahahaa. Itulah yang aku pikirkan saat menonton pertandingan bola tim Belanda hahaha. Karena ada makna unik warna oranye sehingga aku merasa terikat dengannya. Banyak Orange Princesses berkata mereka sangat senang kami comeback bersamaan dengan ulang tahun ke-14 kami. Setengah bersemangat, setengah rasa antisipasi, setengah khawatir, meski emosi bercampur aduk ketika aku pikir fans tidak merasa malu atas apapun.

Q: Bagaimana rasanya syuting dengan Sam Hammington?

Lee Minwoo: Sam Hammington awalnya kesulitan menyesuaikan diri. Namun aku terkejut akan kemampuannya mengerti. Aku pikir Puff Daddy-lah yang datang hahaha. Menjelang paruh akhir syuting, ketika dia ada di dalam mobil dengan kacamata hitam dan menyanyi, dia malakukan rap sendiri. Jika Sam Hummington merilis album hiphop, dengan aktif aku akan mendukungnya dan berpartisipasi dalam albumnya hahaha.

Q: Eric berpartisipasi dalam rap di ‘Taxi’, siapakah yang akan melakukannya dalam performance di panggung?

Lee Minwoo: Di minggu pertama, fokus utama adalah taxi girl, jadi bagian Eric akan diisi dengan ad-lib style. Performance akan berbeda lagi di minggu berikutnya. Aku rasa akan bagus jika Sam Hammington ikut muncul. Meski akan sulit karena dia sibuk…jika dia membaca berita ini, “Hyung-nim, ayo melakukannya bersama.”

Q: Member Shinhwa menunjukkan dukungannya di lokasi syuting video. Apakah member Shinhwa banyak membantu?

Lee Minwoo: Junjin dan Eric membantu dengan cara yang bisa dilihat. Eric selalu menjadi yang pertama yang peduli akan musikku. Setelah mendengar musik, dia sendiri menawarkan diri untuk melakukan rap featuring. Sebenarnya bisa juga jika dia tidak melakukannya… hahaha. Eric menyukai “Taxi” dan “Love Supreme” jadi dia menulis dan melakukan rap untuk kedua lagu tapi rap untuk “Love Supreme” aku hapus. Meski Eric lebih memilih untuk melakukan rap itu dan melakukannya lebih baik disitu, aku ingin suara Eric untuk terkonsentrasi dalam satu lagu saja. Jika suara Eric ada dalam lagu ini dan lagu itu juga, maka efeknya akan terpecah. Junjin selalu menjadi yang pertama memberi dukungan dan dia adalah energi Shinhwa. Di hari kami syuting video musik, salju turun deras tapi dia datang dan menunggu hingga Sam Hammington, Yoon Minsang, Kim Junhyun selesai syuting, sebelum bersiap-siap dan syuting. Aku ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengirim surat video, “Kau tahu bagaimana perasaanku kan? Choong Jae-ah, jika ini sukses, aku rasa semua karenamu, dan hyung akan menraktirmu minum. Pulanglah dengan taksi.”

Q: Jika Eric menyukai ‘Love Supreme’, lalu lagu yang mana Lee Minwoo paling suka?

Lee Minwoo: Kiss It Away. Sebenarnya, lagu ini awalnya adalah lagu demo untuk Shinhwa dan aku bahkan memikirkannya sebagai title song R&B. Namun para member tidak terlalu menyukainya. Aku merasa ambisius dan harus mempersiapkan solo-ku tapi karena aku sangat menyukainya, aku jatuh cinta setelah mendengarkan melodinya dan mendengarkannya sampai aku bosan. Karena itu aku sangat terikat pada lagu ini. Brian Kim dan aku bekerja sama menulis liriknya dan lagu ini berisi kisah 9 tahun kemudian dari lagu album kedua-ku ‘Last, First Kiss’. Aku sebenarnya ingin tahu bagaimana jika Shinhwa menyanyikannya tapi karena aku menyanyikannya sendiri, lagu ini bahkan terdengar…..lebih baik hahaha. Karena itulah aku merasa lebih terikat dengannya. Aku juga akan menunjukkan performance untuk lagu ini.

Q: Kalau begitu, adakah kriteria ketika memilih lagu sebagai Shinhwa dan sebagai solois?

