[WAWANCARA] Kumpulan Quote dari WaWancara Comeback Minwoo (060214)

tumblr_inline_n0k8p1P3Bg1spcm04Tentang Comeback

– “Setelah sekian lama aku akan kembali sebagai M untuk pertama kalinya. Aku sangat menantikan ini.

“Aku telah banyak berdiri di atas panggung dengan dengan musik yang baru. Daripada memikirkan apakah aku akan memenangkan tempat pertama atau tidak, aku ingin berkonsentrasi menjadi senior yang baik untuk para junior apalagi ini adalah perayaan ke 10 tahunku sebagai M. Jika aku memenangkan posisi pertama, itu semua berkat pertolongan luar biasa dari para fansku. Aku tidak bernyanyi untuk orang lain selain diriku; aku percaya itu akan membuat penampilanku terlihat lebih berpengalaman walaupun itu adalah sesuatu yang baru.”

– “Aku pernah berdiri di atas panggung mengharapkan kemenangan, tetapi sekarang aku hanya ingin menikmatinya sendiri.”

“Aku telah banyak berdiri di atas panggung  selama 16 tahun sebagi member Shinhwa dan 11 tahun sebagai penyanyi solo, jadi aku ingin menunjukkan bahwa waktu tidak berlalu dengan sia-sia.”

“Aku telah berdiri di   banyak panggung, tetapi ini hal yang berbeda”

“Aku sama sekali tidak memikirkan tentang peringkat di chart. Aku hanya ingin menunjukan kepada para juniorku bahwa kalian dapat tetap bersama tim kalian selama 16 tahun tanpa bubar dan juga dapat aktif sebagai penyanyi solo.”

“Aku tetap  ingin menepati janji yang telah aku buat bahwa aku akan mengantarkan fansku pulang ke rumah jika aku menang. Para fans telah mempersiapkan posisi pertama seolah-olah mereka mereka adalah karyawan di perusahaanku. Aku sangat berterima kasih.”

– “Aku pikir 5 tahun hiatus bukanlah waktu yang singkat, tetapi ini membuat aku menjadi lebih tekun.”

“Aku sangat berterima kasih kepada para fans dan member Shinhwa, dan aku dapat lebih percaya diri menjadi penyanyi solo karena para member telah menolong memimpin Shinhwa. ”

“Aku merasa sedang bersantai karena aku ingin menikmati comeback soloku tahun ini.”

“Aku telah menjalankan wajib militer selama 2 tahun dan 2 tahu berikutnya aku tuangkan seluruh usahaku ke Shinhwa; jika dipikir-pikir waktu berlalu dengan sangat cepat. Aku merasa sangat kosong dan sangat merindukan panggung, begitu juga Shinhwa, pada saat aku menjalani wamil. Para member dan aku menjadi lebih dekat dan juga lebih dewasa.”

– “Aku tidak akan memikirkan peringkatku di chart.”

“Ini bukan seperti aku tidak pernah memenangkan tropi solo, dan tahun lalu aku menerima banyak cinta sebagai Shinhwa.”

-“Sangat sulit untuk menyiapkan album dan konser disaat yang bersamaan tahun lalu. Aku berencana untuk melakukan promosi solo, dan menyelenggarakan konser Shinhwa sambil melakukan tur Asia sendiri. Aku akan menampilkan lagu-lagu terbaruku di ‘M+TEN’. Aku sangat menantikan ini. Aku merasa bahagia saat aku melakukan sesuatu yang baru.”  

Tentang ‘Taxi’

– “Anda biasanya akan naik taksi jika Anda sedang mabuk. Aku mencoba untuk membicarakan ini dengan cara yang menyenangkan. Seorang pria menaiki taksi saat ia sedang mabuk, tetapi tiba-tiba ia tertelan ke dunia yang dipenuhi oleh gadis-gadis taksi yang cantik. Aku menulis liriknya sambil memikirkan apa yang Anda rasakan seperti Anda bermimpi ketika Anda merasa hebat. Lalu ia terbangun di pagi hari, dan memikirkan gadis-gadis taksi semalam, ia pergi ke tempat di mana ia mencari mereka.

– “Terima kasih [untuk hiatus] aku rasa albumnya menjadi lebih baik.”

“Aku tidak dapat merilis album pada waktu perayaan ke 10 tahunku karena aku tidak dapat menentukan lagu judulku. Aku sangat frustasi sebelum ‘Taxi’ keluar. Aku bahagia memundurkan albumku karena aku menyukai judulnya sekarang.”

