[WAWANCARA] “Harus Lebih Lembut, Maskulin, dan Seksi..Karena Kami Shinhwa” (080214)

16 tahun Shinhwa, 11 tahun penyanyi solo, Lee Minwoo, kembali dengan ‘Taxi’, ‘M Style’nya adalah?

tumblr_inline_n0nqup7t2G1rb7x3v

 

Naik taksi karena mabuk, tapi kamu tak tahu kamu berada di mana sekarang, walaupun kamu mencoba sekuat tenaga, tapi kamu gagal untuk sadar, dan argo taksi terus berjalan…ini adalah saat-saat di mana orang dewasa pasti pernah mengalaminya walau sekali. MV terbaru Lee Minwoo untuk lagu terbarunya ‘Taxi’ berisi momen-momen seperti ini. Dengan rambut kusut dan satu sisi kemejanya keluar.

Dan tidak hanya penampilannya, lagunya pun seperti itu. Menghilangkan kekuatan dan bernyanyi dengan nyaman, kalian merasakan saat-saat ia berpromosi sebagai Shinhwa dan M melalui suaranya.

Bertemu M Lee Minwoo di sebuah cafe di Gangnam, Seoul tanggal 5 Februari, dan dia menggambarkan dirinya sebagai “memasuki usia di mana pengalaman ditampilkan secara natural”. Vokal yang terdengar seperti ia sedang mabuk dan penampilan yang menyenangkan meskipun benar-benar menghilangkan kekuatan. Ini adalah ‘M Style yang kali ini ditunjukkan Lee Minwoo.

 “Aku ingin merilis album di bulan November tahun 2013, bersamaan dengan perayaan ke-10 tahun debut soloku. Tetapi pada saat itu tidak ada title song, dan aku menjadi lebih ambisius. Sangat frustasi. Pada saat itu aku mengingat ‘Taxi’, yang aku rekam di tahun 2009. Hasil akhir yang muncul saat aku menyusun kembali memberikan jawaban pasti. Di versi original ‘Taxi’ karena lagu ini memiliki ‘electronic sound’ jadi lagu ini terdengar lebih ‘urban’. Di satu sisi, saat ini suara sejati lagu ini lebih ditekankan. Karena genre-nya telah dirubah, lagunya terdengar lebih bagus.”

Dari vokal seperti sedang mabuk ke penampilan di mana terasa seperti ia bergerak ke manapun secara natural. Ini adalah sebuah konsep yang sulit untuk dibawakan jika kamu hanya diam membeku di atas panggung. Yang terpenting kamu harus bergerak secara bebas dengan sendirinya jadi kamu dapat membawa perasaan nyaman untuk mereka yang menonton. Lee Minwoo berkata, “Bohong kalau aku bilang aku tidak pernah berpromosi saat mabuk,” dan menjelaskan, “Saat ini intinya adalah kesenangan yang dihasilkan saat keadaan kita berantakan.

Lee Minwoo membicarakan tentang EXO dari SM, Winner dari YG, GOT7 dari JYP

tumblr_inline_n0ns1mmBLJ1rb7x3v

 

Tanpa disadari sudah 16 tahun. Grup Shinhwa di mana ia adalah bagian di dalamnya tetap aktif berpromosi. Memulai aktivitas solonya di tahun 2003, Lee Minwoo berkata, “Walaupun dengan aktivitas soloku yang sudah lebih dari 10 tahun, ini memberiku perasaan campur aduk, ” dan mengungkapkan, “Seiring berjalannya waktu aku merasa lebih bertanggung jawab dan bangga. Dan aku pikir aku harus membuka pintu untuk para juniorku.” Untuk seseorang seperti dia, memasuki ruang tunggu sebuah acara musik yang penuh dengan para penyanyi junior terasa seperti “Perasaan seorang murid yang mengulang.”

Walaupun 16 tahun telah berlalu, “perang” antar idol di industri musik tetap berlanjut. Lee Minwoo berkata ia merasa bangga melihat para junior bersaing dengan cara yang jujur atau sehat. Dia menyebutkan EXO dari SM Entertaiment yang telah ia amati sejak debut mereka dengan ‘MAMA’, GOT7 dari JYP yang baru-baru ini melakukan debut, dan yang sedang menanti untuk debut Winner dari YG Entertaiment, ia berkata, “Mereka adalah junior yang mengagumkan” dan mengacungkan jempol untuk mereka.

tumblr_inline_n0nsi98eZy1rb7x3v

 

“Aku sangat menantikan Winner. Karena aku adalah penonton dari <WIN> dan <WINNER TV>. Seperti yang telah aku katakan kepada (Yang) Hyunsuk hyung, team A sangat berbakat. Aku telah menonton mereka memparodikan <Heirs> baru-baru ini di <WINNER TV>. Aku tertawa terbahak-bahak saat melihat Seungri menirukan Hyunsuk hyung. Aku menantikan efek terbalik macam apa yang akan terjadi jika bakat dari member Winner yang terlihat di acara itu muncul bersamaan di panggung musik.”