Lee Minwoo: Aku menutup mataku saat mendengarkan lagu dan membayangkan penampilan panggungnya. Aku membayangkan kami berenam dan aku sendiri saat mendengarkan lagu. Aku mencoba menggambarkan tariannya. ‘Apa ini tidak terlalu buruk’ ‘Ini bagus’ Jika aku berpikir begitu, aku akan memilih lagu ini. Aku cenderung menciptakan ruang dalam pikiranku dan lalu memutuskan apa lagu ini lebih cocok untuk grup atau solo. Siapa yang muncul di bagian ini, bagaimana mereka akan muncul. Aku membayangkan semua itu.

tumblr_inline_n0l1zjjgXW1rb7x3v

Q: Channel kabel MNET Dancing 9 akan ada season kedua. Apakah kamu juga akan muncul sebagai master? 

Lee Minwoo: “Dancing9” adalah sebuah program yang sungguh aku rasakan pesonanya pada season 1. Aku sangat senang saat mendengar akan ada season dua. Saat ini masih dalam proses perekrutan peserta tapi jika tawarannya datang, aku juga akan bekerja keras untuk season 2 juga. Sebagai seseorang yang mencintai tarian, aku harap ‘Dancing 9’ bisa menjadi program dimana orang-orang yang menari di Korea Selatan bisa membuat dunia menari.

Q: Kamu menari sejak muda. Sekarang kamu sudah di pertengahan 30, bukankah secara fisik hal ini melelahkan? 

Lee Minwoo: Semuanya baik-baik saja hahaha. Yang aku khawatirkan adalah selama promosi, jadwal tidurku akan berubah, dan aku merasa terbebani harus bangun pagi. Normalnya, saat aku terlambat tidur, aku baru akan tidur jam 5-6 pagi, sekarang aku harus bangun jam segitu. Pastinya aku harus tidur sekitar jam 10-tengah malam dan aku khawatir soal itu. Aku tidak minum suplemen spesial. Sebagai gantinya, aku cenderung lebih banyak berolahraga. Sebenarnya selama liburan Seollal, aku bertambah berat sedikit karena aku makan. Sangat melelahkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan sekarang aku harus bertahan sehari hanya dengan salad, tapi selain merasa lapar, perutku sakit hahaha. Yang melelahkan saat menjadi selebriti adalah harus tiba-tiba menurunkan berat badan. Lemak yang dulu aku hilangkan dengan mudah saat berlari tidak mudah dihilangkan sekarang hahaha.

Q: Lalu, sejujurnya, apa ada saat kamu merasa ‘Ah, aku sudah tua’? hahaha

Lee Minwoo: (Setelah berpikir lama) Rasanya tidak pernah hahaha. Saat aku mengadakan konser solo, aku mengadakannya selama 3.5 jam tanpa bintang tamu, dan aku cukup fit untuk mengadakan 2 konser dalam sehari. Sebaliknya, aku justru mendapatkan lebih banyak energi saat aku mengadakan konser. Aku tidak merasa sangat lelah atau merasa bahwa aku sudah tua. Sama seperti konser Shinhwa. Jumlah olahraga yang aku lakukan masih dalam level SMA, akhir masa remaja. Hanya saja aku segera merasa capek hahaha. Bukannya aku lelah saat di panggung tapi jika aku melakukan satu hal dalam waktu yang sangat lama, mataku segera saja terasa lelah. Apakah itu karena sudah lebih dari 15 tahun sejak aku operasi lasik? hahaha. Tapi aku melakukannya bersama Eric..

Q: Konser 16th anniversary Shinhwa bulan Maret ini akan diadakan tanpa Andy dan hanya kalian berlima. Bagaimana kalian akan mengisi tempat Andy?

Lee Minwoo: Tanpa membuat Andy malu. Kami akan menciptakan performance yang tidak memperlihatkan kekosongan. Ini adalah jalan yang kami pilih setelah mempertimbangkan berbagai situasi, dan kami akan memberikan yang terbaik dalam persiapannya dan mempersembahkan untuk fans kami. Ada banyak orang yang sangat kecewa dan aku berjanji kami akan menebusnya di hari konser. Juga, konser ini, disatu sisi, adalah konser yang dibuat untuk Andy. Di paruh kedua tahun ini, enam member Shinhwa akan kembali dengan album baru.

tumblr_inline_n0l36288n61rb7x3v

Q: Apakah fokus utamamu dalam album ini?