“Ini terasa seperti khayalan ketika aku mendengarkannya untuk pertama kali, dan aku ingin menulis liriknya yang terasa seperti aku sedang mabuk, yang membawaku untuk memikirkan tentang taksi. Sebetulnya aku tidak memiliki sebuah mobil. Aku pikir ide itu datang karena aku selalu menggunakan taksi ke manapun aku pergi untuk urusan pribadi. Biasanya saat menulis lirik lagu aku banyak terinspirasi oleh film dibandingkan pengalaman pribadiku. Aku menulis lirik ‘Super Star’ untuk Jewelry dan ‘Baby One More Time’ setelah menoton film ‘Koyote Ugly’ dan adegan di mana sang aktris menyanyi dan menari.”

“Aku menderita meskipun aku mencoba menyanyikannya seolah-olah aku sedang ambuk.”

– “Aku pikir hal-hal yang sangat dekat denganmu saat kau berusia 30an adalah alkohol dan teman. Aku ingin mendekati publik tanpa memberatkan dengan track   yang mudah.”

– “Aku tidak melakukannya dengan berlebihan karena aku ingin menunjukkan sisiku yang sangat kuat bersama Shinhwa. Aku dapat menunjukkan image yang sangat kuat dengan Shinhwa.

– “Taxi? Aku sangat senang menggunakannya. Suatu kali aku memperdengarkan ‘Taxi’ kepada seorang supir taksi dan ia mengatakan kalau ia menyukainya. Ia agak tua, dan aku pikir lagu itu bagus karena ia juga ikut menyanyikannya.”

“Aku berada di pertengahan 30an. Aku pikir penampilanmu juga harus menunjukkan pengalamanku. Itulah kenapa aku mencoba untuk menekankan image santai-ku ketimbang gerakan inti yang penuh energi. ‘Taxi’ harus membuatku terlihat seolah-olah aku sedang mabuk. Tetapi, harus memberikan pengaruh yang kuat. Aku pikir untuk inilah Lee Minwoo solo, semua tentang M Style. Ini hanya dapat dilakukan penyanyi 16 tahun.”

“Aku ingin membuat ini terasa seperti aku benar-benar menggunakan panggung sepenuhnya. Aku mempersiapkan banyak gerakan mudah seperti‘accelerator dance’, ‘patting dance’, ‘handle dance’, ‘tumble dance’, dan masih banyak lagi. Akan terasa seperti anda mendaki lebih tinggi seiring berjalannya lagu.”

“Aku memilih untuk lebih melakukan kekacauan yang lucu ketimbang sesuatu yang rapi.”

“Ini yang akan terlihat saat aku memulai penampilanku saat aku sedang mabuk.”

“Aku tidak mencoba terlihat terlalu keras untuk terlihat berbeda. Aku tidak ingin menjebak diriku dalam satu genre. Aku lebih memilih untuk bersantai dan bersikap lembut ketimbang keras. Musikku mengandung keseksian yang hanya mereka yang berusia 30an yang dapat menampilkannya. Ini tidak terlalu susah tapi juga tidak terlalu mudah, dan masih tetap berkelas tinggi. Ini adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.”

– “‘Taxi’ adalah sebuah lagu yang aku tulis 5 tahun lalu dan disusun ulang agar lebih trendy, dan aku sangat menyukainya makanya aku menjadikannya judul laguku. Walaupun suara di album ini dari tahun 2009.”

Tentang Eric
– “Eric dengan suka rela mengambil peran, jadi aku berkata kepadanya kalau dia bisa ‘lakukan itu jika aku tidak harus membayarnya’”. “Ku rasa dia suka rela karena ini adalah album anniversary ke-10-ku. Sebenarnya dia melakukan RAP untuk lagu ‘Love Supreme’ juga, tetapi aku mengeluarkannya karena kupikir jika Eric melakukan RAP untuk dua lagu, ini akan seperti album kolaborasi daripada albumku sendiri. Aku menuimpan versi RAP Eric. Suatu hari akan ku ungkapkan.”

– “Eric selalu secara khusus tertarik pada musik-ku. Dia sangat antusias mengenai album anniversary ke-10-ku.”