Berkaitan dengan itu, saat ia ditanya mengenai rahasia panjang umur Shinhwa, ia mengatakan, “Aku pikir titik kritis adalah untuk sebuah grup adalah bagaimana melewati tahun kesepuluh mereka tanpa bubar.” Mendadak emosional saat ia memikirkan kembali konser perayaan ke-sepuluh tahun Shinhwa, ia mengungkapkan, “Kamu harus bekerja keras untuk keuntungan tim daripada keuntungan pribadi”, dan “Kamu harus memikirkan tim-mu adalah yang terbaik, bukannya dirimu dan dengan pemikiran seperti itu kamu harus menghormati para member dan fans. Karena sebenarnya pada akhirnya alasan keberadaanmu adalah karena fans.

 Pria ini adalah Shinhwa sebelum M..”Walaupun hanya ada 5 member saat konser, Shinhwa tetap Shinhwa”.

tumblr_inline_n0nsyos2321rb7x3v

 

Lee Minwoo akan fokus pada aktivitas solonya di bulan Februari dan akan mempersiapkan konser Shinhwa mulai bulan Maret. Tak cukup untuk aktivitas solonya? Ia mempunyai rencana untuk tur Asia solo mulai April ke depan. Setelah keliling Asia, ia berencana untuk mengakhirinya di Seoul pada akhir bulan Mei. Lalu, Shin Hyesung akan menerima tongkat estafet dan melakukan aktivitas solonya. Lee Minwoo berkata, “Tahun ini aku akan sangat sibuk” dan tersenyum.

Di konser Shinhwa, hanya ada 5 member yang akan berdiri di atas panggung. Diputuskan bahwa Andy, yang sedang merefleksi diri, tidak akan berpartisipasi. Mengadakan konser tidak dengan 6 member ‘lengkap’ tetapi dengan 5 member, Lee Minwoo mengungkapkan, “Dalam beberapa hal mungkin terlihat tidak bagus tetapi ini adalah keputusan yang dibuat untuk Andy. Kalian akan memahami alasannya di hari konser tersebut.” Ia menambahkan, “Karena Shinhwa adalah Shinhwa, walaupun hanya 5 member yang ada di konser, akan terasa seperti 6 member.

“Dipertengahan kedua tahun, Shinhwa akan kembali dengan album ke-12 kami. Karena aku yang bertanggung jawab sebagai produser, untuk mempersembahkan lagu yang bagus pada para member, aku sering berada di studio rekaman. Dan para member juga percaya padaku. Menghilangkan perasaan kaku, Shinhwa harus terasa nyaman, lembut, dan maskulin, ketenangan dan kedewasaan yang dapat kamu rasakan ketika kamu dipertengahan, akhir 30-an, kami harus menunjukkan keseksian yang sophisticated. Ketika memilih title song, aku fokus pada sesuatu yang berkelas atau yang bernilai tinggi, dan secara pribadi aku merasa lebih sulit ketika membuat musik untuk Shinhwa hahaha.. Karena setiap orang harus menyukainya. Tetapi walaupun sulit, itu memuaskan.”

Bahkan meski Lee Minwoo adalah pria normal di pertengahan/akhir 30-an nya, yang matanya akan bersinar saat membicarakan girl grup juniornya Girl’s Day dan konsep seksi mereka, ia mengatakan dengan ekspresi serius, “Aku merasa paling bahagia saat menari dan menyanyi di atas panggung. Menjadi penyanyi adalah takdirku.” Ia ingin berdiri di atas panggung hingga ia mati, dan akan bekerja keras sehingga tidak akan pernah ada saat-saat ia merasa malu tentang dirinya. Dengan pengalaman sebagai dasarnya, ‘M Style’ tetap berkembang walau dengan ketenangan yang lebih besar.

tumblr_inline_n0ntvcobqk1rb7x3v

sr: ohmystar
Eng translation by malpabo.tumblr.com

Indo translation by @faryfairy, edited by @ichashinhwa – SHCJ Indonesia

Leave a Reply