Lee Minwoo: Dari segi suara, untuk membuatnya terasa realistis, aku lebih memperhatikan suara akustil. Dari segi vokal, setelah melakukan aktivitas solo selama 15 tahun, begitu aku memutuskan sebuah konsep, aku akan berakting berdasarkan konsep itu. Jika kamu membandingkan suaraku sekarang dengan suara saat aku masih muda; karena aku menyanyi seolah berakting, jadi dalam 5 lagu masing-masing akan memiliki poin utama berbeda dan aku harap orang akan menyadari bagaimana vokalnya berbeda. Dalam hal performance, aku mengurangi banyak kekuatan. Performance macam apa yang ditampilkan dari pengalaman 10 tahun? Karena sudah lebih dari 10 tahun, aku melakukan apapun yang aku bisa. Karena aku sudah veteran, aku percaya diri bahwa aku tidak akan merasa terbebani jika aku melakukan hal sejauh ini diatas panggung. Percaya diri dan bekerja keras. Kapanpun aku menciptakan musik, aku akan merencanakan panggungnya dan membayangkan image apa yang akan tergambarkan saat menciptakan lagunya.

Q: Aku dengar ‘Taxi’ adalah lagu yang dibuat 5 tahun lalu. Bagaimana rasanya menyanyikannya lagi?

Lee Minwoo: Lagu ini mengandung suaraku 5 tahun ini sebagaimana adanya. Aku tidak merasa perlu menyanyikannya lagi. Perasaan yang dihasilkan lagu ini dulu sudah sangat bagus. Sekarang, melalui performance live, aku akan butuh akting baru, dan orang yang menontonnya hanya perlu jatuh cinta pada performance-nya. Nadanya secara khusus akan berbeda jika mereka nyanyikan setelah minum satu gelas alkohol ahaha. Sungguh, hanya aransemen untuk ‘Taxi’ yang dirubah. Karena retro sangat populer akhir-akhir ini, sama seperti warna musik atau nada akustik sangat dicintai, aku juga memilih baju bergaya sedikit retro. Daripada baju kasual, aku memutuskan memakai jas yang cocok dengan usiaku, dan terlihat nyaman, tapi aku juga memasukkan banyak hal sehingga performance terlihat menyenangkan.

Q: Dulu kamu akan menunjukkan kharisma atau kekuatanmu, sekarang kamu menunjukkan sisi natural dan nyaman. Apakah itu karena perubahan dalam cara berpikirmu?

Lee Minwoo: Aku rasa rasa alami itu seksi, santai, dan bukan sebuah beban. Jika hal ini adalah sebuah tantangan mental dahulu, aku rasa menghetahui bagaimana cara menikmati panggung adalah profesionalisme sejati. Aku harus sedikit menikmati. Di masa depan, aku akan terus menunjukkan sisi diriku yang sesuai umurku. Aku tidak ingin membangun stereotipe tapi jika kamu terus begitu, akan ada waktu dimana kamu ingin terlihat keren. Sama seperti fashion yang terus berputar.

Q: Untuk penyanyi lelaki, tidak lama lalu Rain dan Tae Jinah menampilkan performance yang bisa dinikmati sebagai ‘Rain-Jinah’

Lee Minwoo: Hal itu membuatku berpikir bahwa Jihoon cukup pintar. Jihoon adalah junior yang sangat aku sukai dan junior yang sangat sopan, tapi sejujurnya, jika aku adalah Jihoon dan melihat video parodi, aku akan merasa tidak senang. Namun, Jihoon dengan pintar menganalisanya dan menciptakan brand ‘Rain-Jinah’. Ini saja menunjukkan bahwa dia memiliki kecerdasan. Karena dia adalah orang yang tahu persis bagaimana menikmati panggung, dia mampu merubah apapun menjadi sesuatu yang berbeda. Aku harus kolaborasi dengan siapa? hahaha. Saat bercanda, para staf berkata ‘Karena kamu dari Jeolla-do, carilah Song Daekwan-sonsaengnim dan buatlah M-Daekwan hahaha. Rima-nya bagus juga ‘M Daekwan’!

Q: Seperti apa Lee Minwoo di usia 50 kelak ingin hidup?