-“Jika aku telah meminta Eric di awal, kami akan sudah tampil bersama-sama, tetapi kami tidak memiliki waktu yang cukup. Aku merasa menyesal harus memintanya juga.  Kami berpikir untuk membiarkannya tampil besamaku, tetapi Eric berkata kalau dia takut dia akan mengambil alih perhatian ketika ini adalah albumku. Sam Hammington malah mengisi untuk Eric. (tertawa)”

 Tentang Jun Jin

– “Choongjae (Jun Jin) melakukan sangat baik untuk video musiknya. Hari itu sangat bersalju, dan dia menyetir sendiri ke lokasi. Dia seperti ‘Hyung, aku disini untuk mendukumu’, dan berakhir dengan dia tampil di video music.”

– “Jun Jin adalah member yang paling antusias di tim kami. Dia adalah energi kami. Dia tau bagaimana untuk memimpin di variety show. Ah, kami banyak bergantung kepadanya juga. Jin perlu menandai awal, dan para member lainnya akan bereaksi.”

Tentang Andy

– “[Andy] saat ini sedang merefleksi diri.”

“Andy berkata bahwa dia merasa sangat bersalah kepada para member. Kami berharap Andy tidak akan merasa bahwa dia adalah beban untuk kami. Kami juga berharap Andy akan bangkit karena kami, dan merasa sangat berterima kasih kepada para member. (Karena dia yang termuda) para hyung harus menghiburnya dan membantunya berjuang.”

“Seperti biasanya, ketika seorang member mengalami kesulitan, semua dari kami berpikir bahwa itu juga masalah kami, berbagi kesulitan, dan mencoba untuk melewatinya. Semua member pernah memiliki waktu yang sulit. Kupikir peristiwa kali ini akan membantu kami untuk menjadi dewasa.”

– “Andy pernah sekali tidak mengikuti promosi dengan kami ketika ‘Hey Come On’ karena masalah dengan sekolahnya. Hal itu seperti Shinhwa kehilangan gigi ketika harusnya ada enam memberi. Hal itu sama seperti kali ini. Kebanyakan dari kami kawatir mengenai bagian Andy, dan bagaimana kami haris mengisi tempat kosong Andy.”

– “Kami tahu betapa kecewanya para fans. Kami  juga sedih Andy harus ditinggalkan, tetapi tidak tepat untuk membiarkannya begitu saja. Kami menyelenggarakan konser dengan berpikir untuk menghadapi masalah langsung daripada melangkah mundur. Shinhwa berpromosi di awal tahun di tahun lalu dan tahun sebelumnya, tetapi tahun ini kami akan kembali di paruh kedua tahun ini. Kami mencoba untuk melihat jauh di depan, dan kami  akan menghadapinya untuk Andy. Kami tampil untuk Andy.”

– “Andy baik-baik saja. Kami saling mengecek satu sama lain di chat room group KakaoTalk. Kami tetap berhubungan

Tentang para pemeran di MV

– Sam Hammington: “Aku ingin tau dimana bakatnya berakhir. Dia lebih tua dari aku, dan dia sangat rendah hati meski faktanya dia berasal dari luar negri. Dia melakukan lip-sync untuk RAP Eric, dan lebih banyak aku melihatnya melakukan itu rasanya seperti Sam Hammington yang melakukan RAP bukannya Eric. Aku tidak tau apakah dia dapat bergabung bersamaku di panggung karena dia sangat sibuk, tetapi aku akan bertanya kepadanya jika aku memenangkan sebuah trofi.

Tentang Shinhwa

– “Aku tetap ingin jadi Shinhwa di kehidupanku selanjutnya.”

“Lee Sooman sunsaengnim bertanya padaku apa aku ingin menjadi penyanyi solo sebelum debutku, tapi aku memberitahu beliau ‘Aku suka ada di tim’. Aku suka berada dalam sebuah tim karena aku sudah aktif di tim dance sejak aku kecil. Karena itu, aku lebih terikat pada Shinhwa dan karena itu terasa lebih familiar bagiku. Aku bisa menjadi penyanyi solo M karena Shinhwa.”

“Aku harap aku bisa menjadi dua hahaha. Tapi, rasanya senang agak sibuk. Aku melakukan sesuatu yang aku bisa dan nikmati, jadi meski tubuhku lelah, aku tidak merasakannya. Anehnya, ketika aku bersama member aku bahkan bisa mengingat koreografi yang aku lupakan. Aku tidak takut akan apapun saat aku bersama member”

– “Aku sangat bangga (menjadi idola terawet di Korea). Aku sangat bersyukur menjadi bagian dari grup ini. Karena Shinhwa, aku bisa memecahkan fakta bahwa grup idol hanya bisa memiliki karir pendek.”

“Aku ingin mencoba membentuk unit. Aku rasa akan sangat bagus untuk mencoba berada dalam satu unit dengan Eric.”

“Kapanpun sebuah insiden terjadi, para member tidak berpikir bahwa mereka disalahkan, mereka hanya akan berkumpul dan mencoba memecahkan masalah” “Aku tahu tidak ada yang akan bertahan selamanya, tapi aku ingin berada dalam grup ini selamanya.”

– “Kami sedang mempersiapkan konser Shinhwa. Kami tidak ingin merasa bahwa kami seperti menghindari ulang tahun ke-16 kami hanya karena Andy berada dalam situasi yang buruk. Kami mengadakan konser bukan hanya untuk kami berlima, tapi untuk Andy. Kalian akan melihat apa yang aku maksud pada hari H. Aku tidak ingin membicarakan mengenai apa yang sudah kami persiapkan untuk Andy secara spesifik; Maret mendatang, kalian akan bisa merasakan bahwa kami ‘mengadakan konser untuk Andy’. Kami juga akan kembali dengan album Shinhwa pada paruh kedua tahun ini. Tentu saja, Andy juga akan bersama kami pada saat itu.”

– “Hanya kami berlima yang akan ada di konser. Kami sedih sebagai member Shinhwa, tapi kami rasa ini adalah hal yang benar untuk dilakukan karena dia butuh waktu untuk istirahat. Member lain mengerti hal ini, dan mencoba untuk hati-hati. Meski salah satu diantara kami tidak akan hadir, kami akan bekerja keras untuk mengisi panggung. Di paruh kedua tahun ini, kami akan kembali dengan semua member sebagai Shinhwa.”

– “Aku rasa sebuah cara dimana kami bisa berkompetisi diantara member sangat membantuku.”

– “Aku ingin melakukan solo comeback setelah aku menyelesaikan wajib militer, tapi aku sangat haus akan Shinhwa. Aku merasa kesepian, dan aku merindukan panggung saat aku masih di militer, jadi aku merindukan performance Shinhwa lebih daripada solo. Rasanya para member menjadi lebih dekat setelah wajib militer, dan rasanya mereka sudah dewasa. Tahun lalu, kami memenangkan 8 trofi dengan ‘This Love’. Rasanya seperti mimpi. Kami tidak lupa bahwa itu semua berkat fans kami.”

“Rasanya berbeda antara tampil sendiri dan dengan Shinhwa. Keduanya memiliki pro dan kontra tersendiri, tapi keduanya sangat berbeda jadi aku tidak bisa memutuskan mana yang lebih baik. Sebagai tim, aku merasa nyaman dan sangat menikmatinya, tapi saat aku sendirian, aku sungguh merasa aku menjadi satu dengan fansku. Aku merasa seperti badut, seperti aku menunjukkan apapun yang aku punya karena aku juga bersenang-senang.”

Tentang umur dan pernikahan

– “Sangat sulit untuk bangun pagi.”

– “Aku bertanya-tanya siapa yang akan menikah duluan [diantara member Shinhwa]. Mereka juga tidak punya pacar yang bisa mereka nikahi sekarang; mereka mungkin akan menikah suatu hari nanti, tidak sekarang. Bakal hebat kalau kami semua bertemu wanita hebat dan Shinhwa bisa mengadakan upacara pernikahan bersama. Kami dulu pernah mengobrol betapa lucunya kalau kami masuk militer pada saat yang sama dan menikah disaat yang sama. Bakal menyenangkan kalau kami bisa syuting ‘Dad! Where Are You Going’ saat kami sudah punya anak.”

“Shinhwa mampu membuat hal yang membosankan menjadi menyenangkan, hal yang buruk menjadi keren. Shinhwa memiliki kekuatan untuk menciptakan sesuatu dari ketiadaan.”

– “Aku sangat suka anak-anak.”

“Kapanpun ada anak kecil, aku mencoba menepuk kepala mereka dan berfoto bersama setelah meminta izin. Aku suka bau mereka, dan kaki dan tangan kecil mereka.”

“Karena ini, orang-orang disekitarku terus memberitahuku bahwa aku harus segera menikah. Sebenarnya, sudah waktunya menikah ketika kamu berusia 36 tahun. Tapi kamu harus punya seorang wanita.”

“Aku tahu wanita seperti apa yang ingin aku nikahi, tapi aku belum bertemu dengannya.”