Lee Minwoo: Mimpi setiap lelaki adalah bertambah tua dengan bagus. Bisa terlihat fashionable dan tampan ketika berpakaian meski agak gemuk. Aku ingin bertambah tua dengan bagus meski aku bertambah gemuk, meski aku memiliki keriput yang mengandung makna baik dalam hidup, seperti Sean Connery. Aku ingin memiliki wajah dimana jejak hidup tergambar di wajah dan terlihat keren. Aku ingin bertambah tua seperti itu.

Q: Bagaimana dengan pernikahan?  hahaha

Lee Minwoo: Rata-rata umur Shinhwa telah mencapai pertengahan 30. Meski kami sering bicara soal siapa yang akan menikah duluan, tapi tidak seorang pun bisa berkata mereka akan menikah segera. Kami tidak punya kepercayaan diri dan tidak sedang pacaran dengan siapapun. Fans bisa tenang. Jika aku mengatakannya, dan seseorang tiba-tiba menikah lalu apa yang mereka katakan tentangku? hahah. Jika ada yang aku harapkan, aku berharap timingnya akan tepat secara mengejutkan hingga kami mampu mengadakan upacara pernikahan bersama. Entah kenapa aku rasa aku akan menikah setelah berumur 40 tahun. Termasuk diriku, ketika aku melihat para member, sepertinya tidak ada seorangpun yang akan menikah. Aku harap tidak ada member yang membuat keputusan terburu-buru setelah jatuh cinta dengan intens. Namun, aku akan bertepuk tangan untuk yang pertama menikah dan tentu saja aku harus memberi sejumlah besar uang hadiah hahhaaha.

tumblr_inline_n0l5icto2b1rb7x3v

Q: Kamu memegang titel idola paling awet. Apakah ada julukan lain yang ingin kamu dapatkan? 

Lee Minwoo: Idola yang dibanggakan Korea Selatan. Olimpiade Sochi akan segera dimulai dan seperti bagaimana atlet nasional menerima tepuk tangan dari warga negara, sama seperti kami terus menulis sejarah industri musik, menjadi perwakilan grup idol Shinhwa yang mendapatkan pengakuan publik, hal ini sepertinya merupakan jalan untuk menjadi sebuah grup yang hebat.

Q: Tidakkah kamu ingin memecahkan prasangka yang muncul dengan label ‘idol’ dan mendapatkan label ‘artist’?

Lee Minwoo: Aku lahi sebagai idol jadi menjadi seorang idol rasanya cukup bagus. Aku tidak berpikir bahwa label seorang idol itu buruk. Pastinya juga tidak ada prasangka buruk. Member grup idol belakangan ini sering ingin dilabeli sebagai ‘artist’ dan aku rasa itu mungkin karena mereka berada di persimpangan. Ketika mereka beraktivitas solo, mereka menunjukkan musik atau konsep yang mereka suka, ada juga fase dimana mereka mencoba banyak hal. Dan ditengah semua itu, mungkin mereka berpikir ‘aku tidak suka mendengar kata idol’. Bagiku, aku yang sekarang ada karena idola bernama Shinhwa ada, dan karena itu aku merasa sangat diberkati. Aku juga bekerja keras dalam bermusik dan ada area lain yang aku suka. Apa yang aku lakukan hingga sekarang bukan untuk menerima label apapun dari siapapun, dan aku rasa aku tidak melakukan berbagi hal sambil memikirkan prasangka orang lain. Dulu, aku bertemu Shin Seunghoon sunbaenim di Jepang. Aku pergi ke acara tersebut sebagai M dan sunbaenim memanggilku ‘penyanyi-penulis lagu’. Saat itu sudah lama sejak aku menulis lagu apapun, dan karena aku menerima pengakuan semacam itu dari sunbaenim aku merasa senang. Aku rasa aku harus menjadi seperti sunbaenim, seiring dengan rasa syukur itu. Meski genre kami berbeda, aku harus belajar dari kasih sayangnya terhadap musik.

Q: Rencana promosi konkrit setelah comeback-mu?

Lee Minwoo: Setelah konser 16th anniversary Shinhwa, Asia Tour M akan dimulai. Meski rencana-nya belum pasti, aku berencana tur sekitar 4-5 negara. Dan aku akan mengakhirinya dengan konser solo pada 24-25 Mei di Olympic Hall, Seoul Olympic Park.

sr: 10asia
ENG translation by malpabo.tumblr.com
Please take out with full credits.

Leave a Reply