“Aku sangat takut jatuh cinta seperti dulu. Aku pikir karena pekerjaanku, aku tidak bisa memperhatikan partnerku sebanyak yang ia inginkan dan hal itu menyakitinya. Karena aku menumpahkan segalanya untuk pekerjaan, aku hanya bisa melakukan satu hal disatu wakti. Aku menyesal tidak bisa meluangkan lebih banyak waktu untuknya, karena itu aku tidak bisa mengungkapkan perasaanku semudah itu.”

“Aku akan menikah suatu hari nanti, tapi kami selalu bertanya-tanya member manakah yang akan duluan. Aku rasa begitu satu member menikah, yang lain akan mulai memikirkannya dan mempersiapkannya, berpikir bahwa sudah waktunya mereka menikah. Suatu hari nanti, aku akan berpikir ‘karena dia sudah menikah, aku juga harus.'”

“Aku sungguh ingin menikah saat ini juga seandainya aku mempunyai pacar. Aku bicara jujur. Aku ingin menjadi yang pertama menikah, dan bekerja lebih keras untuk Shinhwa. Aku sungguh ingin.”

“Tentu saja, hal itu tidak akan terjadi tahun ini. Aku punya banyak rencana tahun ini dan tidak ada seorangpun disisiku, jadi aku akan melewatkan tahun ini lagi.”

“Waktu aku lebih muda aku cenderung fokus pada penampilan luar, seperti rambut panjang dan mata besar, tapi sekarang aku lebih melihat apa yang ada di dalam (*kepribadian).”

“Hal yang terpenting adalah dia harus tahu bagaimana cara memberi sesuatu pada orang lain. Aku harap dia adalah wanita yang baik terhadap keluarga dan sehat haha. Aku rasa aku tidak terlalu peduli pada penampilan lagi. Aku cuma ingin seseorang yang membuatku merasa nyaman. Aku masih suka cewek chubby.”

“Tentu saja, kalian tahu apa yang dimaksud pria ketika mereka bilang mereka suka cewek chubby, kan? Kurus dan chubby itu dua hal yang berbeda.”

“Aku ingin menikmati musikku. Aku juga berharap juniorku akan memimpikan masa depan yang lebih baik setelah melihatku. Aku bermimpi untuk jalan-jalan keliling dunia setelah menikah dan anakku sedikit dewasa. Untuk melakukannya, aku harus mendapatkan banyak uang dan mencoba tetap muda hahaha.”

Tentang mendidik junior.

– “Aku merasa ini bukan saatnya aku melakukannya. Aku sibuk dengan Shinhwa. Aku rasa aku akan menginginkannya meski aku bertemu anak-anak yang sangat berbakat. Jika aku mendapat kesempatan mendidik junior, aku ingin menang melawan hyungs favoritku, YG dan JYP. Aku melewatkan SM karena itu seperti almamaterku ahaha.”

– “Aku rasa semua orang berpikir bahwa aku adalah member Shinhwa pertama yang akan mulai memproduseri idol. Aku menginginkannya; bukannya aku tidak pernah menginginkannya, tapi aku cuma menunggu saat yang tepat. Aku harus memulia saat aku siap melepas beberapa hal. Aku tidak memiliki trainee dibawahku sekarang. Aku tidak ingin memulai dengan gegabah. Aku ingin menunggu saat yang tepat dan menunjukkan bakat yang sesungguhnya.”

Tentang menjadi produser

– “Aku mewujudkan mimpiku menjadi penyanyi, dan aku mulai menulis lagu karena aku ingin menjadi profesional sejati. Rasanya senang membuat daftar lagu yang aku ciptakan, tulis liriknya, dan aransemen dalam album Shinhwa. Aku bekerja sangat keras untuk memproduksi album Shinhwa saat ulang tahun ke-10. Aku pikir bakal hebat kalau aku menjadikan laguku title track untuk ulang tahun ke-10 Shinhwa, dan title song serta lagu promosi berikutnya semuanya laguku Aku memproduseri album ulang tahun ke-14 dan 15 kami juga, dan sekarang aku memiliki lebih dari 100 lagu dengan namaku terdaftar di asosiasi hak cipta. Aku sangat bangga.”

“Rasanya sekarang para member sangat mempercayaiku. Aku tidak akan berkembang sejauh ini jika bukan karena Shinhwa.”

– “Aku dulu berpikir bahwa menari adalah hal termudah dan musik adalah hal tersulit. Aku tidak suka bagaimana Lee Minwoo mewakili penari terbaik di Shinhwa. Aku tidak ingin terperangkap dalam citra penari ketika aku juga menulis musik. Tapi itu pemikiran bodoh. Aku belajar bahwa aku mampu bekerja dengan musik karena tarian. Tarian adalah sahabatku. Sangat bodoh karena aku ingin melepaskannya.”

Tentang penyanyi lain

– “Aku agak bingung saat mendengarkan ‘La Song’. Aku rasa mungkin dia mencoba untuk menjadi lebih santai, tapi kemudian dia tiba-tiba dia melejit dengan ‘BiJinah’. Ah~ dia sangat pandai.”

“Aku sedih karena tidak bisa berpromosi bersamanya. Banyak penyanyi yang dulu berpromosi bersama kami mengumumkan comeback. Aku dengar dari Kim Taewoo bahwa g.o.d akan comeback, dan ada berita bahwa Fly to the Sky juga akan kembali. Aku pikir mereka kembali setelah melihat Shinhwa masih aktif.”

– “Aku tetap mengawasi juniorku selama hiatus. Secara khusus aku sangat peduli pada Rain sebagai junior, dan promosi barunya sangat keren. Penampilannya dengan Tae Jinah sunbaenim sebagai BiJinah sangat unik. Dia mengaturnya dengan sangat pintar. Aku belajar darinya lagi meski dia juniorku.”

“Aku rasa mungkin aku harus melakukan sesuatu seperti MDaegwan (M+Song Daegwan).”

“Rain merupakan sosok yang bernilai tinggi di pasaran. Aku dengar dia pergi ke Hollywood untuk syuting sebuah film, dan aku suka melihat semangatnya. Dia dan aku punya banyak kesamaan. Kami berdua menyukai musik dan performance. Dia sudah menjadi bintang internasional, sih. Dan dia memiliki mimpi yang lebih besar, jadi aku menantikan masa depannya.”

– “Rasanya aku kembali ke sekolah.”

“Aku tidak merasa terancam oleh junior. Mungkin karena kami berasal dari generasi yang sangat berbeda ahahah. Aku tidak mengeluarkan album untuk berkompetisi. Aku hanya ingin membangun hubungan baru dengan fans dengan titel Shinhwa. Aku hanya merasa bangga atas juniorku sebagai senior. Meski kami berasal dari generasi berbeda, kami memiliki perasaan yang sama terhadap musik. Aku tahu bahwa EXO, juniorku dari SM, akan menjadi sukses sejak mereka debut. Performanc emereka sangat berbeda. Aku mulai menantikan apa yang akan terjadi jika mereka mulai aktif secara individu. Aku rasa WINNER dari YG juga sangat berbakat. Aku menonton setiap episode MNET ‘Winner TV’. Aku menantikan saat mereka menerjemahkan bakat mereka dalam musik. Aku harap para juniorku tidak akan berhenti. Mereka akan membantu Korean Wave juga.”

“[Idol harus] mendahulukan fans mereka lebih dari apapun.”

“Kamu tidak boleh berpikir kamu adalah yang terbaik didunia.”

“Akhir-akhir ini, banyak yang aku pikirkan saat menonton juniorku. Perang keseksian sedang dilangsungkan akhir-akhir ini, dan aku sangat gembira sebagai fans lelaki hahah. Konsep dan performance mereka telah menjadi sangat mengejutkan dibandingkan idol di zaman kami. Kadang aku sangat terkejut, tapi aku ingin memberi tepuk tangan karena mereka mendorong perubahan. Aku menantikan masa depan mereka. Girl grup yang aku suka? Secara pribadi, aku suka Girl’s Day. Ada banyak kolaborasi akhir-akhir ini, tidak bisa-kah aku berkolaborasi dengan mereka? Haha.”

– “Rasanya seperti medan perang karena banyak idol. Generasi kami melewati banyak hal, jadi grup lain juga terasa seperti saudara kami. Aku dengar g.o.d dan Fly to the Sky juga akan kembali, dan aku berharap banyak lagi akan kembali. Aku harap mereka akan membuat K-Pop lebih kuat.”

Source: Star Today, No Cut News, Joy News 24, News Way, TV Daily, Sports Seoul, My Daily, Sports Hankook, Kukmin Daily, Xports News, My Daily and more Eng trans by Shinhwa Stuff

Indo trans by @faryfairy. @floppybeib. @ichashinhwa – SHCJ Indonesia

2 thoughts on “[WAWANCARA] Kumpulan Quote dari WaWancara Comeback Minwoo (060214)

Leave a Reply

